7 Rekomendasi ‘Co-Working Spaces’ Terbaik di Jakarta Ini Kamu Harus Coba!

CoWorking Space – Dari kalimat itu pun sudah bisa diketahui jika mempunyai artian ruangan kantor yang digunakan secara bersama-sama, berbagi dengan berbagai startup ataupun perorangan yang bekerja secara mandiri untuk kelangsungan rutinitas bisnisnya.

Mereka yang berada di Coworking Space dapat bekerja dengan berkolaboratif di area bersama.

Beberapa usaha atau bisnis yang dijalankan oleh beberapa startup dan perorangan. Mereka mungkin lebih membutuhkan ruangan semacam coworking space untuk permulaan usaha mereka berjalan.

Coworking space telah banyak hadir di kebanyakan kota dalam atau luar negeri. Seperti halnya di kota-kota besar di Inggris. Contohnya di London, Brimingham, Glasgow, Manchester. Kehadiran co working space sangat berkembang.

virtual office jakarta, office space jakarta, working space jakarta, coworking space jakarta selatan, coworking space di jakarta, meeting room jakarta
foto:Tech Hub/Google Campus

Salah satu coworking space terbesar dan paling keren yang ada di Inggri ada di kota London, yang hadir pada setahunan lebih yang lalu bernama kampus google. Yang terdiri dari tujuh lantai ruangan kantor yang bisa diguanakan untuk para pekerja lepas/ freelancer.

Di co working space tersebut banyak fitur digital modern yang diterapkan pada konsepan kantornya.

Kenapa Co-Working Space Ada?

Berbeda dengan perusahaan besar dan memiliki modal besar. Coworking space lebih diisi oleh bisnis yang memiliki jumlah karyawan yang sedikit.

Banyaknya jumlah co-working space yang hadir ini, disebabkan karena terus meningkatnya perusahaan yang merintis di “bidang online” sebagai kelangsungan bisnisnya.

Mereka membutuhkan kelangsungan bisnis tanpa harus membayar mahal dalam menyewa dan menanggu semua biaya yang dibutuhkan apabila mempunyai kantor yang “berdiri sendiri”.

Selain itu, ide coworking space hadir bukan hanya untuk membantu usaha awal tumbuh. Akan tetapi menyatukan para profesional untuk membangun komunitas intelektual yang dapat berbagi pengetahuan dan banyak ide, sehingga bisa diharapkan bisa tumbuh bersama.

Fasilitas Dalam CoWorking Space

Fasilitas-fasilitas yang ada dalam co working space yang digunakan bersama selain meja dan kursi antara lain ada:

  • Cafe
  • Meeting Area
  • Sport Centre
  • Gaming
  • Lounge
  • Dan lain-lain

7 CoWorking Space Terbaik Di Jakarta

Jakarta adalah kota yang begitu cepat dalam proses bisnis, karena banyak kesepakatan bisnis yang dibuat di kota itu. Apalagi dengan banyaknya startup.

Di jakarta, salah satu kota yang banyak startup bermunculan. Dan sebagai fasilitas untuk para startup yang tumbuh ini, co working space beberapa telah berdiri di kota Jakarta ini.

Jika Anda seorang freelancer ataupun startup yang masih mencari kantor yang nyaman untuk bekerja dan mengembangkan bisnis dibawah ini adalah daftar kumpulan coworking space Jakarta terbaik yang bisa Anda pilih.

EV Hive


EV Hive merupakan coworking space Jakarta yang banyak membuka cabang diantaranya:

  1. The Breeze, di BSD City Tangerang.
  2. D.Lab, di Menteng.
  3. The Maja, di Kebayoran Baru.
  4. JSC Hive, di Karet Kuningan.

Salah satu lokasinya yang begitu unik adalah EV Hive IFC Tower ini yang merupakan salah satu cabang EV Hive yang  berada di sudirman, dekat sekali dengan area perkantoran.

Konsep dari Coworking Ev Hive IFC Tower memiliki konsep traveling arround the world. Yang mana di setiap spot memiliki nama-nama kota di seluruh dunia.

Selain ruangan kerja untuk meeting dan kebutuhan pendukung lainnya. EV Hive menghadirkan ruang kreatif. Seperti halnya ada ruangan untuk editing video sekaligus shootingnya untuk para Youtuber. Selain itu ada game spot dan billiard.

Di EV Hive sudah banyak startup yang bergabung dengan komunitas, dengan jumlah lebih dari 7.000 orang. Dan lebih dari 300 workshop dalam satu tahun. Cocok sekali bagi Anda yang senang membuka jaringan baru.

GoWork

Co-working space ini terletak di tengah kota Jakarta. Tepatnya di UOB Plaza lantai 9 Chub Square.

Gowork sendiri didirikan oleh Peony Tang, Xavier Chang, Renee Tang, Richard Lim dan Donny Tandianus.

Banyak paket pilihan yang bisa disesuaikan dengan dana dan kebutuhan bisnis Anda. Ada paket harian, bulanan dan juga tahunan untuk bisa menikmati coworking space jakarta satu ini.

Ada 18 Space yang di buat private dengan ukuran yang berbeda, mulai bisa disi  dari 1-3 orang, 4-5 orang dan 8-10 orang. Dan harganya dimulai dari 140 ribu perorang hingga 20,5 juta perbulan untuk private office yang berkapasitas 10 orang.

Selanjutnya fasilitas yang tersedia ada:

  • Wifi
  • Mesin scanner
  • Fax
  • Ruangan untuk konferensi
  • Personal loker
  • Dan lain-lain

Alamat: Chubb Square, 9th Floor, Jl. M.H. Thamrin No. 10, Jakarta 10230

Tier Space

Ada 2 Tipe pada Tier Space. Ruang kerja pertama yaitu coworking space dan yang kedua ada private office/kantor.

Banyak fasilitas pendukung aktifitas disini untuk coworking space, seperti:

  • Wifi
  • Meeting room kapastias 5-8 orang
  • Skype booth
  • Dan lain-lain

Dan untuk private office, yang digunakan para perusahaan yang memiliki anggota team sedikit dengan maksimal 5 orang. Private office ini adalah ruangan kantor pada umumnya yang isinya ada kursi, meja dan beberapa perlengakapan sederhana kantor lainnya.

Selain itu ada fasilitas berikut ini:

  • Loker pribadi
  • printer
  • scanner
  • mesin fotocopy
  • peralatan kantor
  • dapur
  • minum gratis

Harga paket di coworking space Jakarta di sini dimulai dari perjam dengan anggaran 40 s/d 180 ribu perharinya, hingga yang perbulan dengan harga 1,25 juta rupiah.

Alamat: Jl. Bakti No. 10, Jakarta Selatan, 12180

Conclave

Coworking space Jakarta selanjutnya adalah conclave.

Conclave seperti hal lainnya, ada fasilitas:

  • Internet
  • Loker pribadi
  • Layanan printing
  • Espreso

Di conclave mempunyai ruangan auditorium yang bisa diisi hingga 125 orang, lalu ada ruang konferensi, perpustakaan, dan tentu saja workspace nya.

Biaya paket yang dikeluarkan dimulai dengan harga perjam dengan 50 ribu rupiah, lalu bisa perhari dengan biaya 200 ribu rupiah hingga biaya tahunan dengan biaya 25 juta rupiah.

Dan di coworking space Jakarta conclave ada acara yang sering dilaksanakan. Kamu bisa ikut bergabung disini.

Alamat: Jl. Wijaya 1 No. 5C, Jakarta Selatan, 12170

Coworking Space Freeware Suites

Coworking Space Jakarta ini memiliki 4 cabang lain yang posisinya masih di area Jakarta. Freeware Suite adalah cabang lain dari Freeware Labs, yang mana freeware labs adalah coworking space pertama yang didirikan oleh mereka. Fokusnya Freeware labs untuk startup dan para freelancer.

Dan Freeware suites adalah versi premium yang letaknya di kawasan SCBD.

Freeware suites memang tujuannya untuk para korporasi yang ingin ada nuansa yang dinamis ketika bekerja. Sehingga desain interior dengan nuansa kayunya sangat kental. Banyak filosofi yang dibangun oleh Coworking space freeware suites satu ini.

Jakarta Digital valley


Jakarta Digital Valley didirikan pada tahun 2014. Co-working space Jakarta yang satu ini didirikan oleh Telkom yang mempunyai tujuan untuk membantu para technopreneur untuk tumbuh.

Sebelum Anda bersama team bisa bekerja di Co-working space ini, Anda harus mendaftar terlebih dahulu. Dan nanti akan ada seleksi yang dilakukan oleh Jakarta Digital Valley.

Dengan luas sekitar 500 meter persegi, lengkap dengan ruangan inkubasi, ruangan rapat dan ruang inkubasi. Coworking space Jakarta ini hanya bisa menampung 50 orang saja.

Alamat: Menara Multimedia, Jl. Kebon Sirih No.10, Jakarta Pusat, 10110

Author: kamal

Jika kekuatanmu adalah Allah, tiada yang bisa mengalahkanmu!

Leave a Comment