√ Penjelasan Macam-Macam Topologi Jaringan (Ring / Bus / Star / Tree / Mesh dll)

Selamat datang di Riuh Imaji. Kali ini tim Riuh Imaji bakalan membahas mengenai jaringan komputer. Yang mana jaringan komputer itu fungsinya untuk mengkoneksikan atau menghubungkan 2 komputer atau lebih. Dan dalam penerapannya ada beberapa macam topologi jaringan yang dipakai.

Penjelasan topologi jaringan yang akan dibahas disini sangat lengkap, untuk memenuhi tugas dan juga ilmu pengetahuan kamu mengenai jaringan komputer, mulai dari pengertian topologi jaringan, jenis atau macam-macam topologi jaringan, kelebihan dan kekurangan topologi jaringan dari masing-masing jenisnya dsb.

***

Bisa dipahami lebih mudah, untuk memahami macam-macam topologi jaringan adalah sebuah konsep atau cara yang akan digunakan untuk menghubungkan dua perangkat komputer atau lebih, berdasarkan hubungan geometris antara unsur-unsur dasar penyusun jaringan, yaitu link, node dan danstation.

Beragam cara dari setiap macam-macam topologi jaringan akan berbeda juga yang dihasilkannya. Untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan scroll ke bawah dengan perlahan.

 

Pengertian Topologi Jaringan Komputer

Pengertian topologi jaringan adalah sebuah susunan geometrik dari link dan node dalam LAN. Tata letak atau bentuk jaringannya ini yang nantinya akan menjadi acuan macam-macam topologi jaringan komputer.

Topologi akan menjadi gambaran node-node yang berbeda dalam perangkat jaringan komputer agar terhubung satu sama lainnya. Dan juga bagaimana, dari setiap komputer bisa berkomunikasi hanya ditentukan oleh rancangan bentuk topologi.

Beberapa interface digunakan sebagai penghubung banyak jaringan beberapa komputer. Masing-masing mempunyai 1 ataupun lebih perangkat yang digunakan. Contohnya perangkat interface semisal perangkat serial untuk jaringan PPP atau Network Interface Card (NIC).

Setiap perangkat komputer harus ada software (perangkat lunak) Jaringan yang sudah bisa menjalankan fungsionalitas server atau client.

Dan perangkat keras (hardware) yang digunakan sebagai pengirim data didalam jaringan disebut media. Semisal:

  • Kabel tembaga
  • Serat optik
  • transmisi nirkabel

Macam-Macam Topologi Jaringan

Jika kamu pernah berpikir tentang topologi jaringan komputer, maka kamu sama saja dengan membayangkan struktur ataupun bentuk dari sebuah jaringan virtual. Yang mana, bentuk dari jaringan tersebut tidak selalu sama dengan posisi fisik dan perangkat jaringan yang terlihat oleh kita.

Contohnya saja, ketika kamu mendapat tugas untuk membuang jaringan komputer LAN disebuah kantor kecil. Kamu tidak mungkin untuk mendapati sebuah topologi ring di kantor tersebut. Akana tetapi, Topologi jaringan komputer itu mengarah pada tata letak komputer atau perangkat yang saling terhubung satu sama lain.

Begitupun dengan kasus-kasus yang lainnya, ketika akan mempraktekan sebuah perangkat dimanapun. Sebelum itu kamu harus tahu pengertian dari topologi jaringan komputer dan macam-macam topologi jaringan komputer.

Kategori Jaringan berdasarkan arsitektur jaringan komputer yaitu

  1. Jaringan Berbasis server
  2. Jaringan Peer-to-peer

Dan dibawah ini tim Riuh Imaji bakalan menjelaskan diagram macam-macam topologi jaringan yang paling populer:

Topologi Jaringan Bus

Pengertian Topologi bus adalah sebuah metode transmisi yang digunakan pada jaringan, sebagai gambarannya adalah transmisi yang memakai kendaraan umum (BUS).

Oleh sebab itulah, dikelompokan sebagai komunikasi bersama. Bisa dibayangkan oleh kita, ketika ada kendaraan bus yang menarik penumpang dari satu terminal dan menurunkannya saat perjalanan. Kemudian memilih beberapa bus lagi. Nah kira-kira seperti itu bayangan pada metode topologi bus.

Cara Kerja Topologi Bus

Cara kerja topologi bus ini disebut trunk segmen yang mana pengertiannya adalah menghubungkan sesuatu pada tiap PC di jaringan. Bus biasanya sebagai sebutan kabel yang mengkoneksikan ujung ke ujung dan inilah yang nantinya dipakai untuk mengirimkan sinyal, dari ujung satu ke ujung lainnya.

Pada penempatan terminator, setiap akhirnya akan mengetahui arah data akan bepergian dan juga terminator digunakan untuk menyerap sinyal. Jika terminator tidak menyerap sinyal kemudian sinyal yang sama tercermin kembali ke bus, hal ini bisa mengacaukan aliran seluruh data.

Topologi dengan tipe bus ini disinyalir sebagai jaringan pasif, karena PC / komputer kebanyakan tergantung dengan sinyal yang dialirkan.

Kelebihan & Kekurangan Topologi Bus

Topologi bus ada juga kelebihan dan kekurangannya ketika mencoba menerapkannya.

Kelebihan dari metode topologi bus adalah:

  • Biaya yang dikeluarkan dari pemasangan topologi bus sangatlah kecil jika dibandung dengan topologi yang lainnya.
  • Kabel yang digunakan sangat sedikit dan pembuatan jaringan bus sangat sederhana.
  • Dalam pelaksanaannya ketika ada sebuah error atau kendala dari satu komputer, maka itu tidak akan terpengaruh pada komputer lainnya.
  • Ada master jaringan bus yang bisa menjamin jika data yangtelah dialirkan dalam arah yang teratur, tertib dan aman.

Kekurangan Topologi Bus

  • Proses aliran transfer datan akan semakin menurun apabila kebutuhan dari masing-masing komputer meningkat dalam jaringannya.
  • Untuk jaringan skala besar, jaringan bus tidak cocok dipasang, karena ada keterbatasan dari jumlah node yang dapat diatur dari satu persatu kabel.
  • Ada banyak permasalahan untuk merakit jaringan bus ini.
  • Data pada stream tidak bisa mendapat kelebihan dari beban, sehingga kinerja dari jaringan bus tidak bisa berjalan dengan baik. Apalagi jika aliran transfer data yang sangat tinggi.
  • Untuk memilih transfer data antara dua node maka dibutuhkan sambungan jaringan lain.

Topologi Jaringan Star

Topologi Star adalah jaringan berbentuk bintang yang tata letak dari model jaringannya dari semua perangkat berputar dan mengacu disekitar hub pusat.

Semua PC dalam metode topologi star terkoneksi ke perangkat utama seperti router, switch, dan hub.

Model topologi star ini diibaratkan kamu menari satu kabel dari setiap komputer menuju pada konsentrasi pusat seperti switch. Switch menanangani switching traffic yang keluar ke node lainnya yang masih dalam satu jaringan.

Kelebihan & Kekurangan Topologi Star

Keuntungan Topologi Star

  • Ketika ada sebuah penggantian atau penambahan PC baru yang lama sangat mudah dalam topologi star ini, karena tidak mengganggu node lain oleh disebabkan jaringan.
  • Apabila node tidak tersambung antara satu dengan yang lainnya. Setiap ada error dari node, maka node yang lain tidak akan terganggu.
  • Paket-paket data yang ada tidak harus membuka jalan melalui berbagai node yang akan membuat data transfer semakin cepat.
  • Apabila ada error pada jaringan, maka hal tersebut bisa dilacak ke hub pusat. Karena penerapan hub terpusat banyak digunakan semua jenis jaringan, dan inilah kelebihan topologi star lainnya.
  • Dari segi fungsionalitas, pengelolaan dan pemasangan dari metode jaringan bintang ini sangat sederhana dan mudah.

Kerugian Topologi Star

  • Akan adanya saling mempengaruhi dari sebuah kinerja node lain, apabila salah satu simpul banyak digunakan porsi kemampuan pengolahannya yang signifikan dari hub pusat.
  • Jika server lambat, semua jaringan akan ikut melambat, dan ini tergantung dari kinerja hub.
  • Pengeluaran biaya akan lebih tinggi karena jaringan star menggunakan banyak kabel jika dibandingkan dengan linear bus.
  • Fungsi hub pusat menjadi masalah utama yang nyata apabila ada sebuah error.

Topologi Ring

Pengertian topologi ring atau topologi cincin adalah sebuah metode topologi dari jaringan PC, yang mana setiap node tersambung dengan ke dua node yang lain. Sehingga membentuk alur cincin.

Lingkaran tunggal kabel menjadi penghubung komputer dalam topologi ring. Topologi ini tidak ada ujungnya.

Sinyal yang mengalir di jaringan terus me-looping satu arah. Dan akan melewati setiap PC yang bisa menjadi repeater agar sinyal dapt meningkat dan dikirimkan lagi ke komputer selanjutnya.

Transmisi data disektiaran ring disebut dengan token passing.

Setiap PC akan terlewati data sampai data tersebut akan menemukan satu dengan alamat yang sama dengan lokasi pada data.

Kelebihan & Kekurangan Topologi Ring

Kelebihan Topologi Ring

  •  Sebagai permisalan, dalam sebuah perjalanan paket data yang dikirim cenderung lebih sederhana

Kekurangan Topologi Ring

  • Seluruh jaringan akan rusak apabila ada kerusakan pada salah satu node pada jaringan. Karena butuh lingkaran jalur yang lumayan luas agar bisa berfungsi.
  • Cenderung lebih lambat dari arus data yang dikirim dan diterima, karena paket data harus melaewati tiap PC.

Topologi Mesh

Apa itu topologi mesh? topologi mesh dalam mendesain jaringan LAN,  persis dengan jaring jala ikan. Topologi jaringan mesh memakai salah satu dari dua pengaturan koneksivitas, apakah memakai mesh parsal maupun mesh penuh. Walaupun topologi mesh ini bisa dimanfaatkan, karena adanya inter koneksi tapi  juga mempunyai redundansi.

Pengertian Topologi Mesh

Toppologi mesh adalah jenis metode jaringan yang mana dari setiap perangkat jaringan dan pc saling terkoneksi satu dan lainnyya secara langsung.

Oleh karena itulah dalam topologi mesh tiap perangkat memungkinkan distribusi transmisi bisa dimaksimalkan dengan baik dan tiap perangkat dapat secara langsung berhubungan dengan perangkat tujuan.

Pada topologi mesh sejati, tiap-tiap node tersambung ke setiap node dalam jaringan. Ketika data dialirkan di jaringan mesh maka jaringan secara otomatis dikonfigurasi untuk mengambil jarak terpendek untuk mencapai tujuan.

Topologi mesh terbagi ke dalam dua bagian:

  1. Topologi mesh penuh, ada rangkaian dari setiap simpul yang saling terkoneksi disetiap node nya dalam jaringan tersebut. Metode seperti ini butuh biaya yang lumayan mahal dalam pengaplikasiannya. Dan ada redudansi yang besar.
  2. Topologi Mesh Parsial, yaitu kebalikan dari mesh penuh. Jaringan ini murah dan dari segi redudansi juga kurang. di topologi ini beberapa node di atur seperti simpul pada mesh penuh.

Kelebihan & Kekurangan Topologi Mesh

Kelebihan Topologi Mesh

  • Data sangat terjamin kerahasiaannya, karena ada link khusus yang membawa setiap data mengalir
  • Jika ada error akan lebih mudah
  • Dapat dilakukannya secara bersamaan sebuah node yang satu ke sejumlah simpul lain dari pengiriman datanya.
  • Jika ada ekspansi tidak akan ada trouble yang mempengaruhi jaringan lain.
  • Jaringan yang kuat, karena ketika ada link yang stabil maka tidak akan berpengaruh pada sistem lainnya.

Kelemahan Topologi Mesh

  • Biaya konstruksi pemasangan dan pemeliharaan jaringan ini cukup mahal
  • Pelaksanaan pemasangangan (konsfigurasi dan instalasi) sangat rumit dan akan terlihat berantakan
  • Lebih banyak hardware yang dibutuhkan jika dibanding jaringan LAN lainnya.

Topologi Hybrid

Pengertian topologi hybrid adalah sebuah kombinasi dari dua atau bisa lebih topologi yang berbeda yang menyatu menjadi bentuk jaringan baru pada sistem jaringan komputer. Apabila jaringan yang berbeda ini saling terhubung dengan yang lain dan tidak memperlihatkan satu bentuk topologi tertentu maka metode desain jaringan ini disebut dengan topologi jaringan hybrid.

Kelebihan & Kekurangan Topologi Mesh

Kelebihan Topologi Hybrid

  • Dari segi kecepatan cenderung konsisten, misalnya menggabungkan kekuatan dari masing-masing jaringan dan menghilangkan yang menjadi kelemahannya.
  • Jenis topologi dapat dikombinasikan dengan jenis topologi lain tanpa membuat perubahan dengan topologi yang sudah dibangun

Kekurangan Topologi Hybrid

  • Pengelolaan menjadi lebih sulit, karena digabungkan dengan jenis jaringan lain
  • Tidak ekonomis, karena sulit dipertahankan. Karena banyak faktor penambahan yang terhadi untuk membentuk topologi ini. Berbeda dengan satu bentuk jaringan saja.
  • Instalasinya sangat sulit karena ada jaringan yang berbeda. Karena harus bisa memastikan tidak ada node satupun yang gagal berfungsi.

Topologi Tree

Topologi tree disebut juga dengan tipe jaringan topologi bertingkat, karena biasanya dipakai untuk menghubungkan antara hirarki dan sentrak yang berbeda.

Topologi tree ini terdiri dari jaringan multistar di bus. Yang mana topologi bus berusaha menyambungkan topologi multistar bersamaan ke bus.

Pusat yang lebih tinggi tingkatannya, bisa mengatur simpul dibawah tingkatannya. Data yang dikirim perlu melalui simpul pusat terlebih dahulu.

Kelebihan & Kekurangan Topologi Tree

Kelebihan Topologi Tree:

  • Topologi terbaik dalam jaringan komputer jika dibandingan dengan star dan ring. Dan metode ini membagi sluruh jaringan menjadi bagian yang gampang di rancang dan di rancang.
  • Topologi tree bisa digunakan untuk memiliki jaringan point to point.
  • Jenis topologi pohon ini menyediakan cukup ruang untuk ekspansi jaringan masa depan.

Kekurangan Topologi Tree  sebagai berikut:

  • Adanya Ketergantungan dari jaringan diseluruhnya pada satu hub inti adalah titik kerentanan untuk topologi ini. Kegagalan hub inti atau kegagalan utama data cable trunk, bisa melumpuhkan seluruh jaringan.
  • Dengan adanya sedikit peningkatan ukuran luar titik, pengelolaan bisa sangat menjadi sulit.

Itulah penjelasan mengenai macam-macam topologi jaringan, yang mana kita bisa menjadikan pengetahuan macam-macam topologi jaringan diatas sebagai bahan referensi untuk tugas ataupun sebagai wawasan terhadap jaringan komputer

Author: kamal

Jika kekuatanmu adalah Allah, tiada yang bisa mengalahkanmu!

Leave a Comment