5+ Contoh Surat Pemberhentian Kerja Terlengkap (dengan Beragam Alasan)

Bagi anda yang menepati posisi personalia di suatu perusahaan, surat pemberhentian kerja bukan termasuk surat yang asing. Bahkan tentu, anda sudah pernah membuat serta menggunakan surat ini pada karyawan anda. Surat pemberhentian kerja ini biasanya merupakan teguran terakhir jika alasan berupa pelanggaran.

Mengenal 5 Jenis Surat Pemberhentian Kerja

Ada lima jenis surat pemberhentian kerja. Pertama, surat pemberhentian secara terhormat, yaitu surat pemberhentian karyawan yang bukan disebabkan karena dirinya melakukan kesalahan. Namun karena perusahaan sudah tidak membutuhkan kerjanya lagi. Dan kedua, surat pemberhentian kerja secara tidak terhormat, yaitu  surat pemberhentian yang disebabkan karena karyawan melakukan kesalahan atau pelanggaran. Bukan hanya itu, ada beberapa jenis surat pemberhentian kerja lainnya, yaitu:

  1. Surat pemberhentian kerja secara terhormat
  2. Surat pemberhentian kerja secara tidak terhormat
  3. Surat pemberhentian sementara
  4. Surat pemberhentian karyawan
  5. Surat pemberhentian kerjasama

Dan jenis surat pemberhentian kerja lainnya. Surat pemberhentian kerja ini bisa anda buat dengan mudah. Sebagai bahan referensi anda, berikut contoh surat pemberhentian kerja yang bisa anda contoh:

Contoh Surat Pemberhentian Kerja Sementara

Surat pemberhentian kerja sementara merupakan surat yang dibuat perusahaan untuk menghentikan karyawannya sementara. Biasanya, surat pemberhentian akan dibuat ketika perusahaan membatasi produksi barang dalam jangka waktu tertentu (sementara). Untuk lebih jelasnya, berikut contoh surat pemberhentian kerja sementara tersebut:

  1. SANJAYA SEJAHTERA

Jl. Burunghantu No.12, Surabaya

Telp: 061-768342, Email: [email protected]

Website: Sanjayasejahtera.com

Surabaya, 17 september 2018

Nomor: 124/SS/09/2018

Perihal: Pemberhentian Kerja Sementara

 

Kepada Yth,

Amir Sundari

Staff Produksi

  1. Sanjaya Sejahtera

 

Dengan hormat,

Dikarenakan semakin menurunnya penjualan barang akhir-akhir ini, maka kami selaku perusahaan terpaksa harus membatasi produksi barang di perusahaan. Hal ini dimaksudkan agar perusahaan bisa lebih menekan resiko kerugian terlalu banyak. Dan perusahaan masih tetap bisa bersaing dan berjalan dengan perusahaan lainnya.

Namun dengan sangat menyesal, kami terpaksa memberhentikan Sdr. Amir Sundari untuk sementara waktu, terhitung mulai tanggal 17 September 2018, sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Kami pun akan kembali menghubungi saudara, jika penjualan produk telah naik dan kondisi keuangan perusahaan sudah stabil.

Demikian surat pemberhentian kerja sementara ini kami sampaikan. Atas perhatian dan makluman saudara kami ucapkan terima kasih.

 

Hormat kami,

Direktur PT. Sanjaya Sejahtera

 

Anji Kumbara

Surat Pemberhentian Kerja Terhormat

Masuk dalam pembahasan jenis surat pemberitahuan kerja selanjutnya, yaitu surat pemberhentian kerja terhormat. Seperti yang telah dijelaskan diawal. Surat pemberhentian ini bukanlah surat yang diberikan karena karyawan melakukan pelanggaran atau kesalahan. Namun, lebih karena perusahaan sudah tidak membutuhkan tenaga kerja karyawan tersebut. Untuk cara dan etika pembuatan surat kerja terhormat, berikut contohnya:

  1. Indah Karunia

Jl. Melati No. 718, Bandung

Telp. 061-657981, Email: [email protected]

Website: Indahkarunia.com

 

Bandung, 18 September 2018

Nomor: 124/IK/09/2018

Perihal: Pemberhentian Kerja

 

Kepada, Yth,

Sdri. Kurniawati

Staff Administrasi

PT Indah Karunia

 

Dengan hormat,

Bersama ini kami memberitahukan jika kami selaku perusahaan memberhentikan Sdri. Kurniawati dengan hormat dari Jabatan Staff Administrasi di PT. Indah Karunia. Dengan sangat terpaksa kami harus mengambil tindakan ini, tentunya dengan mempertimbangkan banyak hal sebelumnya.

Keputusan ini kami ambil dikarenakan perusahaan sering mengalami kerugian sehingga keuangan perusahaan menjadi kurang stabil. Kondisi ini semakin diperparah dengan jumlah karyawan yang tidak sebanding dengan pekerjaan yang tersedia di perusahaan.

Kami berharap Sdri. Kurniawati bisa menerima keputusan tersebut. Dan melalui surat ini uga, kami beritahukan agar Sdri. Kurniawati mendatangi bagian personalia untuk menyelesaikan beberapa hal, termasuk pesangon.

Demikian surat pemberhentian kerja ini kami sampaikan. Atas perhatian dan maklumnya, kami sampaikan terima kasih.

 

Hormat kami,

Direktur PT. Indah Karunia,

 

Galih sucipto

Surat Pemberhentian Kerja Tidak Terhormat

Secara etika, perusahaan memang harus memberhentikan karyawan secara terhormat. Namun, lain cerita jika karyawan tersebut telah melakukan pelanggaran atau bahkan kesalahan fatal pada perusahaan. Maka, umumnya perusahaan akan mengambil tindakan seperti memberikan surat pemberhentian kerja tidak terhormat.

Adapun isi dari surat pemberhentian tidak terhormat yaitu sebagai berikut:

 

  1. SIDO DADI

Jl. Kukuputih No. 201, Jakarta

Telp: 061-234907, Email: [email protected]

Website: Sidodadi.com

 

Jakarta, 12 Februari 2018

Nomor: 123/ SD/02/2018

Perihal: Surat Pemberhentian Kerja (PHK)

 

Kepada Yth,

Sdri. Susiati

Operator Mesin Produksi

  1. Sido Dadi

Dengan hormat,

Bersama ini, kami telah memutuskan untuk memberhentikan dengan tidak terhormat Sdri. Suswati dari posisi sebagai Operator Mesin Produksi di PT. Sido dadi, terhitung mulai hari ini, tanggal 12 februari 2018.

Keputusan ini terpaksa kami ambil atas kesalahan fatal dan tidak bisa diampuni oleh Sdri. Susiati lakukan. yaitu dengan meninggalkan tanggung jawab selama mesin produksi tengah beroperasi. Akibatnya mesin mengalami over time dan menimbulkan kerugian yang besar untuk perusahaan.

Demikian surat pemberhentian kerja ini kami sampaikan. Atas perhatian dan kerjasama saudari, kami sampaikan terima kasih.

 

Hormat Kami,

Direktur PT Sido Dadi,

 

Galih Syahputra

Surat Pemberhentian Kerja Karyawan

Ada berbagai alasan mengapa perusahaan membuat dan memberikan surat pemberhentian kerja kepada karyawan nya. Salah satu alasan paling umum yaitu, karena karyawan tersebut melanggar atau melakukan kesalahan fatal yang merugikan perusahaan.

Untuk cara penulisan surat pemberhentian kerja karyawan sendiri, bisa anda lihat seperti di bawah ini:

  1. WIRA SAKTI

Jl. Kuda putih, No. 234, Jakarta

Telp. 061-547987, Email: [email protected]

Website: Wirasakti.com

 

Jakarta, 16 Maret 2018

Nomer: 122/ WR/03/2019

Perial: Pemberhentian Kerja

 

Kepada Yth,

Sdri. Cici Hayati

Staff Marketing

  1. Wira Sakti

 

Dengan hormat,

Bersama ini, kami beritahukan kepada Sdri. Cici Hayati jika kami telah memberhentikan saudari dari pekerjaan sebagai Staff Marketing di PT. Wira Sakti, terhitung mulai tanggal 16 Maret 2018 mendatang.

Keputusan dan langkah ini terpaksa kami ambil karena sdri. Cici Hayati telah mengabaikan surat peringatan 1 dan surat peringatan 2 yang kami berikan sebelumnya karena sdri. Cici Hayati sering tidak masuk kantor tanpa alasan dan pemberitahuan yang jelas.

Demikian surat pemberitahuan kerja ini kami sampaikan. Atas perhatian dan kerjasama saudari  kami sampaikan terima kasih.

 

Hormat Kami,

Direktur PT. Wira Sakti,

 

Kumala Wangsa

Surat Pemberhentian Kerjasama

Antara perusahaan satu dan perusahaan lainnya, seringkali akan mengadakan hubungan kerjasama. Salah satu tujuan hal tersebut tentu agar antara kedua perusahaan saling mendapatkan keuntungan.

Dan untuk etika yang baik, memberikan surat pemberhentian kerjasama juga harus anda lakukan saat akan memutuskan kerjasama tersebut. Lebih jelasnya, berikut surat pemberhentian kerjasama yang bisa anda jadikan referensi:

 

  1. Mustika Sejahtera

Jl. Mutiara No 321, Surabaya

Telp. 061-562984, Email: [email protected]

Website: Mustikasejahtera.com

Surabaya, 15 Maret 2018

Nomor: 124/MS/03/2018

Perihal: Pemberhentian Kerja

 

Kepada Yth,

Pimpinan PT. Mustika Sejahtera

Jl. Mutiara No 321

Surabaya

Dengan hormat,

Bersama ini kami beritahukan bahwa perusahaan kami tidak lagi memproduksi kue basah lagi. Kami pun bermaksud lebih berfokus untuk memproduksi kue-kue kering yang lebih bertahan lama. Hal ini dikarenakan kue basah yang hanya bisa bertahan beberapa minggu saja. Yang akhirnya menimbulkan kerugian bagi perusahaan.

Karena hal itulah, dengan sangat menyesal. Kami harus mengambil tindakan untuk memberhentikan kerja sama yang telah dijalankan selama ini.  Kami hanya berharap agar Bapak bisa menerima alasan pemberhentian tersebut, demi kemajuan perusahaan. Dan apabila Bapak bersedia, maka kami bisa menyediakan kue kering untuk perusahaan distributor Bapak.

Demikian surat pemberhentian kerjasama ini kami sampaikan. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,

Direktur PT. Mustika Sejahtera

 

Putri Sania

Author: kamal

Jika kekuatanmu adalah Allah, tiada yang bisa mengalahkanmu!

Leave a Comment