√ Pengertian Demokrasi | Disertai Ciri-ciri, Macam-macam dan Prinsip (Lengkap)

Pengertian Demokrasi – Kali ini Riuh Imaji bakalan membahas tentang seputar demokrasi. Mungkin banyak yang belum mengetahui tentang salah satu sistem negara ini. Demokrasi nama lainnya adalah Demokratia yang berasal dari bahasa Yunani. Dan arti kata Demokratia itu adalah “Kekuasaan Rakyat”

Dua kata yang menjadi penggabungan Demokratia yaitu Kata demos (artinya = “rakyat”) dan kratos (artinya “kekuatan dan kekuasaan”)

Dalam keberlangsungan demokrasi merupakan terjadinya semua kegiatan dalam kebebasan politik yang secara bebas dan juga setara dalam meliputi semua perkembangan sosial, ekonomi dan juga kondisi budaya.

Jika pengertian demokrasi secara umum adalah sebuat bentuk sistem pemerintahan yang mengatur setiap masyarakatnya / warga negara agar memiliki hak yang sama dan setara dalam keputusan yang nantinya bisa memberikan dampak pada kehidupan warga negara tersebut.

Jika ingin mengetahui lebih jelas, silahkan simak paparan yang sangat lengkap tentang sistem demokrasi. Baca hingga selesai agar bisa menjadi referensi yang baik dalam mengerjakan tugas dan pengetahuan bagi Anda.

Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

  1. Pengertian Demokrasi menurut Hans Kelsen yaitu sebuah pemerintahan yang dijalankan oleh rakyat dan juga untuk rakyat. Adapun yang menjalankan dari sistem kekuasaan negaranya adalah para wakil rakyat yang sudah dipilih oleh rakyat. Dan Rakyat sendiri sudah meyakini, jika segala sesuatu kepentingan akan selalu diperhatikan dalam sebuah peraturan yang dibuat oleh para wakil rakyat dari menjalankan kekuasaan bernegara.
  2. Pengertian Demokrasi menurut Charles Costello yaitu Sistem politik dan juga sistem sosial dalam pemerintahan dengan bentuk kekuasaan dari pemerintahannya sudah dibatasi oleh sebuah hukum dan kebiasaan guna melindungi setiap perorangan dalam haknya sebagai warga negara
  3. Pengertian Demokrasi menurut Abraham Linclon Adalah sebuah sistem pemerintahan yang sudah dibuat dari rakyat. oleh rakyat, untuk rakyat.

Itulah beberapa pengertian demokrasi yang telah dijelaskan oleh beberapa tokoh penting.

Macam-Macam Demokrasi

Ada beberapa macam-macam dalam Demokrasi yang telah dibagi macamnya sebagai berikut:

a. Macam-Macam Demokrasi Berdasarkan Fokus Perhatiannya

  1. Demokrasi Material: Demokrasi yang terpusat di bidang ekonomi. Tanpa adanya sebuah kesenjangan yang terkurangi sedikitpun dalam bidang ekonomi
  2. Demokrasi Formal: Demokrasi yang terpusat di bidang politik tanpa terkurangi sedikitpun dalam bidang politik
  3. Demokrasi Gabungan: Demokrasi ini merupakan sebuah gabungan sistem dari demokrasi formal dan demokrasi material.

Itulah macam-macam pengertian demokrasi yang terdiri dari 3 inti perhatian.

b. Macam-Macam Demokrasi Berdasarkan Penyaluran Kehendak Rakyat

  1. Demokrasi Langsung (Bisa disebut: Direct Democracy) adalah demokrasi yang  dalam pelkaksanaannya melibatkan rakyat secara langsung dalam pengambilan keputusan terhadap sebuah negara. Misalnya penyenggaraan pemilu (Pemilihan Umum)
  2. Demokrasi Tidak Langsung (Bisa disebut: Indirect Democracy) adalah demokrasi yang dalam pelaksanaan tidak melibatkan seluruh rakyat ketika melakukan sebuah pengambilan keputusan. Misalnya sebuah keputusanyang telah dijalankan oleh para wakil rakyat (DPD, DPR, DPRD)

Itulah pengertian demokrasi yang didasari penyaluran kehendak rakyat.

Ciri-Ciri Demokrasi

Suatu negara yang menganut sistem demokrasi memiliki ciri-ciri:

  1. Kepartaian, Yaitu sebuah partai menjadi sebuah sarana atau media dalam bagian menjalankan sistem demokrasi.
  2. Pemilu (Pemilihan Umum), Yaitu semua proses aktivitas politik yang dilakukan untuk menentukan pihak yang nantinya akan menjalankan sistem pemerintahan.
  3. Memiliki Perwakilan Rakyat, Yaitu Kekuasaan dan kedaulatan rakyat yang sudah diwakilkan kepada orang yang terpilih sebelumnya dalam pemilu dalam mengatur seluruh urusan negara.
  4. Memiliki Konstitusional, Yaitu yang berkenaan dengan kepentingan, kekuasaan dan juga kehendak rakyat yang telah dituliskan dalam Undang-undang yang telah dibuat.
  5. Semua keputusan yang telah dilaksanakan pemerintah yang didasari oleh kepentingan dan kehendak rakyat.

Prinsip Demokrasi

Prinsip-prinsip dari pemerintahan  sistem demokrasi antara lain adalah:

  1. Setiap warga negara dapat kesetaraan dan kesamaan yang sama dalam hak berpolitik.
  2. Kebebasan diterima dan diakui oleh warga negaranya.
  3. Perembugan dalam pengambilan keputusan politik melibatkan warga negara.
  4. Warga negara memiliki kesamaan.

Kelebihan dan Kekurangan Demokrasi

Kelebihan Sistem Demokrasi

  1. Menghindari terjadinya kekuasaan monopoli
  2. Yang memegang kekuasaan ditunjuk menurut keinginan dan suara rakyat
  3. Kesetraaan hak menjadikan semua warga negara berhak ikut serta dalam berpolitik

Kekurangan Demokrasi

  1. Pusat perhatian pemerintah akan berkurang ketika dia sedang menjabat apabila sudah menjelang pemilu (pemilihan umum).
  2. Menurut para ahli, dalam pengertahuan berpolitik semua orang tidaklah sama dan ini merupakan keseraan hak yang dianggap tidak adil.
  3. Dengan pengaruh yang negatif, kepercayaan rakyat bisa mudah diruntuhkan. Contohnya dalam penyampaian informasi yang disajikan oleh media tidak netral atau media sudah dikuasai oleh orang yang berpolitik.

Itu penjelasan yang singkat tentang sistem demkrasi. Hal ini bisa dijadikan referensi ilmu bagi kamu yang sedang mempelajari sistem pemerintahan.

Membangun Demokrasi

Sejak tahun 1999 hingga sekarang, Indonesia sudah sangat banyak mengalami kemajuan dan perkembangan dalam menjalankan sistem demokrasi. Telah banyak yang dilewati dari masa-masa pemerintahan yang dianggap semu ke demokrasi yang sesungguhnya. Seperti perjalanan orde baru ke arah reformasi pada dekade akhir.

Empat pilar kebangsaan menjadi sebuah kunci agar membangun demokrasi di indonesia agar bisa sukses. Dan empat pilar kebangsaan yang bisa menguatkan itu adalah:

  1. Pancasila
  2. UUD 1945
  3. NKRI
  4. Bhinneka Tunggal Ika

Untuk membangun demokrasi yang telah dicetuskan oleh para Founding father (Bapak pendiri) dilakukan dengan perjuangan gigih mereka. Sehingga lahirlah pondasi negara tersebut dengan empat pilar kebangsaan.

Agar semua permasalahan bisa diselesaikan dan diatasi oleh para pemimpin lembaga negara Indonesia. Maka empat pilar kebangsaan ini harus diperkuat oleh semuanya.

Karena tentu kita semua berharap dalam berjalannya kehidupan bernegara dan berbangsa dapat berjalan dengan baik dan seimbang. Karena semuanya tidak akan sempurna, bila peraturan yang tidak dipatuhi dan ditaati walau sebagus apapun peraturannya. Tapi peraturan akan menjadi kemaslahatan dan sempurna apabila dipatuhi dan ditaati walau peraturan itu sederhana.

Pemerintahan yang bersih sangat dibutuhkan oleh sebuah negara. Dalam empat pilar kebangsaan tersebut dengan melaksanakan dan memahaminya dengan baik maka sudah cukup, sehingga negara ini bisa berdaulat dan menjadi sebuah negara besar.

Pada abad pertengahan setelah revolusi amerika, revolusi perancis, era pencerahan (renaissance) dan pada abad pertengahan di eropa muncul konsep sistem demokrasi perwakilan dari institusi yang berkembang.

DPR, merupakan kekuasaan politik yang ditelah dilaksanakan secara tidak langsung karena dalam berdaulan dalam satu kekuasaan masih dalam pegangan seluruh warga negara. Sehingga bermunculanlah negara demokrasi modern pada era ini.

Penyalahgunaan Demokrasi

Sebuah kesempatan dan juga hak yang sama dimiliki oleh setiap warga negara merupakan hasil dari sebuah sistem demokrasi. Sistem demokrasi mengacu kepada kesan dan pesan dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat. Sehingga sistem demokrasi tidak mengenal status sosial, golongan tertentu, jenis kelamin dan juga suku bangsa di negara tersebut.

Campur tangan rakyat dalam pengambilan keputusan selalu ada. Karena sebuah keputusan pemerintah tanpa melibatkan warganya bukanlah inti dari sistem demokrasi. Jadi setiap keputusan itu yang menjadi dasar penentu keputusan adalah rakyatnya.

Sedangkan tujuan dari demokrasi itu sendiri ialah untuk pembangunan negara yang berdaulat kepada rakyat sehingga tujuannya menghasilkan sistem pemerintahan yang dikehendaki dan tentunya sah oleh mayoritas warga negara tersebut.

Contoh adalah negara Amerika Serikat (USA). Sebuah negara yang memiliki kebebasan yang sangat tinggi dalam semua hal. Dan inilah yang selalu di sebut-sebut oleh semuanya sebagai negara yang katanya (mungkin) negara yang paling demokrasi di dunia.

Karena telah merasa sukses dengan paham sistem seperti itu makan Amerika Serikat (USA) mempromosikan paham demokrasi kepada semua negara. Akan tetapi, pada pelaksanaannya dari sistem tersebut semua negara tidaklah sama, ada yang tidak cocok atau mungkin gagal dalam mencoba sistem pemerintahan demokrasi tersebut.

Begitupun dengan negara Indonesia, Sistem demokrasi yang sudah lama berdiri di negara ini. Penerapan demokrasinya sejauh ini yang telah dilaksanakan oleh pemerintahan dan rakyatnya masih jauh dari kata “Dari Rakyat Oleh Rakyar untuk rakyat” Tapi itu semua tergantung dari kacamata pendidikan dan pengalaman orang yang melihatnya. Berhasil apa tidak.

Seperti halnya pemilihan umum yang terjadi, banyak yang sudah menjadi contoh jika sebenarnya pemilu merupakan penerapan demokrasi yang paling bisa disaksikan oleh semua orang. Dalam pemilihan menentukan calon pemimpin rakyat tersebut apakah itu pemilihan walikota, gubernur, DPR, MPR dan juga presiden lebih kita kenal sebagai pesta demokrasi.

Tapi yang menjadi penghalang tidak berjalan dengan baik dari sebuah sistem demokrasi adalah sering terjadi dan banyak ditemukan banyaknya pelanggaran yang sudah menjadi bukti bawah sebuah sistem demokrasi sangatlah buruk.

Pelanggaran-pelanggaran dalam pemilu tersebut sering terjadi diantaranya sebagai berikut ini:

Money Politik

Money politik sering menjadi pamungkas utama oleh pejabat yang suka cara kotor agar bisa membeli suara rakyat hanya dengan memberi uang dan barang lainnya. Dengan memanfaatkan kondisi warga menengah kebawah atau bisa dibilang kekurangan maka mereka dengan gampangnya melakukan money politik.

Perbuatan kotor tersebut akan selalu ada, karena sebagai media membeli dan menukar suara dari rakyat yang kurang pengetahuan tersebut. Mengenai buruknya money politik untuk jangka panjang.

Intimidasi

Intimidasi merupakan cara kotor dan kasar yang dilakukan oleh pejabat penjahat yang punya niatan tidak baik dalam menjalankan roda pemerintahan. Ini sangat berbahaya sekali. Contohnya adalah banyak oknum yang gencar menyewa orang-orang sebagai alat intimadasi untuk memilih pemimpin yang sebenarnya tidak mereka atau orang-orang inginkan.

Mencuri Start Saat Kampanye

Sebenarnya saat sebelum pemilihan berlangsung, semua peraturan sudah dijelaskan oleh pemegang jalannya pemilihan umum jika di indonesia sendiri dipegang oleh KPU. KPU sudah menjelaskan jika memasang spanduk, selebaran, mengiklankan diri di media elektonik dan  melakukan blusukan ke daerah tertentu adalah sebuah pelanggaran demokrasi ini sangat sering dilakukan.

Kampanye Negatif

Zaman yang serba canggih seperti saat ini dan kemungkinan akan terus sangat maju. Sebuah informasi akan semakin sangat cepat tersebar, dan inilah yang bisa membuat para calon pemimpin yang curang untuk melakukan black campaign dengan membuat kampanye negatif terhadap pasangan lawan.

Sehingga masyarakat yang masih sangat awam terhadap media informasi akan mudah terpengaruhi, dengan adanya berita yang negatif tersebut. Biasanya kampanye negatif lebih mengarah kepada fitnah dari sosok lawan dalam pemilihan umum. Dan juga isu agar lawan politiknya tersebut jelek karena isu tersebut.

Negara-negara Penganut Demokrasi

Sejak dulu bentuk sistem dari banyaknya negara adalah kerajaan dan kesultanan. Akan tetapi karena banyaknya kerajaan yang diktator dan rakyat tidak dipandanga dalam pendukung kerajaan maka seiring berjalannya waktu. Banyaknya dari negara yang merubah sistem negaranya ke demokrasi dan lain sebagainya.

Tapi tetap masih ada yang menerapkan sistem demokrasi. Dan sekarang demokrasi merupakan sistem pemerintahan politik yang paling banyak diterapkan di seluruh dunia karena demokrasi  merupakan sistem yang transparan dan juga adil.

Penganut sistem demokrasi pada peringkat ketiga terbesar di seluruh dunia adalah Indonesia, karena warga negara di Indonesia paling banyak sedangkan demokrasi dihitung dari banyak warganya.

Contoh dari beberapa negara yang menganut sistem demokrasi sebagai bentuk pemerintahan adalah berikut ini:

  • Nigeria

Salah satu negara dibenua afrika yang menjalankan sistem demokrasi adalah Nigeria. Nigeria yang terletak di bagian barat afrika ini negara yang populasi pendidiknya paling banyak ada. Bentuk pemerintahannya Republik Federal dan pada 2015 kemarin, Nigeria baru saja melaksanakan pemilu (Pemilihan Umum). Yang mana pemilihan parlemen di pemerinatah dan juga pemilihan presidennya akan dilangsungkan secara bersamaan.

  • Pakistan

Setelah Negara Indonesia, Jumlah penduduk yang paling banyak pada urutan nomor 2 adalah Pakistan. Negara Islam ini merupakan negara Islam yang menganut demokrasi. Dalam politik dan keberlangsungannya adalah Pemerintahan Republik Islam. Tapi dalam pemilihan pemimpin rakyat tetap melalu jalur sistem demokrasi dengan Pemilu.

  • Brazil

Kawasan Benua Amerika Selatan ada negara brazil yang merupakan populasi penduduk dan negara paliang besar. Yang mengikuti pemilihan umum pada warganya sampai dengan 140 juta orang, walau populasi penduduknya sampai 200 juta orang. Berbeda dengan Indonesia yang melaksanakan pemilihan setiap 5 tahun sekali, Brazil mekasanakannya setiap 4 tahun sekali.

  • Indonesia

Pada tahun 2014 lalu, Dalam pemilu di Indonesia bisa mencapai 190 juta jiwa dalam hak suara yang digunakan oleh warganya. Dan bisa terus meningkat, karena perkiraan ini dilihat dari jumlah suara yang dari kalangan remaja menuju dewasa yang semakin meningkat. Dan semakin kesini, pemilu di Indonesia berjalan dengan lancar dan aman. Walau dibandingkan dengan negara India kita telah tertinggal jauh dalam sistemnya yang sudang sangat efisien. Walau pengertian demokrasi di Indonesia masih lebih mengarah kepada musyawarah.

  • Amerika Serikat

Negara yang menganut demokrasi liberal ini merupakan negara yang paling lama dalam menerapkan sistem demokrasi. Sehingga paling berpengalaman. Akan tetapi dari segi perpolitikan, masih saja selalu panas. Seperti pada saat pemilihan presiden antara Donald Trump dan juga Hillary. Yang berakhir dengan banyaknya unjuk rasa dan juga kerusuhan yang terjadi. Karena dengan kemenangan Donald Trum dianggap sebagai seorang yang rasis dan tidak cocok memimpin bagi semua kalangan yang berada di Amerika serikat.

Negara Adikuasa ini paling berpengaruh diseluruh dunia, sehingga begitu banyak negara yang ingin menjalin hubungan dengan negara yang satu ini. Jumlah yang ikut dalam pemilihan umum di Amerika Serikat Sendiri pada saat ini mencapai 250 juta orang.

  • India

Sistem negera yang dianut di India sama seperti di Amerika serikat yang menggunakan sistem Demokrasi Liberal. Pada tahun 2014 merupakan pemilu yang terkakhir di Negara India sama dengan yang di Indonesia laksanakan.

Populasi terbesar ke 2 di dunia ini, merupakan negara yang menerapkan sistem demokrasi terbesar ke-2 di dunia. Pada saat penyelenggaraan pemilu, negara India termasuk yang sangat lancar dam aman saat pemilihan berlangsung.

Contoh-contoh penerapan atau Pelaksanaan Demokrasi

Contoh-contoh Pelaksanaan sistem demokrasi di Keluarga

Pada penerapannya, sebuah sistem demokrasi tidak hanya pada ruang lingkup pemerintahan saja. Akan tetapi pelaksanaan demokrasi ini bisa dilaksanakan pada ruang lingkup yang kecil seperti pada organisasi dilingkungan keluarga, dilingkungan sekolah atau pada lingkungan warga seperti RW.

Pengertian Demokrasi Dalam keluarga. Dan pada penerapan sistem demokrasi ini jika diterapkan di sebuah keluarga bisa disesuakain dengan kesepakatan dan kebiasaan di keluarga. seperti:

  1. Ketika ada kepentingan pribadi maka kepentingan keluargalah yang harus didahulukan
  2. Setiap ada perbedaan maka kita harus bisa saling menghargai anggota keluarga yang berbeda tersebut.
  3. Gunakanlah cara mufakat dan juga musyawarah sebagai jalan untuk mengatasi dan memecahkan masalah.
  4. Kepala keluarga, yaitu Ayah dijadikan sebagai penenangah.
  5. Saling memahamai anatara kewajiban dan juga tugas masing-masing anggota keluarga.
  6. Apabila sangat diperlukan harus ada rapat dalam keluarga.
  7. Tanpa pilih kasih, harus saling menyayangi dan juga saling menghormati pada setiap keluarga.
  8. Dalam keluarga, ketika ada tugas dalam rumah haruslah dikerjakan sesuai dengan peran yang telah diberikan.
  9. Untuk kesejahteraan dan juga ketentraman dalam berkeluarga, maka kritik dan juga saran diberikan kepada kesempatan masing-masing anggota keluarga.
  10. Tanpa ada pilih kasih juga semua anggota keluarga harus berlaku sangat adil.

Contoh-contoh Pelaksanaan atau Penerapan Demokrasi Di Sekolah

Pengertian Demokrasi Disekolah pun sistem demokrasi bisa dilakukan dan diterapkan seperti halnya dilingkungan keluarga. Sebagai contoh yang sudah sering dilaksanakan dalam demokrasi disekolah adalah:

  1. Ketika ada sebuah pendapat dari teman kita maka harus saling menerima dan menghargai.
  2. Tepat waktu ketika hadir ke sekolah
  3. Jika ada majalah dinding disekolah, maka buatlah sebuah pendapat atau opini bagi kemajuan sekolah.
  4. Agar sekolah bisa berkembang dan juga maju maka berikanlah sebuah usulan dan saran yang positif kepada pihak sekolah.
  5. Ketika ada kegiatan disekolah seperti halnya pemilihan ketua kelas dan juga ketua OSIS maka harus ikut serta dalam pemilihan tersebut.
  6. Pada acara-acara yang diadakan oleh OSIS makan kita harus ikut berpartisipasi
  7. Dilingkungan sekolah, buatlah selalu interaksi yang baik antar siswa dan guru agar lancar.
  8. Apabila sekolah mengadakan kegiatan acara maka hadirilah sebagai bentuk apresiasi diri.
  9. Pelaksanaan Upacara yang bergantian
  10. Buatlah sebuah sistem yang merata dan juga adil apabila ada pembagian tugas piket.
  11. Lakukan musyawarah pada pemilihan organisasi disekolah.

Contoh-Contoh Pelaksanaan Atau Penerapan Demokrasi di Masyarakat

Selain pada lingkungan sekolah dan juga keluarga dirumah, sistem demokrasi ini bisa juga diterapkan pada kehidupan bermasyarakat. Bisa lingkungan RT atau RW. Sehingga pesan dari pengertian demokrasi bisa berjalan.

Dalam kehidupan masyarakat dalam contoh penerapan demokrasi ini adalah sebagai berikut:

  1. Musyawarah dan mufakat sebagai cara untuk memecahkan setiap permasalahan yang ada di warga.
  2. Apabila ada iuran berupa pungutan uang kebersihan dan juga ketertiban di masyarakat kita harus ikut berpartisipasi.
  3. Lakukan dengan cara yang benar apabila ada desa mendapat dana.
  4. Untuk hidup yang lebih sejahtera, maka berikanlah kritik dan juga saran yang baik bagi pemimpin dilingkungan daerah kita.
  5. Harus bisa saling menghargai dalam pendapat.
  6. Ada sebuah tenggang rasa dalam bermasyarakat.
  7. Untuk kemajuan warga maka berikanlah usulan yang membangun.
  8. Dilingkungan masyarakat apabila ada sebuah kegiatan seperti kerja bakti, maka ikutlah berpartisipasi.
  9. Apabila ada sebuah kegiatan yang diselenggarakan oleh masyarakat, maka ikutilah.
  10. Pemikiran yang jernih harus menjadi acuan saat berusaha mengatasi masalah.
  11. Musyawarah dilakukan untuk pemilihan organisasi di masyarakat.
  12. Dilingkungan masyarakat kita, sama-sama lah dalam menjaga keharmonisan dan kedamaian antar warga sekitar.

Pengertian Demokrasi Indonesia Di Era Digital

Sejak saat zaman kemerdekaan dimulai hingga saat ini, Indonesia sudah menerapkan sistem demokrasi yang lebih mengarah pada musyawarah. Pada saat Soekarno memimpin, Demokrasi itu disebut demokrasi terpimpin. Hingga Demokrasi pancasila mulai tercetus.

Dan pada masa kepemimpinan presiden Soeharto yang sudah puluhan tahun telah memegang kekuasaan sebagai presiden, hingga pada tahun 1998 kepemimpinannya berakhir, demokrasi yang sesungguhnya pun dimulai. Ditandai dengan pemilu disetiap daerah dan juga pemilu presiden yang diikuti oleh warga negara secara adil dan serentak.

Banyak cobaan yang sudah dialami oleh demokrasi di Indonesia, dan itu begitu panjang. Tapi masalah-masalah demokrasi itupun dapat terlewati dengan baik karena kegigihan para pemegang kekuasaannya sangat amanah dan baik. Maka dalam sebuah penelitian pada lembaga yang bernama Freedom House (Lembaga Penelitian Amerika) menyatakan jika Negara ini bisa menjalankan sistem Demokrasi dengan baik sehingga bisa disebut paling sukses, sebagai negara berkembang yang telah menjalankan sistem pemerintahan demokrasi.

Era digital menjadi sebuah era baru di jaman baru yang mana demokrasi Indonesia ini sedang dijalankan. Karena hampir beberapa tahun kebelakang ini semua komunikasi dan teknologi informasi sangat pesat perkembangannya. Sehingga sistem demokrasi yang dijalankan pun terpengaruh oleh keadaan ini, selain bidang-bidang lainnya.

Dan ada sebesar 70 juta pengguna media chatting dan juga sosial media yang ada di Indonesia. Baik yang menggunakan Facebook, Twitter, Instagram, BBM, Path, Line, Whatsapp dan juga yang lainnya.

Netizen (Pengguna internet) sangat dengan mudahnya dalam mendapat informasi, sehingga semua kebijakan dan juga kinerja pemerintahan bisa terlihat oleh masyarakat. Tanpa penyaring semua warga bisa memberikan kritikan, saran bahkan hinaan sering terjadi. Semua orang bisa berkomentar, walaupun seseorang tersebut bukanlah ahlinya.

Sebuah kebebasan yang tidak terkontrol di Era digital ini, dan begitulah dampaknya. Tapi ada juga dampak baiknya. Seperti pemerintahan yang sekarang sudah mulai aktif di media sosial seperti Instagram, Youtube dan juga medsos lain. Digunakan dalam memberikan informasi terkini yang dilakukan oleh mereka.

Baca Juga: √ Penjelasan Lengkap Pemanasan Global | Pengertian, Penyebab & Dampaknya Dll

 

Author: kamal

Jika kekuatanmu adalah Allah, tiada yang bisa mengalahkanmu!

Leave a Comment