+19 Desain Taman Minimalis & Elemen Nuansa Jepang √

Saat ini, sudah sangat jarang orang-orang yang sadar akan pentingnya tumbuhan disekitar manusia. Bersyukurlah Anda, masih diberi rasa peduli dan cinta akan pentingnya lingkungan hijau. Apalagi Anda yang sudah memiliki taman dengan desain taman minimalis ataupun yang sangat luas. Tinggal merawatnya dengan baik.

Saat ini kesadaran pentingnya lahan hijau atau tumbuhan semakin berkurang. Apalagi bagi generasi milenial, kesadaran mereka tentang lahan hijau dan tumbuhan mungkin akan sangat minim dan mungkin akan tergantikan dengan informasi-informasi hiburan dunia digital yang begitu banyak dan semakin luas.

generasi milenial terlihat mengkhawatirkan untuk masa yang akan datang. Ketika mereka tumbuh sebagai generasi selanjutnya.

Bagi Anda para orang tua atau pasangan muda yang sedang membuat rumah, dari mulai sekarang Anda harus menyadarkan anak-anak Anda secepatnya untuk mengenal alam.

Untuk itu kami tim Riuh Imaji membuat sebuah ulasan mengenai daftar gambar desain taman minimalis, tips membuat taman, manfaat taman dan juga 7 elemen penting dari taman dengan nuansa Jepang.

Tulisan ini tidak hanya untuk Anda yang mempunyai lahan untuk dijadikan taman, yang rumahnya di sebuah gang kecil pun jangan skip dulu website ini. Ini merupakan pengetahuan bagi Anda. Mungkin sekarang, rumah Anda di gang, tapi siapa tahu Anda akhirnya ditakdirkan Allah SWT memliki rumah dengan taman yang luas. Karena Anda sudah mengetahui informasi ini, Anda jadi banyak memilki Informasi dan inspirasi. Selamat Membaca!

Desain Taman Minimalis Dalam Rumah

source : garden lovers club
desain taman minimalis dalam rumah
source : archdaily.com
desain taman dalam rumah
source: archdaily.com
desain taman dalam rumah
source: archdaily.com
taman dalam ruangan
source : dma homes
taman dalam rumah
source : garden design ideas

desain taman dalam rumah 2

desain taman dalam rumah 3

desain taman dalam rumah 5

Desain Taman Minimalis Depan Rumah

taman depan rumah minimalis lahan sempit

desain taman minimalis depan rumah type 36

desain model taman depan rumah minimalis

desain taman mungil

dekorasi desain taman minimalis

desain taman kecil depan rumah

desain model taman depan rumah

desain model taman minimalis

Desain Taman Minimalis Belakang Rumah

desain taman belakang rumah
callmethirsty.com

desain taman belakang rumah

desain taman belakang rumah

desain taman belakang rumah

desain taman belakang rumah

desain taman belakang rumah
beautiful and shady home

desain taman belakang rumah

desain taman belakang rumah
source:  Desrolph.com

desain taman belakang rumah

desain taman belakang rumah

desain taman belakang rumah
source: – churchwork.info

desain taman belakang rumah

desain taman belakang rumah

desain taman belakang rumah
source: helief.info

desain taman belakang rumah

desain taman belakang rumah

desain taman belakang rumah

desain taman belakang rumah

desain taman belakang rumah

desain taman belakang rumah

desain taman belakang rumah

Desain Taman Minimalis Dengan Kolam Ikan

taman minimalis
source: gowildlandscapes.co.uk
taman belakang
source: pinterest.de

taman belakang

taman belakang

desain taman belakang rumah

desain taman belakang rumah

Manfaat Taman Dirumah

Ketika mempunyai lahan yang kosong, biasanya dari kita langsung berfikir untuk membuat penyimpanan barang atau malah dibuat sebuah ruang yang tidak jelas peruntukannya buat apa, jadinya mubazir tempat tersebut. Sebaiknya Anda langsung berfikir untuk membuat taman.

Jangan pernah berpikir ruang lingkup yang kecil di area rumah, tidak bisa menjadikan sebuah taman yang indah. Pesimisnya hilangkan dulu saja, tempat yang kecil belum tentu tidak bisa membuat taman yang indah. Malahan kita bisa memaksimalkan merawat lahan taman kecil tersebut.

Kecuali jika rumah Anda benar-benar tidak ada sedikitpun lahan untuk ditanami tanaman ataupun untuk menyimpan pot bunga. Tidaklah masalah.

Menambah eksterior seperti membuat taman sangatlah penting. Banyak manfaat dan fungsi yang jauh lebih berguna bagi kita sebagai penghuni rumah. Jadinya tidak hanya sebagai pengisi ruang kosong saja.

desain taman minimalis

Ada beberapa manfaat mengenai taman diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai sarana atau media yang bergunam untuk menyalurkan hobi berkebun dan juga mengisi kegiatan bersama keluarga di rumah. Kepenatan dengan pekerjaan Anda sedikit-sedikit akan hilang saat memandang atau sekedar menyiram tanaman.
  2. Tanaman yang ada di taman Anda banyak memberikan hal yang penting untuk sirkulasi udara yang bersih dan juga segar. Apalagi jika Anda sekarang tinggal di daerah perkotaan, yang tentu tingkat populasinya sangat tinggi. Sehingga Anda [un harus lebih ekstra dalam menjaga kesehatan dan lingkungan. Berbeda dengan orang-orang desa yang gemar merokok, udara yang mereka hirup tergantikan dengan udara bersih dilingkungannya. Sedangkan orang yang di kota double udara kotornya, dari rokok dan juga dari polusi kendaraan. Jangan heran kalo orang-orang desa biasanya panjang umur.
  3. Keseimbang kita sebagai makhluk hidup. Biasanya rumah hanya terdiri dari batu dan semen, dengan adanya taman Anda. Semakin seimbang sebagai makhluk hidup yang membutuhkan alam.
  4. Sebagai sarana mencari ide. Dengan adanya taman, ketika anda kesulitan mendapat ide untuk pekerjaan Anda. Siapkan saja kopi hitam, seruput dengan perlahan, inspirasi akan bermunculan.

Tips Membuat Desain Taman Minimalis

Perhatikan Saluran Air 

Jangan hanya memperhatikan tampilan sebuah taman, saat Anda berencana membuatnya. Salah satu aspek yang perlu diperhatikan adalah saluran air. Saluran air yang baik membuat taman Anda akan terawat dengan baik.

Jika Anda tidak memperhatikkan ini, mungkin saja akan banyak genangan air di area taman, hingga akhirnya banyak nyamuk. Sehingga taman yang tadinya diciptakan untuk kesehatan tapi malah menjadi sumber penyakit dan mungkin saja menenggelamkan tanaman.

Pemilihan Tanaman Yang Pas

Tanaman yang cocok bagi area dekorasi rumah Anda sangat penting juga. Harus mulai di buat daftar dari sekarang, mana saja tanaman yang dipilih nanti. Ketika Anda sudah membeli semua tanaman, tapi ternyata tidak cocok bagi denah taman yang Anda buat. Akhirnya kurang bagus.

Untuk itu, Anda pun harus punya sense dalam memilih tanaman untuk ditanam. Apalagi setelah melihat contoh inspirasi desain taman minimalis, tentu saja ide-ide Anda harus dikeluarkan.

Tanaman besar, kecil atau sedang yang nantinya akan memperindah taman minimalis Anda di rumah. Pilih juga pot-pot yang mempunyai tekstur yang selaras dengan desain rumah Anda. Agar lebih cocok nanti ketika dilihat.

Pilih Berdasarkan Tema Rumah

Sebuah Taman itu disesuaikan dengan desain gaya rumah nya seperti apa. Gaya klasik, gaya sederhana atau gaya modern? Dengan kolaborasi yang pas, antara bentuk taman dan desain rumah, akan semakin mempesona saja rumah Anda itu.

Sehingga pada penerapannya akan semakin mudah ketika Anda mulai merancang taman seperti sekarang ini. Rancangan yang pas akan membuahkan hasil yang maksimal, Anda pun akan merasa senang nantinya.

Perhatikan Tata Letak Taman

Hal ini untuk Anda yang sedang membuat rumah baru. Tapi jika Anda benar-benar ingin mendekorasi rumah, dan Anda mau mengorbankan sebagian wilayah rumah untuk taman, itu bagus.

Tata letak ini nanti nya agar membuat hasil yang tak mengecewakan, sehingga diharapkan hasilnya berupa keindahan rumah.

Mempertimbangkan Luas Lahan

Lihatlah luas lahan yang Anda miliki, sehingga Anda bisa menambah lain lagi ornamen pada rumah. Seperti penambahan kolam ikan dan juga area bermain anak yang sifatnya outdoor. Itu jika luas lahan Rumah sangat luas, tapi harus disesuaikan lagi jika area luas lahan di rumah nya sempit.

Kalau bisa semua jenis tumbuhan ada, misalnya pohon yang bisa memanjang besar, pohon yang rimbun atau pohon yang berbuah. Lalu ditambah tanaman yang tumbuhnya sedang, seperti tanaman anak nakal. Dan tanaman lainnya.

7 Elemen Taman Jepang

taman minimalis jepang
source: japanesegardenpasadena.com

Taman Jepang adalah taman bernuansa tradisional atau klasik yang bertujuan untuk mengangkat sifat ideal dari negeri sakura tersebut. Hal ini memperkenalkan keharmonisan setiap elemen disekitarnya. Sebuah taman atau kebun biasanya tidak menggunakan ornamen buatan.

Tapi sebaliknya, konsep taman gaya jepang ini membawa filosofi dan juga estetika untuk menonjolkan keindahan alam. Anda bisa meniru konsep taman jepang ini dengan baik, jangan bingung dengan terbatasnya lahan. Yang terpenting Anda memahami dan pintar dalam mendesain sebuah taman. Hingga akhirnya Anda bisa mempunyai taman yang indah meniru gaya taman yang ada di jepang.

Ada 7 elemen yang ada pada gaya taman jepang. Dan kami tim Riuh Imaji telah membuat penjelasan mengenai masing-masing elemen tersebut dan menggambarkan semua kebutuhan yaitu: Air, Ikan Koi, Batu & Pasir, Lentera Batu, Pagar Kebun, Bunga dan juga pohon.

  • Air

taman minimalis jepang 2
source: Photo by Paul VanDerWerf

Air adalah salah satu elemen alami di dunia. Untuk alasan ini, karena air adalah elemen yang sangat diperlukan di taman Jepang. Ini berfungsi sebagai Yin dan Yang dan akan membawa nasib baik jika diatur dengan benar. Dengan demikian, selalu berpikirlah untuk mengatur elemen air dalam mendesain sebuah taman. Tidak peduli seberapa kecil kebun atau taman Anda.

  • Ikan Koi
taman minimalis jepang
source: Photo by Joe Lewis

Ikan koi adalah ikan yang terkenal. Pernahkah Anda mengunjungi Taman Jepang tanpa melihat ikan koi? Bahkan, ikan ini digunakan sebagai elemen dekoratif dalam hubungannya dengan elemen air. Menurut Wikipedia, penggunaan ikan di taman. Jika melihat sejarah, pada abad ke-16 saat China lebih dari seribu tahun yang lalu memperkenalkan ikan mas kepada Jepang.

Penting untuk memahami bahwa jika Anda memutuskan untuk menerapkan elemen kolam air dengan ikan koi di taman Anda. Perlu yang harus diperhatikan yaitu pH, alkalinitas, nitrat, salinitas, klorin, tembaga, fosfat dan kadar oksigen di air kolam koi Anda. Saya juga menyarankan untuk menggunakan pengumpan makanan ikan otomatis di taman bergaya Jepang ini.

Baca Juga: 21+ Desain Kolam Ikan Minimalis Terbaru 2018 [Yuk Lihat!]

  • Batu & Pasir

taman minimalis jepang 5
source: avso.org

Batu mewakili gunung sementara pasir putih melambangkan laut. Ini adalah prinsip yin dan yang lainnya. Taman Jepang adalah miniatur dan pemandangan alam yang ideal. Karenanya tidak peduli seberapa kecil ruang taman Anda, Anda selalu dapat menerapkan gaya taman ini.

Pasir yang digunakan biasanya berwarna putih karena mewakili kesucian. Pasir dapat dianggap sebagai air atau awan dalam kasus ini.

  • Jembatan

taman minimalis jepang 7
source: ezinekaleidoscope.com

Jembatan itu bisa dibuat dari kayu atau batu. Ini melambangkan sebuah tangga menuju surga dan keabadian dalam keyakinan jepang.

Tergantung pada bagaimana Anda menyukai jembatannya itu bisa datar atau melengkung. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa jembatan adalah jembatan simbolis dan bahkan taman jika Anda tidak memiliki elemen air untuk digunakan sebagai kolam atau air terjun, Anda masih dapat memasang jembatan pada taman anda taman.

  • Toro

taman
source: pinterest

Toro adalah lentera tradisional Jepang. Biasanya terbuat dari batu kasar, logam atau kayu. Secara tradisional Toro digunakan sebagian besar di kuil-kuil Buddha untuk menerangi jalan.

Ada dua jenis Toro. Yang pertama disebut tsuri-doro yang secara harfiah berarti lentera gantung. Yang kedua disebut dai-doro atau lentera platform. Ini adalah yang paling sering digunakan dalam desain taman. Penting untuk memilih lentera batu alam granit tangan otentik yang akan menambahkan sentuhan ketenangan ke oasis luar Anda.

  • Pagar Taman

Pagar rumah gaya jepang minimalis
source: interiorrumah-elegan.blogspot.com

Jika Anda pernah ke Jepang sebelumnya, Anda akan memahami pentingnya pagar bambu di masyarakat Jepang. Tetapi jika Anda belum secara fisik ke Jepang, jangan khawatir karena Anda dapat mengunjungi restoran Jepang di lingkungan Anda dan amati bagaimana pagar itu disimpan.

Demikian juga, pagar taman sedang digunakan di banyak taman luar perumahan. Penggunaan pagar bisa melayani dua tujuan. Yang pertama adalah memisahkan ruang dan mengikuti prinsip asimetri tetapi seimbang. Tujuan kedua adalah memberikan rasa privasi namun mencapai prinsip ketenangan desain Jepang.

  • Pohon Dan Bunga

taman jepang
source: gardengates

Tanpa ragu, pohon dan bunga digunakan di taman gaya Jepang. Tidak ada yang tersisa untuk kesempatan dan pohon dan bunga digunakan berdasarkan prinsip estetika. Entah mereka digunakan untuk menutupi pemandangan yang tidak diinginkan atau disajikan sebagai latar belakang. Yang paling penting mereka banyak digunakan untuk memiliki pemandangan yang indah seperti di kartu pos.

Penting untuk memahami persyaratan pemeliharaan untuk pohon dan bunga pada taman atau kebun Anda dirumah. agar tetap tumbuh subur di tahun-tahun mendatang.

Misalnya, Anda perlu mengerti. Satu pertanyaan yang sering diajukan pada Anda, adalah apakah kita dapat mengatur taman Jepang dalam iklim non-Asia. Kabar baiknya adalah ya! sebagai masalah fakta banyak negara telah dibangun sebagai bagian dari perencanaan kota mereka, . Tidak ada keraguan, meskipun, negara-negara tersebut mungkin tidak perlu memiliki pohon atau bunga yang berasal dari Jepang tetapi mereka telah memilih bunga yang sesuai untuk membuatnya tetap hidup dan tumbuh.

Penutup 

Terima kasih karena Anda telah membaca hingga selesai. Berarti Anda adalah sangat peduli terhadap penghijauan alam dan juga keindahan eksterior.

Semoga apa yang kami sajikan, bisa menambah banyak inspirasi dan juga ide bagi Anda yang mungkin masih bingung dalam membangun sebuah taman, karena kami tahu, bahwa Anda menginginkan yang terbaik ketika membuat taman, tidak ingin mengecewakan pada akhirnya. Karena dibuat asal-asalan.

 

Leave a Comment