20+ Review Makanan Khas Sunda Paling Enak Pisan!

Makanan Khas Sunda – Halo, Sampurasun! Kumaha Damang? πŸ˜€ Yaa… Pada ngerti bahasa yang tadi bahasa apa? Mungkin ada yang masih geleng-geleng bingung dan ngga tahu kali ya. Hehe.. Bahasa yang belum kamu kenal itu adalah Bahasa Sunda. Sampurasun Artinya “permisi” sedangkan Kumaha Damang? artinya “Bagaimana sehat?”

Kalimat awal pembukaan itu oleh orang sunda biasanya digunakan untuk menanyakan kabar karena sudah tidak lama bertemu dan pasti itu yang banyak menjadi awal pertanyaan ketika lama tidak bertemu.

Indonesia yang mempunyai beragam jenis seni, budaya juga suku. Dan salah satu suku yang berada di Indonesia adalah suku Sunda. Suku sunda berada di daerah jawa barat. Dan makanan adalah salah satu yang menjadi ciri khas dari tiap daerah juga. Memiliki berbagai macam cita rasa yang berbeda.

Masakan Khas Sunda

Di sunda itu salah satu yang menjadi daya tarik orang-orang buat datang traveling ke daerah tanah sunda, apalagi Bandung yang menjadi ibu Kota Jawa barat adalah karena ragam kulinernya. Yang enak pisan.

Dan Kali ini saya, sebagai orang sunda asli (USA) bakalan ngebahas makanan-makanan yang menjadi ciri khas orang sunda dan jawa barat tentunya. Maka dari itu, kamu yang mau berencana ke bandung atau ke daerah jawa barat harus baca dulu artikel ini. Atau jika kamu ngincer orang jodoh sunda harus tahu semua jenis makanan ini, hahaha.. Siapa tahu nanti ditanya calon mertua ditanya nya makanan, bukan kerjaan πŸ˜€

Masakan Khas Sunda Colenak

makanan khas sunda dari singkong
source: makanankuliner.com

Colenak, nama yang terdengar aneh bukan? Hehe Biasanya orang sunda menamakan sesuatu hal apalagi makanan, berupa singkatan-singkatan dari kata-kata. Colenak adalah “Dicocol Enak”. (Kata-kata dicocol jadi inget Mimi Peri ya saya. Huft!)

Colenak merupakan makanan khas sunda dan makanan khas jawa barat yang berbahan dasar singkong setelah itu dibuat tape, jadilah tape singkong. Tape singkong ini orang sunda biasa menyebutnya dengan Peuyeum.

Untuk membuatnya sangat mudah, kamu hanya perlu menyediakan peuyeum, santan, parutan kelapa, gula pasir dan gula merah. Agar ada wewangian maka ditambahkan daun pandan. Dan setelah itu dimasak dengan cara dipanggang hingga kecoklatan.

Rasanya sangat nikmat, apalagi ditemani dengan teteh yang hangat (maksudnya teh, wkwkw :D) setelah itu diberi saus gula aren dan taburan parutan kelapa. Wih enak banget ya, ngebayangin aja udah enak, apalagi nyobain. Jos gandos enak pisan.

Gehu

membuat gehu
source: pinterest.com

Wah gehu cuy, apaan tuh? Gehu artinya Toge Tahu. Ini adalah gorengan yang biasa dijual oleh mang-mang dipinggir jalan. Gorengan gehu ini sudah menjadi makanan khas sunda yang paling terkenal setelah bala-bala. πŸ˜€ hehehe

Untuk membuat tehu, sangat mudah sekali. Kamu hanya butuh menyediakan bahan penting yaitu terigu, toge dan jangan lupa pakai tahu. Kalo ngga ada tahu jadinya bukan gehu tapi Tege (Terigu Toge).

Tapi seiring berjalannya waktu dan mungkin harga toge terlalu mahal (ngarang). Makanya sekarang-sekarang banyak diisi sama ragam sayuran. Makna gehu nya sedikit demi sedikit mulai memudar. Dan sekarang, banyak yang pake tahu kuning. Padahal aslinya Tahu sumedang yang dipakai.

Dan didekat rumah saya, penjual gorengan yang namanya mang Aep, Bikin gehu yang enak banget dengan bahan utama tetep toge dan tahu nya tahu sumedang.

Gehu cocok disantap selagi hangat ditemani sebatang rokok, secangkir kopi dan seorang istri. Aihhh mantap.

Bala-Bala

gorengan bala-bala renyah
source: Agrowindo

Ingat ya ini bala-bala, bukan laba-laba. Nah kalo ini saya belum tahu kenapa dinamain bala-bala wkwk :D. Bala-bala ini temennya gehu, seperti yang saya sempat singgung diatas.

Bala-bala ini kalo daerah jawa timur mirip dengan weci atau bakwan. Makanan ini sering ditawarkan penjual gorengan pinggir jalan juga. Tapi Bala-bala strukturnya agak sedikit renyah. Kalo weci atau bakwan itu lembek.

Tapi bahan dasar bala-bala dan weci hampir sama yaitu tepung terigu lalu dicampur irisan sayuran berupa toge, kol dan juga wortel. tapi sekarang penjual gorengan bala-bala suka pengen irit, wortel suka jarang dicampur. jadi cuma kol aja biasanya.

Bala-bala nikmat disantap dengan cengek (cabe) saat pagi hari sebelum sekolah atau ngantor. Biasanya ini makanan ringan buat anak-anak sebelum ke sekolah atau bagi para orang tua sambil nongkrong diwarung di waktu pagi.

Bala-bala dan gehu ini jadi makanan Favorit juga pada saat buka puasa. wkwkwk dibanding korma atau makanan yang manis.

Tahu Gejrot

makanan khas sunda tahu gejrot pedas khas cirebon
source: vemale.com

Banyak makanan khas jawa barat yang terbuat dari tahu sumedang, salah satunya adalah tahu gejrot. Makanan unik satu ini merupakan makanan khas cirebon. Tahu gejrot dibuat dari tahu sumedang yang sudah dipotong-porong dan dicampur dengan bumbu segar,

Bumbu-bumbu itu terbuat dari bahan utama cabe rawit, bawang merah, bawang putih dan juga kencur. Makanan ini sangat segar dan enak. Apalagi kalau dimakan saat siang hari saat terik matahari.

Jika kamu berencana ke cirebon, harus diingat dan perlu dicoba tahu gejrotnya. Biasanya harga satu porsinya sekarang sekitar 5000 rupiah, tapi bisa aja lebih murah atau lebih mahal. tergantung mang-mang yang jualnya.

Tahu Sumedang

makanan khas tahu sumedang renyah
source: tasikzone

Dari awal kita selalu ngomongin tentang tahu ya, sekarang tahu sumedangnya beneran muncul. Hihi.. Yang diomongin dateng.

Makanan khas sunda ini sangat mudah ditemukan ditanah sunda apalagi jika kamu berencana berkunjung ke sumedang. Dimana tempat tahu sumedang ini berasal. Dan juga banyak ditemukan didaerah terminal-terminal atau persimpangan angkutan umum, seperti didekat pintu tol cileunyi.

Dinamakan tahu sumedang karena memang asli racikan teteh sumedang. Rasanya asin dan gurih, enak banget. Makanya banyak orang yang menyukai makanan ini, apalagi orang sundanya.

Tahu sumedang yang aslinya agak berisi, beda sama yang dijual di sekitaran apabila bukan daerah sumedang agak ringan, gak ada isinya. Hehehe.Β Anda bisa menyantapnya dengan sambal pedas atau cabe rawit.

Surabi

surabi oncom
source: foody.id

Makanan Khas Sunda yang sudah melegendaris bagi masyarakat sunda ini bernama surabi. Surabi tentunya bisa ditemukan dikawasan daerah Bandung. Sekarang juga sudah ada banyak kafe di bandung yang salah satu menunya adalah surabi dengan banyak varian rasa.

Makanan sunda ini terbuat dari adonan tepung beras yang dimasak di dalam tungku yang terbuat dari tanah liat. Lalu ditaburi dengan oncom di atasnya. Dan begitulah surabi yang asli.

Tapi saat ini banyak pedagang yang mulai mengkreasikannya jadi berbagai rasa, seperti rasa coklat, rasa straberry, keju, kornet, telur dan lain-lain.

Yang jelas ini makanan enak bingits. Surabi Haneut.

Empal Gentong

empal gentong cirebon yang terkenal
source: resep masakan

Makanan khas sunda ini adalah makanan khas cirebon, menjadi daftar makanan yang harus kamu nikmati rasanya. Kenapa disebut dengan Empal Gentong? karena dimasak didalam gentong. Hehehe. Kalo dimasak didalam Panci namanya jadi Empal Panci. Hahaha ngga enak banget ngedengernya. πŸ˜€

Bahan dasarnya terbuat dari rempah-rempah yang menjadi inti rasa dan juga daging sapi. Biasanya disajikan dengan lontong atau nasi hangat. Jika kamu dan keluarga sedang berada dalam perjalanan, cocok banget nih makan empal gentong. Apalagi kalo hujan-hujan makannya.

Jika sudah didepan mata empal gentongnya, tambahkan saja jeruk nipis dan juga sambal. Biar makin nikmat dan enak. Jadi pengen πŸ™

Batagor

makanan khas batagor
source: infobandung

Batagor artinya Baso Tahu Goreng. Makanan favorit dari kecil sampai sekarang nih. Pas dikasih uang sama orang tua, kalau ada tukang batagor pasti saya beli ini. Karena saya emang suka juga dengan bumbu saus kacangnya.

Kalau anda ke bandung atau ke daerah sunda, cobain ini. Mudah-mudahan kamu nemu yang enak ya. Karena tiap-tiap pedagang kadang beda racikan rasa.

Batagor ini terbuat tepung aci (baso) dibentuk dengan tahu lalu digoreng. Setelah digoreng jangan langsung dimakan ya, karena masih panas, tapi diamkan dulu sebentar biar agak hangat.

Batagor sekarang semakin berbeda, kalo dulu murni baso tahu yang digoreng. Tapi sekarang ada pangsitnya. Ngga apa-apa sih sebenarnya, tapi saya jadi sedih. (lebay :D) ngerasa nostalgia aja sih, flashback masa kecil. Kalau semuanya tetap alami tanpa tambahan. Karena batagor yang dicampur dengan saus kacang nya juga sudah enak.

Cara penyajiannya yaitu dengan saus kacang, mentimun dan juga perasan jeruk purut. Lebih nendang jika ditambah sambel. Hehehe

Mie Kocok Bandung

mie kocok bandung kikil
source: santapsedap.com

Nyam-nyam… ini enak banget sumpah, jika nanti ke bandung lalalu lihat plang “Mie Kocok”, belokan dah mobil kamu. Apalagi kalau tempat yang menjualnya terlihat bersih.

Mie kocok itu adalah kuah kaldu yang dicampur dengan mie kuning yang agak lebar, dicampur dengan kikil, irisan seledri dan bawang goreng. Tapi ada juga yang menambahkannya dengan babat, daging sapi dan juga baso.

Ini seperti mie baso aja sebenarnya. Cuma berbeda dari bahan dan rasa. Jika kamu suka dengan yang pedas-pedas. Pada mie kocok tambahkan sambal pedas. Wuh bakalan makin mantap aja tuh mie kocoknya.

Kalau saya sukanya dibening lalu tambah sambal aja, ngga suka pakai kecap. Hehe

Bakakak Hayam

bakakak hayam bakar sunda
source: Resep Masakan – ILMCI

Bakakak Hayam biasanya suka menjadi kebiasaan waktu resepsi adat pernikahan sunda. Kalo kamu punya rencana meminang orang sunda, keren juga melakukan adat ini.

Bakakak Hayam itu adalah Ayam yang masih utuh (Udah dipotong dulu tentunya) dan dimasak dengan cara dipanggang dengan menggunakan rempah-rempah pilihan. Biasanya sebelum dipanggang, ayam direndam dulu agar bumbunya menyerap.

Jika sudah matang, makanan khas sunda ini bisa dimakan dengan sambal terasi dan juga sayuran lalapan. Nafsu makan akan semakin nambah. Sangat nikmat apabila disantap bersama keluarga.

Pepes Ikan

makanan khas pepes ikan
source: selerasa.com

Makanan Khas Sunda ini makanan yang enak juga. Apalagi kalau anda sangat suka dengan ikan, mesti di coba deh. Pais, kata lain dari pepes ikan yang sering biasa disebut oleh orang sunda.

Makanan Khas Pepes Ikan banyak jenisnya juga; ada pepes ikan mas, pepes ikan mujair, pepes ikan teri, pepes ikan asin dan masih banyak lagi yang lainnya. Cara memasaknya yaitu dengan dikukus, disatukan dengan bumbu-bumbu seperti; Jahe, cabe rawit, bawang merah, sereh, daun salam, kunyit dll.

Bumbu campuran itu sebelumnya harus dihaluskan dan ada juga yang diiris kasar. Ketika selesai dari proses kukusan, ketika kamu akan membukanya. akan tercium bau harum yang akan membuat kamu cepat-cepat memakannya.

Dan akan semakin nikmat, temani dengan sayur asem dan nasi hangat. Mantap!

Lotek

lotek khas sunda
source: Tribunnews.com

Makanan Khas Sunda selanjutnya ada yang namanya Lotek. Ini ngga ada singkatannya. Hehehe.. Makanan khas lotek ini agak mirip pecel yang ada di daerah Jawa Timur. Umumnya masyarakat sunda menyantap lotek pada siang hari, karena biasanya akan ditambah dengan cengek (cabe kecil) akan nikmat dan segar rasanya.

Bahan-bahan lotek terdiri dari sayuran seperti kangkung, toge, kacang panjang, dan juga kol. Yang sebelumnya telah direbus dahulu. Biasanya saus kacangnya dibuat dadakan, dengan mengulek-ngulek seperti kacang, bawang, cikur dll Berbeda dengan pecel yang sudah jadi bumbu saus kacangnya.

Lotek bisa dihidangkan bersama nasi atau dengan lontong dan tambah kerupuk. Makanan khas sunda yang sehat ini sangat rekomendasi banget dah. Mampir kalo lagi ke bandung, cuma jarang dijual dipinggiran jalan besar. Biasanya yang jual didaerah yang menengah kebawah, yang rumahnya di gang, atau biasa juga di daerah kampus. Karena harganya cocok buat anak kuliahan yang kadang-kadang kere

Karedok

makanan khas karedok sunda
source: Allrecipes Asia

Wah apaan lagi nih, kok mirip sama lotek? Ya memang mirip. Ini namanya karedok. Karedok ada perbedaan dengan lotek. Perbedaannya yaitu; bahan-bahan sayuran dari karedok disajikan mentah, tanpa di seupan (bahasa Indonesia nya seupan apa sih, lupa wkwkwk).

Bumbu karedok cenderung sedikit dan tidak mengental, jika bumbu kacang lotek sangat kental saat akan disajikan.

Dan juga sayuran dari karedok ada penambahannya yaitu ada terong hijaunya. Kalo nanti ketemu sama karedok dijalan, langsung hajar aja sama nasi hangat dan juga kerupuk. Pastinya nikmat dan mantap saat disantap. Apalagi kalau yang jualnya si teteh geulis. wkwkwk

Baso Tahu

makanan baso tahu enak di bandung
source: foody.id

Baso Tahu adalah masakan khas sunda yang sudah menjadi favorit dari anak TK hingga kakek-kakek. Kalau saya waktu di jakarta, dipanggil siomay nih.

Di Bandung disebut baso tahu, karena emang makanan utamanya adalah tahu yang dibalut dengan campuran aci. Jadilah baso tahu. Tapi, biar baso tahu ngga sendirian. Jadinya ditambah dengan engkol yang digulung, kentang, paria dan juga sekarang banyak yang menambahkan telur (Biar harganya makin mahal kali ya? Hehe)

Baso tahu dibuat dengan direbus, kalo digoreng nanti jadi batagor. wkwk.

Baso tahu tak hanya ada dan menjadi jajanan untuk anak SD. Tapi, Orang kaya dibandung yang nikahnya nyewa gedung dan hotel pun, baso tahu ini pasti akan jadi menu favorit selain eskrim, wkwk.

Mampir-mampirlah kalo ke bandung beli baso tahu, diem-diem bae…

Kupat Tahu

kupat tahu petih singaparna
source: IndonesiaKaya.com

Kupat Tahu, ini makanan favorit saya banget nih. Makanan khas sunda ini akan banyak bertebaran di Bandung atau daerah tanah pasundan lainnya. Udah hits banget jadi makanan khas.

Terbuat dari lontong atau ketupak dan juga ada tahu yang digoreng. Cara penyajiannya lontong yang sudah matang lalu dipotong-potong dengan tahu, tahunya juga dipotong ya jangan dilempar. setelah lontong dan tahu dipotong, lalu diberi toge rebus, ditaburi saus kacang dan terkakhir kerupuk yang bulet-bulet kecil warna kuning itu.

penyajian kupat tahu dalam penyajian dalam membuat saus kacangnya. Ada yang dadakan, ada juga yang udah dibuat dirumah oleh pedagangnya. Kalo yang dibuat dadakan biasanya disebut kupat tahu petis. Dan kalau ngga salah, kupat tahu petis itu khas sunda dari daerah Tasikmalaya (bener ngga?, kalo salah maap ya hehe)

Oh iya, kupat tahu ini mirip dengan rujak di daerah jawa timur. Suatu waktu ketika saya di malang jawa timur, pernah ditawarin rujak sama orang. Saya kirain rujak kayak dibandung bongkahan buah yang telah dipotong kecil dan bumbunya kental. Ternyata ketika dikasih, kok ini kupat tahu? saya heran. Ternyata rujak di malang itu kupat tahu di bandung wkwk. walau ada perbedaannya dari segi rasa dan bahan.

untung saja jalan-jalan ke malang, jadi nyobain itu masakan khas malang.

Soto Bandung

soto bandung enak
source: cookpad

Di indonesia, banyak sekali soto yang sudah menjadi ciri khas daerah masing-masing. Nah, di jawa barat sendiri ada yang disebut dengan soto bandung. Enak banget lah, apalagi kalo ibu saya yang buat. wkwk

Soto Bandung berbeda dengan soto lainnya yang ada di Indonesia, soto ini terbuat dari tetelan daging sapi. Dan agar semakin segar dan nikmat, bumbu racikan seperti bawang putih, merica, bawah merah, sereh, gula pasir, lengkuas, jahe dan yang lainnya diolah sedemikian rupa.

Lalu setelah olahan bumbunya jadi, Soto Bandung akan disajikan dengan irisan seledri, bawang goreng, kacang kedelai dan irisan lobak. Terakhir jangan lupa tambah perasajeruk nipis dan juga sambal biar joss gandos.

Gepuk

gepuk sunda
source: kelanamakan.com

Empal Gepuk hars kamu coba sebagai santapan khas sunda. Sudah tahu kan empal apaan, ibu-ibu dirumah pasti udah pada tahu kalau empal itu adalah daging yang sudah diiris tipis dan digoreng setelah itu ditaburi bumbu dan juga parut kelapa yang sudah digoreng juga.

Dengan nasi hangat, empal goreng ini bisa menjadi tambah nikmat. Orang indonesia kebiasaan pakai nasi ya. hehe.. kalo bule ngga perlu pakai nasi kayaknya. soalnya ini bentuknya kayak daging stik. hanya saja ini lebih tipis.

Akan lebih enak dan mantap, jika dibarengi dengan lalapan hijau dan juga sambel.

Rasa enak gurih gepuk ini bisa membuat kamu ketagihan. Dan sudah banyak rumah makan khas sunda yang menjadikan salah satu menu utama salah satunya rumah makan Ampera.

Nasi Liwet

nasi liwet sunda sederhana
source: jabar.tribunnews.com

Makanan Khas Sunda nasi liwet ini sebenarnya dari nama nasinya yang dibuat liwet. Menunya pun sederhana saja seperti tahu, tempe, ikan asin atau jika punya uang lebih ditambah ayam goreng atau bakar. Jangan lupa sambelnya ditambahin juga.

Nasi Liwet ini dalah salah satu makanan favorit orang sunda. Kenapa favorit? Sebenarnya yang menjadi favorit bukan karena menunya, karena kalau dilihat dari jenis menu, ini sangat sederhana sekali. seperti menu-menu diatas yang telah disebutkan.

Yang menjadi favorit adalah karena nasi liwet ini dibuat saat sedang kumpul bersama. Seperti dengan keluarga, teman-teman atau sama tetangga di rumah.

Anak pesantren sangat suka nasi liwet, menu asin, tahu, tempe, kerupuk sudah sangat wah. Karena yang penting ngumpul barengnya itu. Nasi liwet biasa disajikan secara berjejer dengan alas daun pisang, jadi kita makan berhadap-hadapan.

Nasi Tutug Oncom

nasi tutug oncom khas tasikmalaya
source: detik.com

Nasi tutug oncom terbuat dari nasi yang yang dicampur dengan oncom bakar yang telah ditumbuk. Nama tutug sendiri adalah bahasa sunda yang berarti tumbuk.

Jika ingin menyantapnya dengan rasa yang nikmat maka harus saat hangat-hangatnya dan sempurna apabila dengan bermacam-macam lauk pauk seperti ayam goreng, tahu goreng dan juga tempe goreng.

Makanan khas sunda ini berasal dari daerah sunda Tasikmalaya. Sangat wajib kamu coba.

Masakan Khas Sunda Nasi Timbel

nasi timbel sunda
source: jpnn

Makanan khas terakhir yang direview yaitu ada nasi timbel. Banyak yang sudah pernah mencoba ini kayaknya, karena nasi timbel sudah sering menjadi menu yang selalu ada di rumah makan, terutama rumah makan sunda.

Pada awalnya, makanan khas ini teruntuk para petani yang sudah bekerja di ladang. Biasanya ada yang mengantar makanan untuk istirahat. Nasi timbel memiliki aroma bau yang harum. Biasanya disajikan dengan berbagai lauk seperti ikan asin, ayam goreng, tempe, tahu, perkedel. Dan menyantapnya bakalan enak kalo dimakan dengan sambal.

Penutup

Nah, itulah berbagai macam makanan khas sunda yang kita bisa di review buat kamu yang sedang pengen nyoba atau mungkin kamu penasaran sama masakan khas sunda yang suatu saat kamu akan pergi traveling ke daerah tanah sunda. Kamu sudah tahu masakan-masakan sunda.

Baca Juga:Β 9+ Resep Kue Kering Sederhana Untuk Keluarga Di Rumah

Author: kamal

Jika kekuatanmu adalah Allah, tiada yang bisa mengalahkanmu!

Leave a Comment