9+ Ciri-Ciri Hamil Muda Ini Terjadi Pada Anda? Yuk Cek Disini!

Sejak awal kehamilan sebenarnya sudah bisa dilihat tanda ciri-ciri hamil muda. Setidaknya diri Anda akan sedikit lebih peka pada keadaan diri sendiri apa yang berubah dan merasakan ada hal yang berbeda pada anggota tubuh. Dan juga bisa ditandai tanda-tanda medis dan juga non medis pada cirinya.

Bersyukurlah jika kehamilan adalah sebuah hal yang ditunggu-tunggu oleh Anda. Karena tidak semua wanita bisa hamil muda. Masa subur wanita ketika Anda sudah melakukan hubungan intim biasanya Anda akan menjadi tegang, apakah Anda telah hamil atau tidak.

Contoh sederhana dari gejala mengenali tanda awal kehamilan adalah seorang wanita akan mengalami telat menstruasi. Tapi itu bukanlah ciri satu-satunya tanda awal kehamilan muda setelah berhubungan dengan pasangan Anda.

CIRI-CIRI HAMIL MUDA

ciri orang hamil
source: pixabay

Pembahasan Riuh Imaji kali ini akan membahas mengenai ciri ciri hamil muda yang wajib Anda baca sampai beres. Karena jika Anda membacanya setengah-setengah, memungkinkan Anda sendiri menjadi kurang paham, dan nantinya mengira bahwa perut pasangan atau diri Anda benar-benar hamil tapi ternyata tidak hamil. Sehingga mengenali tanda awal kehamilan harus dipahami dengan baik. Agar ciri-ciri hamil muda ini bisa menjadi tolak ukur bagi Anda saat melihat apa yang terjadi pada Anda.

Sering Buang Air Kecil

ciri ciri orang hamil muda
pixabay

Pada awal kehamilan akan ada berbagai perubahan ditubuh Anda dan reaksinya akan berbeda pula pada setiap bagian tubuh. Perubahan hormonlah yang membuat reaksi itu terjadi. Hal ini bisa terlihat pada wanita yang mengalami gejala hamil di beberapa minggu pertama, yaitu Anda akan selalu sering buang air kecil walau rahim tidak terlalu menekan bagian kantung kemih.

Dan sangat tidak dianjurkan juga untuk menahan saat akan buang air kecil, karena itu sangat mengganggu ginjal Anda semakin lebih buruk dan juga agar tidak terjadi infeksi pada ibu hamil di saluran kantung kemihnya.

Perubahan Bentuk Tubuh

ciri orang hamil muda
pixabay

Tanda-tanda kehamilan yang umumnya akan terjadi adalah ada perubahan pada bentuk tubuh Anda. Seperti Dada, lengan, bokong, paha dan tentu saja perut akan semakin membesar.

Lalu akan ada perubahan warna pada organ intim kewanitaan Anda. Dari yang asalnya warna merah muda, lambat laun akan terlihat pucat dan juga kehitaman. Akan terjadi reaksil yang dihasilkan dari cervical mucus, yaitu proses pembuahan yang akan mengeluarkan cairan seperti cairan pada keputihan. Cairan itu bukanlah keputihan, tapi itu sebab dari penebalan organ kewanitaan. Sehingga jika telah muncul seperti itu, itu merupakan barometer awal tanda-tanda kehamilan.

Perubahan Payudara Ciri-Ciri Hamil Muda

ciri ciri orang hamil 1 minggu
pixabay

Setelah perubahan fisik tadi yang beberapa telah disebutkan sebelumnya, saat sedang mengalami masa kehamilan akan umum terjadi dialami oleh wanita adalah perubahan payudaranya. Seperti saat Anda akan memegangnya akan terasa nyeri, sakit dan juga lebih berat pada payudara. Puting pun akan terasa sakit.

Ini terjadi pada minggu pertama awal kehamilan, payudara akan terlihat membesar. Hal ini terjadi karena proses hormone progesterone dan esterogen pada tubuh meningkat. Sebagai persiapan untuk produksi susu pada wanita hamil yang nantinya akan digunakan untuk makanan awal pada Bayi Anda nanti setelah melahirkan.

Sensitive akan terjadi pada Anda. Seperti, rasa nyeri yang bisa terjadi walau  dengan sentuhan yang lembut, walau dengan bra yang Anda pakai. Setelah satu minggu awal kehamilan pun, dada akan terasa sedikit gatal dan akan menjadi lebih lembut pada payudaranya juga.

Sakit di Bagian Pinggang

ciri ciri orang hamil 1 minggu setelah berhubungan
source: Consumer Health Digest

Rasa nyeri dan sakit pada bagian pinggang adalah tanda-tanda kehamilan yang akan dialami oleh wanita hamil muda. Rasa nyeri tersebut sesudah Anda melahirkan buah hatipun akan masih terasa sakitnya.

Ciri-Ciri Hamil Muda Muncul Gejala PMS

Seperti biasanya wanita muda sudah sering mengalami hal yang namanya PMS (Pra Menstruasi). Gejala tersebut bukan saat haid saja akan terjadi pada Anda. Tapi pada awal masa jehamilan gejala inipun dapat terjadi. Seperti nafsu makan yang bertambah, nyeri pada payudara, pinggang sakit dan juga kembung pada perut Anda.

Mengalami Nyeri Pada Perut atau Keluar Flek

bagaimana ciri ciri orang hamil
source: Nuralife

Pendarahan seperti itu terjadi pada masa awal kehamilan wanita muda, dan itu sangat memungkin terjadi. Ketika nanti keluar darah, darah ini akan berbeda warnanya daripada darah haid yang sering dialami, warna yang keluar akan lebih terang. Dan ini akan terlihat pada kisaran 10 sampai 14 hari setelah terjadi pembuahan.

Nyeri perut juga akan terasa, selain pendarahan yang Anda akan alami. Rasa nyerinya sama seperti haid. Ini menandakan bahwa rahim Anda mulai membesar.

Dan lendir di vagina akan semakin banyak. Dan agak sulit untuk dihilangkan karena lebih licin. Dan warnanya putih hingga kecokelatan, apalagi jika kadar progesteronnya semakin tinggi, hasil yang dikeluarkan semakin tebal lendirnya. Hal ini harus diperhatikan, dan harus diperiksa ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut apakah ciri-ciri hamil muda terjadi pada Anda atau tidak.

Akan Lebih Lelah Dan Mengantuk

ciri ciri tubuh orang hamil
popsugar middle east

Gejala ini bisa terjadi walau Anda sudah tidur sangat cukup dan juga dalam keadaan sehat. Tapi Anda akan lebih cepat mengantuk dan lelah. Dan ini tak jarang dialami oleh wanita yang telah terlihat tanda ciri-ciri hamil muda. Pada awal masa kehamilan tanda ini biasa terjadi dan wajar saja. Jadi Anda jika terlalu banyak beraktivitas sebaiknya jang terlalu banyak bekerja dan harus sering beristirahat agar calon bayi Anda bisa sehat.

Sakit Kepala Atau Pusing

Sakit kepala akan sering terjadi pada Anda, itu merupakan tanda-tanda kehamilan selanjutnya. Hal itu diakibatkan karena ada proses perubahan hormon yang menghasilkan sirkulasi darah menjadi meningkat. Seperti saat berada diatas kapal, akan ada perasaan gamang pada kepala Anda. Dan minimnya kadar gula dalam tubuh Anda bisa memicu rasa pusing pada saat hamil muda.

Baca Juga: 9+ Resep Kue Kering Sederhana Untuk Keluarga Di Rumah

Sering Mual

Yang paling umum dari tanda-tanda kehamilan adalah sering terjadi mual-mual pada dir Anda. Gejala yang satu ini tapi tidak semua wanita mengalaminya. Hal lumrah ini terjadi saat masa awal kehamilan. Sering mual akan terjadi pada masa kehamilan di minggu ke empat sampai minggu kedelapan masa kehamilan.

Tapi pada minggu kedua hamil pun, bisa saja langsung terjadi rasa mual sampai muntah-muntah, banyak juga yang juga seperti itu. Jadi hal ini bisa terjadi kapan saja pada wanita. Karena proses janin dan placenta wanita hamil itu sendiri terus bekerja akhirnya kadar ekstrogen pun meningkat drastis.

Dan apabila ada pemicu rasa mual itu tercium oleh wanita hamil. Seperti halnya parfum, rokok atau bau makanan tertentu yang tidak sedap. Wanita hamil akan sensitive dalam penciuman baunya.

Perubahan Mood Yang Tiba-Tiba

ciri ciri orang hamil 3 minggu
source: AboutIslam.net

Jangan heran bagi para suami nanti yang melihat kondisi wanita atau istri yang sedang hamil, akan tiba-tiba berubah. Pada awalnya akan terlihat ceria, lama kelamaan akan naik darah bahkan sedih. Moodnya akan turun naik, karena kesensitifan pada perasaanya yang dibawah alam sadarnya sedang dinikmati.

Menjadi Menyukai Makanan Tertentu

Ngidam, itulah istilah yang lebih dikenal oleh kebanyakan orang. Semua wanita hamil akan merasakan ciri-ciri hamil muda yang seperti itu. Bisa makanan yang aneh-aneh bahkan waktu-waktu datangnya rasa ngidam pada wanita hamil tidak akan menentu. Bisa-bisa jam 2 subuh Anda ingin merasakan enaknya nasi goreng atau buah mangga. Atau makanan-makanan lain yang sebelumnya tidak Anda sukai, akan mulai coba-coba.

Bahkan ada yang lebih aneh lagi, selain makanan, ada yang tiba-tiba sifat keinginan dalam hal tertentu seperti jadi sering berdandan dan lain-lain. Untuk berdandan sendiri, diakui memang, entah kenapa aura wanita yang sedang hamil terlihat lebih cantik.

Hipersalivasi Ciri-Ciri Hamil Muda

Hipersalivasi adalah nama lain dari seringnya meludah. Pada tiga minggu pertama saat hamil ada perubahan pada hormone estrogen. Akan tetapi seiring berjalannya waktu akan menghilang gejala yang satu ini.

Ciri-Ciri Hamil Muda Terjadi Konstipasi 

Konstipasi adalah sulitnya buang air besar. Hal itu bisa terjadi pada Anda karena dalam tubuh terjadi reaksi peningkatan jumlah hormone progesterone. Proses “penggilingan” dalam usus akan melambat dan hal inilah hasil dari progesterone ini. buang air besar menjadi salah satu ciri-ciri hamil muda.

Timbul Banyak Jerawat

tanda tanda awal kehamilan
Tib e Nabvi

Kulit pada wanita yang sedang hamil akan memiliki kulit yang sensitif. Sehingga jerawat akan lebih banyak terjadi. Kondisi wajah pada ibu hamil ini merupakan sebab dari perubahan hormon progesteron. Hormone progesteron menjadi banyak penyebab hal-hal kondisi tubuh wanita hamil berubah.

Pada pertengahan kehamilan, jerawat ini bisa saja semakin lebih parah tapi bisa juga tiba-tiba menghilang dengan sendirinya. Oleh sebab itu banyak yang tidak menyarankan, termasuk dokter sendiri untuk wanita hamil yang ingin menggunakan kosmetik. Karena tidak sedikit bahaya kosmetik yang bisa terjadi bagi ibu hamil. Dan jerawat ini bisa menjadi salah satu penyebab kemungkinan besar Anda akan mendapatkan anak perempuan.

Tidak Datang Haid

mengenali tanda awal kehamilan
source: Hindustan Times

Asumsi yang bisa terjadi pada orang kebanyakan jika mendapati wanita dewasa yang sudah berkeluarga atau menikah tidak datang haid adalah bahwa wanita tersebut mengalami ciri-ciri hamil muda. Tapi belum tentu kondisi ini menjadi hal pasti.

Kadang juga akan timbul dengan sedikit darah yang keluar pada organ kewanitaan, darahnya seperti plek. Kalaupun itu tidak sedang haid.

Kondisi kemunculan darah plek itu biasanya bisa terjadi pasca hubungan intim selama 6 hingga 12 hari setelahnya. Jadi munculnya akan lebih cepat terjadi dari jadwal kebiasaan haid Anda. Flek ini juga akan selalu tidak muncul karena pendarahannya yang sangat sedikit pada setiap kehamilan wanita dan ciri-ciri hamil muda.

Penutup ciri-ciri hamil muda

Nah, itulah tadi beberapa ciri yang merupakan tanda kehamilan wanita yang perlu Anda tahu. Atau mungkin sebagai suami yang harus siap berjaga apabila kehamilan benar-benar terjadi pada istri Anda. Sehingga Anda bisa menjadi suami yang waspada siap antar jaga.

Disisi lain untuk mengetahui ciri-ciri hamil muda adalah dengan melakukan pengecekan dengan cara medis yaitu dengan test pack, yang berguna untuk mengetahui pembuahan benar terjadi apa tidak. Selain itu bisa juga dengan USG, pada umur kehamilan di pekan 4 dan juga pekan 5 bisa Anda cek ke dokter kandungan untuk melihat perkembangannya apakah pembuahan yang terjadi telah berubah berkembang menjadi embrio?

Kehamilan adalah sesuatu hal yang benar-benar menegangkan bagi sebagian orang. Karena setelah berhubungan intim, biasanya kita bertanya-tanya dan penasaran akan ciri-ciri hamil muda.

Terutama bagi ibu muda yang baru merasakannya pertama kali. Hal itu adalah momen indah yang terjadi dalam hidupnya. Mempunyai generasi penerus.

 

Author: kamal

Jika kekuatanmu adalah Allah, tiada yang bisa mengalahkanmu!

Leave a Comment