√ Doa Niat Puasa Senin Kamis – Lengkap Dengan Penjelasan

Niat Puasa Senin Kamis – Banyak para pegawai yang mengeluhkan apabila telah datang hari senin. Dimana mereka para pegawai kantoran harus mulai mengawali aktivitas kegiatan rutin bekerja, setelah selesai hari libur di sabtu dan minggu.

Akan tetapi, bagi Nabi Besar Muhammad SAW, hari senin dan juga kamis merupakan hari yang sangat istimewa sekali.

Apa sebabnya Nabi Muhammad SAW memilih 2 hari tersebut untuk melakukan ibadah puasa/shaum?

Yang pertama, karena hari senin adalah hari dimana Nabi Muhammad SAW dilahirkan. Lalu dengan hari kamisnya bagaimana?

Ada kutipan hadis nabi saw oleh Syeikh Abu Zakaria Al-Ansori di kitab karangannya Fathul Wahhab

niat puasa senin kamis

Ungkapan (وأنا صائم) “Di saat aku sedang berpuasa” maksudnya adalah berdekatan dengan kegiatan puasa. Dikarenakan, sebuah amal perbuatan itu akan diperlihatkan ketika matahari terbenam, saat orang yang puasa sudah membatalkan puasanya.

Syekh Bujairimi masih dalam kitabnya memberi keterangan tambahan,

niat puasa senin kamis

Oleh sebab itu, kita sebagai ummat Nabi Muhammad SAW, niatkan dalam hati dan teruslah berikhtiar untuk selalu berperilaku dan berakhlak baik. Kita pun harus punya pegangan amal yang konsisten dilakukan, minimal melakukan puasa senin kamis.

karena dengan puasa senin kamis, segala kegiatan seorang muslim diantarkan oleh malaikat kepada Allah SWT, Nabi Besar Muhammad SAW, para Nabi, dan juga orang tua kita yang wafat terlebih dahulu.

Apabila mereka melihat catatan amal diri kita itu buruk, Betapa malunya diri ini? Dan sebaliknya, mereka akan bangga apabila melihat amal kita dengan hasil yang baik.

***

Dibawah ini ada beberapa hal yang harus kamu ketahui perihal puasa sunnah hari senin dan kamis. Dimulai dari Pengertian, Pentingnya memperhatikan niat, hikmah puasa, niat puasa senin kamis dan lain sebagainya.

Alangkah baiknya, kamu tidak terburu-buru dalam membaca artikel ini. Dibaca perlahan, diresapi lalu diamalkan.

Karena tulisan ini merupakan ilmu, jangan sampai kita sudah tidak pernah ngaji. Membaca untuk tahu niat puasa senin kamis saja, dibaca dengan terburu-buru.

Pasang niat baik-baik, agar menjadi ibadah saat kamu membacanya. Selamat membaca! 🙂

Pengertian Puasa Senin Kamis

Puasa disebut juga dengan shaum, adalah aktivitas menahan diri dari hal yang membatalkan puasa, dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Hal yang membatalkan puasa itu seperti makan, minum, berhubungan badan, mengeluarkan mani dengan dipaksa.

Kita harus bisa menahan dari itu semua ketika kita sedang menjalani ibadah puasa, mau itu puasa sunnah ataupun puasa wajib.

Sedangkan yang dimaksud puasa senin kamis adalah melakukan aktivitas puasa seperti biasa, hanya saja puasa ini dilakukan pada hari senin dan kamis saja. Puasa senin kamis sifatnya sunnah. Waktu puasa, tata cara dan adab tidak jauh berbeda dengan puasa yang wajib seperti puasa ramadhan.

Puasa diyakini sebagai bukti bahwa seseorang cinta kepada Allah Swt, dan Rasul-Nya. Tidak heran jika banyak umat Muslim menjalankan puasa, bukan hanya puasa wajib, tetapi juga puasa sunnah. Orang yang cinta kepada Allah Swt dan Rasul-Nya, pasti akan melakukan apa yang diperintah dan apa yang dilarang. Begitu juga dengan puasa. Puasa merupakan manifestasi cinta seorang hamba kepada Tuhannya.

Pentingnya Memperhatikan Niat Puasa

niat buka puasa senin kamis

Niat menjadi penentu nilai dari kegiatan ibadah yang dilakukan seorang muslim. Niatpun akan menentukan kualitas suatu amalnya. Dengan niat yang ada dihati seorang muslim akan mulai dinilai, apakah hal yang ia kerjakan sebagai ibadah atau hanya kebiasaan.

Dan dengan niat, seseorang akan ditentukan apakah muslim tersebut akan mendapat balasan atau tidaknya dan seberapa besar balasan yang akan diterima muslim tersebut

Begitupun, niat pada ibadah puasa ini. Puasa adalah ibadah yang penting untuk diperhatikan setiap orang, yang akan melakukan ibadah dengan pantangan tidak makan dan minum. Apalagi bila puasa yang akan dilaksanakan merupakan puasa yang wajib seperti puasa di bulan Ramadhan.

Niat menjadi sangat penting, dalam sah dan tidaknya puasa yang dilakukannya. Tidak sampai situ saja, apabila kita lalai dalam niat, ada banyak kerugian bagi yang melakukannya.

Niat Puasa Senin Kamis

Adapun niat untuk melaksanakan puasa senin kamis adalah sebagai berikut ini:

tata cara niat puasa senin kamis

Niat untuk puasa senin kamis berbeda dengan niat pada puasa wajib. Jika puasa wajib sangat ditekankan untuk melakukan niat pada malam hari atau sebelum imsak. Maka untuk niat puasa senin kamis diperbolehkan mentekadkan niat pada siang hari sebelum adzan dzhuhur.

Ada penjelasan Hadis no. 657 pada Kitab Bulughul Maram:

niat shaum senin kamisPembahasan Hadits sebagai berikut:

  • Barangsiapa (seorang muslim) yang sedang melakukan hal yang membatalkan puasa, maka puasanya tidak sah karena telah membatalkan puasa setelah terbitnya fajar. Sedangkan syarat sah puasa sunnah adalah dimulainya dari siang hari, dia tidak melakukan makan, minum, jimak sebelum dia berniat untuk melaksanakan puasa sunnah.
  • Dalil penjelasan jika pada puasa sunnah, tidak mesti berniat pada malam hari dan bolehnya berniat pada siang, tapi ini pun sebelum dzhuhur tiba.
  • Jika memulai dari siang hari, apakah akan mendapat pahala puasa penuh? Para Ulama Madzhab Hanafiy dan juga beberapa dari Ulama madzhab Hambali berpendapat, orang itu bisa mendapat pahala puasa sehari penuh. Pendapat yang ini lebih dekat dengan luasnya rohmat Allah SWT. Sedangkan, Ulama Madzhab Hambali dan Madzhab Syafii berpendapat tidak mendapatkan pahala kecuali ketika orang itu dimulai dari waktu ia berniat. Berdasarkan dalil bahwa segala sesuatu akan dibalas dengan niat dihatinya. Pendapat yang ini lebih kuat dari dalil.
  • Kapan batasnya niat puasa pada siang hari?
    – Imam Syafi’i dalam qoul barunya dan Ahmad berpendapat bolehnya seseorang itu berniat sebelum dan setelah tengah hari (dzhuhur tiba). Menurut para ulama tersebut, pendapatnya karena dalil tidak akan membatasi niat setelahnya atau sebelum tengah hari. – Sedangkan pendapat yang dipilih oleh Imam Abu Habifah, yang diambil dari para pendapat sahabat nabi yaitu Ibnu Umar, Ibnu Anas, Ibnu Abbas, Ibnu Mas’ud R.A membatasi batas waktu untuk melakukan niat sampai tengah hari tiba dan tidak diperkenankan untuk berniat setelahnya.
  • Dalil diatas juga mengenai tentang bolehnya seseorang bisa berbuka dalam membatalkan puasa sunnah dan tidak wajib apabila melanjutkannya walaupun tidak ada hal yang menjadi halangan membatalkannya. Sebelum membatalkan puasanya ataupun ingin meneruskan puasa tersebut, hendaknya kita melihat situasi yang ada. Jika membatalkan puasa lebih besar “keuntungan” yang didapatnya maka silahkan dibatalkan. Contohnya, sakit kita perlu makan atau sedang bertamu ke teman dan disuguhi makanan, maka kita boleh batal untuk kemaslahatan pertemanan. Tapi, jika melanjutkan lebih besar kerugiannya maka silahkan lanjutkan.

Baca Juga: √ Cara Sholat Taubat Lengkap (Doa, Niat & Kisah Nyata)

Hikmah Puasa Senin Kamis

manfaat puasa senin kamis

Dari beberapa hikmah tersebut, banyak hikmah puasa ditujukan untuk seseorang yang sedang menjalani puasa itu sendiri. Hikmah menjalani puasa sunnah senin kamis yang akan kita dapati pada diri sendiri sangat erat kaitannya dengan amalan ibadah lain selama menjalankan puasa.

Yang pastinya perbuatan ibadah lain tersebut bukan hanya sebatas tidak makan dan minum, tapi juga dengan melakukan ibadah yang lainnya selama puasa sunnah seperti bersedekah, membaca Al-Qur’an dan menjauhkan diri dari semua yang dilarang oleh Allah SWT.

Sebab itu, agar menguatkan keteguhan dalam sempurnanya ibadah puasa sunnah yang sedang dilakukan, di bawah ini kami jelaskan juga beberapa hikmah atau bisa dibilang manfaat puasa senin kamis secara spiritual:

  • Berlatih Lebih Tabah

Pada saat seorang muslim menjalankan ibadah puasa. Dia secara tidak sadar telah berlatih untuk menahan emosi dan beberapa hal yang haram seharusnya dia lakukan.

Selain emosi, ada juga sifat yang pasti hinggap pada semua manusi seperti buruk sangka juga akan sedikit lebih mudah dihindari dengan bersikap sabar dan tabah. Apapun yang kita alami. Dengan seperti itu, kita akan lebih mudah dan terbiasa menjalani rutinitas dengan penuh ketabahan.

  • Ibadah Juga Dapat Digambarkan Melalui Kegiatan Mulia

Apapun bentuk pertolongan kepada orang lain yang butuh bantuan adalah bernilai pahala disisi Allah SWT, apabila kita mau menolongnya. Selain itu, Langkah kaki kita pada saat menuju mesjid untuk sholat bernilai ibadah, memberikan senyuman kepada sesama manusia adalah ibadah, hingga tidur pun akan bernilai ibadah bagi seorang muslim yang menjalani ibadah puasa sunnah.

Nantinya kita melalui kegiatan tersebut diharapkan untuk terus bisa terbiasa menjalani hidup ini dengan hal-hal baik. Yang artinya, segala perilaku kita baik itu hal kecil atau hal besar akan mendapat pahala. Dan, puasa ini sebagai sarana latihan untuk itu. Merutinkan hal-hal baik.

Sehingga, pada saat hari-hari biasa diri kita sudah terbiasa dengan kebaikan.

  • Berhati-hati Dalam Bertindak

Menjalani sebuah ibadah puasa sunnah senin kamis akan menjadi sempurna dan sangat penuh arti saat seorang muslim tidak hanya menahan haus dan lapar saja. Maksudnya kita juga harus mampu menghindari diri ini dari keharaman yang seharusnya tidak digunakan oleh telinga, mata, ucapan maupun perbuatan.

Latihan seperti ini akan ada dampak pada sebuah peningkatan kepribadian yang positif saat akan menjalani rutinitas  di luar diri kita tidak menjalani puasa. Setidaknya muslim tersebut juga akan dapat untuk menghindarkan diri dari berbagai hal yang dapat menimbulkan perbuatan buruk seperti bergunjing, berkata kasar, dengki dan lain sebagainya.

  • Menemukan Tujuan Menjalankan Ibadah

Puasa itu memiliki tujuan lain, diantaranya untuk melatih kepribadian agar senantiasa dapat menghindari dosa-dosa di hari lain. Jika tujuan tersebut sudah dapat tercapai, maka ibadah puasa yang kita jalankan selama ini telah benar-benar berhasil.

Apabila ketika sebuah misi tersebut tidak berhasil diterapkan, sudah tentu puasa sunnah yang susah payah kita jalani tidak akan memberikan arti apa-apa. Maka dari itu, ketika telah menjalankan puasa di sunnah itu kamu juga akan terbiasa untuk pola hidup terhadap tujuan melakukan berbagai ibadah.

  • Lebih Peduli Terhadap Sesama

Semua muslim itu bersaudara, puasa akan mendorong diri kita untuk selalu berbuat baik kepada sesama. Dan ini akan terlihat jelas saat puasa bulan ramadhan sebenarnya. Orang-orang memberikan takjil gratis disetiap jalan. Dan semua organisasi, club motor, atau persatuan remaja masjid pasti ramai melakukannya.

Tapi tak jarang juga, takjil gratis diberikan pada saat shaum sunnah hari senin dan kamis. Seperti yang sering dilakukan di masjid Daarut Tauhid bandung. Setiap kamis contohnya, akan ada takjil gratis untuk muslim yang menjalankan puasa sunnah pada hari itu.

Persaudaraan sangat terasa ketika buka bersama. Hikmah puasa seperti ini juga memberikan hikmah agar semakin erat silaturahmi antar muslim.

  • Melatih untuk Disiplin dengan Waktu

Bagi Anda yang tidak terbiasa, melakukan makan pada saat sahu mungkin akan terasa sangat berat. Di saat kita sedang bermimpi atau lelapnya tidur.

Kita harus bangun dan makan pada waktu yang tidak “normal“.

Bangun pada dini hari untuk melakukan ibadah sahur, termasuk juga berguna untuk melatih kebiasaan bangun lebih pagi menerima rezeki berupa makanan. Bangun pada dini hari cocok untuk Anda yang ingin berubah menjadi lebih  baik, terutama dalam mengatur waktu.

Walau sahur tidaklah wajib, jadi jika mau puasa senin kamis tidak sahur itu boleh. Tapi banyak keberkahan yang tersimpan pada saat kita melakukan sahur. Selain itu, dengan sahur kita bisa menguatkan tubuh agar terasa fit pada saat menjalani aktivitas di siang hari nya.

Salah satu keutamaannya adalah doa doa kita akan mudah dikabul oleh Allah SWT pada saat sahur. Dan apabila anda lupa untuk niat puasa senin kamis pada malam hari nya. Anda bisa melakukan niat pada saat sahur sebelum imsyak.

Dengan adanya sahur, anda akan dilatih untuk lebih disiplin lagi.

  • Keseimbangan Hidup

Melaksanakan niat puasa senin kamis, seorang muslim sedang belajar untuk mengingat kembali sekaligus menjalankan semua kewajiban tersebut dengan pahala yang dilipat gandakan oleh Allah SWT.

Dan pada hakikatnya sebagai hamba Allah, semua muslim diperintahkan untuk beribadah kepada Allah. Karena terkadang, dengan berbagai kesibukan kita di kantor atau urusan-urusan dunia lainnya. Terkadang kita suka lupa dengan Tuhan yang menciptakan kita.

Kita lupa sholat, lupa baca Al-qur’an, lupa bersedekah. Karena kita terlalu sibuk dengan dunia. Dengan adanya shaum sunnah seperti ini kita belajar kembali untuk menjadi pribadi yang bisa bahagia dunia dan akhirat. Karena kita hidup bukan hanya di dunia saja.

Ada akhirat yang sedang menanti kita. Dan dengan amal yang baik lah kita bisa selamat.

  • Menjadi Ummat Nabi Muhammad

Nikmat yang Allah kepada makhluknya itu sangat banyak, dan salah satu nikmatnya yaitu menjadi ummat Nabi Muhammad SAW. Dan bisa melakukan sunnah-sunnah nabi. Karena sedikit sekali muslim yang bisa menjalankan ibadah-ibadah sunnah, mengikuti yang nabi lakukan.

Manfaat Puasa Senin Kamis Bagi Wanita

hikmah puasa senin kamis

Telah dibuktikan oleh ilmu sains, kecenderungan ingin makan banyak pada waktu berbuka puasa merupakan masalah mental. Padahal yang sesungguhnya, jika saat kita berbuka badan hanya membutuhkan makanan secukupnya. Ketika melihat makanan di meja yang banyak dengan variasi makanan dan minuman, pikiran langsung menciptakan rasa lapar sehingga kita ini cenderung untuk makan akan bertambah.

Puasa menjadi momen tepat untuk memulai untuk pola hidup yang baik. Karena puasa selalu dianggap baik untuk kesehatan karena membantu detoksifikasi.

Selain melatih kesehatan tubuh dan pikiran, melakukan puasa selain pada bulan ramadhan bermanfaat untuk melatih tubuh melakukan treatment. Puasa intermitten atau diet puasa di hari-hari biasa. Banyak manfaat puasa senin kamis untuk kecantikan.

Berikut ini ada beberapa khasiat yang bisa diambil dari menjalankan puasa:

  • Mengurangi risiko penuaan dan penyakit berbahaya

Puasa intermitten dapat membantu mengurangi risiko terserang penyakit berbahaya sampai batas tertentu dengan mendetoksifikasi tubuh dan memproduksi senyawa anti-inflamasi, tanpa risiko kekurangan gizi.

Stres oksidatif akibat jumlah radikal bebas yang terlalu banyak di dalam tubuh bisa menyebabkan proses oksidasi sel-sel normal menjadi semakin tinggi sehingga akan menimbulkan kerusakan. Kondisi ini memicu penyakit kronis seperti kanker, diabetes, stroke, Alzheimer, dan Parkinson.

  • Kolesterol, resistensi insulin dan trigliserida

Puasa telah terbukti mengatur kolesterol dan trigliserida, mengurangi tekanan darah, dan mengatasi resistensi insulin. Itu semua menjadi faktor penyakit jantung, penyebab kematian yang banyak terjadi pada manusia.

Dengan menjalankan puasa sunnah, membantu mengatur kadar insulin dan kadar gula dalam tubuh, sehingga Resistensi insulin yang membantu meningkatkan diabetes dapat berkurang.

  • Meningkatkan fungsi otak

Menurut dokter Mark Mattson, pakar ilmu syaraf di National Institute of Aging (US), mengatakan bahwa puasa dapat menunda timbulnya penyakit Alzheimer dan Parkinson.

Produksi protein menjadi meningkat yang telah diproduksi oleh BDNF (diproduksi otak). Ada regenerasi pada sel induk otak. Fungsi memori dan motor pun meningkat. Protein tadi akan membantu peremajaan sel induk pada otak.

  • Pertumbuhan hormon manusia meningkat

Puasa dapat memicu menaikkan pertumbuhan hormon manusia (HGH), pada pria kenaikan 2000 %, pada wanita 1300 %. Mengapa hal itu penting? hormon pertumbuhan pada manusia dapat membantu berat badan anda menjadi turun. Hormon tersebut dapat juga mengatur metabolisme dan memanjangkan umur.

Informasi itu semua dari American College di Bagian negara New Orleans pada penelitiannya.

  • Membakar lemak jahat

Apa kamu tahu, jika dalam 8 jam sehari, karbohidrat dan gula yang kita konsumsi pada hari itu akan terbakar habis. Dan untuk mendapatkan energi, tubuh akan memanfaatkan dari lemak. Saat puasa sunnah, terbakarnya kalori akan lebih banyak.

Akan tetapi sangat penting bahwa pada saat sahur dan berbuka semua makanan sebaiknya mengandung lemak, karbohidrat secukupnya dan campuran protein.

Niat Puasa Senin Kamis Untuk Kesuksesan

pahala puasa senin kamis
source:republika.co.id

Mantan presiden RI B.J. Habibie adalah orang yang sering merutinkan puasa senin kamis. Dan masih banyak sebenarnya orang-orang sukses yang sering merutinkan puasa. Seperti Ceu Popong Mantan anggota DPR yang ketika di wawancara oleh disalah satu stasiun TV. Ceu Popong memberikan rahasia kenapa dia selalu bersemangat dan sehat adalah rutin menjalani puasa daud.

Ketika kita mempunyai hajat atau banyak keinginan, banyak hal yang bisa dilakukan. Salah satunya merutinkan berbagai amalan. Tak perlu amalan yang besar tapi sekali dikerjakan. Tapi Allah SWT menyukai amalan yang kecil tapi dikerjakan dengan konsisten.

Sebenarnya tidak hanya puasa saja untuk meraih kesuksesan. Tapi ini salah satu jalan sebagai bentuk tirakat atau mendekatkan diri kepada Allah. Agar apa yang diinginkan bisa cepat tercapai.

Puasa untuk hajat adalah sebagai bentuk tawasul kepada Allah SWT dengan membawa amalan berupa puasa sunnah senin kamis. Adapun niat yang diucapkan tetap saja niat untuk puasa senin kamis, tapi disamping itu, kita meniatkan diri bahwa kita melakukan puasa ini agar Allah melancarkan urusan dan mengabulkan hajat kita semisal kita ingin jodoh.

Permasalahan Pada Niat Puasa Senin Kamis

Dalam melakukan ibadah puasa, tentu kita akan mendapati masalah yang akan terjadi seiring bertambahnya waktu saat kita menjalani puasa. Seperti halnya niat puasa senin kamis yang berbenturan dengan puasa daud dan lain sebagainya.

Masih banyak permasalahan yang ada yang kita belum mengetahui jawabannya. Dibawah ini beberapa kami rangkum mengenai permasalahan saat sudah atau akan menjalani ibadah puasa.

  • Menggabungkan Niat Puasa Senin Kamis & Puasa Daud

Contoh kasus: Pada saat ini saya melakukan dua shaum sunnah, yaitu puasa daud dan senin kamis bersamaan. Apakah yang saya lakukan ini boleh, karena pada sewaktu-waktu kedua shaum tersebut dilaksanakan pada hari yang bersamaan. Dengan kata lain menggabungkan dua niat puasa dalam satu hari. Bisakah niat puasa sunnah senin kamis disatukan sama puasa daud?

Jawaban:
Hukumnya boleh dan muslim yang menjalani ibadah shaum itu mendapatkan pahala keduanya. Seperti contoh lain, menggabung niat puasa senin kamis dan puasa Arofah adalah boleh dan mendapat pahala untuk kedua shaum tersebut. Menurut Imam Al-Kurdi.

Bahkan, menurut Imam Al-barizi, shaum wajib ramadhan yang di Qadha bertepatan dengan hari Asyuro misalnya, tanpa meniatkan puasa asyura, maka tetap mendapat pahala keduanya.

Atau menggabungkan puasa senin kamis dan ayyamul bidh? Itu boleh juga.

Adapun, Bolehkah puasa senin kamis digabung dengan puasa Qadha? itupun boleh dan mendapat pahala. Atau puasa Qadha ramadhan pabila digabung dengan puasa syawal yang enam hari. Maka menurut Imam Romli akan mendapat pahala keduanya.

Hal ini sama dengan mandi wajib, pada niat dan tata cara mandi wajib ada hal mengenai niat. Bagaimana penggabungan niat mandi wajib dengan mandi yang lainnya.

Lalu, jika ada yang tanya baigaimana cara mengatur puasa daud dan senin kamis antara puasa sunnah senin – kamis dengan puasa dawud, maka ini teknis urutan puasa nya:
[table id=1 /]

Penutup

Itulah penjelasan mengenai seputar niat dalam menjalankan ibadah puasa senin kamis. Mudah-mudahan sangat bermanfaat. Apabila ada kritik atau saran silahkan email kami di [email protected]

Terima Kasih.

Leave a Comment