√ 7+ Contoh Kata Pengantar Yang Paling Benar Diantara Yang Lain!

Contoh Kata Pengantar – Selamat datang di Riuh Imaji. Seperti biasanya, kita akan memberikan kamu berbagai macam contoh kata pengantar yang benar. Karena mungkin kamu sekarang sedang menghadapi banyak tugas karya tulis ilmiah seperti; skripsi, proposal, laporan pkl, praktikum, buku, tesis, makalah bahasa indonesia dan juga contoh kata pengantar bahasa inggris.

Kata pengantar itu dibuat sebagai tujuan karena telah tercapainya sebuah karya ilmiah tulis yang telah diselesaikannya. Oleh karena itu, sang penulis karya akan membuat rangkaian kata penyampaian tentang rasa syukur kepada Tuhan dan juga kepada orang-orang yang telah berjasa kepada sang penulis.

Selain itu, didalam kata pengantar merupakan gambaran umum dari karya tulis ilmiah yang telah dibuat, seperti halnya latar belakang atau permasalahan dalam makalah tersebut.

Susunan Kata Pengantar yang Baik dan Benar

Pada umumnya, ketika seseorang membuat sebuah karya tulis baik itu skripsi, proposal, makalah, prakerin dan karya tulis lain. Haruslah dalam kaidah bahasa Indonesia memiliki 3 bagian utama yaitu pembukaan, isi dan penutup.

Pembukaan Kata Pengantar

Dalam pembukaan kata pengantar, penulis biasanya akan mencurahkan rasa syukur kepada Tuhan YME setelah itu kepada orang-orang terdekat dan juga orang yang telah berjasa selama pembuatan karya ilmiahnya.

Isi Kata Pengantar

Dalam isi kata pengantar, menjelaskan tentang gambaran umum mengenai karya tulis yang dibuatnya. Dengan mengawalinya dengan permasalahan ilmiah yang penulis hadapi dan dilanjutkan dengan solusi yang akan dibahas lebih lanjut di isi karya tulis.

Penutup Kata Pengantar

Untuk yang terakhir adalah penutup dari kata pengantar. Berisi tentang harapan penulis mengenai karya tulis yang telah dibuatnya. Karena tentu setiap karya yang dibuat ada kekurangan yang nantinya bisa dikoreksi oleh yang lebih ahli lagi dalam bidangnya.

Ketiga hal diatas adalah hal yang mesti ada dalam penulisan kata pengantar yang baik dan benar. Dan kita pun bisa mengembangkannya lebih elegan sesuai dengan keinginan kita, tidak perlu sama persis dengan contoh. Karena kita dituntut kreatif dalam membuat Kata pengantar. Jadi setidaknya contoh kata pengantar dibawah ini adalah bentuk inspirasi bagi kamu yang sedang membuat tugas karya tulis. Semoga Bermanfaat!

Contoh Kata Pengantar 

Dibawah ini setidaknya ada 8 lebih contoh kata pengantar yang bisa jadi acuan kamu, dan nantinya contoh-contoh tersebut akan di update ulang (ditambah contohnya) oleh tim Riuh Imaji.

Contoh Kata Pengantar Bahasa Indonesia

Kata Pengantar

Sesuai dengan fungsi dan kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan bahasa negara, pembinaan bahasa Indonesia perlu ditingkatkan terus menerus. Upaya peningkatan kualitas pemakaian bahasa Indonesia tersebut perlu ditunjang oleh berbagai hal, antara lain: strategi yang dipersiapkan secara matang, tenaga pengajar yang terampil, intensitas kegiatan yang tepat, serta buku pedoman yang memadai.

Untuk memenuhi keperluan tersebut, kami telah menyusun sebuah buku ajar Bahasa Indonesia dalam Penulisan Karya Ilmiah. Kami berharap buku tersebut dapat menjadi pedoman bagi dosen yang membina matakuliah tersebut di Fakultas Ekonomi, Fakultas Bisnis dan Manajemen, Fakultas Teknik, Fakultas Bahasa, Fakultas Desain Komunikasi Visual di lingkungan Universitas Widyatama, juga dapat menjadi penunjang bagi mahasiswa dalam proses belajar. Di samping itu, buku ajar ini pun dapat dijadikan acuan oleh mahasiswa dan dosen pembimbing dalam penulisan laporan ilmiah, misalnya, makalah, laporan praktik kerja, dan skripsi.

Karena terbatasnya waktu yang tersedia untuk penyusunan buku ajar ini, kami akan berusaha menyempurnakan buku ini setiap tahun ajaran. Oleh karena itu, kritik dan saran bagi perbaikan buku ini, sangat kami harapkan.

Kami berharap mudah-mudahan buku ajar ini bermanfaat bagi mahasiswa dalam upaya meningkatkan kemampuan akademis dalam menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, terutama dalam penulisan karya ilmiah.

 

Bandung, Agustus 2007

 

Tim Penyusun

Contoh Kata Pengantar Sejarah

Kata Pengantar Makalah Novel Sejarah

Dilihat dari setting cerita, terdapat novel yang berlatar belakang sejarah. Nama tokoh, nama tempat, peristiwa, dan penanggalannya diambil dan bersesuaian dengan peristiwa sejarah.

Novel semacam ini disebut sebagai novel sejarah. Banyak pengarang atau novelis yang memproduksi karya seperti ini di antaranya adalah Remy Sylado, Paramudya Ananta Toer, Hamka, dan sebagainya.

Pertanyaannya adalah apa yang membedakan antara novel sejarah dengan sejarah? Dapatkah novel sejarah dijadikan sumber penulisan sejarah? Makalah ini disusun untuk mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Contoh Kata Pengantar Makalah Sejarah Masuknya Islam di Depok

Contoh kata pengantar dibawah ini adalah kata pengantar dari makalah yang disampaikan dalam seminar Penelusuran Arsip Sejarah Depok Diselenggarakan oleh Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Depok, 18 Oktober 2012 di Aula Lantai I Balaikota Depok Jalan Margonda Raya Nomor . 54 Depok oleh Mumuh Muhsin Z.

Kata Pengantar

Salah satu persoalan elementer dalam sejarah adalah ruang/tempat atau spasial (space). Ruang atau tempat berkaitan dengan pertanyaan where sebuah peristiwa sejarah terjadi. Pertanyaan elementer lainnya adalah when, what, who, why, dan how. Depok adalah ruang atau tempat peristiwa sejarah terjadi. Demikian juga Jawa Barat.

Akan tetapi berbeda dengan Jawa Barat yang diketahui kapan istilah itu muncul sebagai nama wilayah geografis, nama Depok tidak. Belum diketahui sejak kapan nama Depok digunakan untuk menyebut wilayah geografis. Yang pasti adalah dalam realitas kekinian Depok adalah ruang geografis yang mempunyai status administratif kota. Depok sediri sekarang ini termasuk bagian wilayah administratif Provinsi Jawa Barat.

Masalah utama yang akan dibahas dalam makalah ini adalah bagaimana latar belakang sejarah Kota Depok menjadi bagian dari Provinsi Jawa Barat? Untuk menjawab pertanyaan ini perlu terlebih dahulu dibahas sejarah Provinsi Jawa Barat.

Contoh Kata Pengantar Penelitian atau Praktikum

Contoh kata pengantar ini merupakan kata pengantar dari sebuah penelitian dari “LAPORAN PENELITIAN SKRINING FITOKIMIA TUMBUHAN DI KAWASAN GUNUNG KUDA KABUPATEN BANDUNG SEBAGAI PENELAAHAN KEANEKARAGAMAN HAYATI”

Oleh: Rustaman, M.Si Drs. H. Maman Abdurahman Jamaludin Al Anshori, S.Si

KATA PENGANTAR

Segala puji syukur kami panjatkan kehadirat Illahi Robbi atas Rahmat dan Hidayah-Nya serta shalawat dan salam kami limpahkan kepada Rasulullah saw akhirnya kami dapat menyelesaikan laporan penelitian “Skrining Fitokimia Tumbuhan Di Kawasan Gunung Kuda Kabupaten Bandung Sebagai Penelaahan Keanekaragaman Hayati”. Semoga dapat memberikan manfaat terutama bagi mereka yang tertarik di bidang kimia bahan alam hayati.

Pada kesempatan ini perkenankanlah peneliti mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada:

1. Universitas Padjadjaran, atas bantuan biaya penelitian melalui dana DIPA Unpad tahun anggaran 2006.

2. Pimpinan Fakultas MIPA Unpad, Pimpinan Jurusan Kimia, serta Pimpinan Laboratorium Kimia Organik, yang telah memberikan berbagai fasilitas.

3. Semua pihak yang telah banyak membantu dalam penyelesaian laporan ini. Akhirnya kami menyadari sepenuhnya bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna, untuk itu diharapkan adanya kritik dan saran dari semua pihak untuk sempurnanya laporan ini.

 

Bandung, November 2006

 

 

Tim Peneliti

Contoh Kata Pengantar PKL (Praktek Kerja Lapangan)

Contoh kata pengantar dibawah ini adalah laporan tugas akhir praktek kerja lapangan yang dilakukan oleh Dewi Handayani Jurusan Penyiaran di Fakulyas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Di 95,2 Bandung Radio.

KATA PENGANTAR

Asslamu’alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillahirobilalamin, Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT atas rahmat dan karunia-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan Tugas Akhir ini.

Penulisan Laporan Tugas Akhir ini di susun untuk memenuhi persyaratan dalam menyelesaikan perkuliahan pada jurusan Penyiaran (Broadcasting) Program diploma III Pendidikan Ahli Komunikasi Terpan di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Judul dalam Laporan Tugas Akhir ini adalah:

“PERANAN PRODUSER DALAM PROGRAM HALO BANDUNG DI 95,2 BANDUNG RADIO ”

Penulis menyadari bahwa terlaksananya laporan ini berkat bantuan moril maupun materiil dari banyak pihak. Pada kesempatan ini penulis ingin menghaturkan terimakasih kepada :

1. Dr. Hj. Nuryah Asri Sjafirah, S.Sos., M.Si. Selaku dosen pembimbing, yang telah memberikan banyak ilmu serta dukungan dalam pembuatan tugas akhir ini, sehingga penulis dapat menyelasikan studi di Universitas Padjadjaran.

2. Prof. Dr. H. Deddy Mulyana, M.A selaku Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran yang telah memberikan ilmu dan pelajaran yang sangat berharga untuk penulis khususnya Ilmu Komunikasi. Iv

3. Dr. Dadang Sugiana, M.Si. Ketua Program D III Pendidikan Ahli Komunikasi Terapan, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran yang telah membantu dan meluangkan waktunya bagi penulis dalam menyelesaikan studi di Universitas Padjadjaran.

4. Dr. H. Edwin Rizal, M.Si. selaku sekretaris Program D III Pendidikan Ahli Komunikasi Terapan, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran yang telah membantu dan meluangkan waktunya bagi penulis dalam menyelesaikan studi di Universitas Padjadjaran.

5. Drs. Dian Wardiana S, M.Si. selaku ketua jurusan Penyiaran (Broadcasting) yang telah memberikan ilmu serta bantuannya kepada penulis dalam menyelesaikan studi di Universitas Padjadjaran. 6. Gumgum Gumilar S.Sos., M.Si. selaku dosen wali, yang selalu memberikan semangat kepada penulis dalam belajar dan merai target agar sukses dimasa depan.

7. Abang Sahala Tua Saragih, dosen mata kuliah wawancara yang sangat memberikan pengaruh besar terhadap penulis untuk terus berusaha menggapai cita- cita.

8. Kepada seluruh Staff Dosen dan Karyawan FIKOM UNPAD, yang membantu penulis selama melaksanakan studi serta kepada teman teman penyiar B yang telah menemani perjuangan dalam menempuh perkuliah selama 3 tahun ini.

9. Bapak Aldin Aldama, S.Sos., M.Si. selaku General manager PT Radio Swara pandawa lima Shakti (952 Bandung Radio). Bapak Budy Prasetyo selaku Program Director PT Radio Swara pandawa lima Shakti (952 Bandung Radio). Bapak Aris Apriadi Hidayat ( Kakak Emon) selaku tim kreatif dan produksi PT Radio Swara pandawa lima Shakti (952 Bandung Radio). Kakak Erlan Rasdik sebagai Penyiar program Halo Bandung PT Radio Swara pandawa lima Shakti (952 Bandung Radio). Yang telah membimbing dan memberikan kesempatan bagi penulis untuk melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di PT Radio Swara pandawa lima Shakti (952 Bandung Radio). Terima kasih telah memberiakn kesempatan bagai penulis untuk melaksanakan Pratik Kerja Lapangan (PKL)

10. Terima kasih Kakak Erlan Rasdiq, Kang Bowo, Kakak Gugi, dan semua Staff serta Crew yang telah banyak memberiakn ilmu serta pengalaman dalam bekerja kepada penulis.

11. Aneu Nurhasanah, Yance Lourena, Ai Husna fauziah, Willya, Rifa Yunistia terimakasih telah berjuang bersama dalam menempuh perkuliah di D III PAKT FIKOM UNPAD sukses terus untuk teman – teman semuanya.

12. Untuk teman- teman seperjuangan saat melaksanakan Praktik Kerja Lapangan Aneu Nurhasanah, Rosi Adelia, Arini, Fringga, terima kasih atas bantuannya kudukungan motivasi untuk penulis hingga penulis dapat menyelesaikan Tugas Akhir ini. vi Tak ada gading yang tak retak, demikian pula juga dengan karya sederhana ini. Kritik dan saran sangat penulis harapkan. Akhirnya dengan kerendahan hati penulis mengucapkan banyak terimakasih semoga Allah SWT membalas bantuan dan kebaikan yang di berikan. Amin Wassalamu’alaikum Wr. Wb

 

Jatinangor
Penulis

 

 

Dewi Handayanti

Contoh Kata Pengantar Proposal Penelitian

Contoh kata pengantar dibawah ini adalah hasil dari penelitian mengenai kesiapan anak masuk sekolah. Dasar ditinjau dari hasil test N.S.T (Nijmeegse Schoolbekwaamheids Test). Metoda yang digunakan adalah metoda survei. Subjek penelitian ini adalah siswa TK yang akan masuk Sekolah Dasar.

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kekhadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkat rahmat dan karunia-Nya sehingga laporan penelitian dengan judul “Gambaran Kesiapan Anak Masuk Sekolah Dasar Ditinjau dari Hasil Tes NST (Nijmeegse Schoolbekwaamheids Test)”

Ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kami ucapkan kepada Rektor Universitas Padjadjaan, Ketua Lembaga Penelitian Universitas Padjadjaran, Dekan Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran dan beberapa sekolah yang menyediakan data untuk penelitian ini (TK Al-Biruni Panyileukan, TK Al-Biruni Antapani, TK Al-Biruni Arya Graha, TK Al-Biruni Sidomukti, TK Al- Biruni Griya Caraka, TK Pandiga Mutiara dan TK Darul Hikam) atas kepercayaannya, kemudahan dan fasilitas yang telah kami terima.

Akhir kata kami harap, semoga laporan ini dapat bermanfaat.

 

Bandung November 2007 .

 

Tim Peneliti

Contoh Kata Pengantar Bahasa Inggris

Kata pengantar dibawah ini adalah kata pengantar bahasa inggris, dan kita tampilkan dalam kedua bahasa, yaitu kata pengantar bahasa Indonesia terlebih dahulu lalu Bahasa Inggris.

KATA PENGANTAR

Statistik Perbankan Indonesia (SPI) merupakan media publikasi yang menyajikan data mengenai perbankan Indonesia. Buku SPI ini diterbitkan secara berkala (bulanan) oleh Direktorat Perizinan dan Informasi Perbankan, Bank Indonesia, untuk memberikan gambaran perkembangan perbankan di Indonesia.

Mulai penerbitan Edisi Januari 2010, SPI disempurnakan dengan penambahan data baru yaitu Kredit Berdasarkan Nilai yang menyajikan nilai nominal kredit dan nilai wajar kredit.

Dengan penyempurnaan SPI ini, kami berharap agar data yang disajikan lebih memberikan manfaat yang optimal bagi pembaca.

Jakarta, April 2010

BANK INDONESIA

 

 

Direktorat Perizinan dan Informasi Perbankan

***
FOREWORD

The Indonesian Banking Statistics (SPI) is a media publication that provides data regarding the banking industry in Indonesia. This publication is published monthly by Directorate of Bank Licensing and Banking Information, Bank of Indonesia, in order to represented the development of the Indonesian banking industry.

Starting January 2010 edition , SPI enhanced with the addition of new data that is credit based on the value, consist of the nominal of credit and fair value of credit.

We sincerely hope that the data provided in the SPI will be of optimum benefits to our readers.

 

Jakarta, April 2010

BANK INDONESIA

 

 

Directorate of Bank Licensing and Information

 

Itulah contoh-contoh kata pengantar yang bisa kami berikan untuk kamu, nanti mudah-mudahan dilain waktu, kami akan menambah lagi contoh kata pengantar nya. Semoga bermanfaat ya, jangan lupa buat klik share!

Baca Juga: √ Contoh Daftar Pustaka Yang Sangat Lengkap Disertai Cara Penulisan!

 

Source: repository.unpad.ac.id & unikom elib

Author: kamal

Jika kekuatanmu adalah Allah, tiada yang bisa mengalahkanmu!

Leave a Comment