√ Penjelasan Permainan Bola Voli (Sejarah / Teknik Bermain / Peraturan DLL)

Permainan Bola Voli Adalah sebuah permainan olahraga yang lebih mengandalkan kemampuan kekuatan tangan yang diciptakan oleh William G. Morgan pada tahun 1895 dan waktu pertama kali olahraga ini dinamai dengan minitonette dan sekarang lebih dikenal dengan Bola Voli (Volley Ball).

Permainan bola voli termasuk kedalam permainan olahraga yang paling terkenal selain olahraga sepak bola dan juga basket. Jika bola merupakan peringkat pertama dari orang-orang diserluruh dunia yang menyukainya, bola voli sendiri ada diperingkat keempat yang memiliki banyak peminat.

Dan pada saat ini peringkat pertama dunia untuk keunggulan tim bola voli kategori senior putra, masih dipegang oleh negara Brazil dengan skor poin 315. Dan untuk senior putri masih dipegang oleh China dengan skor pon 330.

Nah, sebelum kamu membaca beberapa penjelasan lengkap mengenai bola voli, ada baiknya kamu menonton video cuplikan pertandingan bola voli dalam penyelamatan bola yang sangat heboh ini:

PERMAINAN BOLA VOLI

Permainan bola voli itu termasuk olahraga yang harus cukup kemampuan dalam memainkannya. Karena, olahrga ini mengandalkan seluruh bagian tubuh dalam kolaborasinya. Dan yang paling utama adalah kekuatan tangan, tangan kita harus kuat dalam menahan dan mengembalikan bola dari serangan lawan.

Jika kamu kurang kuat, kamu pasti kesakitan pada bagian tangan. Ketika akan menahan bola atau pada saat umpan balik. Tapi itu semua bisa diatasi kok, jika kamu berlatih setiap hari.

Sebelum kamu mengetahui lebih lanjut, tentang teknik bola voli. Atau kamu yang terobsesi dengan olah raga bola voli ini. Kamu harus tahu sejarahnya dulu. Seperti dibawah ini:

SEJARAH PERMAINAN BOLA VOLI DI INDONESIA DAN DUNIA

Bagaimana Sejarah permainan bola voli yang ada didunia hingga ke indonesia? Yuk simak penjelasan berikut ini dengan baik:

Awal Mula Sejarah Bola Voli Dunia

Penemu olahraga bola voli adalah William G. Morgan. William awalnya belum terpikirkan mengenai olahraga ini. Akan tetapi, setelah bertemu dengan rekannya yaitu James Naismith beliau lalu merancang olahraga ini.

James Naismith sendiri adalah seorang instruktur pendidikan olahraga. Sama halnya dengan William G Morgan. Kesamaan visi misi dalam olahraga membuat mereka menjadi satu padu.

William G Morgan, mengombinasikan 4 permainan olahraga bola menjadi satu kesatuan, sebagai berikut ini:

  • Baseball
  • Bola Basket
  • Tenis
  • Bola Tangan / Handball

Sejarah olahraga bola voli bermula khusus untuk anggota YMCA yang tidak lagi muda. Sehingga permainan bola voli tidak seaktif dari bermain bola basket.

William G. Morgan lahir pada tanggal 6 November 1861, dan wafat pada tanggal 28 November 1939

Sejarah Bola Voli Di Indonesia

Banyak hal yang tersebar di Indonesia ini berawal saat Belanda menjajah Indonesia di masa lampau. Dari segi infrastruktur, adanya pengadaan seperti halnya pembangunan kereta api, dan juga dari seni budaya. Tak ketinggalan dari olahraga nya juga. Contohnya olahraga bola voli ini.

Awalnya, permainan bola voli dimainkan hanya orang-orang dari kalangan Bangsawan pribumi dan orang Belanda. Belanda gemar sekali mengembangkan olahraga juga, sehingga banyak guru-guru pendidikan jasmani yang dikirim langsung dari Belanda.

Selain itu para tentara belanda, sangat suka bermain voli sehingga pengembangan dan pengenalan permainan bola voli oleh tentara belanda menjadi semakin menarik.

Biasanya olahraga bola voli mereka mainkan diwaktu senggang di asrama. Sesekali mereka mengadakan tanding permainan bola voli antara tentara belanda.

Terbentuknya PBVSI

PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia) ini didirikan pada tanggal 22 Januari 1955 di Jakarta. Dan pada hari yang sama itu, digelarlah kejuaraan Bola Boli Skala nasional untuk pertama kalinya.

Sehingga sampai sekarang, banyak klub bola volki yang berkembang dan maju di kota besar di Indonesia ini. Indonesia pun sering mengikuti pertandingan kegiatan bola voli dengan skala mancanegara.

Pertandingan Secara Resmi

Itu terbukti pada saat awal sekali bermain, Indonesia telah mengikuti pertandingan Asian Games ke IV pada tahun 1962 dan pada tahun berikutnya pun mengirimkan tim untuk Ganefo I pada tahun 1963. Kategori putra maupun putri ikut dalam pertandingan bola voli ini.

Dan untuk pertandingan resmi skala nasional adalah digelarnya pertandingan bola voli pada Pekan Olahraga Nasional di Jakarta pada oktober 1951.

PERATURAN PERMAINAN BOLA VOLI LENGKAP

Peraturan pertandingan bola voli cukup sulit, dan wasit harus benar-benar jeli dalam setiap pergerakan permainan dari setiap pertandingan. Pada pertandingan bola voli ini ada banyak peraturan yang harus diketahui diantaranya adalah berikut ini:

  • Pertandingan bola voli ini dipimpin oleh satu orang wasit dan empat orang sebagai penjaga garis.
  • Bola voli diadakan dalam dua set atau bisa juga dalam tiga set dua kali menang.
  • Jumlah poin minimal dalam pertandingan bola voli adalah 15 poin, dan angka tersebut menjadi angka penentu kemenangan. Tapi apabila skronya sama atau poin yang dihasilkan sama oleh kedua tim, misalnya 14:14 atau 24:24 maka ada penambahan waktu.
  • Apabila terjadi kemenangan dalam permainan, atau salah satu tim berhasil menambah skor. Maka ada pergeseran dalam posisi para pemain bola voli. Yang mana pergeseran ini harus mengikuti arah jarum jam.
  • Dalam satu tim bola voli ada empat posisi penting yaitu setter atau tosser, smasher atau spiker lalu ada defender atau libero (Pemain bertahan.)
  • Ada enam orang pemain dalam satu tim di setiap pertandingan.
  • Saat hendak bermain, maka para pemain diharuskan memakai sepatu dan baju olahraga.
  • Bola voli sendiri terbuat dari bahan kulit yang sudah lunak. Atau bahan-bahan lainya yang mirip. Udara yang masuk dalam bola voli sebaiknya harus memilki teknanan berkisar 0.48 – 0.52 kg/cm2. Dan juga bentuk bola voli memiliki ukuran 65-67 cm dan beratnyta 250 sampai 280 gram.
  • Untuk jaring net, lebarnya 1 meter (dan mata jaring lebarnya 10 cm) dan panjang tiangnya sekitar 9,5 meter. Untuk tinggi net ada perbedaan antara putra dan putri, tinggi untuk putra tingginya 2,43 meter dan untuk putri tinggi netnya 2,24 meter.
  • Ukuran lapangan bola voli memiliki lebar 9 meter dan panjangnya 18 meter. Jadi, bentuk lapangan voli itu berbentuk persegi panjang.

PERMAINAN BOLA VOLI DICIPTAKAN OLEH?

Telah dijelaskan sebelumnya diatas, yang menciptakan permainan bola voli diciptakan oleh William G Morgan, pada organisasi YMCA (Young Mens Christian Association). Dan sebelum menjadi volley ball (bola voli) permainan ini disebut Mintonette. Pada tanggal 9 Februari 1985 olahraga ini diciptakan.

Sebelumnya, permainan olahraga bola basket dulu yang pertama diciptakan oleh rekan William sesama penyuka olahraga, bernama James Naismith. Lalu empat tahun setelah itu William terpikir untuk membuat permainan bola yang tak selincah dan seaktif bola basket dalam permainannya. Dan terciptalah permainan bola voli ini.

PERMAINAN BOLA VOLI BERASAL DARI NEGARA?

Sejarah mencatat, jika bola voli ini berasal dari Negara Amerika Serikat, Pada bagian wilayah Hoyloke, Massachusetts. Dan awal perubahan nama Minyonette mejadi Volley Ball (Bola Voli) ketika tahun 1896. Ketika terjadi demonstrasi pada pertandingan pertama di Internantional YMCA Training School.

Bola voli pun awalnya dimainkan didalam ruangan lalu seiring berjalannya waktu luar ruanganpun dimainkan. Pada saat awal permainan ini tercipta masih banyak pemain yang belum menjadi standar. Sehingga pada saat permainan ini menjadi populer barulah banyak yang menekuni dan hobi olahraga bola voli.

Olahraga bola voli ini untuk mempertahankan bola yang dikirim lawan dengan melewati net.

WAKTU PERMAINAN BOLA VOLI

Waktu permainan bola voli sangatlah berbeda dengan basket dan olahraga lain yang memiliki standart waktu dalam permainan berlangsung. Tapi waktu permainan bola voli ini ditentukan oleh skor yang paling dahulu dikumpulkan.

Dan skor yang dikumpulkan untuk pemenang adalah 25 poinnya. Dan ditentukan dengan bermain dua kali set atau menjadi tiga kali set apabila terjadi kesamaan skor dalam permainan.

TEKNIK DASAR PERMAINAN BOLA VOLI

  • 3 kali sentuhan tangan terhadap bola yang harus dimainkan oleh setiap timnya ketika menerima bola dari lawan.
  • Bola hidup pas salah seorang pemain melakukan servis ball.
  • Seorang pemain dilarang menyentuh bola lebih dari satu sentuhan, tapi harus di over kepada rekan satu timnya, atau dikembalikan kepada lawan yang harus melewati net.
  • Setiap bola menyentuh dasar lantai dan tidak tertahan oleh tim lawan, maka itu menjadi poin terhadap tim yang mengirim bola serangan tersebut.
  • Jika salah satu tim gagal melakukan servis, maka lawan yang berhak melakukan servis. begitu juga sebaliknya dan seterusnya.
  • Bola dinyatakan masuk (terjadi skor poin) apabila bola jatuh di dalam daerah garis lapangan atau tepat pada garis lapangan area lawan.

PERTANDINGAN BOLA VOLI DIAWALI DENGAN SERVIS

Servis adalah sebuah serangan awalan dari salah satu tim yang mana, pemain harus melempar jauh ke area lawan. Dan tidak boleh melewati garis dalam kotak apabila ingin terjadi poin, bila bola menyentuh tanah.

Dalam servis ada 2 jenis, yaitu servis dengan tangan atas dan servis dengan tangan bawah. Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan gerakan servis bola voli:

1. Servis Tangan Bawah

  • Langkah awal, pemain yang akan melakukan servis harus berada di area garis belakang dengan posisi kaki kiri berada lebih depan daripada kaki yang kanan.
  • Bola dipegang oleh pemain dengan tangan kirinya lalu dilambungkan keatas.
  • Dan tangan kanan dari pemain siap mengayun dari arah bawah belakang ke arah bola apabila bola telah dilepaskan.
  • Ketika posisi bola sudah berada pada setinggi pinggang, lalu tangan kanan mulai diayunkan lurus kearah depan ketika sudah menyentuh bola
  • Posisi pada telapak pemain harus menghadap ke bola dan agak dikeraskan atau ditegangkan agar mendapat sebuah pantulan bola yang bagus. Selain dengan telapak tangan terbuka, bisa juga dengan mengepalkan tangan saat servis.

2. Servis Tangan Atas

Tennis Servis

  • Posisi lutut pada kaki kiri kearah depan dan agak merendah
  • Lalu tangan kanan dan kiri sama-sama memegang bola voli, dan yang tangan kanan di atas bola dan yang tangan kiri menyangga bola
  • Lalu bola dilambungkan tidak terlalu jauh, sekitar setengah sampai satu meter dikepala.
  • Tangan kanan ditarik ayun ke belakang dan lakukan seperti gerakan smash.
  • Pukul dengan tangan saat bola mulai tersentuh ke tangan

Folating Servis

  • Untuk posisi kaki, sama persis dengan tennis servis
  • Tangan yang kanan diangkat sejajar dengan pelipis dan tangan kiri memegang bola
  • Lambungkan bola tidak terlalu tinggi ke samping kanan.
  • Ketika bola voli sudah dilambungkan keatas, tangan kanan bersiap untuk langsung memukul kebagian tengan bola.
  • Pada teknik float servis pun bisa dilakukan dengan tumit pada tangan, caranya dengan ibu jari dilipat kedalam dan meyentuh dengan tangan, atau dengan tangan yang mengepal keras.

Cekis

  • Badan pada posisi berdiri menyambing dan pada bagian kiri harus lebih mendekat ke arah jaring
  • Bola Voli dipegang oleh kedu tangan
  • Lutut ditekukan dan badan sedikit menekuk kebelakang pada saat bola melambung ke atas.
  • Pada posisi memegang bola voli, kedua tangan dijulurkan kebawah kanan
  • kedua tangan melakukan pelambungan bola diatas kepala, dan badan meluk kekanan, lalu tangan yang kanan haruslah ditarik kearah samping kanan bawah.
  • Setelah itu,  ketika bola ada pada jangkauan tangan kita, bola dipukul dengan dibantu meliuknya badan dengan lecutan tangan.

INDUK ORGANISASI VOLI NASIONAL DAN INTERNASIONAL

Semua klub olahraga apapun dan dimanapun memiliki organisasi yang menaungi olahraga tersebut. Tak terkecuali dengan Bola Voli. Bola Voli ada organisasi dalam skala skala dunia dan juga skala Indonesia.

Untuk organisasi yang menaungi olahraga bola voli diseluruh dunia, disebut dengan Federation International de Volley Ball (FIVB) yang didirkan di kota Paris, Perancis. Dan menjadi pusatnya adalah di kota Lausanne, Switzerland.  FIVB mengatur semua organisasi pada komite Eksekutif dan semua dewan yang mengurus semua hal seperti kuangan, turnamen, pemain dan wasit.

Sedangkan untuk negara Indonesia, Organisasi bola voli yang menaunginya adalah Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia disingkat dengan PBVSI. Organisasi induk bpola voli ini berdiri pada 22 Januari 1955 di Jakarta.

PBVSI sendiri dinaungi dibawah Kementerian Pemuda dan Olahraga. PBVSI pun mengusu beberapa hal seperti kepelatihan, pendanaan dan hal lainnya yang berhubungan dengan Voli

VIDEO PERTANDINGAN PEMAIN BOLA VOLI SERU MENEGANGKAN 

Dibawah ini ada video tentang cuplikan pertandingan bola voli yang menegangkan, silahkan disimak:

Leave a Comment