Tips Wawancara Kerja yang Wajib Anda Baca Agar 99% Diterima Kerja

Dalam dunia joobseeker wawancara kerja atau bisa juga di sebut sebagai interview bukan sesuatu yang asing. Hal itu di sebabkan karena pada setiap pelamaran, seorang pelamar atau joobseeker akan melalui tahapan ini.

Alasannya, tentu karena perusahaan atau lembaga ingin mengetahui seberapa pantas kemampuan si pelamar untuk bekerja di perusahaannya. Dan berikut ini, beberapa tips wawancara kerja yang akan dijelaskan secara detail.

Tips Wawancara Kerja HRD

Meskipun telah anda persiapkan sebelumnya. Namun seringkali, wawancara pekerjaan berjalan tidak sesuai dengan harapan anda. Tentu ini bukanlah kabar baik. Mengingat pada tahap inilah HRD akan menilai seberapa layak perusahaan bisa menerima anda bekerja di sana.

Oleh karena itulah, membaca beberapa tips wawancara kerja hdr bisa menjadi solusi tepat bagi anda. Cara ini setidaknya bisa menjadi referensi sebelum anda menghadapi proses wawancara kerja. Dan di bawah ini, tips tips wawancara kerja tersebut:

  • Hindari terlalu Bergantung pada CV

Sedikit banyak, pewawancara atau HRD akan mendapatkan informasi pribadi anda dari CV. Namun, bukan berarti anda terus bergantung pada CV anda sepenuhnya.

Hal itu disebabkan karena, kenyataannya dibandingkan informasi dari CV tersebut. Pewawancara lebih mengharapkan obrolan yang lebih pribadi. Tidak hanya itu, faktanya pewawancara juga ingin mengetahui sejauh mana anda mengetahui perusahaan yang anda lamar tersebut. Karena itu, sebelum tahap wawancara kerja anda bisa melatih dan mempersiapkan diri anda untuk menanggapi semua pertanyaan tersebut.

  • Berikanlah Alasan Kuat Mengapa HRD Harus Merekrut Anda

Umunya, satu lapangan pekerjaan akan direbutkan begitu banyak jobseeker. Hal itulah yang menyebabkan anda harus memberikan alasan kuat untuk meyakinkan hdr bahwa anda layak diterima.
Selain memberikan alasan yang kuat. Mengikuti jawaban dengan disertai ide-ide yang bisa membantu memajukan perusahaan juga bisa anda lakukan pada tahap ini.

  • Memberikan Jawaban yang Realistis

Ini merupakan tips wawancara kerja penting yang tidak boleh anda lewatkan. Memberikan jawaban yang realistis pada saat proses wawancara kerja di sini, bertujuan agar nantinya tidak ada penyesalan ketika anda telah diterima diperusahaan tersebut.

Tips Wawancara Kerja dengan User

Interview user merupakan tahapan dimana anda akan berhadapan dengan seseorang yang akan menjadi atasan anda secara langsung. Seperti pada interview lainnya, anda akan mendapatkan beberapa pertanyaan dari atasan. Umumnya atasan akan memberikan pertanyaan yang lebih detail dari pertanyaan hrd.

Itulah mengapa sebelumnya anda harus mengetahui betul mengenai posisi pekerjaan yang ingin anda lamar. Selain itu, anda harus juga mengetahui tips wawancara kerja dengan user yang baik. Sehingga nantinya, wawancara anda bisa berhasil:

  • Kenali User Anda

Bisa dibilang ini merupakan tips wawancara kerja dengan user yang wajib anda pertimbangkan. Hal itu disebabkan karena pada tahap ini, anda akan berhadapan langsung dengan atasan anda.

Anda tentu sudah bisa memperkirakan, bahwa atasan anda nantinya akan mengupas informasi mengenai anda lebih detail. Oleh karena itulah, sebelum tahap wawancara. Ada baiknya anda mengenali betul mengenai user dan posisi yang akan anda lamar. Misalkan dengan melakukan riset tentang user yang akan meng-interview, posisi pekerjaan, dan juga tempat anda bekerja.

  • Usahakan untuk Datang Tepat Waktu

Datang terlambat, dan membuat user menunggu merupakan kesalahan yang terbilang fatal. Hal itu disebabkan karena keterlambatan tersebut akan memberikan nilai minus. Serta membuat user berkesimpulan bahwa anda memiliki sikap tidak disiplin.

Alasan itulah yang menjadikan menunggu user lebih baik dibandingkan dengan ditunggu oleh user atau interviewer.

  • Bersikap Sopan Santun

Dimana pun anda berada, selalu bersikap sopan merupakan hal yang penting dilakukan. Anda tentu sudah bisa sedikit menangkap maksut dari bersikap sopan di sini. Yaitu anda berusaha menjaga tingkah laku, namun juga bukan bersikap kaku.

  • Sebisa Mungkin Tunjukkan Sisi Unik dari Diri Anda

Persaingan kerja yang semakin sulit harus menjadi cambukan keras bagi anda. Untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan setelah sampai pada tahap interview ini. Misalkan dengan cara memberikan dan menunjukkan kemampuan terbaik anda.

Tidak hanya itu, anda juga perlu menunjukkan sisi unik dari diri anda untuk membuat user tertarik merekrut anda. Tentunya dengan catatan, sisi unik tersebut akan membuat diri anda semakin terlihat berkualitas.

  • Usahakan Bicara dan Bertanyalah di Waktu yang Tepat

Hal penting lain yang tidak boleh anda lupakan yaitu etika berbicara dan juga bertanya. Anda harus paham betul mengenai kedua hal tersebut. Misalkan berbicara saat user telah mempersilahkan anda bicara, dan bertanya pada waktu yang telah disediakan.

Dan jangan sekali-kali memotong pembicaraan atau penjelasan saat user sedang berbicara dan menjelaskan sesuatu.

Tips Wawancara Kerja Bahasa Inggris

Rasa gugup saat proses wawancara berlangsung merupakan hal yang sangat wajar. Terlebih jika wawancara kerja yang anda lakukan di perusahaan internasional yang menggunakan bahasa inggris. Membekali diri dengan panduan wawancara kerja bahasa inggris tentu merupakan hal yang sangat penting anda lakukan.

Adapun tips wawancara kerja yang bisa menjadi bekal sebelum proses wawancara kerja anda yaitu:

    • Mulailah dengan pembicaraan yang ringan, seperti kalimat “Thanks for inviting me to interview” atau kalimat “How many people work here?”
    • Karena merupakan tahap wawancara, anda bisa menceritakan pengalaman kerja anda. Contohnya dengan kelimat “I want to tell you about my two most recent position..” atau kalimat “I have been working as a graphic desinger sintec..”
    • Sebelumnya, sebisa mungkin kenalilah diri anda. Ketahui apa kelebihan dan juga kekuranganmu. Kalimat yang bisa menjadi contoh point ketiga ini yaitu, “I make a lot of plans and list, but sometimes i just did all those by thinking on my feet”
    • Hindari menggunakan kalimat yang memunculkan keraguan dari interviewer. Kalimat awalan yang bisa anda gunakan yaitu “I want to get this job because I see my self as..” atau “I am a very dedicated person as all my friends said..”
    • Yang perlu menjadi catatan penting yaitu, pada proses wawancara kerja sebaiknya anda menggunakan bahasa yang tepat. Hal itu disebabkan karena umumnya, wawancara tidak dilakukan dengan menggunakan bahasa sehari-hari.
    • Jangan lupa perhatikan gaya bahasa dan juga intonasi pengucapan anda. Sehingga tidak akan timbul kesalahpahaman dalam proses wawancara.

Tips Wawancara Kerja Via Skype

Seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih. Kini, proses wawancara kerja tidak hanya bisa anda lakukan secara langsung saja. Karena kini, banyak perusahaan yang telah memanfaatkan kemudahan teknologi tersebut. Misalkan dengan memanfaatkan skype atau vide call.

Dibandingkan dengan bertemu langsung, wawancara kerja via skype ini tentu lebih efisien. Bukan hanya bagi perusahaan namun juga bagi si pelamar sendiri. Namun, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui sebelum melakukan wawancara kerja ini.

Dan di bawah ini tips wawancara kerja via skype tersebut:

  • Usahakan untuk melihat ke arah kamera
  • Sebisa mungkin, ciptakanlah suasana yang tenang dan bebas distraksi. Untuk menciptakan suasana tersebut. Sebelum melakukan wawancara anda bisa memberitahukan pada orang rumah bahwa anda membutuhkan ruang tenang.
  • Atur posisi anda sebaik mungkin, seperti susuk dengan tegak dan tenang atau jangan memposisikan diri anda terlalu tepat dengan kamera. Sehingga pewawancara bisa melihat badanmu setengah badan atau sebatas siku.
  • Sebelumnya atur semua teknis seperti mikrofon dan kamera anda dengan baik. Jangan sampai saat proses wawancara kamera tiba-tiba matu atau gagal log in ke akun skype anda.
  • Saat proses wawancara, hindarilah membuka email atau halaman web lain yang bisa menghambat koneksi internet anda

Tips Wawancara Kerja Via Telepon

Selain melalui via skype, kini banyak juga perusahaan yang telah melakukan seleksi karyawan melalui via telpon. Sebenarnya, dalam hal teknis. Wawancara via telepon tidak jaug berbeda dengan wawancara kerja via skype.

Bedanya, hanyalah saat via skype anda dan hrd bisa melihat muka. Sehingga meskipun dari jarak jauh, hrd tetap bisa melihat wajah anda. Sedangkan pada wawancara via telepon, hdr dan anda hanya akan mendengar suara tanpa melihat muka. Berikut beberapa panduan wawancara kerja via telepon yang bisa anda praktikkan:

  1. Melakukan riset mengenai perusahaan dan juga posisi pekerjaan yang akan anda lamar
  2. Pastikan pada hari wawancara kerja tersebut berlangsung, anda bisa mengangkat telpon dengan nyaman tanpa gangguan
  3. Siapkan dokumen untuk mengingat informasi posisi pekerjaan dan perusahaan yang akan anda lamar
  4. Jangan lupa, siapkan buku untuk mencatat informasi penting yang anda dapatkan selama proses wawancara kerja
  5. Jangan lupa juga siapkan jawaban yang tepat untuk pertanyaan umum yang akan ditanyakan interviewver

Author: kamal

Jika kekuatanmu adalah Allah, tiada yang bisa mengalahkanmu!

Leave a Comment