√ Cara Sholat Taubat Lengkap (Doa, Niat & Kisah Nyata)

Sholat Taubat – Dari kecil mungkin kebanyakan dari kita sering sekali rajin ngaji ke masjid, sehingga seiring berjalannya waktu kita mulai beranjak dewasa. Mulai lah sedikit demi sedikit kita meninggalkan dan melupakan masjid. Lalu kita mulai mengenal pergaulan yang menjerumuskan kita lebih menjauh dari Allah.

Mungkin dari kita, sudah dikuliahkan jauh-jauh ke Luar Kota dengan Universitas yang bagus, agar kelak menjadi orang yang berguna bagi keluarga. Tapi dalam proses menempuh pendidikan diselingi oleh perbuatan-perbuatan buruk. Atau mungkin saja dari kita, secara sembunyi-sembunyi menjadi seorang penyuka sesama. Walau sudah punya istri dan anak.

Berhubungan intim sebelum menikah, mabuk-mabukkan, judi, nge-drugs dan perbuatan-perbuatan lainnya yang jangankan Allah, orang tua kita pun pasti akan sedih jika tahu kita sering melakukan hal tersebut. Tapi karena kita lebih mengikuti hawa nafsu, sehingga kita lupa dan lebih memilih tidak tobat dan berbuat dosa-dosa itu.

Sehingga ada titik dimana kita sadar, kenapa semakin hari rezeki kita selalu seret atau walaupun kita mempunyai kekayaan yang melimpah tapi hati selalu tidak tenang?

Hal tersebut terjadi sebenarnya karena dosa-dosa yang selama ini kita lakukan. Apakah kita tidak menyadari itu?

***

Tapi alhamdulillah, anda yang berkunjung ke website ini adalah orang yang diberi petunjuk oleh Allah. Anda Harus bersyukur, karena begitu banyak diluar sana atau teman-teman anda yang sudah duluan wafat tapi belum sempat bertaubat. Naudzubillah! Jangan sampai itu terjadi kepada Anda.

Allah masih sayang Anda, dengan masih diberi umur. Umur yang ada sekarang harus digunakan sebaiknya untuk memperbaiki diri. Agar rezeki anda bisa lancar dan segala urusan anda selalu dipermudah oleh Tuhan semesta alam.

Dibawah ini ada beberapa artikel penjelasan seputar sholat taubat. Dimulai dari cara sholat taubat, doa taubat dan penjelasan-penjelasan lain yang perlu anda ketahui.

Dan perlu diingat, jika anda serius untuk bertaubat kepada Allah. Bacalah semuanya dengan rasa tawajuh (Keseriusan). Dibaca perlahan tanpa terburu-buru. Karena ini ilmu yang harus dipelajari dan ketika anda memahami semuanya anda bisa menyampaikan lagi kepada yang lainnya, syukur-syukur teman-teman Anda pun ikut menjadi peribadi yang lebih baik lagi. aamiin!

Pengertian Taubat Nasuha

tata cara sholat taubat nasuha
source:www.lahiya.com

Sebuah proses dalam penyucian diri telah ditunjukkan oleh Sang Pencipta sebagai sarana agar para hamba-Nya memperbaiki diri atas maksiat, dosa, dan kesalah yang telah diperbuat. Taubat juga merupakan ibadah yang memiliki banyak keutamaan.

Ada perintah dari Allah diantarnya untuk kita agar bertobat sebagai hamba-Nya, Allah SWT berfirman pada Q.S. At-Tahrim 66:8

dosa, maksiat, dan kesalahan yang telah mereka perbuat. Perintah untuk meyucikan diri sebagai hamba Allah ada dalam perintahNya. Allah Ta’ala berfirman,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا تُوبُوا إِلَى اللَّهِ تَوْبَةً نَصُوحًا

“Hai orang-orang yang beriman, bertobatlah kepada Allah dengan tobat nasuhaa (tobat yang sesungguh-sungguhnya).”

Lalu, apa maksud taubat nasuha sebagaimana yang Allah Ta’ala perintahkan dalam ayat di atas?

  • Pertama: Memperbaiki Kerusakan dalam Agama Karena Perbuatan Maksiatnya dan dia Bertobat

Seumpama orang yang memperbaiki jahitannya, dia memperbaiki kain robek, merekatkan dan menyambungkan antara satu sisi kain dengan sisi lainnya.

cara solat taubat

Pada makna diatas secara bahasa adalah dengan melaksanakan berbagai amal sholeh, maka orang yang bertaubat tersebut telah memperkuat dan menyempurnakan taubatnya. Sebagaimana merapikan, menguatkan dan menyempurnakan sebuah pakaian yang terkoyak.

  • Kedua: Taubat yang Murni

Secara bahasa, نصح (na-sha-kha) artinya sesuatu yang bersih (tidak bercampur dengan sesuatu yang lain). Didasarkan pada makna kata ini, taubat disebut dengan taubat nasuha ketika dia mencurahkan segalanya untuk menyesali apa yang diperbuat dengan jujur dan ikhlas semata-mata karena Allah.

***

Jadi dapat diambil kesimpulan bahwa, taubat nasuha adalah penyesalan yang mencapai puncak kesempurnaan. Seorang hamba yang telah benar sungguh-sungguh ingin berubah dan memperbaiki dirinya. Dan jika benar-benar dilakukan maka seseorang yang bertaubat tersebut seumpama kembali seperti bayi yang baru lahir, tanpa dosa.

Hukum Taubat Nasuha

Hukum taubat nasuha adalah wajib. Ulama sepakat atas wajibnya orang islam bertaubat atas semua kesalahan yang telah dilakukan. Hal itu didasarkan pada dalil dalam Al-Qur’an  seperti Ali Imron :133-134: dalam QS At-Tahrim :8

Cara Taubat Nasuha

sholat sunnah taubat

Setiap dosa yang kita perbuat harus segera ditaubati. Dan Pada dasarnya kita tidak harus menunggu untuk berbuat dosa terlebih dahulu lalu mulai bertaubat. Karena hidup didunia ini pada dasarnya manusia selalu berada dalam rongrongan kesalahan. Baik kesalah batin yang kerap digerakkan hati ataupun kesalahan dzahir yang tak terlihat.

Sebagaimana baginda Nabi Muhammad SAW, pernah menjelaskan perihal seperti ini kepada Abdullah bin Masud bahwasannya “Barang siapa yang bertobat tetapi tetapi masih meninggalkan kesombongan dan keangkuhannya, berarti dia belum bertaubat”.

Peluang terbaik bagi hamba Allah untuk lebih bisa mendekatkan diri adalah Taubat. Kesempatan yang diberikan oleh Tuhan. Maka lakukanlah solat taubat salah satunya.

إن الله يحب التوابين ويحب المتطهرين

Sesungguhnya Allah SWT mengistimewakan para pentaubat dan yang menyucikan diri. Apalagi jika mereka adalah anak muda. Sungguh semuanya akan dibalas oleh Allah, menjadi kebaikan setelah keburukan yang kita perbuat.

Oleh karena itulah jika kita ingin disayang olehnya segeralah bertaubat. Dan cara-cara taubat ada dibawah ini:

  • Cara Taubat Dari Dosa Pada Sesama Manusia

Cara taubat dari dosa yang bersifat pada sesama manusia, Imam Nawai dalam Al-Adzkar menyatakan sebagai berikut:

  1. Berniat tidak melaksanakannya lagi seterusnya.
  2. Sangat menyesali perbuatan dosa atau maksiat yang diperbuat.
  3. Meninggalkan perilaku maksiat
  4. Pada hak manusia yang kita dzalimi harus terbebas dengan cara sbb:

a) Apabila menyangkut yang tidak berupa harta seperti Ghibah, mencaci maki, fitnah dan lain sebagainya, kita diwajibkan meminta rido maaf kepada orang yang kita sakiti

b) Jika menyangkut harta maka kita wajib mengembalikan sepenuhnya harta itu.

Selain itu, ketika sedang atau setelah taubat hendaknya kita iringi dengan amal sholih yang baik sebagai pelebur dosa seperti memperbanyak sedekah kepada anak yatim juga fakir miskin dan infaq ke masjid atau pesantren terdekat. dan melakukan ibadah sunnah yang lain juga.

Baca Juga: √ Shalat Istikharah: Panduan Lengkap (Doa, Niat dan Cara)

  • Taubat Atas Dosa Kepada Allah

Ada 3 syarat seorang muslim yang ingin melakukan taubat nasuha atas dosa yang dilakukan kepada Allah. Imam Nawawi dalam kitab Al-Adzkar mengatakan bahwa :

taubat dari zina

Ketahuilah bahwa setiap orang yang melaksanakan dosa maka wajib baginya segera melakukan taubat (nasuha). Adapun taubat dari dosa kepada Allah (haqqullah) ada tiga syarat:

  1. Berhenti dari perbuatan dosa itu seketika itu juga.
  2. Menyesali perbuatannya.
  3. Berniat tidak mengulanginya lagi.

Ketika ketiga syarat tersebut tidak terpenuhi, makan taubatnya tidak akan SAH.

Tata cara sholat taubat

niat shalat taubat

Beginilah cara sholat taubat:

  1. Sholat sunnah taubat dikerjakan dua rokaat dengan niat sunnah taubat.
  2. Sholat taubat sunah ketika habis melakukan dosa
  3. Sholat sunnah taubat bisa dilakukan sebelum taubat maupun sesudah taubat. Jika dilakukan sebelum taubat maka tidak termasuk mengakhirkan taubat karena sholat ini termasuk wasilahnya taubat.

Niat sholat taubat

Niat sholat nya adalah dengan menghadirkan rasa keinginan untuk taubat dari semua dosa yang diberpuat selama ini. Lalu kemudian melaksanakan sholat 2 rakaat, dan jangan lupa berwudlu sebelum sholatnya.

Para ulama mengajarkan untuk melafazkan niat sebagai penegasan, dengan redaksi bacaan seperti berikut ini:

أُصَلِّى سُنَّةَ التَّوْبَةَ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى

Ushalli Sunnatat Taubata Rak’ataini Lillahi Ta’ala

Artinya: Saya niat shalat sunnah taubat dua rakaat karena Allah.

Adapun secara rukunnya, hadirnya keinginan dihati dan azzam untuk melaksanakan sholat taubat sebenarnya sudah cukup sebagai niat.

Waktu Sholat Taubat

cara bertaubat nasuha
source:unsplash.com

Pertama, Taubat tidak ada batasan waktu, sesekali melakukan kesalahan maka wajib bertaubat. Al-Imam Nawawi dalam Syarah Muslim menerangkan :

dosa zina

Maksudnya, selagi bermaksiat maka bertaubatlah dan tidak ada batasan waktu untuk bertaubat. Al-imam Ad-Dasuki dalam Hasyiahnya :

nasuha

Sholat-sholat yang memiliki sebab tidak ada batasan waktu, bahkan dalam waktu tahrimus (haram) sholat, contoh seperti sholat ketika akan keluar untuk bepergian, Ketika masuk dalam Masjid (tahiyatal-masjid) atau keluar dari masjid, Sholat Istikhoroh, Sholat ketika ada Hajat, sholat antara Adzan & Iqomah dan sholat ketika bertaubat (sholat taubat).

Jadi intinya dalam melakukan, sholat taubat boleh dilakukan setiap hari dan waktu kapanpun. Mau waktu pagi atau malam. Selagi ada umur segera lakukan!

Doa sholat taubat

taubat dari zina
source:pixabay.com

Agar sholat taubat kita menjadi sempurna, perbanyaklah mengucapkan istghfar minimal 100 kali dalam sehari. Rosulullah Saw sendiri manusia yang tak pernah berbuat dosa melakukan istighfar 100 kali. Sedangkan diri kita yang banyak dosa ini seharusnya bisa lebih. Dan ada baiknya pula di sertai dengan wirid-wirid yang lainnya.

Selepas sholat taubat ada beberapa doa sholat taubat bacaan khusus untuk kita amalkan, diantaranya:

Doa Taubat 1

اللَّهُمَّ إِنِّي ظَلَمْتُ نَفْسِي ظُلْمًا كَثِيرًا وَلَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ فَاغْفِرْ لِي مَغْفِرَةً مِنْ عِنْدِكَ وَارْحَمْنِي إِنَّك أَنْتَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku telah menganiaya diriku dengan kezaliman yang banyak, sedangkan tak ada yang mengampuni kecuali Engkau, maka ampunilah aku dengan pengampunan-Mu dan kasihanilah aku. Sesungguhnya Engkau adalah Maha Pengampun dan Maha pemberi rahmat

Doa Taubat 2

أللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ

Ya Allah, Engkaulah Tuhan kami, tiada Tuhan melainkan Engkau yang telah menciptakan aku, dan akulah hamba-Mu. Dan aku pun dalam ketentuan serta janji-Mu yg sedapat mungkin aku lakukan. Aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan yg telah aku lakukan, aku mengakui nikmat-Mu yang Engkau limpahkan kepadaku, dan aku mengakui dosaku, karena itu berilah ampunan kepadaku, sebab tiada yg dapat memberi ampunan kecuali Engkau sendiri. Aku memohon perlindungan Engkau dari segala kejahatan yg telah aku lakukan.

Itulah beberapa doa sholat taubat, setelah kita melakukan dan mengerti akan pentingnya bertobat.

Cara Taubat Nasuha Pelaku Zina

taubat dari zina
source:unsplash.com

Melakukan hubungan intim diluar nikah pada zaman sekarang sudah banyak dilakukan. Kesenangan sementara yang bisa membawa sengsara didunia dan akhirat. Ketika di dunia, biasanya orang sudah melakukan zina akan susah dalam mendapat rezeki, kalau di akhirat sudah tentu akan celaka.

Kerugian terbesar ada pada wanita, ketika ada yang melakukan zina. Ketika wanita itu Mengalami hamil diluar nikah, apa yang terjadi? Biasanya, laki-laki yang sudah menzinahi nya kabur entah kemana.

Bahkan banyak cerita nyata, Siswi SMP sudah hamil karena melakukan hubungan intim. Setelah itu siapa yang repot? tentunya sang wanita itu dan keluarganya. Naudzubillah.

Selain itu, pelaku zina akan mempunyai anak yang kemungkinan pezina juga, Naudzubillah. Sebelum semua terlambat segeralah bertaubat.

Dan untuk wanita yang sudah terlanjur zina cara taubat nasuha adalah sebagai berikut:

  1. Timbulkan rasa penyesalan yang dalam, dan jangan mengulanginya lagi.
  2. Hindari lingkungan anda sebelumnya yang menjerumuskan anda menjadi tidak baik. Berteman secukupnya saja, jika anda belum bisa menasehati teman anda yang masih sering melakukan keburukan.
  3. Lakukan sholat sunnah tobat seperti diterangkan di atas.
  4. Ini penting, anda jangan pernah bercerita perbuatan zina anda kepada yang lain. Tutup saja aib Anda. Ketika Anda memilih bercerita kepada yang lain, tidak menutup kemungkinan orang yang anda percaya sewaktu waktu menceritakan aib anda kepada yang lain. Dan jangan pernah bangga anda menceritakkannya.
  5. Sering beristighfat dan banyak melakukan amal sholeh, karena perbuatan buruk dapat dihapus dengan amal baik.

Kata Kata taubat

Kepekaan terhadap dosa tidak hanya menyelamatkan seseorang dari azab yang pedih. Kepekaan itu akan menghadirkan simpati dan empati, sehingga apabila bukan sesuatu haknya dia tidak akan mendekatinya, apalagi dengan membahayakan dan menyengsarakan orang lain untuk memperkaya diri.

sehingga tidak akan sekali-sekali mendekati sesuatu yang bukan haknya, apalagi memperkaya diri dengan menyengsarakan dan membahayakan orang lain. Tetapi juga melindungi manusia dari kegelapan dan kesengsaraan di dunia.

Inilah kedudukan di mana seorang muslim merasa dirinya bersih dari dosa yang diperbuat. Padahal, hal itu bisa merugikan orang lain dan diri sendiri tentunya.

Berikut adalah kata kata taubat yang menjadi penghambaan makhluk kepada sang Rabb, yang mana kita bisa renungi bersama untuk mengevaluasi diri kita:

“Kemaksiatan yang melahirkan rasa hina dan butuh pada Allah lebih baik daripada ketaatan yang melahirkan sikap merasa mulia dan sombong.”

Al-Hikam Ibnu Athaillah as-Sakandary

***

“Sesungguhnya senjata yang disenangi oleh setan untuk melumpuhkan orang untuk melakukan kebaikan adalah taswif, yaitu menunda kebaikan.”

Ibnu Qayyim al-Jauzi

***

“Kadang kita butuh sepi, untuk menata hati dan mengubah tingkah agar langkah tak lagi salah”

Zeeya Amir

***

“Bagi orang yang bersih hatinya, tak ada waktu untuk membenci dan memaki orang lain.”

D Zawawi Imron

***

“Sesuatu yang baik tetaplah baik meski datang dari penjahat sekalipun, dan yang buruk tetaplah buruk meski datang dari seorang alim”

Zeeya Aamiir

***

“Ketika masa tua tiba, kita tinggal menangisi masa muda yang kita sia siakan untuk jauh dari ALLAH yang tak mungkin kembali.”

Habib Muhammad Al-Baqir

 ***

“Di antara kebaikan Tuhanmu adalah bahwa Dia menutupi keburukan dirimu sehingga kamu tampak baik di hadapan sesamamu.”

Al-Hikam

***

“Tuhan memperlihatkan kelemahanmu karena Dia ingin membuat dirimu mampu hanya bersama-Nya bukan dengan selain-Nya.”

Al-Hikam

Kisah Nyata Islami

waktu sholat taubat sholat taubat waktu pagi sholat taubat yusuf mansur sholat taubat karena zina apakah sholat taubat boleh dilakukan setiap hari manfaat sholat taubat nasuha mandi taubat sholat taubat setelah sholat magrib

Ketika kita punya rasa ingin hijrah ke jalan yang benar. Tapi lingkungan tidak mendukung, apa yang harus dilakukan? Yang harus dilakukan adalah tetaplah istiqomah dalam kebaikan dan kebenaran.

Jangan pernah malu menjadi lebih baik lagi, hidup ini cuma sementara. Ketika di akhirat kelak, kita hidup sendiri-sendiri. Orang tua, kakak, adik dan teman-teman sepergaulan yang sebelumnya telah menjadi teman maksiat bersama. Di akhirat menanggung amal baik dan buruknya masing-masing.

Hanya syafaat Nabi Muhammad SAW dan amal baik kita lah yang bisa menyelamatkan kita ketika berada didalam kesusahan pada masa yang akan datang.

Setiap orang punya cerita kenapa dia berubah, ada yang berubah ke arah yang semakin lebih buruk. Tapi ada juga yang semakin lebih baik lagi bahkan menjadi Waliyullah (Kekasih Allah). Berikut ini adalah beberapa kisah mengenai orang yang bertaubat, sebuah kisah nyata yang wajib kita renungi dan jadikan motivasi buat kita dan menjadi bukti bahwasannya Allah maha menyayangi setiap hambanya, apabila hamba tersebut mendekat kepada-Nya.

Pembuat Onar Menjadi Waliyullah

Ada seorang fasik pada zaman nabi musa yang sering kali melakukan onar. Masyarakat yang dekat dengan yang mana orang fasik tersebut tinggal, tak bisa lagi mencegah lagi perbuatannya, hingga akhirnya pria fasik tadi diusir dari kampungnya.

Kepada Nabi Musa, maka Allah SWT memberi wahyu supaya pemuda itu diusir dari kampungnya agar bencana tidak terjadi didaerah tersebut karena perbuatannya. Lalu pergilah pria itu dari kampungnya. Sehingga sampai pada sebuah padang pasir, dimana tidak ada manusia seorang pun yang hidup.

Beberapa hari kemudian, pria yang sering buat onar tadi mengalami sakit. Dalam seorang diri dia bersedih hati merintih, dan berkata: “Ya Allah, kalaulah istriku, ayahku dan ibu ada disisiku, mereka pastinya akan menangis melihat aku mati dengan keadaan seperti ini. Apabila anakku ada disamping mereka pasti mendoakan aku dan berkata: “Ya Rabb, Tolong ampuni Bapak kami karena banyak melakukan banyak onar sehingga diusir dari kampungny, ke tempat yang tidak berpenghuni seperti ini. Dan mati dalam keadaan putus asa dari segalanya kecuali rahmat-Mu Ya Rabb”

Berkata terakhir kalinya pemuda itu, “Ya Allah, janganlah Engkau putuskan aku dari rahmatMu, sesungguhnya Engkau Maha Berkuasa terhadap sesuatu”,. Wafatlah pemuda itu, Setelah berkata demikian

Kemudian Allah SWT mewahyukan kepada Nabi Musa, “Pergilah kamu ke tanah lapang di sana ada seorang waliku telah wafat. Mandikan, kafani dan sholatkan dia”. Lalu tibalah Nabi Musa, dan mendapati yang mati itu ternyata pemuda yang diusirnya dahulu.

Berkata Nabi Musa, “Ya Rabb, bukankah dia adalah yang Engkau suruh aku usir waktu dulu”. Berfirman Allah SWT, “Betul, Aku kasihan kepadanya karena rintihan sakitnya dan berjauhan dari keluarganya. Apabila seseorang yang tidak punyai saudara wafat, maka semua yang ada di langit dan bumi akan sama menangis karena merasa kasihan kepadanya. Karena itu bagaimana Aku tidak mengasihani sedangkan Aku adalah Dzat Yang Maha Penyayang di antara yang penyayang”.

Tobatnya Tukang Fitnah

Diceritakan, seorang tukang fitnah yang mempunyai rasa hati kepada tetangganya yang masih gadis. Pada suatu hari, karena ada suatu keperluan, maka wanita ini disuruh oleh keluarganya untuk pergi ke sebuah desa.

Si tukang fitnah mengetahui kemana gadis itu akan pergi, dan mengikutinya. Si tukang fitnah mulai beraksi, bujuk rayu dilontarkan kepada wanita itu ketika diperjalanan.

Berkata wanita itu, “Kamu jangan berbuat seperti ini! Sesungguhnya perasaanku kepadamu lebih dari cintamu kepadaku, hanya saja aku takut kepada Allah SWT.” dan dijawab oleh pria itu, “Kamu takut kepada Allh SWT, tapi aku tidak?” Dengan perasaan penuh penyesalan kepada Allah SWT, pria itu akhirnya pulang.

Di perjalanan pulang, ia merasa sangat haus membuat tenggorokan dan bibir kering. Tiba-tiba ada seorang dari bani israil bertemu dengan pria itu dan ditanya, “Kau Kenapa?” Lalu dijawab pria tukang fitnah itu, “Aku kehausan”. Seorang pria yang ketemu tiba-tiba tadi berkata, “Kemari, kita memohon kepada Allah, agar kita dinaungi oleh awan sampai tujuan”. Pria tukang fitnah menjawab, “Aku tidak punya amal baik”. Pria  tadi membalas “Aku yang berdoa, engkau tinggal bilang aamiin”

Situkang fitnah mengamini ketika pria bani israil tadi terus berdoa. Kemudian tak lama setelah itu datang awan menaungi mereka, hingga mereka sampai ke tempat tujuan.

Situkang fitnah sampai dirumahnya, tapi awan itu tetap mengikuti situkang fitnah.

Sebelum pria israil itu pulang, dia berkata, “Kamu mengaku tidak punya amal baik, padahal ketika engkau mengamini dan aku berdoa, tiba-tiba awan meneduhi kita, lalu aku mengikuti kamu, agar kamu memberi tahu aku, apa yang terjadi kepadamu” Pria tukang fitnah menceritakan apa yang di alaminya kepada pria bani israil itu. Maka pria bani israil itu berkata “Orang bertaubat kepada Allah akan mendapatkan kedudukan yang tidak ada seorangpun menyamai kedudukannya.”

Hikmah dari cerita diatas adalah manusia tidak mungkin terlepas dari dosa, akan tetapi jika kita sudah melakukannya dan sadar itu adalah hal salah. Maka anda harus bertobat memohon ampun kepada Allah SWT. Kita tidak tidak tahu akhir dari hidup seseorang, ada yang permulaannya baik dan berakhir buruk. Ada juga yang permulaannya buruk tapi berakhir baik.

Oleh karena itu Anda jangan pernah berputus asa dalam bertobat dan ber doa, apalagi sampai berprasangka buruk kepada Tuhan, bahwa anda pasti masuk neraka. Tapi tetaplah berprasangka baik terhadap Allah, dan seringlah anda melakukan amal baik.

Penutup

Itulah dari penjelasan mengenai sholat taubat dan hal yang berhubungan dengan taubat. Semoga kita termasuk kepada orang-orang yang senantiasa bertaubat. Dan ingat, Pintu tobat selalu terbuka, jangan nunggu sampai mati.

Jika anda berbuat Maksiat, taubat lagi, bermaksiat lalu taubat lagi, bermaksiat taubat lagi. Sampai Anda bosan untuk bermaksiat.

Dan dibawah ini ada video singkat tentang cerita pendosa yang menjadi waliyullah. Silahkan di simak.

Dan juga dibawah ini video singkat tentang dosa, renungan bagi kita sebagai pendosa.

Author: kamal

Jika kekuatanmu adalah Allah, tiada yang bisa mengalahkanmu!

Leave a Comment