√ Penjelasan Lengkap Pemanasan Global | Pengertian, Penyebab & Dampaknya Dll

Mungkin banyak yang bertanya dan belum tahu, apa itu pemanasan Global? Jika kamu merasakan daerah kamu terasa lebih panas dari biasanya. Nah itulah dampak dari pemanasan global.

Kita saat ini hanya merasakan dampaknya saja. Bisa saja, misalnya kamu yang tinggal di Bandung atau Bogor, yang asalnya dingin. Bisa menjadi panas seperti Bekasi atau Jakarta. Karena nanti semakin bertambahnya kendaraan, pembangunan rumah dan juga pabrik. Lambat laun, keadaan kita akan menuju itu jika tidak diantisipasi dengan baik.

Selama seabad terakhir ini, pada daerah wilayah Arktik dan juga diseluruh dunia. Ada kenaikan suhu yang sangat tinggi lebih dari 0,8 derajat celsius. Perubahan iklim akan terus terjadi, karena banyak faktor yang mempengaruhi jumlah energi matahari. Selain banyaknya polusi asap pabrik.

Jika ingin lebih jelas dalam mengetahui tentang pemanasan global ini silahkan simak penjelasan yang lengkap dibawah ini akan memberikan Anda pengetahuan yang lebih rinci.

Pengertian Pemanasan Global

Pengertian Pemanasan Global Adalah meningkatnya suatu proses keadaan suhu, diseluruh permukaan / daratan bumi dan juga pada atmosfer. peningkatan tersebut karena banyaknya aktivitas manusia dan juga gas pada rumah kaca, seperti sulfur heksafluorida, perfluorokarbon, hidrofluorokarbon, dinitro oksida, metana dan karbondioksida.

Tapi ada hal yang masih menjadi perhatian para ilmuan yaitu tentang jumlah perkiraan yang akan terjadi di masa depan nanti.

Banyaknya bencana Alam seperti erosi pada tanah, banjir dll, adalah berasal dari curah hujan yang tinggi tapi itu pada dasarnya adalah fenomena dari perubahan iklim. Disisi lain ada krisis air, kekeringan yang berkepanjangan pada beberapa wilayah belahan dunia.

Penyebab Pemanasan Global

dampak pemanasan global

Cukup kompleks dan banyak dari penyebab pemanasan global. Perubahan drastis pada iklim di planet ini, pengaruh besarnya disebabkan oleh aktivitas manusia nya. Kebutuhan manusia dan juga aktivitas yang terus bertambah akan menyebabkan global warming juga.

Kegiatan manusia yang sering dilakukan sehari-hari, seperti aktivitas pada alam, lingkungan sekitar dan rumah kita sendiri jadi beberapa penyebab global warming.

Contoh Penyebab pemanasan global di lingkungan masyarakat

artikel pemanasan global
kompasiana
  • Pembakaran Hutan

Pembakaran hutan biasanya dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, sehingga seringkali asap dari sisa yang dihasilkan pembakaran sangat mengganggu manusia dan apalagi hewan yang ada dihutan itu sendiri.

Banyak hewan yang akhirnya mati karena kehabisan oksigen bahkan banyak orang utan yang terbakar juga karena pembakaran liar ini. Asap yang dihasilkan bisa menyebar hingga puluhan kilometer dari jarak hutan itu sendiri. Bahkan pembakaran hutan di daerah sumatra pernah sampai negara singapura.

Tapi selain karena tangan-tangan jahil yang suka membakar hutan, biasanya pembakaran dilakukan juga untuk membuka lahan baru sebagai lahan garapan pertanian.

  • Asap Dari Pabrik

Pabrik yang sangat banyak membuat polusi semakin banyak juga, sehingga akan lebih panas juga hawanya. Seperti halnya di kota Bekasi, lumayan panas. Mungkin bagi Anda yang terbiasa di daerah dingin dan banyak pohon, akan sangat kegerahaan saat Anda berkunjung dan tinggal ke kota Bekasi.

Adanya pabrik ini menjadi dilema juga, karena ada sebuah kegiatan pekerjaan di pabrik itu, sehingga ada banyak lapangan pekerjaan.

  • Jumlah kendaraan yang semakin meningkat

Masalah dikota-kota besar yang sudah sering terjadi adalah bertambahnya volume kendaraan. Sehingga bahan bakar yang digunakanpun tentu saja ikut meningkat. Hasil dari proses pembakaran yang dihasilkan mesin bermotor ini menjadi salah satu penyebab juga dari global warming, selain itu kesehatan manusia jadi semakin terganggu.

Bahkan pasokan energi minyak bumi dunia sangat mungkin untuk cepat habis.

Contoh Penyebab Pemanasan Global di Rumah

akibat pemanasan global
beritasatu
  • Rumah dengan konsep rumah kaca

Dinding pada konsep rumah kaca sering kali terlihat banyak pada belakangan ini, walau terlihat indah akan tetapi ini ada efek buruknya juga untuk jangka panjang nanti. Karena sebuah rumah kaca, cahaya matahari tidak menyerap ke dalam, tapi dipantulkan lagi ke udara.

  • Penggunaan listrik yang berlebihan

Salah satu penyebab efek rumah kaca adalah pemakaian energi listrik yang semakin besar. Jadinya jika banyak alat elektronik yang kita gunakan dirumah bisa ikut membantu menghasilkan global warming.

Sehingga pada saat ini jika Anda sekarang mulai tahu, jika harus mengurangi penggunaan listrik apabila terlalu banyak, apalagi dengan barang-barang yang menggunakan listrik yang tidak begitu bermanfaat.

Pada siang hari coba Anda matikan segala energi listrik yang tidak terpakai. Hal itu menjadikan anda secara tidak langsung telah berkontribusi mengurangi global warming di dunia ini.

  • Sangat sedikit pepohonan yang ditanam dirumah

Saat ini banyak sekali pemukiman-pemukiman baru yang disebabkan karena padatnya penduduk. Sehingga area terbuka hijau pun semakin sedikit untuk pepohonan yang bisa kita tanam. Apalagi rumah-rumah yang berada di gang-gang sempit sangat sedikit sekali pepohonan yang ditanam.

Padahal kita semua tahu jika pohon atau tanaman itu merupakan sumber dari oksigen dan penyejuk udara disekitar kita. Pepohonan itu sangat penting bagi lingkungan karena dengan adanya pohon bahaya gas karbondioksida, polusi yang tidak sehat, dan suhu panas menjadi alat yang bisa mengatasi itu semua.

Penyebab pemanasan global dari pemerintah

dampak pemanasan global
Vorys Advisors

Pemerintah merupakan pembuat kebijakan pertama yang sangat bisa berperan aktif dalam setiap keputusan, terutama hal yang menyangkut ancaman dan gangguan publik dan masa depan negara itu sendiri.

Sehingga, bisa dilihat dari kebijakan-kebijakan yang ada terhadap masalah ini. Apakah pemerintah membuat kebijakan yang baik ataukah buruk dalam menangani masalah ini.

Dibawah ini merupakan kebijakan yang bisa mengakibatkan global warming.

  • Kurangnya ruang terbuka hijau di perkotaan

Sebenarnya, ruang terbuka hijau ini merupakan hal yang sangat mudah untuk dilakukan oleh pemerintah. Bagi warga perkotaan apalagi, keberadaaan ruang terbuka hijau harus menjadi kebutuhan yang paling diutamakan. Karena dengan adanya seperti itu bisa dapat mengurangi zat yang mengakibatkan pemanasan dan juga berperan sebagai pengendalian banjir.

Selain itu bisa menjadi tempat rekreasi warga dengan adanya ruang terbuka hijau ini. Tapi dikota besar sedikit bahkan sulit sekali menemukan ruang terbuka hijau pada kenyataannya, sekarang banyak pemerintah yang lebih mengutamakan pembangunan infrastruktur.

  • Meningkatnya jumlah kendaraan bermotor

Sekarang banyak sudah mulai banyak, kendaraan pribadi menjadi favorit bagi masyarakat. Ada beberapa alasan, diantaranya karena minimnya transportasi massal yang nyaman.

Membeli kendaraan bermotor ini pemerintah tidak bisa ikut banyak dalam pengambil kebijakan. Padahal salah satu penyebabnya adalah hasil dari gas CO2 ke udara yang dihasilkan dari kendaraan pribadi.

Baca Juga: √ Pengertian Manajemen Dari Para Ahli, Fungsi, Unsur dan Tujuannya!

Penyebab pemanasan global dari alam

penyebab terjadinya pemanasan global
www.aida-americas.org
  • Lapisan ozon semakin menipis

Lapisan ozon dapat terkikis dan bocor disebabkan oleh gas yang begitu banyak. Lapisan ozon sangat berguna sebenarnya bagi kehidupan makhluk hidup yang ada dibumi, karena sinar matahari yang menyinari bumi ini perlu adanya filter agar gelombang berbahayanya tidak sampai kepada kita, sebagai makhluk hidup.

  • Kondisi Bumi yang sudah tua

Global warming sedikit demi sedikit terus bertambah karena setiap generasi akan terus menyebabkan lingkungan berubah juga. Dan seperti kita tahu, saat ini usia bumi sudah mencapai 4,6 milyar. Sudah tidak terhitung berapa jumlah generasi yang telah hidup dibumi ini. Dari mulai Nabi Adam hingga sekarang kita.

Penyebab pemanasan global secara umum

efek pemanasan global
grist.org

Ada peningkatan kenaikan pada suhu bumi sebesar 2 kali liupat sejak dari 50 tahun yang lalu. Para ilmuan tidak bisa menjelaskan global warming sebagai keadaan alami, tetapi ada yang menyangkut oleh perbuatan manusia seperti efek rumah kaca.

Hasil dari produksi listrik, asap pabrik, dan hasil dari bahan bakar mobil itu termasuk kedalam gas rumah kaca. Manusia itu sendirilah yang seharusnya bertanggung jawab besar dalam menekan efek rumah kaca.

Karbondioksida adalah peringkat pertama dalam penyebab pemanasan global ini. Selain itu hutan yang banyak ditebang dan tidak ditanami kembali atau hutan yang hilang menjadi penyebab banyaknya jumlah karbondioksida.

Lalu gas yang dihasilkan dari tempat pembuangan sampah, dari kotoran hewan yang ada diperternakan dan juga dari pabrik. Dimulai pada tahun 1990, 20 persen efek gas rumah kaca naik.

Nah, agar orang-orang lebih paham dengan efek dari kumpulan gas tersebut. Maka para ilmuan lebih mengenalkannya sebagai efek rumah kaca.

Jika dirinci lebih lanjut inti dari penyebab pemanasan global secara umum adalah:

  • Terus meningkatnya jumlah kendaraan
  • Asap pabrik yang selalu ada
  • Banyak hutan yang dibakar
  • Penggunaan AC berlebih
  • Dll

Proses Terjadinya Pemanasan Global (Global Warming)

jelaskan pemanasan global
pinterest.com

Setelah kita mengetahui dari penyebab-penyebab dari pengaruh global warming, selanjutnya kita pasti paham terjadinya global warming.

Proses pemanasan global yaitu saat sinar matahari yang menyinari bumi, dari panasnya matahari tersebut ada yang dikembalikan ke atmosfer, akan tetapi karena adanya banyak gas efek rumah kaca (gas seperti asap pabrik, penggunaan batu bara, asap dari pembakaran hutan dan gas berbahaya lainnya) semua terkumpul dan berpolutan di atmosfer. sehingga kondisi ini membuat panas matahari kembali memantul kebumi.

gas efek rumah kaca ini tersebar ke luar angkasa sehingga tertahan karena adanya polutan yang bertahan selama bertahun bahkan berabad-abad lamanya di atmosfir, sehingga lambat laun atmosfir terkikis. Lalu panas dari matahari tanpa saringan menyerap masuk sehingga menyebabkan bumi memperoleh banyak panas.

Radiasi yang memantul ke bumi lagi mempunyai rincian seperti berikut ini:

  • 25% : dipantulkan awan
  • 25% : di serap awan
  • 45% : di serap permukaan bumi
  • 10% : dipantulkan lagi oleh permukaan bumi

Dampak Pemanasan Global

gambar global warming

Setelah kita tahu dari pengertian pemanasan global dan juga proses terjadinya pemanasan global, sekarang kita beralih ke pembahasan mengenai dampak pemanasan global yang ditimbulkan.

Saat ini dampak global warming jelas nyata terlihat dan mengancam kehidupan seluruh makhluk hidup dibumi ini.

Saat ini panas terus terjadi di bumi ini, dari kutub selatan hingga kutub utara. Suhu rata-rata yang ada di permukaan bumi ini terus meningkat 0,6 sampai 0.9 derajat celsius.

Tanda dari dampaknya bisa kita lihat saat ini. Tak harus menunggu lama untuk melihat dampak kenaikan suhu ini. Akibatnya Pemanasan itu melelehkan lautan es, gletser, pergerakan hewan-hewan dan mengubah pola curah hujan.

Tampak yang semakin jelas pada dampak-dampak perubahan iklim adalah:

  1. Hujan dan salju (Presipitasi) diseluruh dunia rata-rata telah meningkat
  2. Beberapa hewan dengan spesies rubah dan juga kupu-kupu telah berpindah jauh ke daerah yang dingin dan ke daerah lebih tinggi diutara.
  3. Selama abad terakhir ini permukaan laut semakin meningkat lebih cepat.
  4. Ada penurunan jumlah populasi penguin di Adeile Antartika dalam 30 tahu terkahir ini, yang asalnya berjumlah 32 ribu pasang menjadi 11 ribu pasang. Hal itu dikemukakan oleh Bill Fraser seorang peneliti.
  5. Gletser di pegunungan, lapisan es pada lautan aktik, greenland dan juga lapisan es yang berada di antartika barat mengalami pelelehan.
  6. Dengan adanya perubahan iklim semakin meningkatkan jumlah hama pangan
  7. Dengan diakibatkan cuaca panas, banyak orang yang meninggal akibat dehidrasi.

Jika Global warming terus berlanjut, maka yang akan terjadi di dunia ini adalah seperti ini yang akan terjadi:

  • Kecenderungan akan lebih kuatnya badai-badai dan angin topan ketika terjadi
  • Di kutub akan ada kenaikan 10 sampai 20 cm pada pelelehan es dan di akhir abad nanti di permukaan laut akan naik antara 18 sampai 59 cm.
  • Hujan yang terjadi di Ethiopia akan semakin jarang, walau pada dasarnya sering mengalami kekeringan berkepanjangan.
  • Air kemungkinan akan menjadi krisis yang langka. Jika di negara peru pada daerah tudung es Quelccaya sudah sering meleleh seperti sekarang ini. Pada 2100 tudung es tersebut kemungkinan besar akan menghilang.
  • Ekosistem spesies akan berubah arah pergi bergerak jauh dari tempat asalnya, walau ada yang bisa bertahan tapi akhirnya akan punah.
  • Hewan beruang kutub akan semakin punah dengan keadaan kurus dan ikan-ikan akan semakin menyusut karena semakin berkurangnya tempat untuk hidup. Ini diprediksi oleh Ilmuan yang ahli dalam penelitian hewan liar, Martyn Obbard. Dan juga ada ahli biologi hewan beruang kutub. Ian Stirling, ia mengkhawatirkan beruang kutub akan punah jika es laut menghilang

Dengan begitu jika ini terus saja berlanjut, kemungkinan besar dampak ini akan merugikan manusia walaupun kejadian ini hasil dari penyebab manusia itu sendiri.

Cara mengatasi pemanasan global (Global Warming)

yang dimaksud pemanasan global

Setelah tahu bahwa pemanasan global mampu menghasilkan dampak yang begitu fatal bagi kelangsungan seluruh makhluk hidup yang ada dibumi, lalu bagaimana cara mengatasinya? Karena walaupun tak bisa diberhentikan dengan total, akan tetapi upaya kolektif bisa saja memperlambatnya. Karena jika bukan manusia itu sendiri yang merawat dan melindungi planet ini, siapa lagi?

Berikut ini cara mengatasi global warming:

  • Kurangi mengkonsumsi daging

Dirangkum dari national geographic, emisi gas rumah kaca salah satu penyebabnya adalah karena jumlah ternak di dunia yang besar. Kenapa? Karena kotoran hewan ternak tersebut menghasilkan gas yang produksi metana. Apalagi lubang kotoran yang begitu luas di peternakan besar. Ini biasanya berada di daerah Amerika dan juga eropa.

Dengan mengurangi konsumsi daging kita dituntut menantang kebiasaan makan daging.

  • Ubah kebiasaan dalam berkendara

Jika kendaraan pribadi tidak begitu penting untuk dipakai lebih baik menggunakan tranportasi umum, apalagi jika Anda hanya sendiran dalam bepergian dan tanpa urusan yang terlalu penting.

  • Melakukan perawatan kendaraan

Dengan merawat kendaraan dengan baik. Karena jika ada kerusakan pada mesin, hasil pada akhir pembuangan emisi gas pun akan berbahaya. Apalagi jika umur kendaraan kita sudah tua dan tidak layak pakai.

  • Menanam pohon dan tanaman

Menanam pohon di area rumah jika memungkinkan maka harus dilakukan untuk keberlangsungan generasi anak cucu kita dimasa yang akan datang. Akan tetapi jika rumah kita tidak tersedia area yang luas. Maka perbanyaklah tanaman yang kita bisa merawatnya dengan baik.

  • Jangan buang sampah sembarangan

Dalam jumlah banyak apabila sampah dikumpulkan, akan menghasilkan gas metana. Di indonesia yang menjadi masalah adalah tentang sampah, yang kurang begitu lambat dalam proses pembuangan dan penghancuran akhirnya.

  • Mengurangi penggunaan listrik

Apabila banyak barang elektronik yang tidak kita gunakan maka sebaiknya dicabut saja. Jangan sampai kita lalai dalam penggunaan listrik ini, karena menggunakan listrik yang berlebihan akan meningkatkan karbondioksida.

Itulah penjelasan mengenai pengertian, penyebab, dampak dan cara menanggulangi global warming. Semoga bermanfaat bagi Anda! Terima kasih telah berkunjung.

Leave a Comment