9+ Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja (Resign) Yang Benar √

Contoh surat pengunduran diri – Memang ada saat dimana kita harus memutuskan untuk mengundurkan diri (resign) dari perusahaan atau kantor yang mana kita sudah bekerja disitu. Ketika Anda memikirkan untuk resign biasanya ada hal yang mengganjal dipikiran tentang apa yang terjadi akhir-akhir ini di tempat kerja.

Dan akhirnya Anda benar-benar memutuskan resign, maka Anda sangat membutuhkan contoh surat pengunduran diri yang benar agar tidak terksesan main-main ketika Anda akan resign dari tempat kerja.

 

Beberapa Alasan Mengundurkan Diri

contoh surat pengunduran diri dari pekerjaan

Ada banyak alasan ketika anda berpikir untuk mengundurkan diri dari tempat kerja. Misalnya:

  • Tidak Merasa Cocok Karena Sisi Religiuitas

Penyebab tidak merasa cocok biasanya dari segi kultur/budaya kantor, contoh: biasanya Anda sehari-hari sangat kental dengan suasana religius dirumah. Tiba-tiba ketika Anda diterima kerja, banyak dari karyawan yang jauh dari sifat religius, seperti seringnya minum-minuman saat pulang kantor.

  • Jenjang karier yang tidak jelas

Jenjang karier ini sangat penting untuk diperhatikan oleh Anda. Karena bagaimanapun Anda harus ada kejelasan dalam sistem karier. Ada perusahaan yang memang sangat bagus dari segi sistem keorganisasiannya. Sehingga para karyawan mendapat kejelasan jenjang karier dari awal.

Akan tetapi ada beberapa konspirasi dalam perusahaan yang mana jenjang karier itu hanya untuk orang-orang yang dekat dengan pimpinan. Sedangkan ada yang mentok di posisi itu-itu saja walau sudah bekerja puluhan tahun. Sehingga Alasan inilah yang membuat Anda ingin resign.

  • Pekerjaan tidak sesuai dengan kontrak kerja

Pada awal mendatangi kontrak, semua karyawan yang mulai masuk kerja akan melakukan penandatanganan kontrak. Sudah ada hukum yang jelas ketika sudah ditanda tangan. Agar kedua belah pihak, sama-sama mentaati peraturan.

Walau begitu ketika Anda sudah jalan dalam pekerjaan, biasanya beban yang diberikan melebih kesepakatan diawal. Tidak masalah sebenarnya ketika ada kompensasi upah yang lebih. Tapi, jika kompensasi yang diberikan tidak sepadan dengan usaha keras yang telah kita berikan. Disinilah persoalannnya.

  • Ingin menjadi entrepreneur

Menjadi entrepreneur ini salah satu alasan yang ampuh ketika ditanya oleh atasan Anda ketika ingin resign kerja. Daripada alasan ada tawaran dari perusahaan lain karena gaji yang lebih besar.

  • Akan Melanjutkan Kuliah

Banyak yang bilang jika sekolah itu hanya pengalihan dari pekerjaan yang berat. Jika ini alasan Anda resign, sangat tepat sekali. Karena perusahaan tidak akan menahan Anda untuk mengundurkan diri.

Banyak juga perusahaan yang menjelaskan jika karyawan itu sudah selesai dalam pendidikan. Maka dia bisa memasukkan lamaran kembali ke perusahaan.

  • Mengasuh Anak

Karyawan perempuan banyak sekali pantangan ketika bekerja dikantor. Salah satunya adalah bekerja ketika hamil. Ketika sudah melahirkan, perempuan tersebut biasanya kebingungan tentang siapa yang akan mengurus anaknya, jika dia bekerja.

Karena disisi lain banyak juga yang tidak ingin merepotkan orang tuanya, sehingga mereka memilih mengasuh anak sendiri. Sehingga para ibu muda memilih untuk mengundurkan diri untuk fokus mengasuh anak.

Langkah Mengajukan Pengunduran Diri yang Baik

contoh surat pengunduran diri karyawan
source: pexels

Sebelum anda memutuskan untuk membuat surat pengunduran diri, alangkah lebih baiknya Anda mengerjakan tips di bawah ini, agar pengunduran diri yang Anda lakukan terkesan sopan dan berwibawa. Dan tidak menjadi bahan obrolan gosip di kantor.

  • Bicarakan Langsung dengan atasan Anda
  • Infokan pengunduran diri anda dari jauh hari
  • Tetap bekerja sebagus mungkin
  • Jagalah bicara
  • Kembalikan seluruh barang-barang kantor
  • Cermati etika kerja serta kontrak Anda
  • Pamit kepada semua rekanan kerja
  • Jangan lupakan klien Anda
  • Selalu jalin komunikasi dengan atasan dan rekan kerja
  • Membuat contoh surat pengunduran diri karyawan yang baik dan benar

Baca Juga: 11+ Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Ini Buat HRD Langsung Telfon Kamu!

Manfaat Membuat surat izin pengunduran diri (resign)

membuat surat resign
TalentLyft

Sedikitnya ada 2 manfaat yang akan kita dapat apabila membuat surat izin pengunduran diri dan melakukan tahapan pengunduran diri dengan baik.

  1. Terkesan terhormat

Etika yang pertama harus dibangun adalah Anda harus memiliki kesan mentaati semua aturan yang ada perusahaan. Anda tidak bisa langsung pergi dari kantor tanpa kabar.

Peraturan yang telah dibuat telah Anda taati, disitu rekan kerja yang lain terutama atasan akan menilai Anda sebagai pribadi bertanggung jawab. Sehingga nama baik Anda tetap terjaga.

2. Ada waktu bagi perusahaan untuk mencari pengganti posisi Anda.

Ketika Anda memilih untuk resign, perusahaan telah kehilangan salah satu karyawannya, sehingga Ada pekerjaan yang tidak terurus, sehingga perusahaan akan mencari pengganti Anda jauh-jauh hari sebelum Anda benar-benar pergi dari kantor.

Lalu bagaimana cara membuat surat pengunduran diri yang baik?

Contoh Surat Resign Kerja

Bandung, 24 Maret 2019

Kepada
Yth. Dindin Kamaludin
HRD PT. Bisnet
Jl. Terusan Sukup Baru Bandung

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama &nbsp: Kiki Rizki Anissa
Alamat &nbsp: Jln. Tangerang No. 67
Jabatan &nbsp: Project Enginer

Melalui surat ini, sebagai pemberitahuan resmi bahwa saya mengajukan permohonan ijin untuk mengundurkan diri dari posisi saya sebagai Project Enginer Di PT. Bisnet, terhitung pada tanggal 27 Maret 2019.

Saya selama ini telah mendapat banyak pengalaman dan kesempatan untuk bekerja di posisi ini. Saya sangat menghargai dan senang sekali peluang saya ini. Dan saya telah belajar banyak mengenai Teknik jaringan yang sebelumnya saya ketahui sebelumnya. Yang telah saya dapatkan selama menjalani karier saya di perusahaan yang bapak pimpin.

Selama 1 minggu terakhir saya meninggalkan posisi ini, saya akan mengerjakan pekerjaan saya yang belum tuntas. Dan akan membantu rekan kerja yang satu tim dengan saya. Dan saya berharap bapak memberitahu saya, apabila ada hal yang dapat saya kerjakan selama masa transisi saya.

Saya sangat berharap PT. Bisnet akan terus maju dan berkembang. Dan saya berharap kita dapat terus menjalani komunikasi yang baik dimasa yang akan datang.

Hormat saya,

Kiki Rizki Anissa

Contoh Surat Resign Hotel

Kepada

Yth

Ibu Ajeng Kepala Bagian HRD
Atharliana Grand Hotel
Jln. A.H. Nasution No. 666

Dengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Nauval Ginanjar
Tempat/Tgl Lahir: Bandung, 25 Mei 1993
Alamat: Bandung
Jabatan: Chef

Saya ingin memberitahukan kepada Ibu Ajeng Selaku HRD Atharliana Grand Hotel, bahwa saya mengundurkan diri dari posisi saya sebagai Chef. Hari terakhir saya sebagai posisi ini adalah Sabtu, 30 Juni 2019.

Terima kasih atas perkembangan profesional & pribadi yang telah Ibu dan perusahaan berikan selama lima tahun terakhir ini. Saya banyak mendapat teman dan juga pengalaman pengembangan diri.

Namun, antara proses sebagai chef, karir saya ini telah mengambil arah yang berbeda dan saya merasa ini adalah waktu yang tepat untuk beralih ke peluang dan tantangan baru.

Sebelum saya meninggalkan pekerjaan terakhir saya di Atharliana Grand Hotel. Beri tahu saya jika saya dapat membantu dengan cara apa pun untuk membantu apabila ada pekerjaan yang membutuhkan bantuan dan tenaga lebih, apalagi dalam melatih pengganti saya sebelum keberangkatan saya nanti.

Semoga saya bisa terus menjalin hubungan baik bersama Ibu dan juga rekan-rekan yang lain. Saya dapat dihubungi melalui email di [email protected]

Hormat saya,

Maylina Nurhanifa Rahman

Contoh Surat Pengunduran Diri (Resign) Resmi

Bandung, 11 April 2019

Kepada
Yth. HRD PT. Jaya Setiabudi
di Jln. Geger Kalong Girang Baru No. 144
Bandung

Dengan Hormat,

Dengan datangnya surat ini saya:

Nama: Yusuf Adiguno
Departemen: Marketing
Jabatan: Public Relation
No. Karyawan: D287773

saya ingin memberitahu Bapak selaku pimpinan di perusahaan ini, bahwa saya mengundurkan diri dari posisi saya sebagai Pengawas Pemasaran untuk Perusahaan Jaya Setiabudi, pada 1 Oktober, 2019.

Terima kasih atas dukungan dan peluang yang Bapak berikan selama tiga tahun terakhir ini. Saya benar-benar sangat menikmati masa kerja saya dengan [masukkan Nama Perusahaan], dan saya lebih dari bersyukur atas dorongan yang telah Bapak berikan kepada saya dalam mengejar tujuan menjadi pribadi profesional dan tangguh.

Jika dapat membantu selama transisi pengunduran diri saya ini, untuk membantu melakukan training kepada penerus saya, tolong beri tahu saya.

Saya akan senang membantu bagaimanapun saya bisa.

Hormat saya,

Yusuf Adiguno

Contoh Surat Pengunduran Diri Organisasi

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Agus Supriatna
Jabatan: Divisi Rescue
Alamat: Jln. Cibiru, Kec. Cinunuk Kab. Bandung 40619
Telp: 08768766672

Saya benar-benar menikmati menjadi sukarelawan di Rumah Zakat Indonesia(RZI), akan tetapi saya ingin memberi tahu Bapak sebagai pimpinan organisasi bahwa saya saat ini tidak berencana untuk terus menjadi sukarelawan karena saya mendapat pekerjaan di salah satu BUMN.

Karena hal itu, saya tidak memungkinkan akan bisa berkomitmen untuk siap siaga penuh menjadi tim divisi rescue di RZI. Namun saya harap, saya bisa tetap berkontribusi walau saya tidak bisa terus aktif sebagai relawan.

Saya sangat berterima kasih atas semua yang saya dapat selama menjadi relawan di Rumah Zakat, sebuah pengalaman yang sangat berharga tidak ternilai dan tak mampu terbalas.

Sekali lagi, saya mengucapkan terima kasih dan mohon maaf sebesar-besarnya.

Yang menyatakan
materai 6000

(Agus Supriatna)

Contoh Surat Resign Bank

Bandung, 19 Oktober 2019

Kepada Yth
HRD BANK CENTRAL NEGARA
Jl Soekarno Hatta No. 344 C Blok 1 Lt 3
Bandung

Dengan Hormat,

Dengan datangnya surat ini, saya Maylina Nurhanifa Rahman sebagai [Jabartan] di [Nama Perusahaan], memberi tahu Bapak bahwa saya telah menerima posisi di perusahaan lain. Oleh karena itu, saya ingin menawarkan pengunduran diri saya tertanggal [tanggal].

Saya sangat menghargai pengembangan dan pertumbuhan profesional karir saya selama ini di [Nama Perusahaan], dan khususnya, dari Bapak. Dukungan mentoring Bapak telah mendorong saya, dan saya berharap bahwa kita akan terus menjadi rekan yang baik saat saya melangkah maju dalam karir saya.

Saya berharap Perusahaan ini bisa terus bertumbuh dan sukses di masa depan.

Hormat saya,

Maylina Nur Hanifa Rahman

Contoh Surat Resign Perusahaan

Jakarta, 20 Maret 2019

Yth. Dindin Kamaludin, M.B.A
Direktur PT. Kamal Corp Asia
Bogor

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya Ulwan Mufti bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Kamal Corp Asia sebagai Specialist Accountant, terhitung sejak tanggal 20 Maret 2019.

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan dan bimbingan yang telah diberikan kepada saya selama ini untuk bekerja di PT. Kamal Corp Asia. Saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen PT. Kamal Corp Asia apabila terdapat kesalahan yang telah saya lakukan selama bekerja.

Saya berharap PT. Kamal Corp Asia dapat terus berkembang dan selalu mendapatkan yang terbaik.

Hormat saya,

Ulwan Mufti

Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Kontrak

CONTOH SURAT PENGUDURAN DIRI
Tangerang, 21 Juni 2019

Yth. Selly Mutia Zein, M.B.A
Direktur PT. Youthstreit
Jakarta

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya Ulwan Mufti Reza bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Youthstreit sebagai designer, terhitung sejak tanggal 21 Juni 2019.

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan dan kepercayaan yang telah diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Youthstreit. Saya juga memohon apabila terdapat kesalahan yang telah saya lakukan selama bekerja.

Saya berharap PT. Youthstreit dapat terus berkembang dan selalu mendapatkan yang terbaik.

Hormat saya,

Ulwan Mufti Reza

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Dengan Alasan

surat pengunduran diri kerja

sijai.com

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Yang Baik dan Sopan

contoh surat resign kerja
Contoh surat pengunduran diri kerja yang baik dan sopan ©penabiru.com

Contoh Surat Resign Guru

contoh surat resign guru
Contoh surat resign guru ©rocketmanajemen.com

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Dengan Alasan

contoh surat pengunduran diri kerja dengan alasan
Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi

contoh surat pengunduran diri dari karyawanItulah beberapa contoh surat pengunduran diri kerja sebagai karyawan atau contoh surat resign kerja yang bisa Anda tiru cara menulis nya.

Karena contoh surat pengunduran diri diatas ini sangat jelas dan sangat sopan apabila ditujukan untuk pimpinan perusahaan Anda. Semoga inspirasi di atas bisa sangat berguna untuk Anda sehingga Anda tidak merasa kebingungan lagi ketika mencari contoh surat pengunduran diri.

Leave a Comment