Kumpulan Contoh Teks Eksposisi Tentang Ilustrasi (Singkat, Panjang & Strukturnya)

Contoh Teks Eksposisi Tentang Ilustrasi Paling Lengkap – Teks eksposisi merupakan salah satu karangan literasi yang dibuat dengan tujuan memberikan informasi kepada para pembaca melalui dialog, deskripsi, koran, maupun narasi. Umumnya, teks eksposisi tergolong dalam karangan yang bersifat ilmiah atau non fiksi. Dan ditulis dengan penulisan yang singkat, padat, dan akurat.

Tidak jauh berbeda dengan pengertian teks eksposisi yang telah dijelaskan di atas. Namun teks eksposisi ilustrasi memiliki pengertian lebih spesifik. Yaitu suatu paragraf yang menyajikan gambaran sederhan mengenai suatu benda dengan benda lainnya, yang mana antara kedua benda tersebut memiliki kesamaan atau kemiripan. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai pengertian, ciri-ciri, dan contoh teks eksposisi tentang ilustrasi:

Ciri-Ciri Teks Eksposisi Tentang Ilustrasi

Untuk lebih jelasnya, ada beberapa ciri khusus teks eksposisi tentang ilustrasi yang bisa anda pahami. Meskipun tidak banyak, tetapi setidaknya beberapa ciri ini bisa sedikit membantu anda. Adapun ciri-ciri tersebut yaitu:

  1. Teks eksposisi tentang ilustrasi memiliki gaya penulisan yang bersifat informatik (membahas mengenai informasi)
  2. Memuat dan memparkan definisi serta langkah-langkah atau metode dalam melaksanakan suatu tindakan
  3. Umumnya, teks eksposisi tentang ilustrasi akan memuat paragraf yang bersifat menjawab pertanyaan, yaitu siapa, apa, kapan, dimana, bagaimana, dan mengapa (5W + 1H)

Contoh Teks Eksposisi  Tentang Ilustrasi Beserta Strukturnya

Agar pembahaman mengenai teks eksposisi tentang ilustrasi lebih jelas. Berikut pahami contoh teks eksposisi tentang ilustrasi lengkap dengan strukturnya, sebagai berikut:

CONTOH TEKS EKSPOSISI TENTANG ILUSTRASI 1:

“Pentingnya Kerjasama dalam Organisasi”

TESIS:

Agar organisasi bisa berjalan dengan baik, dibutuhkan kerjasama yang kuat antar anggotanya. Seperti halnya mesin mobil. Yang bisa bergerak saat mesin dan komponen lainnya saling bekerjasama.

ARGUMENTASI:

Begitu pentingnya kerjasama dalam organisasi hingga kerjasama dalam sebuah tim diibaratkan seperti mesin mobil yang bergerak. Organisasi sendiri bisa berjalan dengan adanya komponen-komponen seperti ketua organisasi, wakil ketua, sekretaris, humas, bendahara, dan juga anggota organisasi.

Komponen-komponen inilah yang nantinya akan berperan penting untuk menggerakkan organisasi. Seperti pada sebuah mobil, jika ada satu komponen yang rusak. Maka pergerakan mobil akan terhambat bahkan parahnya mesin mengalami kebobrokan. Begitu pula dengan organisasi. Semua pihak memiliki fungsi, tugas dan juga tanggung jawab untuk membuat organisasi bisa bergerak. Jika terdapat satu saja anggota yang tidak bekerja, sekalipun hanya anggota. Maka organisasi akan sulit berjalan dengan baik.

PENEGASAN ULANG atau KESIMPULAN:

Untuk itulah, cara paling tepat untuk membuat organisasi bisa terus berjalan yaitu dengan meningkatkan kerjasama antar anggota. Cara-cara seperti mengadakan diskusi saat akan mengambil keputusan, sesekali mengadakan refreshing bersama bisa dicoba. Untuk semakin mempererat kerjasama antar anggota.

CONTOH TEKS EKSPOSISI TENTANG ILUSTRASI 2:

”Perasaan Gugup Ketika Tampil di Depan Umum”

TESIS:

Pernahkah anda merasa gugup saat tampil atau berbicara di depan banyak orang? Biasanya perasaan tersebut dinamakan demam panggung.

ARGUMENTASI:

Demam panggung umumnya terjadi karena seseorang belum terbiasa tampil di sepan banyak orang. Rasa ini, biasanya ditimbulkan karena seseorang takut jika apa yang akan ditampilkan salah, dan mempermalukan dirinya sendiri. Ketakutan semacam inilah yang akhirnya memunculkan rasa kurang percaya diri yang semakin besar.

Efeknya, kita akan merasakan demam panggung. Yaitu kondisi dimana badan akan terasa lemas, detak jantung yang terpompa dengan sangat cepat, wajah memucat, atau suara yang bergetar ketika akan tampil di depan khalayak ramai. Selain itu, demam panggung juga akan mengurangi konsentrasi kita, meskipun sebelumnya kita telah melakukan persiapan yang matang sekalipun.

PENEGASAN MASALAH atau KESIMPULAN:

Cara efisien untuk mencegah demam panggung yaitu membuat tubuh rileks sebelum tampil di depan umum. Cara ini bisa dimulai dengan cara menarik napas dalam-dalam kemudian mengeluarkannya secara perlahan. Menarik nafas dalam-dalam akan membuat oksigen masuk ke otak dan membantu otak bekerja dengan baik. Sehingga konsentrasi akan terjaga.”

Contoh Teks Eksposisi Tentang Ilustrasi Panjang

Pembahasan teks eksposisi ilustrasi selanjutnya, akan memaparkan mengenai contoh teks eksposisi ilustrasi panjang. Berikut beberapa contoh tersebut:

CONTOH TEKS EKSPOSISI TENTANG ILUSTRASI PANJANG 1:

“Pentingnya Sebuah Amanah”

Mendapatkan sebuah amanah dari orang lain, diibaratkan seperti sedang memegang katana bermata dua. Jika dapat menggunakan katana tersebut dengan benar. Maka katana (amanah) tersebut akan membawa manfaat bagi diri sendiri dan khalayak umum. Namun sebaliknya, jika seseorang tidak mampu mengendalikanya, maka katana itu akan melukai diri sendiri bahkan melukai orang lain juga.

Layaknya sebuah jabatan yang dijabat oleh seseorang. Ketika si pengemban mampu bersikap bijak dalam masa kepemimpinannya. Maka seseorang akan menghasilkan manfaat bagi dirinya sendiri dan juga orang lain. Begitupun sebaliknya, jika seseorang mengemban kekuasaan atas dasar keegoisan hatinya. Maka sudah dipastikan jabatan tersebut akan menimbulkan kerugian bagi dirinya sendiri, dan orang yang ia pimpin.

CONTOH TEKS EKSPOSISI TENTANG ILUSTRASI PANJANG 2:

“Kebaikan yang Tetatur”

Saat terdapat suatu kebaikan yang dikerjakan tidak teratur. Maka sebuah kejahatan yang terstruktur akan sangat mudah menghancurkan kebaikan tersebut. Sama seperti suara bising dari kendaraan geng motor yang mengalahkan suara seekor burung yang berkicau dengan merdu.

Meskipun sebenarnya, suara kicauan burung tersebut sangat merdu tetapi kicauan yang menentramkan jiwa itu tetap tidak akan terdengar telinga. Namun, suara geng motor yang cenderung rusuh dan dibenci banyak orang , akan sangat mudah didengar oleh orang disekelilingnya.

Hal ini juga akan berlaku pada keburukan yang dikerjakan secara terstruktur dan kolektif. Dalam skala besar, keburukan semacam itu akan lebih terasa efeknya dibandingkan dengan kebaikan yang dilakukan tidak teratur. Akibatnya, kebaikan tersebut tidak akan memberikan efek apaun dengan kata lain sia-sia”

Contoh Teks Eksposisi Tentang Ilustrasi Singkat

Dan untuk point terakhir. Pembahasan mengenai teks eksposisi ini, akan ditutup dengan referensi contoh teks eksposisi tentang ilustrasi singkat. Berikut beberapa contoh tersebut:

CONTOH TEKS EKSPOSISI TENTANG ILUSTRASI SINGKAT 1:

“Orang yang Jujur”

Zaman sekarang, mencari orang yang memiliki sifat jujur bukan sesuatu yang mudah. Sangking sulitnya, sampai mencari orang jujur bisa diibaratkan seperti mencari sebuah jarum dalam tumpukan jerami. Yang artinya, hanya bisa ditemukan jika si pencari tengah beruntung saja. Meskipun ada banyak hal yang menyebabkan seseorang bersikap tidak jujur. Namun, sepatutnya nilai moral dan agama haruslah menjadi dasar hidup yang perlu dipegang kuat. Agar sikap tidak jujur dan tindakan jurang dapat dihindari.

CONTOH TEKS EKSPOSISI TENTANG ILUSTRASI SINGKAT 2:

“Sebuah Kekuasaan”

Di dunia ini, tidak semua bidang bisa dikuasai oleh seorang anak. Seperti sebuah lemari yang tidak dapat menampung semua benda untuk disimpan di dalamnya. Karena itulah, sebaiknya orang tua atau guru mengarahkan anak untuk menguasai bidang yang mereka suka. Contoh: Jika anak menyukai bidang menari. Maka seharusnya anak bisa diarahkan kepada bidang tersebut. Dengan begitu, suatu saat kesukaan tersebut akan membuahkan kesuksesan bagi diri mereka.

CONTOH TEKS EKSPOSISI TENTANG ILUSTRASI SINGKAT 3:

“Pentingnya Kerjasama dalam Sebuah Tim”

Tim sepakbola yang solid akan terbentuk karena adanya kerjasama dari berbagai komponen tim. Seperti halnya sebuah bangunan yang kokoh akan berdiri jika semua bahan dan penyokongnya dapat bersatu dengan baik. Maka dari itu, berbagai komponen tim mulai dari pemain, pelatih, staf pelatih, sampai manajemen harus ikut andil. Sehingga tim sepak bola solid akan tercipta.

 

Author: kamal

Jika kekuatanmu adalah Allah, tiada yang bisa mengalahkanmu!

Leave a Comment