√ Pengertian Manajemen Dari Para Ahli, Fungsi, Unsur dan Tujuannya!

Pengertian manajemen adalah sebuah proses dalam sebuah organisasi yang mana didalamnya kita bisa menyusun perencanaan, pengorganisasian, membangun organisasi pengendalian, pergerakan, dan pengawasan.

Dan pengertian manajemen yang lain adalah bisa disebut sebagai sebuah sistem yang bisa memahami mengapa dan bagaimana bekerja antara tim satu dengan yang lainnya, agar dari akhirnya kita bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi kepentingan perusahaan.

Dan pengertian manajemen dari sisi etimologis adalah sebuah seni untuk mengatur dan melaksanakan. Manajemen ini pun bisa dilihat sebagai sebuah ilmu yang mengajarkan sebuah sistem yang mana akhirnya kita bisa mendapatkan sebuah tujuan dari organisasi sebagai usaha bersama dengan beberapa orang atau tim yang ada di organisasi tersebut dan di dalam sebuah tim tersebut anda seorang manajer yang mana tugasnya adalah merumuskan dan juga melaksanakan tindakan dari proses manajemen.

Itulah pengertian manajemen, selanjutnya kita akan membahas mengenai fungsi manajemen.

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

  • Menurut Oey Liang Lee. Pengertian Manajemen adalah seni perencanaan dan ilmu, pengorganisasian, penyusunan, pengendalian, dan pengarahan yang didasari dari sumber daya perusahaan itu sendiri untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.
  • Menurut Koontz. Pengertian Manajemen adalah suatu seni paling produktif yang pelaksanaannya didasarkan pada pemahaman mengenai ilmu yang mendasarinya.
  • Menurut Wilson Bangun. Pengertian Manajemen adalah serangkaian berbagai aktivitas atau kegiatan yang dilakukan oleh tiap anggota organisasi untuk meraih tujuan organisasi tersebut.
  • Menurut Luther Gulick. Pengertian manajemen adalah suatu bidang ilmu pengetahuan yang berupaya secara sistematis bertujuan untuk memahami bagaimana serta mengapa manusia bekerja sama dalam menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.
  • Menurut Mary Parker Follet. Pengertian Manajemen adalah seni. Setiap pekerjaan dapat dituntaskan oleh orang lain.
  • Menurut James A.F Stoner. Pengertian Manajemen adalah suatu proses dari merencanakan, penggunaan sumber daya, dan pengorganisasian untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.
  • Menurut George. R. Terry. Pengertian manajemen adalah kerangka kerja atau proses yang didalamnya melibatkan pengarahan atau bimbingan dari sekelompok orang ke arah tujuan organisasional dengan maksud yang jelas dan telah ditentukan sebelumnya.
  • Menurut Encylopedia of the Social Science. Pengertian Manajemen adalah proses yang dalam pelaksanaan tujuanya ,direncanakan, dilaksanakan serta diawasi.

Fungsi Manajemen

Ada tiga bagian yang menjadi fungsi manajemen dan ini adalah dasar yaitu:

1. Perencanaan (Planning)

Perencanaan dalam manajemen adalah tim memikirkan apa yang hendak dikerjakan dari berbagai sumber. Yang dimiliki dalam perencanaan tersebut nantinya dikerjakan untuk mendapat tujuan dari tim atau perusahaan secara menyeluruh dan itu adalah cara terbaik untuk mencapai tujuan.

Seorang manajer nantinya mengevaluasi semua rencana dari berbagai planning sebelum akhirnya manajer tersebut mengambil sebuah tindakan dan kemudian melihat apakah rencana yang nanti sudah dipilih akan cocok dan dapat diterapkan untuk mencapai goals dari perusahaan Itu.

Perencanaan ini sangat awal sekali dan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena Apabila sebuah sistem tanpa perencanaan yang jelas akan berakhir dengan sia-sia. Fungsi yang lain tidak dapat berjalan dengan maksimal.

2. Pengorganisasian (organizing)

Yang kedua adalah pengorganisasian. Ini nantinya akan dibagi menjadi kegiatan-kegiatan spesifik lagi atau lebih kecil lagi dari sebuah kegiatan yang besar dari sebuah manajemen, dalam pengorganisasian manajer akan lebih mudah dalam melakukan penentuan orang yang dibutuhkan dan pengawasan untuk melakukan tugas yang telah dibagi kepada tim atau pegawai.

Pengorganisasian Ini adalah cara dalam menentukan pekerjaan, tugas yang perlu dikerjakan, bagaimana tugas-tugas dijalankan, siapa yang akan mengerjakan tugas tersebut dan siapa yang bertanggung jawab atas tugas tersebut

3. Pengarahan (directing)

Pengarahan merupakan sebuah tindakan agar semua tim dapat mencapai target yang telah dibentuk dari sebuah perencanaan

Unsur-Unsur Manajemen

Dalam sebuah perusahaan ada banyak yang sudah mempunyai unsur-unsur untuk membuat sebuah sistem dari manajerial yang baik. Jika dalam penerapannya unsur itu tidak sempurna atau tidak ada, akibatnya akan ada imbas dari pencapaian sebuah organisasi atau perusahaan yang sebelumnya telah melakukan sebuah planning dengan benar.

Maka jika pengarahan, pengorganisasian, dan juga perencanaan dari setiap yang sudah direncanakan apabila unsur manajemen ini buruk maka goals dari sebuah manajemen akan berantakan.

Unsur-unsur dari manajemen itu meliputi:

Manusia (Human) / SDM

Yang pertama adalah manusia, faktor yang paling penting dan menentukan adalah faktor manusia. Manusia membuat sebuah proses untuk mencapai dan membuat tujuan karena apabila tidak ada manusia tidak ada sebuah proses yang akan dikerjakan, karena pada dasarnya makhluk kerja itu adalah manusia

Uang (Money)

Yang kedua adalah uang. Uang adalah salah satu hal yang tidak bisa diabaikan begitu saja setelah unsur manusia. Karena uang merupakan alat pengukur nilai. Yang mana semua orang membutuhkan uang, besar kecilnya sebuah tindakan yang telah dilakukan oleh kita, itu pada akhirnya akan diukur oleh uang.

Untuk mencapai tujuan, kita harus membutuhkan yang sesuatunya harus diperhitungkan secara rasional. Uang ini adalah harus dipersiapkan agar kita bisa mengetahui berapa yang harus biaya yang dikeluarkan untuk membeli alat-alat yang nantinya digunakan dalam proses pengerjaan, memberikan gaji kepada karyawan atau apa hasil  organisasi itu adalah dengan uang.

Bahan (Materials)

Bahan merupakan sebuah material yang dapat membantu kinerja dari sebuah tim ketika akan mencapai sebuah tuujuan. Tujuan tersebut dari dunia pengusaha atau perusahaan tentunya akan lebih baik apabila bahan ataupun material yang digunakan sebagai sarana dapat menjadi pendorong manusia, untuk terus bekerja dengan sebaik mungkin, karena manusia dan material atau bahan tidak dapat dipisahkan. Tanpa bahan atau material sebuah pencapaian tidak akan mencapai hasil diinginkan

Mesin (Machines)

Mesin dalam dunia usaha atau sebuah perusahaan, pasti sangat memerlukan mesin. Mesin akan sangat berguna bagi keuntungan dan memberi kemudahan untuk dapat mempercepat kinerja dari sebuah tim atau karyawan

Metode (Methods)

Metode akan sangat diperlukan. Dalam pelaksanaan akan memperlancar jalannya pekerjaan.

Pasar (Market)

Dari semua goals perusahaan biasanya ada target pasar yang harus disasar karena penguasaan pasar akan sangat berpengaruh dalam menyebarkan hasil produksi dari yang telah ditentukan oleh perusahaan

Sebuah target pasar atau market kita, nantinya akan bisa melihat bagaimana sebuah kualitas dan barang yang menjadi selera dari konsumen dan kita juga bisa melihat kualitas konsumen itu seperti apa.

Sehingga ketika nanti akan membuat produk, kita akan bisa memperbaiki ulang produk-produk yang tidak laku. Jika laku, maka akan terus diperbanyak dan diperbaiki sehingga penjualan akan semakin meningkat atau pengiklanan atau pemasaran akan ada efek yang bagus bagi produk yang telah dikeluarkan. Pasar itu yang nantinya akan menghasilkan data, dan data itu untuk dianalisa keperluan pemasaran berikutnya.

***

Dalam melakukan kegiatan perusahaan unsur-unsur manajemen menjadi hal yang pasti karena ini adalah kompas dari perusahaan untuk melakukan hal yang benar.

 

Prinsip-Prinsip Manajemen

Setelah mengetahui definisi dan jenis-jenis manajemen, maka yang perlu diketahui adalah prinsip-prinsipnya. Berikut ini adalah prinsip manajemen yang perlu diketahui :

  1. Discipline (Disiplin)
  2. Authority and responsibility(Wewenang dan tanggung jawab)
  3. Unity of direction (Kesatuan pengarahan)
  4. Unity of command (Kesatuan perintah)
  5. Renumeration (Penggajian yang adil)
  6. Lebih mementingkan kepentingan umum / organisasi daripada kepentingan pribadi
  7. Hierarchy (Hirarki)
  8. Centralisation (Pemusatan)
  9. Equity (Keadilan)
  10. Order (Tata tertib)
  11. Inisiative (Inisiatif)
  12. Stability of tenure of personnel (Stabilitas kondisi karyawan)
  13. Semangat untuk bersatu
  14. Division of work (Pembagian kerja)

Tujuan-Tujuan Manajemen

Tujuan dari manajemen yang paling utama adalah tercapainya target yang sebelumnya telah direncanakan. Untuk lebih jelasnya dari tujuan dari manajemen adalah sebagai berikut:

  • Mengevaluasi apa yang sedang dan sudah dijalankan oleh perusahaan
  • Mengatur semua sektor perusahaan agar bisa mencapai profit yang diinginkan
  • Bisa menentukan perencaan terbaik untuk mencapai tujuan yang diinginkan oleh perusahaan.

Baca Juga: √ Penjelasan Macam-Macam Topologi Jaringan (Ring / Bus / Star / Tree / Mesh dll)

Leave a Comment