√ Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tumbuhan Ubi Cilembu | Lengkap

Selamat datang di Riuh Imaji. Pada kesempatan kali ini, tim Riuh Imaji akan mengulas dan memberikan hasil dari contoh teks laporan hasil observasi. Dan yang menjadi perhatian utama dalam penelitian observasinya ini adalah mengenai Tumbuhan Ubi Cilembu.

Kamu pasti sekarang lagi mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru atau dosenmu bukan? Jika ya, kamu beruntung sekali ada di website ini. Karena disini contoh yang diberikan nanti sangat lengkap dan jelas dari segi struktur pembuatan contoh teks laporan hasil observasinya.

Berbeda dengan website lain yang sama semua dari contoh dan tidak jelas dalam memberikan contoh laporannya. Karena kamupun tidak mau kan mendapat nilai jelek karena kamu melihat contoh teks laporan hasil observasi dari laporan yang salah?

Tapi, jika kamu mendapat tugas dari guru atau dosenmu tentang selain tumbuhan, contoh dibawah nanti tetap menjadi referensi yang baik, karena yang kamu butuhkan adalah contoh laporan observasinya. Ketika sudah ada contoh teks laporan hasil observasi, kamu bisa eksplorasi tentang tema-tema yang lainnya.

contoh teks laporan hasil observasi
Wake Forest junior John Petersen

Dan juga, kamu tidak akan merasa kebingungan dan kesusahan lagi mencari-cari contoh teks laporan hasil observasi yang bagus untuk nanti diserahkan kepada guru atau dosen.

Tapi sebelum kepada pembahasan contoh teks laporan hasil observasi (LHO), kamu sangat disarankan untuk membaca dulu dengan seksama mengenai pengertian laporan hasil observasi, tujuan laporan hasil observasi, fungsi dan ciri teks laporan hasil observasi.

Sehingga, jika kemungkinan nanti disuruh mempresentasikan dari hasil observasimu, kamu sudah mengetahui dengan jelas dan lengkap mengenai Observasi yang telah kamu lakukan.

Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi (LHO)

contoh teks observasi
contoh teks laporan observasi – kegiatan para dosen yang sedang penelitian

Contoh Teks laporan hasil observasi adalah laporan akhir yang berisi penjabaran jelas mengenai hasil dari sebuah pengamatan (observasi). Teks laporan observasi pun disebut juga dengan teks penelitian klasifikasi, karena memuat dan mengamati hasil dari yang sudah terjadi berdasarkan kriteria tertentu.

Menjelaskan keadaan, bentuk, dan sifat umum seperti dari tumbuhan, hewan, dan peristiwa lainnya yang ada di alam semesta. Hasil dari observasi ini harus berdasarkan fakta yang telah terjadi dilapangan pada saat observasi berlangsung.

Tujuan Teks Laporan Hasil Observasi

Apa tujuan dari hasil observasi? Tujuannya adalah untuk memberikan informasi tentang keadaan dan klasifikasi sebuah objek tertentu yang harus disesuaikan dengan fakta dan dijalankan bersifat sistematis dalam ketika melakukan hasil pengamatan.

contoh teks laporan observasi
Students on a farm near Victoriaville, Quebec. (exposeimage.com) contoh teks laporan hasil observasi

Tujuan lain Hasil Observasi:

  • Mengetahui perkembangan dari setiap permasalahan
  • Menjalankan pengawasan
  • Mengambil keputusan
  • Menemukan Teknik tertentu
  • Mengatasi sebuah masalah tentang objek

Ciri-ciri Teks Hasil Observasi:

  • Ada keterkaitan antara kelas dan subkelas dari setiap persoalan observasi
  • Tidak ada hal yang mengandung pemihakan, dugaan, atau sebuah prasangka yang tidak tepat
  • Teks berupa informasi dari hasil penelitian yang sudah telah terbukti kebenarannya
  • Teks yang ditulis adalah fakta
  • Ditulis dengan sempurna, lengkap dan jelas
  • Objek dari sesuatu yang dibahas pada observasi adalah objek tunggal
  • Bersifat Objektif dan Universal

Fungsi Teks Hasil Observasi:

  • Menjadikan media yang memiliki sumber terpercaya
  • Untuk mendokumentasikan sebuah penelitian atau pengamatan
  • Untuk menjelaskan dasar penyusunan dari sebuah keputusan atau pemecahan masalah dalam pengamatan

Struktur Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

contoh laporan hasil observasi
Contoh laporan hasil observasi – College of Agriculture and Natural Resources

Ada 2 struktur utama penting dari pembentukan hasil teks laporan hasil observasi, yaitu:

  1. Pernyataan umum (klasifikasi): Ada sebuah pengantar mengenai hal yang akan dilaporkan.
  2. Aspek-aspek yang dilaporkan: merupakan rincian atau bahasan tentang objek yang akan diamati.

Bagaimana Langkah Menyusun Teks Laporan Hasil Observasi?

Nah, dibawah ini ada contoh teks laporan hasil observasi mengenai bagaimana menyusun langkah-langkah hasil laporan observasi nanti.

contoh teks hasil observasi
shutterstock – menulis contoh teks laporan hasil observasi
  1. Buatlah judul laporan hasil observasi yang telah disesuaikan dengan pengamatan dilapangan
  2. Membuat sebuah kerangka yang menghasilkan pembuatan gagasan utama sehingga sesuai dengan hasil observasi
  3. Menyusun kerangka dan teks hasil berdasarkan struktur yang telah dibuat, diawali dengan paragraf pernyataan umum lalu ke bagian isi. Selanjutnya membuat klasifikasi secara umum, dan diakhiri dengan menjabarkan klasifikasi tersebut berdasarkan hasil observasi.
  4. Meneliti kembali hasil dari penyusunan kepenulisan yang telah dibuat. Apabila ada sebuah kalimat dalam teks yang salah atau hasil dari observasi yang keliru segera revisi.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

Tim Riuh Imaji hanya memberikan satu contoh lengkap laporan hasil observasi mengenai tumbuhan ubi cilembu. Tidak banyak-banyak tema seperti tentang hewan, lingkungan dan alam semesta.

Karena bagi tim Riuh Imaji, satu contoh tapi jelas dan lengkap akan sangat berguna bagi nilai kamu nanti, dibanding dengan banyak contoh tapi tidak jelas dan berbeda dengan yang diterangkan tentang laporan hasil observasi.

Contoh teks laporan hasil observasi yang akan kamu baca dibawah ini adalah hasil dari sebuah observasi nyata yang telah dilakukan oleh siswa SMA panatagama Yogyakarta, yang bernama Amalia.

LAPORAN HASIL PENELITIAN OBSERVASI TUMBUHAN UBI CILEMBU

Oleh

Amalia Nurul Fikri

***

I. PENDAHULUAN

Mempelajari ilmu sains, termasuk botany merupakan sesuatu yang penting bagi umat manusia, khususnya kaum muslimin. Ilmu yang mencakup segala hal terkait tumbuhan ini tidak akan menyisakan sedikit kerugian pun bagi mereka yang mempelajarinya, bahkan akan memberikan banyak manfaat bagi mereka yang menekuninya. Dan begitu juga sebaliknya, baik disadari ataupun tidak, bagi mereka yang enggan mempelajarinya, maka otomatis harus siap menanggung kerugian yang akan didapatkannya.

Mengapa dapat dikatakan seperti demikian?

Hakikatnya, ilmu botany berada dekat sekali dengan kehidupan manusia. Maka otomatis, ilmu botany pun memiliki peran yang begitu berharga terhadap kelangsungan hidup manusia. Dan bisa dikatakan, manusia tidak akan mampu bertahan hidup dan terus menerus mengalami perkembangan tanpa adanya perkembangan ilmu botany. Mulai dari makan, berpakaian, bahkan untuk belajar pun, di dalamnya terdapat peran perkembangan ilmu botany, baik secara langsung maupun tidak.

Namun sayangnya, tidak semua orang menyadari hal tersebut. Bahkan sebagian pelajar yang notabenenya merupakan generasi bangsa pun sudah mulai mengacuhkan dan memusuhi arti pentingbotany. Banyak di antara mereka yang masih bertanya-tanya; untuk apa kita mempelajari botany yang serumit itu?

Maka, berangkat dari fakta ini, perlu dilakukan sebuah inisiasi baru, yang membangkitkan semangat para pelajar dalam mempelajari ilmu botany, juga dalam menekuninya. Perlu ada suatu terobosan terbaru yang mendorong keinginan serta semangat para pelajar untuk senantiasa mempelajari dan menekuni ilmu botany. Perlu ada penekanan yang pasti bahwasanya mempelajari botany adalah sesuatu yang sangat berguna bagi kehidupan, bukan sesuatu yang sia-sia bahkan merugikan.

Oleh karenanya, pada kesempatan kali ini, kami selaku santri SMA Pondok Pesantren Taruna Panatagama berupaya melakukan sebuah penelitian botany, yang notabenenya merupakan salah satu langkah mempelajari ilmu botany. Pondok Pesantren Taruna Panatagama sendiri merupakan sebuah lembaga pendidikan Islam yang berdiri pada tahun 2010 dengan tingkat pendidikan setaraf SMP dan SMA. Sesuai dengan namanya, Panatagama, visi dari lembaga ini bercita-cita ingin melahirkan peserta didik yang kelak mampu mengatur masyarakat dengan agama. Panatagama bertujuan untuk mencetak peserta didik yang memiliki kapasitas sebagai ulama, ilmuwan dan negarawan.

Sistem pendidikan di Pondok Pesantren Taruna Panatagama memadukan antara ilmu sains teknologi dengan tsaqofah Islam dan kepemimpinan yang direpresentasikan dalam 3 peer group pelajaran yakni Sains, Tsaqofah dan Geopolitik. Dan botany merupakan salah satu mata pelajaran yang termasuk ke dalam peer group sains. Harapannya, dengan adanya observasi ini, kami mampu menerapkan sistematika berfikir ilmiah yang selain merupakan landasan berfikir dalam ilmu sains juga dibutuhkan dalam kehiduan nyata. observasi ini juga kami lakukan sebagai bukti bahwasanya kami menaruh perhatian dan kepedulian terhadap perkembangan ilmu botany.

Dan berikut latar belakang observasi yang akan kami lakukan:

1. Pengaruh Ketinggian Terhadap Pertumbuhan Ubi Cilembu

observasi

Ubi cilembu adalah makanan khas dari daerah Cilembu. Banyak orang yang minat sekali dengan makanan khas daerah Cilembu itu karena keunikannya diantara ubi yang lain. Apabila dibakar, maka dari ubi tersebut akan muncul sejenis cairan seperti karamel atau lelehan seperti madu yang manis rasanya. Menurut Tribun News.Com(20/03/2015) omzet selama lebaran penjualan ubi Cilembu mencapai Rp.1 Miliyar. -Selasa, 5 Agustus 2014 07:07 WIB-, ubi cilembu menjadi buruan para pemudik. Ada seratus pedagang ubi cilembu selain di sentra ubi Cilembu, kios-kios dadakan juga bermunculan dijalur mudik dan balik lebaran.Keterkenalan Ubi Cilembu Sumedang yang sudah begitu dikenal masyarakat Indonesia bahkan konsumen dari luar negeri.

Ubi Cilembu memiliki kandungan vitamin A 7.100 IU. Kandungan vitamin A ini cukup tinggi untuk perbaikan gizi bagi mereka yang kekurangan vitamin A. Padahal, jika diteliti umbi-umbian jenis lain, kandungan vitamin A-nya hanya berada pada angka 0,001-0,69 mg per 100 gram.

Namun yang sangat disayangkan ialah ubi cilembu hanya cocok ditanam ditempat yang beriklim dingin dan pastinya berasa di dataran tinggi.Sedangkan kebutuhan produksi ubi cilembu sendirimenuntut jumlah yang lebih dari yang biasanya, sehingga para petani pun menanam ubi cilembu ditempat dataran rendah.Namun dalam kondisi tersebut, tanaman ubi cilembu mengalami hambatan dalam pertumbuhan, sehingga mengakibatkan rendahnya karbohidrat yang terkandung di dalam ubi cilembu.

Maka berangkat dari fakta tersebut, penelitian kali ini akan bertemakan “Perbandingan kualitas Ubi Cilembu didataran tinggi dan dataran rendah”. Penelitian kali ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kualitas ubi cilembu yang paling baik dari sisi ukuran, berat, dan rasanya diantara daerah dataran tinggi dan dataran rendah, serta mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhinya, dan dampaknya terhadap harga jual ubi. Selain itu, observasi kali juga bertujuan untuk mengetahui lebih dalam manfaat-manfaat ubi cilembu bagi kesehatan manusia. Peneltian dilakukan di desa Cilembu dan beberapa desa lainnya dengan cara wawancara pada petani ubi cilembu dan survey secara langsung.

Kata kunci : Ubi Cilembu, Kualitas, Dataran Tinggi, Harga

II. TEORI DASAR 1. Pengaruh Ketinggian Terhadap Pertumbuhan Ubi Cilembu

observasi tumbuhan
http://www.specialtyproduce.com/

Ubi cilembu adalah kultivar ubi jalar yang merupakan sebuah komoditi pertanian ras lokal dari sebuah desa bernama Cilembu yang terletak dibawah kaki gunung Kareumbi, masuk kedalam wilayah kecamatan Pamulihan wilayah Sumedang Barat. Ubi cilembu ini populer di kalangan konsumen semenjak tahun 1990an. Tanaman ubi cilembu ini sangat unik, karena bila ditanam didaerah lain, maka bentuk serta rasa dari ubi yang dipanen tidak akan sama bila ditanam didaerah/ditanah desa cilembu itu sendiri.

Keunggulan dari ubi cilembu ini adalah ketika dipanggang, dibakar, atau dioven, maka dari kulitnya yang berwarna gading dan bentuknya panjang serta kulitnya tak mulus, terdapat urat-urat panjang menonjol akan muncul sejenis cairan lengket atau lelehan-lelahan seperti madu yang manis rasanya. Maka, umbi Cilembu disebut juga dengan umbi si madu. Selain rasa yang sangat manis, warna daging ubi juga cukup menarik dimana kulit dan daging ubi berwarna krem kemerahan ketika mentah dan berwarna kuning setelah dimasak.

Dataran tinggi adalah dataran yang terletak pada ketinggian di atas 700 m dpl, dataran tinggi terbentuk sebagai hasil erosi dan sedimentasi. Dataran ini sangat cocok untuk ditanami umbi cilembu. Maka cocok sekali umbi ini disebut ubi cilembu karena Desa Cilembu termasuk daerah yang beriklim dingin, berada pada ketinggian diantara 720 s/d 1.087 Mdpl.

Dataran rendah adalah hamparan luas tanah dengan tingkat ketinggian yang di ukur dari permukaan laut adalah relatif rendah sampai dengan 200 m dpl. Namun dalam tanaman ubi cilembu temperatur yang rendah dapat mengakibatkan rendahnya karbohidrat dalam ubi cilembu sehingga dapat menghambat pertumbuhan umbi. Dan ini pun menjadi keunggulan ubi cilembu karena biasanya tanaman ubi jalar yang lainnya ditanam didataran rendah.

Manfaat ubi cilembu sangat beragam untuk kesehatan antara lain kaya akan serat dan vitamin A, zat besi, folat, mangan, vitamin C, vitamin B2, vitamin B6, vitamin D dan vitamin E yang baik untuk kulit. Walau mengadung karbohidrat, namun ubi cilembu tetap menjadi makanan baik untuk diet.

III. TUJUAN KEGIATAN

Secara umum, hasil observasi kali ini bertujuan untuk:
1. Melatih santri berfikir secara ilmiah, sistematis dan logis.
2. Melatih santri dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang ada di sekitarnya.
3. Melatih kemampuan santri dalam hal mengamati, melakukan percobaan, dan melakukan pengukuran.
4. Melatih kepekaan santri terhadap lingkungan di sekitarnya.
Dan secara khusus, tujuan kegiatan ini ialah sebagai berilut:

1. Pengaruh Ketinggian Terhadap Pertumbuhan Ubi Cilembu
1.1. Mengetahui perbandingan kualitas ubi cilembu yang paling baik dari sisi ukuran, berat, dan rasanya diantara daerah dataran tinggi dan dataran rendah.
1.2. Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi hasil kualitas ubi cilembu di dataran tinggi dan dataran rendah.
1.3. Mengetahui pengaruh kualitas ubi terhadap harga jual.

IV. BENTUK KEGIATAN

1. Merumuskan masalah, serta menentukan hipotesa

1.1. Waktu pelaksanaan : 22 Februari – 8 Maret 2015
1.2. Target : Santri mampu memetakan hal yang hendak dia jadikan sebagai objek observasi, dan santri mampu merancang langkah-langkahyang harus dilakukannya di hari selanjutnya.

2. Studi literature

2.1. Waktu Pelaksanaan : 8 – 22 Maret 2015
2.2. Target : Santri mampu mengumpulkan informasi terkait objek yanghendak ditelitinya, sehingga untuk kedepannya apa yang hendak santrilakukan akan menjadi lebih jelas. Selain itu, diharapkansantrimulai mampu mematangkan hipotesa penelitiannya.

3. Pengujian hipotesa (Eksperimen dan Observasi)

3.1. Waktu Pelaksanaan : 23 Maret – 1 Agustus 2015
3.2. Target Kegiatan : Santri mulai membuktikan kebenaran hipotesanya, serta menemukan hasil dan menganalisa apa yang telah ditelitinya.

4. Penulisan hasil observasi

4.1. Waktu Pelaksaan : 2 Agustus – 28 Agustus
4.2. Target : Santri mampu melaporkan dan menjabarakan secara jelas terkaitapa yang telah ditelitinya melalui sebuah tulisan karya ilmiah.

V. STRUKTUR URUTAN PENELITIAN

1. Pengaruh Ketinggian Terhadap Pertumbuhan Ubi Cilembu
Penelitian dilakukan pada tanggal 19-23 Juli 2015 dengan mencari data yakni survey secara langsung dan wawancara kepada petani ubi cilembu mengenai seputar tentang perbandingan kualitas ubi cilembu di dataran rendah dan dataran tinggi selama lebih kurang 5 hari.

1.1. Menyiapkan Alat dan Bahan
Pertama-tama menyiapkan alat dan bahan yaitu alat termometer dan uang transport. Setelah sesampainya di Cilembu, mulai mengukur suhu disana,

1.2. Wawancara Pakar
Wawancara kepada pakar ubi cilembu dan petani ubi cilembu mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi ubi cilembu antara lain: kelembapan udara, curah hujan, penyinaran matahari, topografi tanah seperti kemiringan tanah, jenis dan sifat tanah untuk tanaman ubi cilembu di desa Cilembu dan langsung terjun ke kebunnya untuk melihatnya.

1.3. Membandingkan Kualitas dan Rasa Ubiteks observasi Kemudian mencobaubi yang sudah matang untuk membedakan rasanya dengan yang ditanam di dataran rendah dan tak lupa untuk mendeskripsikan ubi cilembu baik sudah matang atau pun masih mentah seperti ukuran, berat, warna dalam dan luar ubi kemudian tanya-tanya mengenai harga jual dan pemasarannya. Begitupun selanjutnya di tempat yang keduaMenganalisa Data

Jika data sudah terkumpul semua maka mulai menganalisa dari kedua data tersebut, apakah hasil ubi cilembu dari 2 tempat yaitu dataran tinggi dan dataran rendah kualitasnya sama atau berbeda? jika iya atau tidak factor apa yang mempengaruhinya? Apakah mempengaruhi harga jual?

Itulah contoh teks laporan hasil observasi yang bisa tim Riuh Imaji sajikan buat kamu. Semoga dengan adanya penjelasan singkat mengenai struktur contoh teks laporan hasil observasi ini bisa membantu kamu dalam mengerjakan tugas dengan baik.

Jika nanti kamu ada tugas dari guru atau dosen tentang hal lain, struktur contoh teks laporan hasil observasi yang kami berikan ini sudah secara umum. Tinggal kita nya yang pintar-pintar dalam merubah kata dan data nya.

 

Leave a Comment