√ Panduan Lengkap Sholat Tahajud (Tata Cara / Doa / Niat / Keutamaan Dll)

Tata Cara Sholat Tahajud – Assalamualaikum sahabat semua, pada kesempatan kali ini saya akan membahas seputar sholat tahajud. Mungkin banyak juga disini yang belum menjadikan sholat tahajud sebagai kebiasaannya. Atau mungkin banyak juga dari sahabat-sahabat semua yang belum pernah melaksanakan sholat tahajud?

Banyak alasan kenapa sahabat-sahabat semua belum melaksanakan sholat tahajud ini. Diantaranya:

  • Karena tidak tahu bagaimana melaksanakan tata cara sholat tahajud yang benar
  • Belum mengetahui keutamaan sholat tahajud
  • Karena susah bangun untuk sholat malam
  • Belum hafal doa tahajud
  • Belum hafal dan paham tentang bacaan niat sholat tahajud dll.

Dari alasan-alasan itu semua, sekarang saya akan membantu sahabat sekalian untuk mengetahui lebih jauh dan juga penjelasan yang lengkap mengenai sholat tahajud. Dan juga tips bagaimana bisa bangun malam.

Bagi sahabat yang belum paham tentang tata cara sholat tahajud, mari simak penjelasan lengkap dibawah ini. Semoga setelah sahabat membaca tulisan tentang sholat tahajud ini akan membuat sahabat istiqomah dalam melaksanakan sholat sunah yang sangat dicintai Rosul ini.

Sehingga apa-apa yang menjadi keinginan atau hajat sahabat semua bisa dikabulkan oleh Allah SWT. Selamat membaca. 🙂

Pengertian Sholat Tahajud

cara melakukan shalat tahajud

Sholat tahajud adalah sholat sunah yang dikerjakan pada waktu malam (qiyamul lail) atau sepertiga malam setelah terjaga dari tidur. Sholat tahajud dikerjakan sedikitnya dua rakaat dan bisa kita kerjakan sebanyak-banyaknya tidak ada batasannya.

Ada banyak keutamaan sholat tahajud apabila kita kerjakan, seperti yang akan diterangkan lebih jelas dan juga tata cara sholat tahajud nya dibawah.

Hukum Mengerjakan Sholat Tahajud

ketentuan shalat tahajud
Source: International Link Tours

Hukum sholat tahajud adalah sunnah, apabila dikerjakan mendapat pahala, tidak dikerjakan tidak berdosa. Dan derajat kesunnahan sholat malam ini hukumnya sunnah muakkad (sangat dianjurkan).

Sholat tahajud ini sangat dianjurkan dalam Islam, bahkan shalat tahajud menduduki posisi kedua setelah shalat wajib, luar biasa sekali kan?

Dan ada salah seorang sahabat bertanya pada Rosulullah SAW “Sholat yang manakah yang paling utama setelah shalat wajib? Rosulullah SAW menjawab sholat tahajud” (HR. Muslim)

Nabi Muhammad SAW sangat jarang meninggalkan sholat sunnah yang satu ini. Bahkan sering sekali kaki beliau sampai bengkak karena lama berdiri dalam mengerjakan shalat tahajud.

Beberapa Dalil Anjuran Sholat Tahajud dalam Al-Quran

niat doa sholat tahajud
source: MuslimVillage.com

Sholat tahajud dalam Alquran banyak sekali dalil yang Allah SWT sampaikan. seperti halnya dalam surat Al-Isra ayat 79 yang berbunyi yang artinya:

“Dan pada sebagian malam, lakukanlah shalat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu. Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.”

Dan Allah berfirman juga pada surat Al-Muzammil ayat 1-4:

“Hai orang yang berselimut. Bangunlah (untuk bertahajud) dimalam hari, kecuali sedikit (dari padanya). (yaitu) seperduanya atau kurangilah dari seperdua itu sedikit. Atau lebih (sedikit) dari seperdua itu…”

Dari dalil anjuran sholat tahajud diatas, sedikit menjadi gambaran bahwasannya sholat malam ini merupakan ibadah sunnah yang sangat ditekankan untuk dikerjakan. Apalagi dengan keutamaan-keutamaan yang akan didapatkan salah satunya adalah Allah akan mengangkat derajat kita, apabila kita rutin melaksanakannya.

Beberapa Dalil Shalat Tahajud dalam Hadits Nabi

niat sholat tahajud dan doanya
source: Exemplore

Diriwayatkan dari Abdullah bin Abi Qais ia mengatakan,

“Aisyah ra. berkata kepadaku “Janganlah kau tinggalkan qiyamul lail (sholat malam). Sebab sesungguhnya Rasulullah tidak pernah meninggalkannya. Apabila sakit atau malas, beliau shalat dengan duduk.” (HR. Abu Dawud)

Rasulullah pun bersabda di hadist yang lain,

“Kalian hendaknya mengerjakan qiyamul lail (sholat malam). Sebab, itulah kebiasaan orang-orang shaleh sebelummu, jalan untuk mendekatkan diri kepada Allah, penebus dosa dan kejelekan serta penangkal penyakit dari badan” (HR. Tirmidzi)

Dan diriwayatkan dari Imam Bukhari dan Imam Muslim bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Disetiap malam Allah SWT turun ke langit dunia, sampai tersisa sepertiga malam yang terakhir. Allah SWT pun berfirman “adakah hambaku yang meminta sehingga Aku berikan apa yang dia minta? Adakah hambaku yang berdoa sehingga pasti aku akan kabulkan donya? Dan adakah hambaku yang memohon ampun (beristighfar) sehingga Aku akan ampuni dosanya” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dikutip dari Ibnul Munkadir : “Kelezatan di dunia ini tinggal tersisa tiga perkara: qiyamul lail (sholat malam), berjumpa dengan saudara seiman dan shalat jama’ah.”

***

Banyak dalil mengenai sholat tahajud selain yang dituliskan diatas ini, hal ini membuktikan bahwa sholat tahajud adalah ibadah yang sangat istimewa.

Jadi ketika kita memiliki alasan untuk tidak mau mengerjakan, yuk sedikit demi sedikit kita merubah diri kita, agar diri kita semakin lebih baik lagi.

Tata Cara Sholat Tahajud

niat dan cara sholat tahajud
source: owlcation.com

Selanjutnya adalah pembahasan tata cara sholat tahajud. Mungkin diantara sahabat masih bingung, tentang cara sholat tahajud itu seperti apa dan bagaimana?

Tata Cara Shalat Tahajud: Waktu Pelaksanaan Sholat Tahajud

Oh iya kira-kira kapan waktu yang tepat untuk melaksanakan shalat tahajud ini?

Allah berfirman :

“Bertahajudlah kamu pada sebagian malam hari sebagai suatu ibadah tambahan bagimu. Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji” (QS Al-Isra : 79)

Nah seperti yang kita baca bahwa shalat tahajud dilaksanakan pada malam hari.

Shalat tahajud dilakasanakan setelah shalat isya dan sebelum shalat tahajjud harus tidur terlebih dahulu walapun tidurnya cuma sebentar.

Dalam hal ini Syekh Sulaiman bin Muhammda bin Umar Al Bujairomi mengatakan bahwa “Dan sunnah mengerjakan shalat tahajud yaitu shalat sunnah setelah tidur”. Oleh karena itu mengerjakan sholat tahajud harus tidur dulu meskipun sebentar.

Tata Cara Shalat Tahajud: Berapa Jumlah Rakaat dalam Sholat Tahajud?

niat sholat tahajud dan hajat
source: pinterest

Kira-kira berapa rakaat shalat tahajud dilaksanakan? Shalat tahajud minimal 2 rakaat dan maksimal sebanyak banyaknya karena tidak ada batasan.

Hanya saja bahwa setiap 2 rakaat itu harus dilakukan dengan 1 salam. Jadi kalau kita ingin shalat 4 rakaat, maka lakukanlah 2 kali shalat, *1 kali shalat itu 2 rakaat.

Tidak ada batasan dalam shalat tahajjud, Rasulullah pun melaksanakan shalat malam dengan jumlah yang beragam, mulai dari 2 rakaat sampai 11 rakaat (seperti shalat tarawih) yaitu 4 kali shalat tahajud (dengan 1 kali salam dalam rakaat ketiga). Ini sesuai cara shalat Rasulullah yang disampaikan oleh Aisyah.

Namun ada pula hadits yg menerangkan Rosullah shalat sebanyak 13 rakaat dengan 1 kali witir.

Dari Zaid bin Al-Juhani yang mengatakan bahwa

“Aku pernah memperhatikan shalat malam yang dikerjakan oleh nabi Muhammad SAW. Beliau pun mengerjakan 2 rakaat ringan, sesudah itu beliau mengerjakan 2 rakaat yang panjang-panjang, lalu beliau kerjakan shalat 2 rakaat yang lebih ringan dari sebelumnya. Setelah itu beliau kerjakan shalat 2 rakaat lagi yang lebih ringan dari sebelumnya. Setelah itu beliau kerjakan shalat 2 rakaat lagi yang lebih ringan dari sebelumnya. Beliau pun kerjakan shalat 2 rakaat yang lebih ringan dari sebelumnya, dan beliau pun kerjakan shalat 2 rakaat lagi yang lebih ringan dari sebelumnya. Dan yang terakhir beliau berwitir sehingga jadilah beliau mengerjakan shalat malam ketika itu sebanyak 13 rakaat dengan shalat witir sebanyak 1 rakaat”.

Intinya disini shalat tahajud itu Amalan ibadah yang baik maka tidak ada batasan dalam melakuannya.

Dari Al Qodhi Iyadh yang mengatakan bahwa “tidak ada khilaf diantara Umat Muslimin bahwa shalat malam itu tidak ada batasan rakaatnya karena shalat malam itu shalat Nafilah (shalat sunnah) dan termasuk amalan kebaikan. Sehingga tak mengapa seorang menambah atau mengurangi jumlah rakaatnya……. “

Mulai paham kan?

Tata cara Sholat Tahajud: Niat Sholat Tahajud

Diawali dengan niat sholat tahajud

أصلي سنة التهجد ركعتين لله تعالى

Usholii sunnata tahajudi roka’taini lillahi ta’ala

Artinya : Aku niat shalat sunnah tahajjud dua rakaat karena Allah ta’la.

Niat sholat tahajud bisa dilakukan didalam hati maupun dalam mulut secara lirih. Setelah niat dilanjutkan dengan gerakan shalat seperti biasanya dari takbir sampai salam. Dan sesudah shalat dianjurkan dzikir kepada Allah dan bisa dilanjutkan dengan membaca doa sesudah tahajjud.

Tata Cara Sholat Tahajud: Doa Sesudah Sholat Tahajud

doa dan niat sholat tahajud
SOURCE: IBTimes India

Setelah melaksanakan sholat tahajud, kita sebenarnya bebas untuk berdoa apa saja. Yang ingin kita mohon kepada Allah SWT. Mengenai urusan-urusa atau keinginan dunia juga akhirat. Seperti memohon untuk:

  • Ingin dimudahkan dalam mencari pekerjaan
  • Ingin dimudahkan dalam mencari jodoh
  • Dibebaskan dari hutang
  • Diberi kebahagiaan dunia juga akhirat dll

Akan tetapi, Baginda Nabi SAW pun, mengajarkan doa-doa langsung yang diajarkan oleh beliau, sehingga kitapun bisa memohon kepada Allah seperti yang telah diajarkan beliau. Contohnya adalah doa berikut ini:

اَللهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ.
وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ.
وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ.
وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ.
اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ
فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ.
اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Artian Doa Setelah Sholat Tahajud diatas adalah,

Ya Alloh, bagimu segala puji. Engkau-lah (Alloh) penegak langit dan bumi dan alam semesta serta segala isinya. Bagimulah segala puji, Engkau (Alloh) Raja penguasa langit dan bumi. Bagimu-lah (Alloh) segala puji, pemancar cahaya langit dan bumi. Bagimu-lah (Alloh) segala puji, Engkau-lah (Alloh) yg hak dan janjimu adalah benar dan perjumpaanmu itu adalah hak dan firmanmu adlh benar, dan surga adlh hak dan Neraka adlh hak dan Nabi – Nabi itu hak benar dan Nabi Muhammad Saw adalah benar, dan saat hari Kiamat itu benar. Ya Alloh kepadamulah kami berserah diri (bertawakal) kepada Engkau jualah kami kembali dan kepadamulah kami rindu dan kpd engkaulah kami Berhukum, Ampunilah kami atas kesalahan yg sudah kami lakukan dan yg sebelumnya baik yg kami sembunyikan maupun yg kami nyatakan. Engkaulah Tuhan yg terdahulu dan Tuhan yg terakhir, Tiada Tuhan melainkan Engkau Alloh Rabbul Alamin. Tiada daya dan kekuatan melainkan dg Alloh ”.

Keutamaan Sholat Tahajud

Sebetulnya banyak sekali keutamaan shalat tahajud, tapi saya cuma menjelaskan 4 point keutamaan sholat tahajud.

  • Shalat sunnah yang diperintahkan Allah
  • Salah satu kunci masuk Syurga                                                                                                          Diriwayatkan dari Tirmidzi bahwa nabi Muhammad SAW bersabda “Sebarkanlah salam, berilah makan pada orang2 yang membutuhkan, sambungkanlah silaturahmi dan shalatlah dimalam hari saat orang muslim lain sedang tertidur. Niscaya kalian akan masuk kedalam syurga dengan selamat.” (HR. Tirmidzi)
  • Akan mendapatkan pahala sunnah yang banyak
    “Barangsiapa yang menghidupkan 1 sunnah dari sunnah2ku, lalu diamalkan oleh manusia, maka ia akan memperoleh pahala seperti pahala orang2 yang mengamalkannya dengan tak mengurangi pahala mereka sedikitpun.” (HR. Ibnu Majah)
  • Dapat mengabulkan segala hajat dan ampunan dosa
    Nabi Muhammad SAW bersabda: ”Di setiap Malam Allah Subhanahu wa ta’ala turun ke langit dunia, sampai tersisa Sepertiga Malam yg terakhir. Allah Subhanahu wa ta’ala pun berfirman, ” Adakah hamba’ku yg meminta sehingga pasti Aku berikan apa yg dia minta ?, adakah hamba’ku yg berdoa sehingga pasti Aku akan kabulkan doanya ?, dan Adakah hamba’ku yg memohon ampun (Beristighfar) sehingga Aku akan ampuni dosanya (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim) ”.

Gimana nih sahabat semua, amalan sunnah ini sangat luar biasa sekali kan, jadi ga ada halangan lagi buat kita untuk melaksanakannya. Biar pun sedikit tapi istiqomah itu lebih dicintai Rosulullah daripada banyak tapi jarang.

Tata cara sholat tahajud disini sudah lengkap. Nah yuk ah bagi yang jarang sekali shalat tahajud mari kita hidupkan kembali dan istiqomahkanlah.

Semoga kita selalu diberi kesehatan untuk selalu bisa dalam melaksanakan shalat sunnah tahajud.

Sekian, semoga penjelasan tata cara sholat tahajud ini bermanfaat, wassalamua’laikum warahmatullah 🙂

Baca Juga: √ Bacaan Do’a Qunut Lengkap | Disertai Penjelasan, Teks Arab, Arti & Video

Leave a Comment