√ Panduan Lengkap Bermain Gitar Untuk Pemula (Disertai Video & Kunci Dasar)

Hai, selamat datang di website Riuh Imaji. Apa kabar semua? Semoga kamu baik-baik saja ya. Kali ini saya bakalan memberikan sebuah panduan dan juga pengetahuan bagi kamu yang kepengen tahu cara bermain gitar.

Tentu saja banyak alasan kenapa kamu pengen bisa alat musik yang sudah populer satu ini, diantaranya:

  • Karena tugas guru atau dosen, menuntut kamu untuk bisa cara bermain gitar
  • Karena kamu mulai minat dengan yang namanya gitar / menjadikan hobi
  • Karena kepaksa, soalnya kecengan kamu senang sekali sama orang yang bisa main gitar kayak justin bieber 😀

Diantara sedikitnya ketiga alasan diatas, kamu sekarang ini pastinya lagi mencari-cari panduan yang lengkap bermain gitar secara baik. Seperti:

  • Bagaimana memegang gitar
  • Bagaimana menekan kunci dasar gitar dengan jari yang benar
  • Bagaimana menyetem gitar manual dsb

Pada panduan kali ini lumayan agak panjang dari segi penjelasannya tentang cara bermain gitar, karena memang benar-benar sangat lengkap, sehingga kamu harus secara perlahan membaca dan kalau bisa langsung di praktekan sembari melihat panduan di Riuh Imaji.

Bakat itu bisa diasah, sekarang kamu yang masih pemula dalam bermain gitar. Semoga panduan dibawah ini bisa membantu kamu menjadi seorang gitaris profesional.

Sebelum kamu menjadi seorang yang ahli atau mahir bahkan profesional adalah berawal dari seorang newbie yang tak pernah berhenti belajar.

Oleh karena itu, jika kamu ingin mahir dalam cara bermain gitar, kamu harus rajin dan jangan pernah berhenti untuk terus latihan agar kita bisa menjadi benar-benar sukses dari gitaris pemula hingga menjadi gitaris yang mahir.

Sebagai awal agar kamu semakin bersemangat bermain gitar, cobalah menonton sejenak video dibawah ini. Seorang bule yang senang dengan lagu-lagu Indonesia, dan di video di bawah sedang membawakan lagu Armada – Asal Kau Bahagia:

Cara Belajar Bermain Gitar

Berikut ini adalah cara bermain gitar yang baik dan benar, baca dan pahami secara perlahan semua alur pembelajaran cara belajar bermain gitar di bawah. Agar kamu semakin cepat dan jago dalam bermain gitar.

Belajar Kunci Dasar Gitar / Chord Gitar

Pada awalnya kenapa disebut kunci gitar atau chord gitar ialah karena suksesnya kita dalam megetahui dan menghasilkan sebuah nada yang indah dari nada-nada gitar yang ada.

Chord gitar atau kunci gitar adalah sebuah filosofi “kunci”. Yang mana ketika kita ingin sukses dalam salah satu bidang, kita harus memiliki sebuah kuncinya. Seperti halnya, agar kita ranking satu dikelas, maka “kunci”-nya adalah belajar dengan giat. begitu.

Gitar itu umumnya memiliki 6 senar, diawali senar yang paling besar lalu berurut kebawah kepada senar yang lebih kecil. Penempatannya sama saja mau gitar acoustic ataupun gitar listrik / elektrik. Nada-nada yang dihasilkan pun sama.

Dan berikut ini urutan dari senar gitar dalam menghasilkan nadanya, dimulai dari Nada E, nada A, nada D, nada G, nada B dan nada E’ untuk lebih jelasnya lihat dibawah ini dalam masing-masing nada:

  • Senar yang paling atas 1, Menghasilkan nada E
  • Senar 2 menhasilkan nada A
  • Senar 3 menghasilkan nada D
  • Senar 4 menghasilkan nada G
  • Senar 5 menghasilkan nada B
  • Senar yang paling bawah menghasilkan nada E’

Dan setelah itu, yang kamu harus tahu adalah bahwa kunci-kunci dasar dibagi menjadi kunci dasar biasa dan kunci dasar gitar minor dalam cara bermain gitar. Tapi yang lebih diutamakan adalah C Mayor, A Mayor, G Mayor, E mayor, D mayor.

Kunci Dasar A

kunci gitar pemula

 

 

 

belajar main gitar

Keterangan kunci A:

  1. Jari telunjuk, menekan senar empat pada kolom ke dua
  2. Jari tengah, menekan senar tiga pada kolom ke dua
  3. Jari manis, menekan senar dua pada kolom ke dua

Kunci Dasar A Minor

kunci gitar lengkap

Keterangan cara bermain gitar kunci A Minor:

  1. Jari telunjuk, menekan senar dua pada kolom pertama
  2. Jari tengah, menekan senar empat pada kolom ke dua
  3. Jari manis, menekan senar tiga pada kolom ke dua

Kunci Gitar B

kunci kord gitar

Keterangan cara bermain gitar kunci B:

  1. Jari telunjuk, menekan senar pertama dan senar lima pada kolom kedua
  2. Jari tengah, menekan senar empat pada kolom ke empat
  3. Jari manis, menekan senar tiga oada kolom ke empat
  4. Jari kelingking, menekan senar dua pada kolom keempat

Kunci Gitar C

chord gitar pemula

Keterangan kunci C:

  1. Jari telunjuk, menekan senar dua pada kolom pertama
  2. Jari tengah, menekan senar empat pada kolom ke dua
  3. Jari manis, menekan senar lima pada kolom ketiga

Kunci gitar D:

kunci gitar lengkap

Keterangan kunci gitar D:

  1. Jari telunjuk, menekan senar tiga pada kolom kedua
  2. Jari tengah, menekan senar satu pada kolom atau fret gitar ke dua
  3. Jari manis, menekan senar dua pada fret atau kolom ke tiga gitar

Kunci gitar Dm dibaca D minor:

belajar kunci gitar kunci belajar gitar kunci gitar belajar belajar kunci kunci gitar kunci gitar untuk belajar belajar gitar kunci kunci gitar belajar gitar kunci gitar buat belajar kunci gitar baru belajar kunci untuk belajar gitar
Keterangan cara bermain gitar kunci Dm:

  1. Jari telunjuk, menekan senar satu di kolom pertama gitar
  2. Jari tengah menekan senar tiga pada kolom ke dua gitar
  3. Jari manis menekan senar dua di kolom ke tiga gitar

Kunci Gitar E

cara belajar gitar dengan cepat

Keterangan kunci gitar E:

  1. Jari telunjuk, menekan senar tiga di kolom pertama gitar
  2. Jari tengah menekan senar lima di kolom kedua gitar
  3. Jari manis menekan empat di kolom kedua gitar

Kunci Gitar Em atau dibaca E minor

belajar gitar untuk pemula

  • Jari tengah menekan senar posisi lima di kolom ke dua gitar, dan bisa memakai jari telunjuk
  • Jari manis menekan senar posisi empat di kolom ke dua gitar, dan bisa memakai jari manis untuk menekan
  • Kesimpulan dari kunci gitar / chord gitar E minor adalah kita bisa menggunakan jari manis atau telunjuk
  • Saran, bisa memakai jari tengah dan jari manis. Jadi kalau ketika ada kombinasi gitar dari E minor ke E tingga menambah jari telunjuk pada senar tiga kolom pertama ketika mengetahui cara bermain gitar untuk kunci ini

Kunci Gitar F

kunci dasar gitar

Keterangan kunci gitar F:

  1. Jari telunjuk, tekan semua senar di kolom pertama gitar
  2. Jari tengah, menekan senar ketiga di kolom kedua gitar
  3. Jari manis menekan senar lima di kolom ke tiga gitar
  4. Jari kelingking menekan senar empat di kolom ke tiga gitar

Kunci Gitar G

  • Jari telunjuk menekan senar lima di kolom ke dua gitar
  • Jari tengah menekan senar enam di kolom ke dua gitar
  • jari manis menekan senar satu di kolom ke dua gitar

10 Kunci dasar gitar diatas adalah chord gitar untuk pemula yang sering dipakai seorang pemain gitar pemula. Dan biasanya lagu yang kita dengar itu adalah menggunakan empat kunci gitar dasar. Nah, bagi kamu yang masih belajarm kunci gitar ini adalah awalan yang bagus untuk kamu dalam belajar bermain gitar.

Kamu bisa tahu cara cepat bermain gitar, tapi syaratnya kamu sendiri harus rajin latihan.

Nah setelah itu, ketika kita sudah tahu tentang kunci dasar gitar, saatnya kamu harus bisa cara menyetem kunci gitar dengan baik.

Cara Belajar Menyetem Chord Gitar

Setelah kita tahu apa itu kunci gitar, langkah selanjutnya adalah cara menyetem kunci gitar. Kamu bisa melakukan menyetem gitar dengan beberapa cara, seperti menyetem dengan dengan memakai efek gitar (tuner) atau bisa dengan tuning standar. Dan bisa juga memakai sebuah teknik harmonisasi.

Menyetem gitar ini bisa dipakai pada alat musik lain seperti ukulele dan juga bass. Karena semua cara menyetem gitar juga bisa di gitar elektrik dan gitar akustik.

Cara Menyetem Gitar Manual

Cara bermain gitar dari menyetem manual ini sangat gampang sekali untuk di aplikasikan. Tapi, seringkali pada kenyataannya para gitaris pemula masih kebingungan. Karena memang belum terlalu peka terhadap nada, dan ini butuh jam terbang dalam bermain gitar agar kita bisa peka, seperti merasakan kepekaan terhadap seorang wanita.

berikut ini cara-cara menyetem gitar:

  1. Pada senar 6 kamu tekan di posisi fret yang ke-5, lalu sesuaikan nadanya tanpa menekan fret manapun ketika senar 5 dibunyikan.
  2. Pada senar 5 kamu tekan di posisi fret yang ke-5, lalu sesuaikan nadanya tanpa menekan fret manapun ketika senar 4 dibunyikan.
  3. Pada senar 4 kamu tekan di posisi fret yang ke-5, lalu sesuaikan nadanya tanpa menekan fret manapun ketika senar 3 dibunyikan.
  4. Pada senar 3 kamu tekan di posisi fret yang ke-4, lalu sesuaikan nadanya tanpa menekan fret manapun ketika senar 2 dibunyikan.
  5. Pada senar 2 kamu tekan di posisi fret yang ke-5, lalu sesuaikan nadanya tanpa menekan fret manapun ketika senar 1 dibunyikan.

Gampangkan? kamu harus coba cara mudah dengan cara menyetem gitar dengan manual ini. Apabila kamu teliti dengan tahapan-tahanapan diatas. Dan yang paling penting adalah faktor pendengar kamu. Kamu harus teliti dengan mendengar nada yang keluar.

Cara Menyetem Gitar Dengan Tuning Standar

Steman standar ini sudah banyak digunakan oleh para gitaris dan lagu yang kamu banyak dengar sekarang adalah dengan memakai steman standart ini, karena itulah kenapa kita harus menggunakan tuning standar.

Kamu bisa mencocokan langsung lagu-lagu yang telah kamu dengar ketika mencoba cara bermain gitar. Agar bisa menyetem senar gitar tanpa memakai alat bantu seperti tuner. Dan itulah cara yang paling mudah dalam menyetem supaya tuning kita menjadi standar.

Kamu bisa mempraktekan dengan mencari lagu dan mendengarnya terlebih dahulu pada awalan intro lagu atau awalan yang dimuali dengan chord gitar E. Kunci gitar E bisa membantu dalam hal menyetem gitar tanpa nada open string atau tanpa dipetik.

Untuk kamu yang suka lagu jadul tahun 2000-an, seperti Peterpen. Ada beberapa lagu dari band tersebut yang dimulai dari chord gitar E. Seperti Bintang disurga, tak bisakah dan mimpi yang sempurna.

Kamu coba putar dari salah satu lagu band peterpan, dan dengarkan chord gitar yang pertama. Setelah mendengarnya, coba samakan dengan nada senar 6 di gitar. Bila hasilnya sama, maka tahap berikutnya adalah memakai trik yang sudah diterangkan pada cara menyetem manual di atas.

Baca Juga: 40+ Gambar & Jenis Alat Musik Tradisional Serta Daerah Asal √

Menyetem Gitar Dengan Instrument lain

Cara otodidak ini sebenarnya untuk kamu yang sudah mulai paham dengan kunci gitar. Jika kamu mulai paham dengan kunci gitar, kamu tak akan merasa terlalu susah dengan menyetem gitar dengan instrument lain.

Untuk kamu yang sering latihan didalam studio, bersama teman se-band mu. Biasanya mencocokan dengan instrument lain adalah sering terjadi. Karena ada nada gitar, yang ada saja ketika di “genjreng” suara yang dihasilkan berbeda nadanya.

Lalu bagaimana agar bisa sama?

Kamu bisa mempraktekanya dengan mencocokan dengan alat musik lain. Nanti suara dari alat musik yang keluar bisa diselaraskan. Selain gitar, alat musik bass juga sama caranya dengan cara ini.

Itulah cara menyetem kunci gitar, kamu bisa mulai berlatih dengan mengikuti tahapan-tahapan yang kami sudah terangkan diatas.

Selanjutnya, bagi kamu yang mulai paham dengan kunci dasar gitar dan bagaimana cara menyetem gitar. Dibawah ini ada beberapa langkah yang kalau bisa, kamu harus ikuti agar lebih cepat lagi dalam belajar cara bermain gitar.

Tips Belajar Gitar Untuk Pemula

Menjadi pemain gitar profesional itu butuh proses, tak ada cara singkat sebenarnya jika kamu ingin mempelajari gitar untuk ketenaran dan kebanggaan.

Orang-orang sekarang yang sudah lihai dalam bermain gitar, bukan bulanan mereka lalui bersama gitar mereka. Akan tetapi, sampai puluhan tahun. Mereka selalu bersama alat musik gitar ini.

Intinya jika ingin bisa, kamu harus konsisten. Jangan putus asa!

Dan bermain musik itu butuh rasa agar yang kamu mainkan bisa mempengaruhi orang yang mendengar, banyak pengalaman dari pemusik yang melakukannya.

  • Pelajari Instruksi dari Buku atau Internet

Hari ini, teknologi sudah sangat cepat sekali perubahannya dari waktu ke waktu. Ada saja hal baru yang selalu upgrade. begitupun juga akses data dan informasi, hanya butuh waktu dalam hitungan detik saja. Informasi sudah kita bisa terima.

Dan dalam hal ini, ketika mempelajari bagaimana cara bermain gitar dengan cepat maka interet adalah salah satu jalan kamu bisa mendapatkan banyak akses pembelajaran dalam mempelajari sesuatu hal. Contohnya cara bermain gitar. Yang sekarang kamu sedang berusaha mempelajarinya.

Dan cobalah juga membeli buku-buku tentang gitar bisa itu majalah atau tips cara bermain gitar yang lainnya. Agar wawasan kamu benar-benar bertambah, dan mengasah feeling kamu kepada alat musik gitar apalagi gitar yamaha.

  • Belajar Dari Musisi Yang Mempunyai Jam Terbang Tinggi

Setelah kamu bisa dan memahami dengan benar cara bermain gitar tentang dasar chord gitarnya, carilah musisi yang mau merangkul kamu dan kalau bisa menjadikanmu muridnya.

Walau umur kamu berbeda, jangan pernah merasa tidak percaya diri atau merasa tidak dihormati jika umur nya lebih muda dari kamu. Jangan seperti itu. Tapi kamu harus melepaskan rasa-rasa negatif yang membuat kamu tidak semakin maju. Sehingga kamu bisa bergaul dengan siapa saja.

Dan seringkali para musisi senang terhadap orang yang memuali pembicaraan terlebih dahulu dan juga sopan. Karena kebanyakan dari musisi mereka pendiam.

  • Coba Pelajari Bagian Pada Gitar Lebih Detail

Kamu harus bisa menelaah lebih jauh alat musik yang kamu pelajari, begitupun dengan bagian pada gitar. Dan lebih bagus lagi jika kamu mengetahui bahan-bahan dan juga jenis gitar yang bagus dan jelek.

Sehingga kamu bisa membedakan kualitas dari setiap gitar, dari segi bahan dan jenis. Sehingga jam terbang kamu akan semakin bertambah dengan pengetahuan semacam ini. Yang pastinya tidak akan didapat hanya dengan membaca saja ketika mempelakajari cara bermain gitar.

  • Sering Melakukan Latihan

Latihan rutin adalah kunci utama kamu, jika ingin menjadi seorang gitaris profesional. Karena jika kamu sekarang ini hanya membaca teori-teori yang ada kamu belum tentu mahir main gitar dengan cepat.

Tapi latihan rutinlah yang bisa membuat kamu semakin jago dalam bermain gitar. Kalau bisa ada schedule yang kamu harus buat. Agar latihan kamu semakin terjadwal dengan baik ketika mulai belajar cara bermain gitar.

Dan jika ada temanmu yang mahir, coba kamu untuk meminta dia memperhatikan kamu bermain. Agar ketika kamu bermain salah. Ada orang yang membetulkan.

  • Melatih Otot Tangan 

Ketika chord dasar gitar sudah bisa kamu sesuaikan dengan jarimu. Maka kamu harus bermain tanpa melihat senar di gitar. Dengan sering latihan, kamu akan berhasil melakukan bermain tanpa terus-terusan melihat kord gitar. Sehingga nantinya kamu akan terbiasa dengan posisi fret dan senarnya ketika mulai praktek cara bermain gitar.

  • Bangun Kekuatan Fret Tangan

Cobalah kurang lebih 5 menit lamanya, dengan meremas sebuah objek bisa juga sebuah bola yang sebesar kepalan tangan kamu.

Hal ini dilakukan, agar ketika memainkan gitar tanganmu tidak merasa kaku.

  • Cobalah untuk Memulai Memainkan Lagu

Kamu harus mencoba memulai satu buah lagu yang mudah dari segi kord gitarnya ketika mempelajari cara bermain gitar. Kamu harus bisa kuasai satu lagu dulu sampai benar-benar kamu tidak melihat senar-senar gitar lagi.

Dan kamu jangan pernah mencoba chord-chord lagu yang lain. Dan apabila kamu sudah jago, kamu boleh pindah lagu.

Nah itulah penjelasan mengentai cara bermain gitar bagi pemula. Semoga kamu setelah membaca semua tips dan video yang ada di website ini, kamu mulai konsisten belajar. Sehingga mudah-mudahan kamu menjadi seorang pemain gitar profesional.

Atau walaupun tidak profesional, kamu bisa menjadi seorang pemain gitar yang handal bagi pacarmu mungkin 😀

  • Kunci Gitar
  • Chord Gitar
  • Chord Lagu
  • Cara Bermain Gitar
  • Cara Belajar Gitar
  • Gambar Kunci Gitar

 

 

 

Leave a Comment