19+ Jenis Ikan Hias Air Tawar Paling MANTAP BRAY!!! √

Ikan Hias Air Tawar – Hewan yang satu ini merupakan hewan yang sangat populer. Selain biasanya digunakan sebagai santapan makanan, ikan pun menjadi sebuah hal yang sering disangkut pautkan dengan “kepercayaan” tertentu, seperti arti mimpi melihat ikan dll. Dalam Islam pun banyak cerita para wali yang pengalaman mereka dengan hewan ikan ini.

Kebanyakan orang yang suka dengan ikan, biasanya mereka yang menyukai ketenangan. Peliharaan yang cantik, tidak mengotori seluruh bagian rumah dan juga tidak berisik. Hewan yang cocok bagi Anda yang ingin mencoba merasakan bagaimana rasanya memelihara hewan.

Jenis Ikan Hias Air Tawar

Ikan hias air Tawar, merupakan jenis yang banyak di pelihara dirumah. Karena dari segi perawatannya lumayan mudah dan karena hidupnya di air tawar, sehingga Anda bisa mengontrolnya dengan baik.

Keunikan ikan hias ini sangat banyak digemari. Karena warnanya, bentuk ataupun rupanya yang beraneka ragam. Membuat pecinta mereka akan tertarik untuk memeliharanya.

Ketika memperhatikan ikan di akuarium atau dikolam. Liak -liuknya ikan membuat pikiran dan hati menjadi tenang, banyak sekali manfaat dari memelihara ikan ini.

Jenis Ikan Air Tawar Ter-MANTAP Di Dunia

Ikan Hias Air Tawar Neon Tatra

ikan hias air tawar
source: bunnycart

Neon Tetras adalah spesies yang kecil dan mudah dirawat. Spesies akuarium yang populer ini sering menjadi salah satu ikan pertama yang akan dibeli oleh pecinta ikan pemula.

Panjangnya sekitar 2,2 cm, dan sering disatukan dalam kelompok ikan neon tetras juga. Mereka adalah pilihan yang cocok untuk akuarium skala kecil karena mereka menyukai kedamaian.

Neon Tetras memiliki warna-warna yang cerah, dan memiliki garis horizontal warna-warni biru di seluruh tubuh mereka (sehingga mereka terlihat di perairan gelap).

Mereka membutuhkan air yang bersih dan asam dengan suhu tropis, dan akan menerima sebagian besar makanan. Mereka adalah omnivora, jadi akan memakan udang, cacing dan serangga serta tanaman. Dan tahukah Anda jika Lebih dari 1,5 juta Ikan Hias Tetras Neon diimpor ke AS, setiap bulannya!

Ikan Hias Air Tawar Guppy / Guppies

ikan hias guppies air tawar

Ikan yang sangat unik dan beraneka warna ini mampu beradaptasi dengan berbagai kondisi air, termasuk di air tawar. Salah satu alasan tersebut itu guppies begitu populer dan banyak diminiati oleh pecinta iikan. Mereka juga sangat mudah dirawat.

Anda harus menyimpan guppies dengan baik, untuk ukuran air yaitu lebih banyak air lebih baik bagi guppie, cocok disimpan di pada akuarium yang besar.

Guppie jantan lebih banyak variasi warna dan begitu agresif daripada yang betina. Guppy berkembang biak dengan cara melahirkan, anak ikan guppy yang baru lahir dapat berenang dengan baik.

Suhu air yang ideal untuk ikan hias guppy adalah 50OF – 84 OF (10-29OC), tetapi faktor yang paling penting adalah bahwa suhu tetap konsisten.

Ikan hias Guppy harus diberi campuran makanan nabati dan hewani, contohnya berupa:

  • Belut Cuka
  • Ganggang Biru
  • Infusoria
  • Jentik Nyamuk
  • Kutu Air
  • Daphnia
  • Cacing Sutra

Ikan Hias Air Tawar Oscar

ikan hias oscar

Oscar dianggap sebagai salah satu ikan akuarium paling cerdas, dan merupakan salah satu dari beberapa spesies yang dapat dilatih untuk melakukan trik.

Namun, Oscar bukan ikan komuntas atau tidak bisa disatukan dengan ikan-ikan hias jeni lainnya. Mereka harus disimpan dalam satu spesies saja, dan mereka dapat tumbuh sangat besar juga sangat cepat.

Dari segi positifnya, mereka adalah salah satu dari beberapa spesies yang dapat Anda beri makan; mereka akan sering makan makanan dari sela-sela jari Anda.

Dan makanan ikan hias oscar adalah:

  • Kutu Air
  • Cacing Sutera
  • Jentik nyamuk
  • Ikan seribu
  • Udang rebon
  • Platy Koral

Mereka membutuhkan perawatan lebih banyak daripada ikan lain, karena sifat ikan ini karnivora mereka dan jumlah limbah atau kotoran yang dihasilkan begitu besar. Oscar tumbuh dengan baik apabila dipasangkan beberapa ekor dan harus disatukan saat masih muda.

Ikan Hias Air Tawar Molly

ikan hias mollies

Spesies ikan hias kecil yang damai ini tumbuh sekitar 3-4 inci, dan beradaptasi dengan baik dengan berbagai kondisi air, termasuk air tawar.

Kondisi tangki yang ideal adalah: ukuran tangki minimum 20 galon, dan air tawar dengan pH antara 7,0-7,8.

Molly / Mollies adalah omnivora, dan akan membutuhkan makanan dari tanaman dan makanan hewani. Contoh makanan ikan molly adalah:

  • Kutu air
  • Kuning Telur Ayam Yang Direbus
  • Cacing Rambut
  • Cacing Beku

Menariknya, mereka adalah livebearers, yang berarti mereka melahirkan anak mereka yang masih muda, daripada bertelur. Mollies sangat mudah untuk dirawat, tetapi mereka juga berkembang biak dengan sangat mudah, jadi jika Anda seorang pemula, Anda pelihara saja untuk satu jenis kelamin. Sebelum mencoba untuk mengembangbiakannya.

Ikan Hias Air Tawar Zebra Danios

ikan hias zebra

Ikan Hias Zebra Danio cocok juga dipelihara oleh pecinta ikan pemula. Mereka sangat mudah dirawat dan dapat tumbuh hingga 5-7cm.

Mereka harus disimpan setidaknya di tangki 10 galon, dan harus disatukan dengan ikan zebra lainnya setidaknya 5 ekor. Ikan Hias Zebra Danios adalah ikan yang sensitif dan akan menjadi stres jika jumlah mereka terlalu rendah.

Ikan hias ini tidak rewel dan akan makan sebagian besar makanan; pilihan yang paling sehat bagi mereka adalah banyak cacing, insets dan crustacea untuk meniru makanan alami mereka.

Ikan Air Tawar Danios juga dikenal dapat melompat, sehingga Anda harus ekstra dalam menjaga Aqurium tertutup!

Ikan Hias Air Tawar Platy

ikan hias platies air tawar

Ikan Air Tawar Platy bisa lahir dengan hampir setiap warna dan mereka sangat mudah dirawat – hanya dua alasan mengapa mereka begitu populer.

Mereka adalah ikan komunitas yang hebat, mereka sangat damai dan akrab dengan guppy dan molly.

Meskipun kecil, platy sangat aktif dan suka berada dalam kelompok. Tangki 10 galon cukup besar untuk 5 ikan. Panjang untuk jantan 4 cm dan untuk betina 6 cm.

Jenis ikan air tawar ini omnivora, mereka memang membutuhkan lebih banyak makanan yang sifatnya herbivora, daripada daging. Idealnya, Ikan Platy membutuhkan campuran yang baik dari makanan dan protein nabati.

Ikan Hias Air Tawar Cherry Barb

ikan hias cherry barb air tawar

Ikan Air Tawar Cherry Barb salah satu jenis ikan yang unik juga. Karena pada saat bertelur, ikan jantan berubah warna menjadi warna perak atau hitam dengan garis emas

Mereka adalah ikan air tawar yang damai, akan tumbuh sekitar 2 inci panjangnya, dan mereka membutuhkan ukuran Akuarium minimal 25 galon. Ikan Hias Cherry Barbs adalah omnivora dan akan memakan sebagian besar jenis makanan termasuk makanan hidup, segar, beku, dan serpihan.

Mereka mudah dirawat dan dapat disimpan di akuarium dengan berbagai jenis ikan air tawar lainnya. Dan juga disimpan di kolam dengan ruang terbuka untuk berenang, tetapi harus juga disediakan di mana mereka dapat bersembunyi.

Ikan Hias Air Tawar Swordtail

ikan hias air tawar swordtail guppy

Siripnya mirip dengan ikan platy dan guppy, dengan tubuh yang sedikit lebih besar. Dan sirip belakang menyerupai bentuk pedang.

Ada banyak variasi warna yang tersedia pada ikan air tawar ini dan ini ikan menjadi spesies yang cocok bagi Anda yang ingin memulai memelihara swordtail.

Ikan air tawar Swordtail sangat damai tidak terlalu agresif dalam geraknya.

Pedang berekor biasanya damai, namun hidup. Mereka berkembang di tank komunitas, dan suka berenang di sekolah-sekolah yang dikelompokkan secara longgar.

Mereka berkembang biak dengan mudah, dan jika Anda memutuskan untuk membiakkannya, Anda harus menjauhkan mereka dari orang tua mereka; Orang tua Swordtail sering akan memakan goreng mereka.

Ikan Hias Air Tawar Discus

ikan hias air tawar discus

Ikan yang cantik dan anggun ini dapat tumbuh menjadi cukup besar, dan karenanya membutuhkan akuarium yang lebih besar, ukuran minimalnya yaitu 25 galon.

Discus tidak disarankan untuk pemula, dan sebaliknya hanya harus disimpan oleh pecinta ikan yang sangat berpengalaman.

Mereka dapat ditempatkan dengan ikan lain yang membutuhkan kondisi air yang sama, selama mereka tidak agresif.

Discus akan mengambil berbagai makanan tetapi bersifat karnivora. Makanan terbaik untuk ikan air tawar ini terdiri dari daging sapi dan cacing darah yang dilengkapi dengan serpih yang menyediakan vitamin dan mineral.

Ikan Hias Air Tawar Killifish

ikan hias killfish air tawar

Killifish hadir dalam berbagai warna cerah. Mereka adalah ikan yang sangat kuat, dan ada lebih dari 700 spesies – jenis yang cocok untuk setiap kondisi air tawar.

Ikan air tawar killfish umumnya adalah ikan yang damai dan bergerak dengan baik dengan ikan lain. Ikan air tawar ini tidak agresif apabila disatukan dengan ikan jenis lain. Dan lebih baik hanya menyimpan satu jantan dalam satu akuarium, karena killfish akan agresif apabila ada ikan jantan sejenis lainnya.

Ikan hias killfish sangat mudah berkembang biak, dan akan berternak tahunan. Di alam liar pun, ikan ini akan lenyap apabila musim kemarau tiba. Dan akan lahir secara berjamaah.

Kebanyakan Killifish adalah karnivora dan diantara makanan kesukaan mereka adalah:

  • larva serangga
  • cacing
  • krustasea.

Ikan Hias Air Tawar Corydoras

ikan hias cory doras air tawar

Ikan ini adalah salah satu ikan air tawar untuk akuarium yang besar. Ikan air tawar ini mudah dirawat, tenang dan damai. Namaun tetap aktif didasar bawah air.

Mereka sangat sosial, dan sementara Anda dapat memelihara mereka secara individual. Jika ingin mereka berkembang biak, simpanlah dalam dua ekor atau lebih ikan air tawar corydoras. Ikan ini juga cocok dengan ikan lain juga apabila disatukkan, selama mereka tidak agresif.

Corydoras tumbuh hingga 2,5 inci panjangnya, dan merupakan pembersih tangki yang sangat baik. Mereka akan mengambil sisa makanan dari kerikil tetapi juga membutuhkan makanan lain seperti serpihan dan tablet pengumpan bawah.

Ikan Hias Air Tawar Sepat Mutiara [Mosaic Gourami]

ikan air tawar

Keterangan ikan air tawar Sepat Mutiara Gourami

Ukuran Tangki Minimum: 20 Galon (75 Liter)
Tingkat Perawatan: Mudah
Kondisi Air: 5.5-7.5 pH dan Lembut hingga Keras
Suhu: 73-82 ° F (24-28 ° C)
Ukuran Maksimum: 4,5 inci (12 cm)

Sepat mutiara (Pearl Gourami). Juga dikenal dengan Mosaic Gourami dan Lace Gourami. Paling umum sebagai salah satu ikan yang paling gampang dipelihara. Ikan ini berasal dari Malaysia, Sumatra, Kalimantan dan Thailan. Meskipun populasinya semakin menurun beberapa tahun terakhir.

Di alam liar, terutama di sebuah rawa pada dataran rendah, juga perairan pesisir dan di rumah yang daerahnya bervegetasi. Dan memiliki air yang bersifat asam, tetapi karena sekarang sudah banyak di kembang biakan diperternakan ikan air tawar. Jadi ikan hias ini dapat mentolerir jenis-jenis air yang bermacam-macam daripada habitat sebelumnya.

Sepat Mutiara lebih cocok pada akuarium yang lebih kecil di rumah. Kebanyak akan tumbuh maksimal 5 inci saja. Ciri-ciri jantan adalah mereka dominan berwarna oranye terang di sekitar wilayah leher sepat, dan akan lebih bercahaya selama pembiakan. Sebagian besar ikan hias ini hanya akan hidup antara 4-5 tahun saja di akuarium, meskipun bisa saja lebih lama lagi yaitu 8 atau bahkan 9 tahun lagi.

Tempat Tinggal

Ikan Sepat ini memiliki reputasi baik sebagai ikan hardy, dan mudah beradaptasi akuarium. Tapi ikan air tawar ini akan stres jika mereka tetap dalam kondisi akuarium yang terlalu sempit dan kecil. Dibutuhkan akuarium yang besar ketika memutuskan untuk memeliharanya, setidaknya 20 galon harus benar-benar dilihat sebagai ukuran minimum.

Mereka cenderung menjadi ikan yang damai dan pemalu, sehingga mereka akan mudah beradaptasi dengan baik pada sebagian besar ikan lain yang bergerak lambat.

Setiap tangki yang mengandung mutiara gouramis harus banyak ditanam, dan ikan juga akan menghargai pencahayaan yang tenang dan substrat berwarna gelap. Pencahayaan yang tenang tidak selalu berarti bahwa Anda harus mengurangi pencahayaan tangki, dan dapat dicapai melalui kombinasi tanaman terapung dan tanaman akuatik tinggi.

Saya akan sangat menyarankan memilih Aquaclear Power Filter untuk tangki ikan gurame mutiara. Filter ini menggabungkan filtrasi yang sangat baik dengan desain yang tahan lama, dan ini akan membuat tangki Anda berkilau jelas selama bertahun-tahun yang akan datang. Anda juga dapat membaca review Aquarium Tidings Aquaclear Filter di sini.

Jika Anda memiliki kantong yang sedikit lebih dalam, Anda mungkin juga ingin menggunakan filter tabung, meskipun untuk mutiara labour cenderung terlalu berlebihan. Beberapa orang juga menggunakan filter spons bersama dengan filter HOB, yang membantu memberikan kualitas air yang sangat baik yang cenderung mencegah penyakit pada mutiara labu.

Makanan Ikan Hias Air Tawar Sepat Mutiara

Sepat Mutiara adalah omnivora. Beberapa makanan yang masih hidup dan paling mudah untuk didapatkan adapun makanannya adalah berikut ini:

  • alga
  • inveterbrata
  • cacing di alam liar.
  • udang
  • cacing hitam
  • jentik nyamuk
  • cacing darah

Makanan ini harus direplikasi sedekat mungkin di akuarium rumah, dan ketika memberi makan harus dilakukan secara teratur. Dan jangan pernah menggunakan makanan siap saji untuk ikan air tawar yang satu ini.

Jika ingin menggunakan jenis sayuran, gunakanlah:

  • Mentimun
  • Kacang polong yang telah dikupas
  • salada
  • bayam

Pengembang Biakan Ikan Hias Air Tawar Sepat Mutiara

Sebelum melakukan pengembangbiakan, lakukanlah pengkondisian ikan dengan pemberian makanannya. Berupa makanan hidup secara teratur selama satu minggu, setelah itu ikan air tawar ini akan siap untuk dkembangbiakan.

Membedakan ikan selama pembiakan ini sederhana, yang jantan memiliki garis yang orange di leher. Dan yang betina tidak memiliki garis yang orange dan bentuknya akan terasa lebih lembek daripada yang jantan saat mereka mengisi telur.

Ikan Hias Air Tawar Sapu-Sapu Amazon

ikan air tawar sapu
Nama lain: Pleco Leopard, Cactus Pleco, “L600”

Nama ilmiah: Pseudacanthicus leopardus (Fowler, 1914)

Keberadaan: Amerika Selatan: Rio Essequibo, Rio Rupuni, Rio Branco dan Rio Takutu, di wilayah perbatasan Brasil dan Guyana.

Ukuran maksimum: 30-40cm. (12-16 “).

Perawatan Pada Akuarium Ikan Hias Air Tawar Sapu Amazon

Akuarium yang disediakan jika bisa dipasang lamu redup dan juga tempat persembunyian seperti sifat ikan ini seperti tanaman, kayu apung, gua buatan. Ikan air tawar yang besar, kuat dan sering cukup agresif ini membutuhkan akuarium sebesar: setidaknya 60×20 “(150x50cm.)

Untuk tunggal, dan setidaknya 80×24” (200x60cm.). Ikan ini membutuhkan banyak ruang pribadi atau tertutup, karena mereka bisa sangat teritorial, terutama terhadap jenisnya sendiri, dan dengan gigi tajam mereka, mereka mampu menimbulkan luka serius.

Ikan ini terbaik dalam air, sedikit asam (pH 5,5-6,5), oksigenasi berat dan banyak arus. Sistem penyaringan yang kuat diperlukan, karena ikan ini menghasilkan banyak limbah atau kotoran.

Makanan Ikan Air Tawar Sapu-sapu

Dengan gigi yang tajam, ikan air tawar ini membutuhkan makanan berupa:

  • Daging
  • Udang
  • Remis
  • Cacing Darah
  • Jenting nyauk
  • Daging ikan (Fillet)
  • Mentimun
  • Zucchini
  • Kentang

Perilaku Ikan Hias Air Tawar Sapu Amazon

Sama seperti spesies ikan sapu-sapu pleco lainnya. Ikan ini relatif tenang jika tempatnya yang nyaman (tersembunyi) Sapu-sapu ini akan mengintai daerahnya. Dan dia akan mempertahankan areanya terutama jika bertemu dengan sapu-sapu yang sejenis atau mirip denganya, akan sangat agresif. Apabila ruangan atau tempat tinggalnya sempit, akan agresif pada penghuni akuarium lainnya.

Ikan ini banyak dijual dengan harga murah di perdagangan ikan hias. Ikan sapu-sapu ini banyak ditemukan di Rio Demini, sungai yang mengalir di provinsi Amazon di Brazil.

Ikan Hias Air Tawar Redfin Shark

ikan hias air

Beberapa orang mungkin berpikir negatif tentang hiu. Karena mereka termasuk pemangsa ikan lainnya. Apalagi jika disatukan di Akuarium mungkin kita akan merasa was was. Sebenarnya itu hanyalah mitos, kebanyakan hiu akuarium tidaklah agresif.

Faktanya, jenius hiu ini yang lebih kecil tidak akan menyerang sama sekali. Jenis hiu ini tidak tumbuh sebesar sepupu laut mereka di lautan yang ganas. Bahkan sebagian besar hiu merupakan spesies air tawar dan bisa disimpan di akuarium.

Tingkat Perawatan: Mudah / Sedang
Temperamen: Semi-agresif
Bentuk Warna: Abu-abu, Merah
Umur: 5-8 Tahun
Ukuran: Hingga 6 ″
Sifat Makanan: Omnivora
Ukuran Akuarium Minimum: 50 Galon
Setting Akuarium: Air Tawar Tropis: Batuan, Gua atau Tanaman

Rainbow Sharks, juga dikenal sebagai Red Fin Sharks atau Ruby Sharks, adalah ikan air tawar tropis kecil asli Thailand. Bisa digabungkan dengan ikan air tawar lainnya. Mereka dikenal karena sirip merah mereka yang hidup dan teritorial.

Sekilas tentang Red Fin

Red Fin adalah cyprinid air tawar tropis yang agak sulit untuk dirawat. Ikan air tawar ini cocok bagi mereka yang sudah berpengalaman memelihara ikan beberapa tahun lamanya. Ikan ini dikenal karena sifatnya yang teritorial dan warna sirip merahnya yang cerah benderang.

Berasal dari sungai-sungai yang hangat di Asia Tenggara, mereka diberi nama umum Rainbow Shark, karena sirip dorsal tegak, mirip sekali dengan penampilan hiu. Jika ingin hiu kecil ini memiliki panjang 6 inc, lamanya berkisar 5 hingga 8 tahun.

Jika Anda berniat untuk memelihara Redfin, Anda harus memastikan akuariumnya memiliki banyak tempat persembunyian untuk mereka. Karena ini membantu mengurangi perilaku teritorial mereka.

Persyaratan Habitat

Seperti yang disebutkan di bagian awal, Rainbow Sharks adalah ikan air tawar tropis yang berasal dari Thailand.

Mereka bergerak aktif, sehingga kita tidak boleh menyimpannya di akuarium lebih kecil dari 50 galon. Akuarium juga harus memiliki banyak ruang horizontal. Jika akuarium terlalu pendek panjangnya, akan mendorong mereka untuk menjadi lebih teritorial dan agresif.

Jika Anda berencana untuk memelihara beberapa Rainbow Sharks maka Anda harus menggunakan setidaknya panjang enam kaki, tangki 125 galon (tapi kami tidak menyarankan menyimpan lebih dari satu Rainbow Shark per akuarium).

Karena sifat teritorial Rainbow Shark, Anda harus memastikan akuarium Anda memiliki banyak tempat persembunyian untuk mereka. Pikirkan gua, diperlakukan kayu apung dan batu. berikanlah beberapa tanaman pada akuarium, sehingga akan mengurangi konflik dan juga membantu mencegah alga.

Dasar akuarium paling cocok untuk pasir, karena ini adalah apa yang ditemukan di sungai Thailand asli mereka. Hati-hati jika Anda berniat menggunakan kerikil karena ujung yang tajam bisa memotong tubuhnya. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan kerikil, harus dipilah-pilah dulu batunya. Dan jangan lupa untuk penutup akuarium, karena ikan ini bisa melompat loh.

Ikan Hias Air Tawar Wakin [Common GoldFish]

Ikan Hias Air Tawar 1
source: The Association of Midland Goldfish Keepers

Common GoldFish atau Ikan koki wakin adalah variasi paling sederhana dari semua jenis ikan mas. Ikan mas biasanya meiliki aneka warna; mulai dari merah, kuning dan oranye hingga perunggu dan hitam.

Kadang kita masih bingung antara Ikan mas wakin dengan ikan mas komet, meskipun komet memiliki sirip lebih panjang dan sirip ekor lebih panjang dan lebih bercabang. Tapi bisa dibedakan kok, Ikan mas yang wakin biasanya memiliki kepala yang lebih tumpul dan bulat daripada komet.

Temperamen dan perawatan ikan mas wakin

Ikan hias air tawar wakin adalah salah satu spesies ikan akuarium air tawar yang paling mudah di pelihara, yang membuatnya ideal untuk pemula. Ikan ini benar-benar dapat berkembang ketika diberi ruang dan perawatan yang memadai. Panjangnya bisa mencapai lebih dari sepuluh inci dan berpotensi hidup selama beberapa dekade.

Ikan mas wakin dapat terbiasa dengan suhu air yang cukup rendah dan bahkan dapat bertahan untuk waktu yang singkat di dalam kolam yang membeku (ini berada di iklim bukan indonesia), asalkan mereka memiliki cukup oksigen dan makanan. Mereka juga dapat dibesarkan dengan ikan koi.

Ikan mas wakin bukanlah ikan yang rewel dengan makanan, ikan mas ini hampir semua jenis makanan yang disediakan akan dimakan. mereka biasanya hidup bergerombol, dan bisa mencari makan sendiri dari dasar akuarium.

Dan harus diperhatikan baik-baik oleh pemelihara tentang sistem sirkulasi penyaringan air nya. Karena ikan air tawar ini menghasilkan begitu banyak kotoran. Jadi akuarium harus dibersihakan secara rutin dan berkala.

Berkembang biak ikan hias mas air tawar Wakin

Ketika diberikan ruang dan makanan yang cukup, ikan mas ini akan bertelur dengan mudah. Bahkan apabila disimpan di akuarium yang lebih besar lagi, beberapa bulan akan berkembang biak dengan baik.

Jika di alam liar, ikan mas biasanya bertelur selama berbulan-bulan di musim kemarau.. Oleh karena itu, hal itu bisa disesuaikan dengan menaikkan suhu air dari kolam atau akuarium. Ikan mas akan melahap anak-anak mereka, jika bisa simpan tempat untuk bersembunyinya benih-benih ikan. Agar benih itu bisa bertahan hidup.

Tips Memilih ikan mas yang umum

Ketika membeli ikan mas wakin, penting untuk memperhatikan dasar-dasarnya, seperti kesehatannya.

Karakteristik yang ideal bagi ikan mas wakin adalah memiliki tubuh 3/8 dari panjang tubuh dan mulut yang meruncing, yang mengarah dengan mulus ke lekuk punggung dan perut.

Sirip ikan mas ini harus tunggal dan sedikit membulat, kecuali sirip dada dan sirip perut. Semua sirip harus kaku dan sirip ekor harus bulat dan kurang dari 1/3 dari panjang tubuh.

Baca Juga: 5 Desain Rumah Minimalis Ini Cocok Untuk Pasangan Muda √

Author: kamal

Jika kekuatanmu adalah Allah, tiada yang bisa mengalahkanmu!

Leave a Comment