10+ Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB, Uang Gaji, Paspor DLL √

√ Contoh Surat Kuasa Lengkap – Pada bulan februari lalu terjadi sebuah pelaporan sebuah kasus yang diduga adanya pemalsuan tanda tangan surat kuasa. Kasus itu sekarang sedang ditangani oleh kuasa hukum hotman paris sebagai penasihat hukumnya.

Dari kasus tersebut bisa kita ambil pelajaran, salah satunya adalah cara membuat surat kuasa adalah penting. Karena sekarang, zaman seperti ini setiap keperluan sepertinya harus ada sebuah ikatan yang tertulis. Karena ditakutkan adanya hal-hal yang tidak diinginkan.

Karena kadang, walaupun sudah membuat surat kuasa dengan baik dan benar. Akan tetapi niat kejahatan akan masih selalu ada. Untuk itu kamu harus mengerti dan memahami sekelumit tentang surat kuasa dan macam-macam surat kuasa itu seperti apa?

Di website ini, kamu bisa mendapatkan banyak contoh surat kuasa untuk berbagai yang kamu perlukan. Seperti Contoh surat kuasa pengambilan BPKB, pengambilan gaji atau uang, pengambilan paspor, surat kuasa tanah. DLL

Sebelum membuat surat kuasa itu, kamu ada baiknya membaca pengertian, fungsi, jenis surat, ciri-ciri, unsur dari surat kuasa. Sebagai pengetahuan agar kamu semakin paham.

Pengertian Surat Kuasa

Pengertian surat kuasa ialah sebuah surat yang berisi tentang pemberian wewenang atau kuasa seseorang kepada orang lain yang dapat dipercaya, agar orang yang diberi kuasa tersebut dapat bertindak mewakili pemberi mandat kuasa.

Pada KUH Perdata telah menjelaskan mengenai kegiatan memberi kuasa pada Bab XVI 1792, bunyinya sebagai berikut ini:

“Pemberian kuasa ialah suatu persetujuan yang berisikan pemberian kekuasaan kepada orang lain yang menerimanya untuk melaksanakan sesuatu atas nama orang yang memberikan kuasa”

Fungsi Surat Kuasa

Surat kuasa memiliki fungsi sebagai bukti tertulis jika penerima surat mempunyai kewajiban dan juga hak nya untuk bertindak sesuai dengan isi dalam suratnya.

Jenis Surat Kuasa

Surat kuasa secara umum dibagi menjadi 3:

  1. Surat Kuasa Perseorangan

Surat kuasa perseorangan ialah surat kuasa yang telah dibuat oleh seseorang yang digunakan untuk pelimpahan wewenang kepada orang kepercayaannya. Dalam membereskan sebuah urusan pribadi orang yang memberi kuasa. Contohnya surat kuasa pengambilan BPKB, surat kuasa pengambilan uang gaji, pengambilan ijazah dll.

2. Surat Kuasa Kedinasan

Surat kuasa kedinasan ialah surat kuasa yang sudah dibuat oleh sebuah instansi atau perusahaan yang dikeluarkan oleh pihak memiliki wewenang mengeluarkan surat kuasa, yang nantinya surat tersebut diberikan kepada bawahannya untuk melaksanakan pekerjaan yang ada hubungannya dengan kegiatan instansi atau perusahaan. Contohnya: Surat kuasa pengambilan naskah ujian nasional, surat kuasa pengawasan proyek dan lain-lain.

3. Surat Kuasa Istimewa

Surat kuasa khusus ialah surat kuasa yang dirancang dan dibuat oleh perusahaan atau bisa perorangan kepada pihat pengacara (advokat) untuk menyelesaikan sebuah sengketa atau masalah yang ada kaitannya dengan masalah hukum pengadilan.

Ciri-ciri Surat Kuasa

Surat kuasa ada perbedaannya dengan surat-surat biasa. Surat kuasa mempunyai ciri-ciri khusus, yaitu:

  • Bahasa yang digunakan dalam surat kuasa mudah dipahami dan bahasa baku
  • Ada kalimat pelimahan wewenang tertentu kepada seseorang atau pihak yang terkait
  • Terdapat judul “Surat Kuasa”

Unsur-unsur Penyusun Surat Kuasa

Ada perbedaan surat yang dikeluarkan semisal dari instansi atau surat yang dikelurkan oleh perusahaan yang dibuat oleh perorangan. Meskipun ini merupakan sama-sama surat resmi nantinya.

Nanti bisa kita lihat perbedaannya langsung contoh surat kuasa seperti apa, akan tetapi secara umumnya penyusunan dalam surat kuasa memiliki unsur-unsur berikut ini:

  1. Judul dan nomor surat kuasa
  2. Nama/Instansi/organisasi pembuat surat kuasa
  3. Nomer surat (opsional)
  4. Identitas pemberi kuasa
  5. Penerima kuasa
  6. Hal yang akan dilimpahkan/dikuasakan
  7. Tanggal dan waktu dibuatnya surat kuasa
  8. Materai sebagai tanda kekuatan hukum
  9. Tanda tangan pemberi dan penerima kuasa

Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB

Karena dibuat oleh seorang, jadinya surat kuasa pengambilan BPKB ini termasuk kedalam surat kuasa perseorangan. Tapi ada juga kasus lain yang mana perusahaan atau instansi tertentu  membuat surat kuasa pengambilan BPKB kendaraan milik instansi terkait.

Dibawah ini, merupakan contoh surat kuasa BPKB ke-1 yang dibuat oleh instansi atau perusahaan.

Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB #1

CONTOH SURAT KUASA PENGAMBILAN BPKB
Nama:Bang Johnes
KTP:12711623086812323
Jabatan:Blogger
Alamat:Jl. AH. Nasution, Terusan Sukup Baru RT 07/ RW 06 Kel. Pasir Endah Kecamatan Ujungberung Bandung

Dengan ini memberi kuasa kepada :

Nama:Bapak Agus Supriatna
KTP:127116230862323445
Jabatan:Koordinator Supir
Alamat:Jl. Cibiru, Terusan Sukup Baru RT 07/ RW 06 Kel. Pasir Endah Kecamatan Ujungberung Bandung

Untuk :

Mengambil 1 (satu) buah BPKB No. _______________ dari mobil, dengan perincian sebagai berikut :

Yang dileasekan di PT. ASTRA JAYA SETIABUDI, sesuai dengan :

Type:KIJANG ELF NHR 55 CO E2-1
Tahun:2013
Rangka:KMHCNHR55EEJ058404
Mesin:M058404
Polisi:D 2837 CT
BPKB atas nama:PT. JAYA SETIABUDI
Perjanjian nomor:01.500.520.00.029706.5
Tertanggal:15 OKTOBER 2014

Menandatangani semua surat keperluan administrasi di PT. ASTRA JAYA SETIABUDI.

Jika pembayaran Uang Sewa Lease/Angsuran ditambah dengan denda keterlambatannya jika ada, sudah lunas keseluruhannya. Dan segala akibat yang timbul nanti akan menjadi tanggung jawab saya sepenuhnya.

Demikianlah Surat Kuasa ini telah saya perbuat dengan pikiran yang sehat tanpa ada paksaan dari pihak manapun juga.

Medan, 30 Januari 2017

Yang Memberi Kuasa&nbsp&nbsp&nbsp&nbspYang Menerima Kuasa
Mitra Sejati Husada
Bang Johnes&nbsp&nbsp&nbsp&nbsp Bapak Agus Supriatna
Direktur utama&nbsp&nbsp&nbsp&nbspKoordinator Supir

Lampiran :
1. KTP pemberi kuasa
2. KTP penerima kuasa

Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Ke-2

Berikut ini adalah contoh surat kuasa pengambilan BPKB kendaraan milik pribadi:

source: sharingkali

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Uang Gaji

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Gaji #1

Sekarang sudah banyak yang memakai sistem pembayaran via internet banking atau rekening, yang dilakukan oleh instansi atau perusahaan. Tapi meskipun begitu ada beberapa CV atau perusahaan yang masih dengan cara manual ketika mereka akan membagikan gaji kepada karyawan.

Tentunya banyak kekurangan dari sistem manual ini, salah satunya apabila seorang karyawan tersebut tidak bisa datang karena ada keperluan tertentu maka biasanya diwakilkan oleh keluarga karyawan.

Contoh surat kuasa pengambilan gaji dibawah ini akan sangat membantu Anda dalam membuat surat kuasa.

Nama:Diky saputra
Jenis Kelamin:Laki-laki
TTL:Bandung, 27 Agustus 1965
Agama:Islam
Pekerjaan:Blogger

Disebut pihak pertama dan selanjutnya :

Nama:Asep
Jenis Kelamin:Laki-laki
TTL:Jakarta, 1 Mei 1989
Agama:Islam
Pekerjaan:Buruh Pabrik

Disebut pihak kedua :

Pihak pertama dengan ini memberi kuasa penuh kepada pihak kedua yang tersebut namanya di atas untuk melakukan penarikan / pencairan uang Gaji Pensiun orang tua atas nama Diky Saputra sejumlah Rp. 1.400.000 ( satu juta empat ratus ribu rupiah ) dengan No Rek : 3976-01-004533-53-8 pada Bank BRI Unit Kembang Tanjong. Demikianlah Surat Kuasa ini diberikan kepada pihak kedua agar dapat dipergunakan sebagai mana mestinya.

Medan, 30 Januari 2017

Yang Memberi Kuasa&nbsp&nbsp&nbsp&nbspYang Menerima Kuasa
Mitra Sejati Husada
Diky Saputra&nbsp&nbsp&nbsp&nbspAsep
Pihak pertama&nbsp&nbsp&nbsp&nbspPhak kedua

Lampiran :
1. KTP pemberi kuasa
2. KTP penerima kuasa

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Uang Gaji #2

Selain itu, bagi Anda yang ingin mengambil uang di bank, maka Anda bisa membuat surat kuasa yang nantinya diberikan kepada orang yang Anda percayai. Yang kamu perlu tahu, tidak hanya uang gaji yang bisa diwakilkan pengambilannya.

source: sharingkali

Nah, itulah contoh surat kuasa pengambilan gaji atau uang. Apabila ada hal lain yang menyangkut keuangan tapi orang yang bersangkutan tidak bisa datang, maka cukup membawa surat kuasa.

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Paspor

Saya sendiri waktu itu pernah mengantar teman untuk membuat paspor, akan tetapi banyak kendala dan memakan waktu karena ada kekurangan dalam persyaratan. Waktu itu, harus menunjukkan surat kependudukan asli daerah yang bersangkutan.

Kenapa membuat paspor begitu terasa sulit, walau ada kekurangan sedikit. Hal itu dikarenakan agar data Anda bisa terekam dengan jelas, karena ditakutkan ada indikasi penipuan atau hal yang tidak diinginkan di negara yang Anda kunjungi, ketika Anda sudah mempunyai paspor.

Contoh Surat Kuasa Tanah

Sengketa tanah sering terjadi, perebutan wilayah ini terjadi karena ketidakjelasan dari penjual atau pembeli. Atau memang ada indikasi ingin menipu dari salah satu pihak.

Selain sengketa tanah karena jual beli, kasus yang melibatkan tanah ini. Termasuk juga kedalam hal pengelolaan tanah. Karena biasanya ada petani yang menggunakan sistem bagi hasil pengelolaan tanah. Nah, untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. Maka sebaiknya  dibuat surat kuasa sejelas mungkin dari awal.

Orang-orang menyebutnya dengan istilah hitam diatas putih, hal ini digunakan untuk melimpahkan sebuah hak mengurus tanah dengan kesepakatan dan jangka waktu tertentu. Dibawah ini ada contoh surat kuasa pengelolaan tanah yang bisa Anda jadikan contoh Apabila Anda mengalami hal yang serupa.

Contoh Surat Kuasa Tanah #1

 

SURAT KUASA

Nama:Bambang
Jenis Kelamin:Laki-laki
TTL:Bandung, 27 Agustus 1998
Agama:Islam
Pekerjaan:Pekerja Swasta

Disebut pihak pertama dan selanjutnya :

Nama:Yudi Kosasish
Jenis Kelamin:Laki-laki
TTL:Bandung, 27 Agustus 1965
Agama:Islam
Pekerjaan:Kuli Bangunan

K H U S U S

Untuk dan atas nama pemberi kuasa untuk mengurus :

  • Dua bidang tanah perladangan yang terletak di Desa Wonorejo Kec. Gunung Agung Tulang Bawang luas 2.500 M2 dan luas 9.077 M2 (fotocopy sertifikat terlampir)
  • Dua bidang tanah tersebut diatas terkena pembangunan jalan TOL
  • Melakukan negoisasi dengan pihak-pihak terkait
  • menerima pembayaran komisi ganti rugi jalan TOL atas tanah tersebut diatas
  • Melakukan segala sesuatu yang berhubungan dengan hal tersebut diatas

Demikianlah surat kuasa ini untuk dipergunakan seperlunya.

 

Bandar Lampung, Senin 24 Juli 2017

Penerima Kuasa                                             Pemberi Kuasa

 

Yudi Kosasih                                                      Bambang

 

Saksi-saksi :

  • Afuan R

Contoh Surat Kuasa Tanah #2

Selain untuk pengurusan tanah, surat kuasa ini dibuat untuk orang-orang yang sering melakukan pelimpahan “proses” pembelian tanah. Contohnya seperti dibawah ini:

Itu yang umum digunakan dalam pembuatan surat kuasa pengelolaan tanah.

Contoh Surat Kuasa Perwakilan Perwalian

Perwalian murid biasanya ada masa saat seorang wali murid di undang hadir ke sekolah guna menghadiri entah itu rapat orang tua murid atau pengambilla rapot.

Biasanya banyak orang tua yang tidak bisa menghadiri agenda yang diadakan pihak sekolah ini.

Dan ada beberapa sekolah yang mengharuskan membuat surat perwakilan perwalian apabila orang tuanya tidak bisa hadir ke sekolah.

Bagi para orang tua atau wali murid yang tidak bisa hadir. Anda bisa membuat surat kuasa untuk mewakilkan kedatangan Anda ke sekolah. Dan dibawah ini ada beberapa contoh surat perwakilan perwalian yang bisa kamu tiru:

Contoh Surat Perwakilan Perwalian #1

Contoh Surat Kuasa Khusus / Istimewa

Kakak ipar saya adalah seorang advokat, kadang beberapa kali sering mendapat surat kuasa khusus atau istimewa yang ditujukan untuk hukum peradilan, untuk mewakili sidang dipengadilan. Seperti perceraian, soal sengketa tanah yang sudah pada tahap masuk ke meja hijau dll.

Hal ini terdapat pada KUHP pasal 157 HIR (pasal 187 RBg), yang mana dipasal tersebut diterangkan jika penggunaan surat kuasa khusus atau istimewa baru bisa dilakukan jika ada alasan yang sangat darurat, misalnya yang bersangkutan sakit.

Contoh Surat Kuasa Khusus / Istimewa #1

contoh html

Contoh Surat Kuasa Khusus / Istimewa #2

Contoh surat kuasa khusus juga bisa Anda gunakan untuk mewenangkan banyak kuasa hanya dalm satu lembar surat. Berikut ini contoh surat kuasa khusus yang ada beberapa pengalihan kuasa.

Surat Kuasa Penjualan

Agar tidak ada sesuatu yang Anda inginkan ketika anda akan menjual barang maka gunakanlah surat kuasa. Apalagi jika penjualan tersebut menyangkut beberapa pihak yang terlibat. Nah, berikut ini contoh surat kuasa pejualan yang bisa kamu jadikan contoh.

Contoh Surat Kuasa Balik Nama

Waktu dulu saya pernah membeli motor bekas. ketika stnk telah habis maka harus mendatangi penjual motor untuk meminjam ktp. Tapi ketika BPKB habis, maka selain ktp harus ada surat kuasa untuk mengurus motornya.

Dan akhirnya saya waktu itu langsung mengganti nama kepemilikan kendaraan. Karena akan terasa sulit apabila harus sering bulak-balik ke tempat rumah penjual berada. Apalagi jika lagi ada keperluan orangnya, pasti akan sulit lagi.

Cara Membuat Surat Kuasa yang Baik

  1. Apabila surat kuasa dibuat untuk kedinasan sebuah instansi pemerintahan ataupun swasta, maka harus diberi nomor surat. Tapi apabila dibuatnya oleh perorangan (surat kuasa perorangan), maka tidak membutuhkan nomor surat.
  2. Untuk pengambilan uang atau barang, usahakan sebuah wewenang dilimpahkan kepada keluarga terderkat seperti suami atau istri, kakak dll. Karena jika dikuasakan kepada orang lain dikhawatirkan akan adanya tindakan yang tidak diinginkan.
  3. Jangan lupa untuk memberikan tanda tangan atau cap yang jelas oleh kedua belah pihak, dan diwajibkan ada saksi yang menyaksikan proses pengalihan kuasa tersebut, bahkan pada saat penandatanganan dilakukan.
  4. Surat kuasa kedinasan wajib ada stempel instansi terkait.

Cara Mencabut Surat Kuasa

Surat kuasa bisa dicabut oelh pemberi kuasa dengan cara sepihak, taoi bagaimana caranya? Yuk tonton video dibawah ini:

Baca Juga: 9 Format Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah | Sangat Lengkap

Author: kamal

Jika kekuatanmu adalah Allah, tiada yang bisa mengalahkanmu!

Leave a Comment