Cara Belajar Bahasa Arab Paling Mudah (Pemula Wajib Masuk!)

Selain bahasa inggris yang merupakan bahasa internasional, salah satu bahasa yang sebenarnya wajib kita kuasai diantaranya adalah bahasa Arab. Untuk anda yang terlahir sebagai seorang muslim atau umat islam,  mengenal bahasa Arab menjadi hal yang sangat penting. Karena bahasa ini akan senantiasa anda temui dan digunakan setiap hari. Mulai dari doa-doa ketika shalat dan beribadah harian lainnya. Kitab suci umat muslim pun berbahasa Arab.

Seberapa Penting Menguasai Bahasa Arab?

Selain untuk memahami isi didalam kitab suci,  bahasa arab juga tidak kalah berguna untuk hal-hal lain. Misalnya jika anda seorang pelaku bisnis dengan daerah jangkauan hingga ke Timur Tengah,  menguasai bahasa Arab adalah suatu keharusan bukan?

Selain itu, untuk tujuan lain seperti ingin pergi ke tanah suci,  bersekolah, menjadi tenaga kerja dengan tujuan negara Timur Tengah. Menguasai bahasa Arab wajib bagi anda yang ingin memperdalam ilmu agama. Misalkan saja untuk menjadi ahli ilmu tafsir,  memahami hadist, ilmu fikih dan mengkaji serta mendalami ayat-ayat dalam kitab suci Alquran.

Cara Belajar Bahasa Arab Bagi Pemula

Mempelajari bahasa asing khususnya bahasa arab tentu membutuhkan proses. Mulai dari pemula hingga nantinya anda bisa menguasainya. Khusus bagi anda yang berniat belajar bahasa arab, tentu wajib mengetahui step by step bagaimana belajar yang efektif. Hal ini dimaksudkan agar anda bisa menguasai bahasa arab secara tepat dan cepat. Berikut cara belajar bahasa arab bagi pemula yang bisa anda coba :

  • Belajar memahami kalimah berbahasa Arab.
  • Belajar memahami pembagian isim dalam bahasa Arab.
  • Belajar memahami jumlah mufidah ( kalimat yang sempurna) dalam bahasa Arab.
  • Memahami Mah’ful Bih  dalam bahasa Arab
  • Memahami Na’at dan Man’ut dalam bahasa Arab.

Cara Belajar Bahasa Arab Otodidak

Jika ingin belajar berbahasa Arab dengan cepat dan mudah, ada beberapa hal yang perlu anda tempuh. Dijaman serba canggih ini, belajar tidak selalu melalui lembaga kursus. Belajar juga bisa dilakukan secara otodidak melalui perantara internet, aplikasi khusus android, buku dan lain sebagainya. Jadi berikut ini cara yang bisa anda lakukan jika ingin belajar bahasa arab secara otodidak :

  1. Cari materi pelajaran bahasa arab pemula di internet
  2. Belajar melalui video akan memudahkan anda mengetahui pengucapan dan memudahkan anda praktek bicara dalam bahasa arab
  3. Cari komunitas yang juga mempunyai minat memperlajari bahasa arab

5 Cara Belajar Bahasa Arab Gratis

Nah,  jika anda seorang pemula dan ingin berbahasa Arab dengan mudah dan cepat, tentu ini bukan hal yang mustahil. Asalkan anda mengetahui strateginya, maka belajar bahasa arab pun tetap bisa anda lakukan secara gratis. Pastinya tidak ada yang tidak mungkin jika anda bersunguh-sungguh untuk memdalami dan memperlajarinya bukan? Berikut ini cara belajar bahasa arab gratis tanpa biaya yang bisa anda coba:

 

  • Cari dan Pelajari Kosakata Bahasa Arab Dasar

 

Sama seperti halnya belajar bahasa Inggris, hal yang paling umum untuk dipelajari adalah kata-kata dasar. Dalam bahasa Arab kata yang umum dan sering digunakan seperti mengenal arti benda-benda yang ada disekitar anda. Selain itu, menambah kosa kata yang banyak di terapkan dalam percakapan sehari-hari juga membantu anda menguasai bahasa arab. Untuk memepermudah menemukan kosa kata baru, tentunya anda harus mempunyai kamus bahasa Arab.

 

  • Menambah Hafalan Kosa Kata Secara Rutin

 

Jika anda sudah menguasai beberapa kosa kata dalam bahasa Arab, maka targetkan untuk menambah kosa kata baru dalam setiap harinya. Misalnya anda menargetkan untuk menghafal 3 kata setiap hari,  maka anda harus konsisten dan teratur untuk menerapkan target tersebut.

Dari kosa kata yang telah anda hafal tersebut dapat anda buat menjadi sebuah kalimat yang berbunyi. Misalnya,  anda telah menghafal kata ‘masuk’, maka buatlah kalimat sederhana dengan kata dasar ‘masuk’. Misalkan kalimat : “Ana yadkhulu ilal maktabah” atau “Saya masuk ke perpustakaan”.

 

  • Menghafal Percakapan Sehari-hari

 

Tips mudah belajar Bahasa Arab yang selanjutnya adalah dengan memperbanyak menghafal kalimat-kalimat umum. Percakapan sederhana seperti percakapan untuk berkenalan, percakapan dalam kendaraan umum, percakapan untuk bertanya kabar dan lain sebagainya yang kerap di terapkan dalam perbincangan sehari-hari.

 

  • Belajar Menterjemahkan Bahasa Arab

 

Jika anda berjumpa dengan kalimat berbahasa Arab, cobalah untuk menerjemahkan kalimat-kalimat tersebut ke dalam bahasa Indonesia dan sebaliknya. Menerjemahkan bahasa Indonesia ke dalam bahasa Arab dapat membuat anda dengan mudah dapat menghafal dan mempelajari bahasa ini.

Selain menerjemahkan, anda juga dapat melatih kemampuan mendengarkan anda dengan menonton banyak film berbahasa Arab. Cara lain yakni menyimak murotal yang berisi bacaan ayat suci Alquran. Karena selain dilatih dengan menulis, latihan mendengarkan dan berbicara juga tak kalah penting dalam memperdalam kemampuan berbahasa anda.

 

  • Banyak Membaca Buku Berbahasa Arab

 

Untuk meningkatkan kemampuan anda dalam belajar tentu saja harus diimbangi dengan latihan yang konsisten dan terus menerus.  Untuk melatih skill berbahasa, anda harus memperbanyak bacaan buku-buku berbahasa Arab. Agar lebih mudah dipahami, anda dapat memilih buku bahasa arab yang  didesain khusus untuk orang non Arab. Mengapa? Tentu saja karena buku-buku ini lebih mudah dipahami dan dipelajari dibanding buku bahasa Arab biasa.

Cara Belajar Bahasa Arab Dasar

Semua orang yang mahir tentu pernah melewati fase sebagai pemula bukan? begitupun dengan anda saat ini. Meskipun masih tergolong pemula, jika kemampuan terus ditingkatkan maka anda juga bisa mencapai tingkatan mahir berbahasa Arab. Anda dapat memulai belajar bahasa arab dasar dengan cara sebagai berikut :

 

  • Mulailah Menguasai Huruf Dasar Bahasa Arab

 

Salah satu langkah awal jika anda ingin menguasai bahasa arab adalah dengan mengenal huruf dasarnya terlebih dahulu. Anda harus berlatih membaca huruf Hijaiyah dan mengucapkan huruf-huruf tersebut dengan pengucapan yang tepat dan benar.

Bagi umat muslim yang sudah lancar membaca Alquran,  tentu hal ini tidak menjadi masalah besar. Namun anda juga perlu memperbaiki lagi pengucapan huruf dengan tepat dan benar.  Salah satu caranya adalah dengan mengkaji kembali dan mempelajari ulang pembacaan dan pengucapan huruf hijaiyah.

Untuk tujuan ini,  anda pun dapat menunjangnya dengan banyak menonton vidio diinternet atau lebih mudahnya,  anda dapat mencari seorang guru atau orang yang ahli untuk mengkoreksi bacaan anda.

 

  • Membuat Karangan Dalam Bahasa Arab

 

Sering-seringlah mengasah kemampuan dan kekayaan kosa kata anda agar semakin lancar.  Salah satunya adalah dengan membuat sebuah tulisan yang cukup panjang dengan bahasa yang sedang anda pelajari. Sederhana saja,  contohnya adalah karangan tentang cerita kehidupan anda sehari-hari. Tulislah dengan menggunakan bahasa Arab meski masih sesekali bercampur dengan bahasa Indonesia. Dengan banyak membuat karangan atau tulisan panjang,  sedikit demi sedikit kemampuan anda akan semakin terasah.

3 Cara Memulai Kebiasaan Belajar Bahasa Arab Sehari-hari

Biasanya ketika sudah paham bagaimana cara belajar bahasa arab, hal yang berikutnya ditanyakan adalah bagaimana cara memulainya. Nah, kali ini anda wajib mengetahui tips memulai kebiasaan berbahasa Arab sehari – hari :

 

  • Mencari Teman / Partner Belajar Satu Passion

 

Agar semakin semangat belajar,  maka anda juga memerlukan seorang teman yang juga memiliki minat yang sama.  Selain untuk sering diajak berdiskusi dan latihan, teman juga akan membuat anda semakin semangat dan terpacu. Anda dapat masuk pada komunitas-komunitas yang berfokus untuk latihan bahasa Arab baik di sosial media atau komunitas yang mungkin ada disekitar anda.

 

  • Mencari Guru atau Mentor Belajar

 

Selain belajar otodidak sendiri lewat buku ataupun video dan internet, tak ada salahnya anda mencari guru atau tutor yang bisa mendampingi. Dengan adanya pendamping belajar, tentu saja anda akan diarahkan cara atau metode belajar yang efektif. Belajar dengan yang ahli dapat membuat proses belajar bahasa Arab ini menjadi lebih mudah. Anda juga dapat mengetahui letak kesalahan anda dengan bantuan mentor yang berkompeten di bidangnya.

 

  • Selalu Asah Kemampuan Anda

 

Tips yang terakhir adalah,  jangan pantang menyerah dan jangan cepat puas dengan kemampuan yang telah anda pelajari saat ini. Meskipun anda cukup mahir dan paham dalam berbahasa Arab.  Jangan ragu untuk terus belajar dan mengkaji lebih dalam tentang bahasa ini. Mencari kosa kata kosa kata baru untuk menambah wawasan juga tetap diperlukan.

Nah,  itulah tadi beberapa tips mudah mempalajari bahasa Arab untuk pemula. Pastikan untuk menerapkan tips-tips di atas dalam kebiasaan sehari-hari anda,  maka secara perlahan tapi pasti, anda akan mahir dan faseh mempelajari bahasa ini.

 

Author: kamal

Jika kekuatanmu adalah Allah, tiada yang bisa mengalahkanmu!

Leave a Comment