Inspirasi Model Kebaya Hijab Untuk Ke Nikahan / Wisuda / Pesta

Model Kebaya Hijab – Pada zaman kerajaan Indonesia dahulu, kebaya sudah menjadi pakaian tradisional yang telah dipakai untuk kegiatan sehari-hari para wanita, salah satunya kerajaan masa kerajaan majapahit. Dan kebaya itu sendiri sudah menjadi pakaian yang umum di negara Kamboja, Brunei, Malaysia dan Indonesia tentunya.

Bahan-bahan yang digunakan untuk kebaya biasanya dengan nilon tipis, katun tipis dan sutra. Bahan yang tembus pandang. Lalu untuk menyelaraskannya, sarung atau kain batik yang panjang bisa dipadukan dengan kebaya. Bisa juga kain-kain tradisional lainnya.

Walau hanya di daerah Bali, Sunda dan Jawa kebaya ini kebanyakan dipakai, tapi sekarang sudah menjadi ciri khas pakaian kebangsaan.

Dan dalam industri fashion, khususnya di Indonesia sendiri. Sekarang menjadi hal yang masih tidak ketinggalan zaman adalah kebaya. Tren-tren baju yang bermunculan adalah hasil dari kuatnya pengaruh kebaya, sehingga hadirlah brokat dan juga dress berenda yang telah menjadi tren.

Dan sekarang, kebaya menjadi lebih fashionable dan bisa dipakai diacara manapun. Hasil dari remake kebaya tersebut, telah berpindah mindset dari baju yang tradisional ke arah yang lebih memiliki kesan modern berjilbab.

Model Kebaya Muslim Modern Berjilbab

Pakaian yang sudah menjadi ciri khas pakaian kebangsaan ini, kebaya sekarang sudah sering dipakai karyawan kantor dihari-hari tertentu, digunakan di wisuda, dan bahkan yang menjadi favorit para wanita adalah menjadikan kebaya sebagai tren menghadiri undangan. Biasanya para teman-teman wanita akan kompak memakai seragam kebaya dengan model yang sama.

Belum lagi oleh wanita yang telah menggunakan jilbab, hasil dari banyaknya modifikasi kebaya tersebut. Saat ini kebaya di desain sedemikian rupa agar bisa menjadi fashionable tapi tetap syar’i. Apalagi sekarang bahan dari kebaya juga ada berbagai macam bahan.

Sehingga wanita berhijab akan memilih bahan kebaya yang cocok dipakai oleh wanita berhijab, dan akan langsung menjadi pilihan utama model kebaya muslim untuk acara-acara penting yang akan mereka hadiri.

Model Kebaya Brokat

model baju kebaya modern muslim

baju muslim modern
source: trivia.id

Kain Brokat merupakan kain yang sangat banyak dekorasinya. Biasanya dibuat dengan sutra yang berwarna. Teknik yang dipakai untuk membuat brokat sehingga menjadi bahan jadi adalah dengan menenunnya, biaa disebut dengan tenun sulam (loom embroidery). Pola-pola pada brokat biasanya seperti unsur yang membentuk tanaman, bungan dan juga lainnya.

Dalam pembuatan busana, brokat ini hanya sebagai pelapis saja. Maka harus ada pelapis pada bagian dalam agar nyaman dipakai. Karena jika tidak ada pelapis, akan terasa gatal apabila secara lama bersentuhan dengan kulit.

Di china, brokat ini tidak hanya untuk wanita saja, tapi utnuk pria dan juga anak-anak.

Sebagai hiasan, brokat ini sekarang menjadi fashionable bagi wanita-wanita modern apalagi para hijaber sekarang dalam ide model kebaya muslim sudah mulai membuat model kebaya brokat sebagai busana formal.

Dan bahan brokat ini lebih banyak digunakan untuk gaun pengantin, apalagi yang masih mengedapankan unsur adat dalam pernikahan. Brokat ini menjadi sesuatu hal yang elegan apabila dipakai dan di desain dengan rapih juga indah. Dan akan menjadi pusat perhatian orang-orang.

Perkembangan brokat bagi desainer-desainer hijaber sangat pesat sekali. Karena beragam kreatifitas mereka keluarkan untuk mengaplikasikan brokat dan juga konsep syar’i dalam berhijab, sehingga mempengaruhi model kebaya dan juga batik.

Anda bisa membuat kombinasi brokat dengan jenis kain seperti katun, silk dan juga sifon. Dan kini brokat bisa ditemukan bukan untuk atasan saja, tapi untuk bawahan, sepatu dan tambahan aksesoris lainnya.

Jenis-jenis Kain Brokat Untuk Model Kebaya Muslim

Ada beberapa jenis kain brokat yang mesti Anda ketahui. Yaitu ada 4 jenis:

  • Brokat Varansi: Brokat ini biasa disebut juga dengansebutan kamkhwab atau kinkhab dari india. Brokat yang merupakan terbuat dari tenun sutra ini memiliki kehalusan dari teksturnya, tembus pandang dan juga warna yang agak cerah. Corak dsian yang sangat atraktif seperti tumbuhan-tumbuhan yang atraktif.
  • Brokat Perancis: Brokat ini juga dari kain sutra, tapi dari teksturnya agak lebih rapat sehingga bisa juga tidak ada pelapis tambahan tidak seperti brokat yang lainnya. Dan menggunakan floral print pada coraknya. Selain Brokat perancis, ada juga yang semi perancisnya.
  • Brokat Syria: Brokat berbahan sutra yang sangat berkualitas ini masih dibuat oleh tangan dan ini sangat terkenal dari berabad yang lalu.
  • Brokat Awan Nanking: Ini berasal dari china, memiliki warna yang indah dan halus. Bentuk teksturnya mirip dengan awan. Tekstur carang pada serat kain, sehingga apabila dijadikan model kebaya muslim harus ada pelapis lagi bagi Anda.

Masih banyak lagi sebenarnya jenis brokat, tapi itulah yang sudah melegenda sejak dulu. Yang namanya fashion itu selalu berputar. Tapi sekarang brokat lebih fleksibel, sehingga bisa dipakai oleh semua kalangan.

Model Kebaya Batik Muslim

Kain batik memang sudah banyak dipakai dari dulu, dan sekarang sudah banyak juga dikombinasikan juga dengan kebaya. Apalagi Kebaya Batik Muslim menjadi paling banyak dilirik oleh wanita sekarang. Ketika akan menghadiri wisuda, pernikaham dan acara-acara momen tertentu bisa menjadi pilihan yang apik bagi model kebaya muslim Anda.

Mungkin Anda masih ada yang belum tahu jika beberpa jenis batik itu berbeda dari tiap daerah. Dan, daerah pengrajin yang menghasilkan batik-batik yang khas adalah Solo, Yogyakarta, Madura, Cilacap, Bali, Pekalongan dll.

Berbagai model kain batik dari berbagai daerah tersebut bisa Anda kombinasikan agar model kebaya batik muslim Anda bisa bagus. Dan pastikan juga pilihan model kebaya batik muslim sudah sesuai dengan warna kulit dan bentuk tubuh Anda nantinya. Agar bisa memukau model kebaya muslim Anda nanti.

Desain Kebaya Wisuda

Sekarang, saat wisuda telah tiba. Banyak para ibu yang mengantar mereka dan tentunya para wisudawan wanita untuk memilih desain kebaya wisuda yang akan mereka gunakan.

Dan bisa memilih banyak pilihan desain kebaya wisuda untuk nanti digunakan dalam acara yang sangat kamu tunggu selama kamu telah menyelesaikan perkuliahan. Bagi kamu yang ingin model kebaya muslim, ketika terpikir untuk menggunakan bahan kebaya. Tentunya bukan hanya sebatas kebaya saja kan?

Maxi dress bisa kamu coba, agar lebih fashionable busana muslim untuk wisudanya. Karena desain tersebut memiliki kesan formal tapi juga sangat simple. Nah, jika masih bingung. Anda bisa cek 4 pilihan busana muslim untuk wisuda berikut ini yang bisa jadi inspirasi kamu yang mungkin sebentar lagi akan lulus ini:

desain kebaya wisuda

 

model kebaya wisuda

model kebaya brokat

kebaya brokat modern

Kebaya Gamis Brokat

Model Kebaya Muslim dengan gamis adalah salah satu favorit wanita Indonesia dari mempadu-padankan antara kebaya dan juga gamis. Gamis seperti kita tahu memiliki khas bentuk yang lebar dan panjang dari atas sampai bawah pakaian.

Berbagai acara resmi sering dikenakan karena kesan formalnya sangat melekat pada kebaya gamis ini. Yang mana brokat itu sendiri identik dengan kesopanan saat seorang wanita menggunakannya.

Dan bagi Anda yang sangat tertarik dengan model kebaya muslim seperti ini, pilihan dibawah bisa menjadi inspirasi bagi Anda. Apalagi dengan menggabungkannya dengan brokat yang indah, Anda akan terlihat sangat cantik saat memakainya nanti.

Dan sekarang sudah banyak desainer Indonesia yang terkenal seperti Ana Avantie yang telah merupakan trendseter bagi yang menyukai jenis baju kebaya. Dan juga desainer lain seperti Ivan Gunawan.

kebaya muslim modern

Dari masa ke masa, kebaya gamis brokat ada beberapa variasi terbaik sehingga menjadi primadona dalam penggabungan brokat itu sendiri. Warna yang digunakan haruslah yang selaras antara brokat dan warna yang akan dipilih. Agar tidak salah nantinya dalam memilih perpaduan warna dan juga model brokatnya.

Dress Kebaya Muslim HIJUP

Hijup sebagai salah satu pelopor penjualan hijab di Indonesia yang memiliki model-model yang luar biasa, mengeluarkan dress kebaya muslim yang sangat apik bagi wanita berhijab setiap masa nya.

Dahlia Dress

Model Kebaya Muslim
source: hijup

Contohnya model pertama ini, Dahlia Dress. Memiliki warna yang lumayan bervariasi seperti putih, biru, dan juga pink.

Dari segi desain nya, ada aksen lace pada bagian lengan dan juga pada bagian depan dress kebaya ini. Dahlia Dress ini merupakan dari Ayu Dyah Andari atau A.D.A. Desain dress ini yang paling disuka, bisa Anda coba maxi dress ini.

Model Kebaya Muslim Hayya Abaya

model kebaya muslim modern
source: hijup

Agar tampilanmu bisa semakin lebih indah saat menghadiri momen-momen tertentu, nuansa pink pada dress ini menunjukan kesan yang feminim tapi kesan elegannya juga dapat. Hayya Abaya merupakan dari Syafina yang memunculkan unsur etnik dalam busana kebaya dress muslimnya. Dan pada bagian tangan ada aksen tenun. Model kebaya muslim ini salah satu favorit bagi saya.

Model Kebaya Muslim Inaya Dress Kaftan

model kebaya brokat
source: hijup

Busana kebaya muslim ini sangat cantik apabila dikenakan oleh Anda, karena potongan desainnya.  Dress kebaya kaftan ini merupakan keluaran dari Treimee. Sangat praktis dan simple digunakan dan bisa menjadi pilihan juga saat Anda akan melakukan wisuda atau melakukan tunangan. Kaftan dengan material brokat ini sebagai pilihan favorit busana muslim kebaya Anda.

Model Kebaya Muslim Gammis Raya

model kebaya hijab
source: hijup

Bagian bawah pada gamis terlihat aksen border brokat bunga-bunga yang sangat indah. Dress kebaya ini merupakan kombinasi antara material lace dan juga cerutti. Kamu bisa menggunakannya saat menghadiri pesta. Tampilan maksimalpun menjadi keindahan model kebaya muslim.

Baca Juga: 9+ Ciri-Ciri Hamil Muda Ini Terjadi Pada Anda? Yuk Cek Disini!

Gaun Kebaya Muslim

dress kebaya muslim
source: pinterest

Saat Anda akan menikah, atau sudah mempunyai rencana untuk menikah. Saat baju kebaya tetap menjadi pilihan dalam konsep pembuatan gaun pernikahan Anda. Anda harus benar-benar memiliki Gaun Kebaya Muslim yang cocok dan sesuai dengan bentuk tubuh dan warna kulit Anda.

Dan dibawah ini ada beberapa gaun kebaya muslim bisa dijadikan inspirasi sebelum jauh-jauh Anda membuat gaun kebaya muslim nantinya.

Banyak model gaun kebaya muslim yang sederhana tapi tetap terlihat mewah. Karena biasanya ada tambahan berupa payet-payet di beberapa bagian gaun. Warna yang baguspun ambillah warna warna yang tidak terlalu mencolok warnanya.

Pilihlah warna pastel, putih, coklat dll pada hijab yang semuanya agak muda. Jika ingin tetap ada warna cerah, sebaiknya jangan terlalu ditonjolkan pada gaun Anda. Cari kombinasi dari gaun Anda yang bisa saling melengkapi dan juga begitu harmonis antara warna dan desain gaun dalam model kebaya muslim.

Bisa Anda ambil model gaun kebaya muslim dengan pilihan berikut ini:

  • Gaun kebaya muslim dengan gabungan batik
  • Gaun kebaya muslim dengan model rok tumpuk
  • Gaun kebaya muslim dengan model cape
  • Gaun kebaya muslim dengan model Asimetris

Penutup

Nah itulah beberapa macam dari kebaya hijab muslim yang bisa menjadi inspirasi Anda. Tentunya disesuaikan model kebaya muslimnya dengan bentuk tubuh dan juga warna kulitnya. Semoga dengan adanya referensi ini, bisa membuat Anda semakin lebih tercerahkan dan tidak kecewa saat sudah tanggung membuatnya nanti karena kurangnya referensi.

Karena Begitu banyaknya aktivitas anda seperti menghadiri tunangan kawan, acara pesta ulang tahun teman yang diadakan dihotel, dan juga acara resmi lainnya. Sehingga yang Anda inginkan dalam memiliki kebaya modern berjilbab cantik dan modis bisa tercapai. 🙂

Leave a Comment