21+ Desain Kolam Ikan Minimalis Terbaru 2018 [Yuk Lihat!]

Bagi Anda para pecinta ikan, sebuah kolam ikan menjadi hal yang paling penting untuk anda miliki. Selain untuk memperindah design interior sebuah rumah. Kolam menjadi perairan terkendali yang sangat dibutuhkan ikan untuk tetap hidup dengan baik. Dan disini tim Riuh Imaji akan memberikan inspirasi kolam ikan minimalis untuk Anda.

Biasanya kolam berada di luar area jauh dari rumah, di lingkungan pesanten atau di sebuah komunitas  digunakan sebagai tujuan budi daya untuk menghidupi orang-orang didalamnya

Di bawah ini adalah daftar dari kolam yang memiliki desain high class dan minimalis. Anda bisa menjadikan inspirasi bagi yang sedang membuat kolam yang baru ataupun mendekor ulang yang sudah ada. Dan sebelum itu, ada sedikit pengetahuan bagi anda, apa saja manfaat dari memelihara ikan di rumah.

Manfaat Memelihara Ikan

kolam ikan nuansa akuarium

Dirumah Anda sudah ada sebuah kolam ikan kaca atau akuarium? Jika belum, Anda adalah orang yang tepat untuk mengetahui apa saja manfaat dari memelihara ikan. Jika masih ragu, Anda akan langsung memutuskan “YA” setelah mengetahui manfaat apa saja yang didapat dari kegiatan tersebut.

Berikut ini adalah manfaat memelihara ikan yang wajib anda tahu:

  1. Menjernihkan Pikiran : Memelihara ikan dapat menetralkan perasaan dan juga menjernihkan pikiran Anda. Ketika merasa penat dengan apa yang kita alami, cobalah untuk melihat ikan yang sedang berenang. Ada perasaan hati yang tenang ketika melihat hewan air di kolam tersebut. Stress Anda akan berkurang.
  2. Kebahagian Saat Memberi Makan : Perasaan bahagia akan hadir ketika kita melakukan aktivitas memberi makanan pada ikan di kolam. Lihat saja ketika Anda melihat anak kecil yang sedang mencoba memberi makan pada ikan. Terlihat kegirangan sekali ketika melakukannya. Sebenarnya orang dewasa juga sama, dibalik hatinya ada perasaan bahagia.
  3. Mengontrol Emosi : Setelah kebahagiaan dan ketenangan hadir di hati kita. Selanjutnya adalah emosi kita bisa terkontrol secara perlahan dengan baik. Bagi Anda yang suka marah-marah, sebaiknya Anda coba untuk memelihara ikan, tak perlu di kolam yang besar. Belilah sebuah Akuarium yang kecil dan simpan ditempat yang tepat. Seperti di ruang kerja Anda atau tempat dimana Anda biasa bersantai, Anda bisa sesekali melihat ikan-ikan yang sedang berenang.
  4. Efek Psikologis : Jika Anda pernah melihat film kartun pertama “Finding Nemo” yang mana ada adegan ketika nemo terjebak dalam akuarium bersama teman-temannya di akuarium pada sebuah klinik gigi. Disitu sebenarnya dapat diambil pesan bahwa biasanya seorang pasien perawatan gigi akan merasa tegang ketika akan di lakukan sebuah tindakan perawatan, cabut gigi misalnya. Dengan memandang ikan yang berenang, perasaan tegang akan berkurang.
  5. Bermanfaat untuk penderita Alzeimer : Dengan memandangi ikan di Aquarium ataupun kolam, dalam sebuah peneliat menerangkan bahwa dapat menurunkan tingkat agretifitasnya bagi penderita Alzeimer. Mengkondisikan pikiran selalu stabil.

Setelah Anda mengetahui tentang manfaat dari manfaat memelihara ikan, kini saatnya Anda melihat berbagai macam desain dari kolam ikan minimalis yang pastinya akan menjadi inspirasi terbaik bagi Anda.

Taman Kolam Ikan Minimalis Modern

kolam ikan minimalis sederhana

Rumah yang modern, kebanyakan tidak memiliki hewan peliharaan di dalamnya. Rumah yang mewah biasanya hanya di hiasi oleh banyak nya perabot tapi tidak tertata dengan baik. Jadinya kesan elegan hilang, walaupun rumah yang dimiliki itu besar.

Kolam yang satu ini berada di luar rumah, dengan kolam ikan ada dinding kaca pada sebelah kanan. Orang-orang yang sedang didalam bisa melihat keluar dengan jelas untuk melihat taman dan juga yang menjadi fokus utama adalah kolam tentunya. Tanpa harus keluar rumah.

Dan bagi Anda yang memilki anak kecil, tanpa harus takut ada yang terjadi dengan menggunakan konsep kolam seperti ini. Sang anak hanya perlu melihat dari kaca, seakan sedang berada disebuah kebun binatang.

Kolam Ikan Minimalis Untuk Koi High Class

kolam ikan modern

Dengan kaca disebelah sisi kolam, orang dapat melihat langsung ke luar rumah. Ada sedikit tambahan pada kolam yang ini. Yaitu di atas kolam terdapat beberapa pijakan. Itu dikhususkan agar bisa sedikit menjernihkan pikiran dan konsentrasi dengan kita berjalan di atas kolam.

Di rumah ini terlihat ruang tamu. Desain yang indah benar-benar disajikan pemilik rumah. Desain interior dan eksterior yang ciamik. Kolam ikan sederhana ini dibuat memanjang karena untuk kebutuhannya seperti itu. Dan cocok sekali untuk ikan koi.

Kolam Ikan Minimalis The Rock

kolam ikan kolam taman

Konsep desain kolam ikan minimalis yang ini masih sama seperti yang pertama dan kedua, ada dinding kaca disebelah kolam. Kolam ini di desain untuk benar-benar kita ingin mencari ide atau sekedar santai sejenak. Bisa kita lihat ada kursi kayu sebelah kanan yang disediakan dan ada air yang memancur.

Wah, rasanya sungguh nikmat. Apalagi ditemani dengan secangkir kopi hitam dan istri tercinta. Lengkap sudah hidup ini.

Menikmati hidup itu tidak harus selalu hal yang mahal. Anda membuat sebuah kolam dirumah dengan interior dan ide yang keren itu sudah cukup.

Kolam Ikan Minimalis Dalam Rumah

kolam ikan hias

Kolam ikan ini di rancang untuk digunakan Ikan Koi, tapi kalau misal untuk ikan hias atau jenis ikan air tawar lain pun bisa dan sama saja sebenarnya. Dan kenapa Ikan koi? Karena estetika ikan koi sudah melekat dengan kemewahan rumah ini.

Ini sangat unik sebenarnya. Ketika Anda memasuki rumah, langsung tertuju pada sebuah kolam. Didalam kolam pun di isi batu-batu alam yang besar, jadinya terlihat lebih natural. Apalagi ada tanaman didalamnya.

Sinar matahari pagi hari langsung mencahayai kolam ikan. Lukisan di pinggir kolam ikan dipajang agar memberikan nuansa seni yang indah. Dengan dua kursi kecil dipinggir pintu, Anda bisa berbicara berlama-lama empat mata bersama sahabat atau pasangan Anda. Nice!

Kolam Ikan Minimalis Sederhana Dalam Rumah

kolam ikan hias minimalis

Area kolam ikan ini sangat kecil, tapi desain nya bagus. Apalagi jika malam hari tiba, lampu-lampu dipasang di sisi kolam. Terlihat seperti berada di cafe di area pantai atau pun seperti hotel-hotel berbintang.

Pohon palem yang ditanam di pinggir kolam, membuat rumah semakin sejuk. Jembatan dibuat sebagai sarana untuk memasukki rumah.

Kolam Ikan Unik Diluar Rumah

kolam hias kolam ikan

Kolam Ikan Minimalis ini berada di area taman. Beberapa lampu kuning disimpan di sekitar kolam, untuk memberikan keindahan pada air dengan pantulan cahaya nya. Kursi yang memanjang dibuat untuk bersantai juga. Rumah ini lebih mengutamakan taman yang luas. Tapi dengan hadirnya kolam ikan di sana, rumah semakin lebih indah.

Kolam Ikan Minimalis Romantis

gambar kolam ikan

Pemilik kolam ikan ini, pastinya punya rasa romantisme yang tinggi. Ketika ingin mengajak makan malam bersama pasangan, tak perlu jauh-jauh ke restoran atau cafe dengan macet-macetan di jalan. Perbicaraan dua arah cukup dilakukan dirumah saja.

Sebuah sirkulasi air untuk kebersihan kolam dihubungan dengan kaca sehingga bisa digunakan menjadi meja. Nada-nada gemericik suara air yang keluar memancar dari kaca tersebut pasti memberikan ketenangan bagi yang sedang berada disana. Sebuah relaksasi yang pas. Romantis semakin bertambah. Love this!

Kolam Ikan Menyatu Dengan Alam

gambar kolam ikan minimalis

Nuansa alam terpancar jelas. Pepohonan yang masih berdiri tegak mengelilingi rumah memberikan keindahan dan kesejukan. Apalagi saat riuh suara angin sepoy-sepoy datang dan bersentuhan dengan pohon, hati menjadi tenang.

Kolam ikan ini lebih menonjolkan kepada estetika alam membuat Anda seperti tidak sedang dirumah. Batu yang menumpuk digunakan sebagai perputaran air. Membuat benar-benar seperti di alam bebas.

Kolam Ikan Dengan Tembok Granit

gambar kolam ikan hias

Kolam ini berada disamping garasi. Ketika anda mulai memasuki halaman depan rumah, kolam sudah terlihat jelas. Tanaman yang berada ditengah kolam sebagai bagian dari pemeliharaan ikan, karena lumut-lumut yang menempel dekat pohon itu suka dimakan oleh ikan juga,

Dinding batu alam berwarna hitam yang di pajang, menjadikkan kolam semakin indah dilihatnya. Karena jika itu hanya tembok biasa. Membuat desain rumahnya seperti biasa-biasa saja. Justru harus ada ide-ide yang berbeda, sehingga kolam ikan Anda yang walaupun terlihat biasa akan terlihat newah, dengan bantuan eksterior lainnya.

Kolam Ikan Koi Minimalis Yang Umum

filter kolam ikan

Kolam ini bentuk yang standart dan kebanyakan orang gunakan dirumah orang Indonesia. Sangat sederhana dan minimalis. Yang memiliki banyak ikan koi, cocok memang dengan model yang seperti ini saja.

Tambahkan tanaman-tanaman dipinggir kolam, agar bagus juga dilihatnya tidak terlalu datar dalam desain.

Kolam Ikan Didepan Rumah

cara membuat filter kolam ikan

Kolam ini sebenarnya berbentuk huruf L dan jembatan menyilang huruf L tersebut. Kolam dibawah jembatan dibuat untuk bisa masuk kedalam rumah. Jadi ketika anda masuk, anda sudah bisa melihat ikan berenang meliuk-liuk. Ada ketenangan ketika anda mulai memasuki rumah.

Batu-batuan alam disimpan di kiri kanan jembatan. sebagai penambah hiasan pada area kolam. Dan juga tumbuhan yang ditanam di kolam, seperti asli di alam. Dikanan kolam ikan ditanami tanaman yang banyak. Desain rumah yang keren.

Kolam Ikan Didalam Rumah

filter kolam ikan minimalis

Kolam dalam rumah ini cocok untuk ikan-ikan sedang dan kecil. Ketika Anda memasuki rumah, anda langsung melihat kolam ikan minimalis yang unik kecil dan ada jembatan kaca langsung mengarah kedalam rumah. Ada beberapa batu yang disimpan di kolam itu menambah hiasan yang ada dikolam. Lampu jug disiapkan dipinggir  kolam.

Kolam Ikan Minimalis Modern

desain kolam ikan

Rumah modern ini memiliki satu kolam didalam rumah dan diluar juga. Tapi disekat oleh dinding kaca. Kolam ini tidak sepenuhnya polos. Ada bebatuan alam dengan ukuran kecil yang disimpan sebagai pemandangan ketika akan melihat kedalam kolam.

Kolam Ikan Nankatsu

desain kolam ikan minimalis

Kolam koi ini berada di area luar rumah atau halaman belakang rumah. Ditengah kolam disimpan sebuah guci  dan di dindinng ada air yang memancar juga, itu dibuat sebagai pancuran bagi kolam dan sebagai udara bagi ikan.

Tembok granit menghiasi pinggir kolam, warna tembok yang sedikit kecoklatan sangat pas dengan kolam. Dan di pinggir-pinggir kolam ada lantai kayu. Dan selalu ada tanaman jika kolam yang dibuat ditaman itu. Kolam ini berukuran sekitar 2×4 meter persegi. Jika anda mau mencoba meniru desai kolam ini silahkan dicoba.

Kolam Ikan Simple

desain kolam koi

Kolam ikan minimalis ini dibuat ditengah-tengah taman dengan berbentuk kotak dan juga huruf L. Ada kursi di area taman tersebut, digunakan untuk anggota keluarga yang banyak, atau bagi Anda yang punya kerabat yang banyak gunakanlah konsep ini. Tanaman-tanaman tersusun rapih, dan susunan rumputnya begitu indah.

Bangunan kaca yang berdiri tegak berbentuk kotak dibuat sebagai hiasan, tapi itu tergantung taste Anda jika ingin mengikuti gaya ini. Atau Anda bisa mengambil beberapa ide saja dari desain kolam ini dan menghilangkan yang lainnya.

Kolam Minimalis Ikan Diluar Rumah 

desain kolam ikan koi

Ukuran dari kolam ini sekitar 2×6 Meter, dibuat memanjang. Kolam ini termasuk minimalis, dengan rumah yang begitu besar. Karena halamannya juga terlihat masih sangat luas sekali.

Disisi kolam ada pot-pot kecil, di setiap kolam selalu saja ada pepohonan atau tumbuhan hijau yang dihadirkan untuk mempercantik kolam. Dan juga Kursi warna-warni yang berjejer lima baris, begitu sangat pas disimpan disitu. Anda bisa bercengkrama bersama kawan lama disini.

Terlihat juga bahwa pemilik rumah memang mengutamakan sisi interior dan eksterior dalam membangun rumah.

Kolam Ikan Dengan Taman Dan Kaca Minimalis

kolam ikan koi minimalis

Ini adalah salah satu kolam ikan kaca minimalis favorit tim Riuh Imaji. Kenapa? Karena kolam ikan dinding kaca ini seakan menggabungkan dua konsep dalam satu sajian. Pemilik ingin membuat kolam seakan akuarium. Jadi kita ketika berkunjung ke rumah ini, tidak hanya bisa melihat dari atas kolam saja. Tapi di sisi kolam pun kita bisa melihat ikan-ikan yang sedang berenang pada kolam ikan kaca.

Dari atas kolam ikan terdapat jalan menuju taman, tapi karena ada pegangan besi. Seakan menawarkan bahwa kita bisa melihat ikan-ikan dari atas sembari pegangan tangan. Ini seperti berada di taman kota. Kalau diluar negeri sih seperti itu, tapi lain cerita jika hal itu terjadi di taman kota di Indonesia. Mungkin ikan-ikannya pada dipancingin. Hehe

Kolam Ikan Minimalis Desain Indonesia

kolam koi minimalis

Kolam ikan ini sama seperti yang atas, tapi ini lebih pendek, tinggi kolam ini sekitar satu meter. Kolam dibuat kotak, disetiap sudut Anda bisa menambah beberapa tanaman. Disudut belakang terdapat dua guci yang menjadi pancuran, aksesoris di dalam kolamnya.

Kali ini kaca dibuat memanjang, jadi tampak terlihat jelas ikan yang sedang berenangnya. Ini dibuat seperti ini karena pada sisi kanan kiri ada tembok. Jadi dibuatlah kaca transparan untuk melihat ikan-ikan.

Area rumah yang belum di tata dengan baik, bukan hambatan apabila Anda ingin memiliki kolam ikan dikemudian hari.

Kolam Ikan Dinding Kaca Minimalis Depan Rumah

kolam ikan mini

Kolam yang mantap sekali ini. Kolam ikan dinding kaca semi Akuarium yang bisa Anda coba praktekan dirumah. Ikan Koi yang anda miliki akan terlihat lebih menonjol oleh orang-orang yang berkunjung.

Perawatannya pun harus ekstra, karena kaca seringkali kotor. Dan Anda harus benar-benar memahami perawatan jenis ikan yang Anda miliki. Karena beda jenis ikan, beda juga cara merawatnya. Apalagi Ikan Koi yang harganya sangat lumayan berharga.

Desain kolam ikan minimalis seperti ini bisa diletakkan di luar rumah atau dalam rumah. Tergantung kondisi denah area rumah Anda seperti Apa.

Kolam Ikan Minimalis Dihalaman Belakang Rumah

Semua bisa dimaksimalkan jika Anda banyak ide. Dan Anda beruntung sekali, dengan berkunjung ke web ini. Yang mana Anda mungkin sebelumnya susah dalam mendapatkan ide ketika Anda akan membuat kolam.

Mempunyai area rumah yang kecil tidak akan pernah menghambat anda untuk mempunyai kolam ikan minimalis.

Semuanya bisa disesuaikan dan tergantung kebutuhan anda. Dan ini beberapa gambar kolam yang kami akan berikan pada Anda sebagai Inspirasi:

kolam ikan dinding kaca

taman rumah minimalis dengan

taman kolam ikan, kolam ikan dinding kaca

kolam ikan depan rumah

kolam ikan minimalis depan rumah

Dan itulah beberapa desain gambar kolam ikan minimalis pilihan dari tim Riuh Imaji. Mudah-mudahan Anda semakin terinspirasi dengan semua desain yang kami sajikan. Kami memilih desain kolam ikan minimalis dan sangat sederhana.

Author: kamal

Jika kekuatanmu adalah Allah, tiada yang bisa mengalahkanmu!

Leave a Comment