40+ Gambar & Jenis Alat Musik Tradisional Serta Daerah Asal √

Alat Musik Tradisional – Jumlah populasi manusia terbesar ke-4 yang ada di dunia adalah negara Indonesia. Dengan jumlah penduduk sekitar 255 Juta orang dan memiliki pulau yang mencakup lebih dari 17.000 yang telah dihuni. Begitu besar bukan?

Sehingga dinegara kita ini banyak ditemukan keanekaragaman agama, etnis, budaya dan juga bahasa, karena saking luasnya negara kita, Indonesia Budaya Indonesia sangat bermacam-macam, dipulau Bali misalnya kita bisa menemukan ritual Hindu yang dipraktekan sehari-hari. Dan juga bagaimana Hukum Sayriat Islam diberlakukan di Aceh.

Sehingga semboyan nasional Bhinke Tunggal Ika (Kesatuan dalam Keberagaman) ini dimunculkan, yang mengacu pada semua budaya dan perbedaan yang ada di negara ini. Motto itu juga memperlihatkan jika, walau masyarakat ini multi etnis tapi ada rasa persatuan di hati dan pikiran masyarakat Indonesia.

Begitu juga dengan Alat Musik Tradisional yang ada di Indonesia, disetiap daerah tentu berbeda-beda bentuk dan suara dihasilkannya. Karena itu mengacu kepada kebiasaan dan wilayah mereka berada. Dan kebanyakan di Indonesia ini kaya akan pohon dan tumbuhan lainnya. Sehingga banyak alat musik Tradisional yang memiliki unsur kayu nya.

Riuh Imaji bakalan menampilkan beberapa informasi mengenai gambar dan jenis alat musik tradisional. Yang mungkin sangat diperlukan bagi kamu yang sedang mencari tugas atau sebagai bahan pengetahuan kamu.

Sehingga kamu diharapkan dapat meningkatkan pemahaman yang ada di negara Indonesia tercinta ini, yang budayanya begitu kompleks dan bermacam-macam.

Untuk itu langsung saja ke Informasi jenis dan gambar alat musik tradisional serta asal daerahnya.

Karinding

alat musik tradisional karinding
source: Handmade Indonesia

Alat Musik Karinding – Salah satu musik tiup tradisional yang berasal dari daerah Jawa Barat adalah Karinding. Untuk cara memainkan alat musik yang satu ini adalah dengan menyimpan karinding di kedua bibir atas bawah, kemudian keluarkan sedikit udara dari mulut dan tepuk bagian kanan dari karindingnya agar suara yang dihasilkan keluar.

Alat musik karinding pada umumnya dimainkan perorangan, dan memang ini sebelumnya sering dimainkan anak kecil jaman dulu. Dan sekarang dimainkan secara kelompok (grup) lebih dari 1 orang.

Jika berkelompok, salah seorang ada yang bertugas sebagai yang mengatur nada dan juga ritme. Ada 4 jenis Karinding, yaitu rereogan, tongeret, iring-iringan dan gogondangan.

Alat musik ini jaman dulu dimainkan anak kecil di sawah sebagai pengusir hama. getaran batang tipis yang ditengah akan mengeluarkan suara rendah (low decible).

Karinding menghasilkan suara yang unik, seperti wereng, belalang, jangkrik dll. Dikota bandungpun ada banyak grup karinding yang bermunculan pada awal tahun 2010-2011.

Dan yang paling terkenal dari kalangan anak muda grup karinding ini adalah Karinding Attack. Karinding Attack dipimpin oleh Man Jasad. Karinding Attack sendiri sering berkolaborasi dengan grup band metal lainnya untuk tampil.

Calung

 

alat musik tradisional calung

Kamu tahu alat musik angklung? Jenis alat musik angklung itu berbeda dengan calung. Hasil yang dihasilkan dari kedua suara alat musik ini pun sedikit berbebeda. Karena calung itu dimainkan dengan cara dipukul menggunakan batang bambu kecil sedangkan angklung itu digoyang.

Dari segi bentuk mirip-mirip sedikit sepertinya. Alat musik calung ini berasal dari suku Sunda daerah Jawa Barat.

Kacapi

alat musik tradisional kecapi
source: wikipedia.org

Alat Musik kacapi ini berasal dari tanah pajajaran juga yaitu Jawa Barat. Alat musik petik satu ini sangat merdu ketika dimainkan, apalagi kalau digabung dengan suling. Kamu seperti berada di dimensi lain.

Atau kamu seperti berada dipematang sawah. alat musik ini menggambarkan ketenangan hati. Seperti halnya karakter orang sunda yang senang dengan ketenangan.

Suling

alat musik tradisional suling
source: mfa.org

Alat Musik Suling – Suling merupakan alat musik tiup yang dibuat dari bambu. Suling biasanya di gabungkan dengan kacapi atau alat musik gamelan lainnya. Suling berasal dari daerah Jawa Barat, Jadi ini lebih dikenal dengan sebutan suling Sunda.

Ada banyak jenis dari suling sunda, mulai dari jenis suling lubang empat, lima, enam dan ada juga yang gaya baru dengan jenis berlubang tujuh dan delapan.

Tapi jenis suling suda hanya 3 jenis sajaL Suling lubang empat, lubang lima dan lubang enam. Suling seringkali dimainkan pada acara pernikahan adat sunda, dikolaborasikan dengan kacapi.

Demung

alat musik demung
source: theamazingofindonesia.blogspot.com

Alat Musik Demung termasuk kepada instrumen gamelan keluarga balungan.

Nada yang dikeluarkan dari demung bernada oktaf rendah, yang bisa merupakan satu set dengan balungan, dengan ukurannya yang agak lebih besar. Pada 2 demung ada dua versi, yaitu sendro dan pelog.

Demung dari bentuk, ukurannya yang lebih lebar tapi agak tipis daripada wilahan saron. Sehingga nadanya lebih rendah dari yang keluar dari alat musik ini. Alat untuk memukul demung terbuat dari bambu hingga dibentuk menyerupai palu. Demung bebannya lebih berat dan ukurannya lebih besar daripada saron.

Untuk memainkannya ada berbagai versi, yaitu dengan menabuh demung secara bergantian antara demung 2 dan juga demung 1 atau sesuai dengan nada imbal.

Ada komando yang mengatur dari cara kerja alat musik satu ini sehingga nada yang dihasilkan itu bisa tergantung pelan dan keras orang yang menabuh, tergantung komandonya nanti seperti apa.

Cara memainkan alat musiknya dengan tangan kiri memegang wilahan agar bisa menjaga ritme dengungan yang dihasilkan dari suara wilahan yang dipegang tangan kanan.

Puik-puik Sulawesi Selatas

alat musik tradisional puwi puwi
source: alatmusikindonesia.com

Alat Musik Tiup ini semacam terompet. Mirip-mirip dengan alat musik dari jawa timur yang bernama sronen, lalu dari jawa barat dengan nama terompet,  serinai dari minang dan terakhir selompret dari betawi.

Puwi-puwi atau puik-puik ini jarang sekali dimainkan sehingga hampir punah.

Memainkan alat musik ini dengan cara ditiup. Penghasil nada ada di bagian pangkal pipa dan ditiupnya menggunakan besi yang mengerucut.

Lempengan logam digunakan untuk bagian pangkal pada puik-puik. Nah, potongan daun lontar yang mengapit ini didalam puik-puik lah sumber nada berasal. Karena daun lontar yang menempel ditengah.

Butuh keterampilan apabila ingin jago dalam memainkan puik-puik ini, karena ada bahan daun lontarnya. Karena jika kita meniupnya secara sembarangan tidak akan berbunyi atau nada suaranya sangat aneh sekali,

Keso

alat musik keso
source: Raparapa

Alat Musik Keso – Alat musik ini mirip dengan rebab. Tapi keso ada dua dawai yang digunakan. Untuk memainkannya cukup dengan menggesek nya maju mundur. Alat musik keso berasal dari daerah Sulawesi Utara.

Panting Alat Musik

panting alat musik
source: Explore Indonesia – Universitas Gunadarma

Panting Alat Musik – Untuk menggunakannya, cukup dengan memetik pada bagian senarnya atau biasa disebut dengan memanting. Memiliki jenis suara yang dihasilkan yaitu kordofon.

Alat musik panting ini berasal dari daerah Kalimatan Selatan dan sudah ada sejak abad ke-18. Dan tetap masih sederhana dalam bentuknya, pada perkembangannya bersamaan dengan sendratari Japin.

Seperti gitar bentuknya, tapi lebih kecil lagi ukurannya. Untuk jenis kayu yang dibuat biasanya dai kayu pulantan, batang nangka atau kayu rawali. Bagian-bagiannya ada senar, dan pada bagian utama alat musik ini menggunakan rongga yang ditutup kulit.

Seiring dengan berkembangnya jaman, panting alat musik lalu berkolaborasi dengan jenis alat-alat musik lainnya seperti suling bambu, agung, rebab atau babun.

Santu

alat musik santu
source: indonesiaheritage

Alat Musik Santu – Dimainkan dengan cara dipetik. Dan dibuat dari bambu yang dibagi menjadi empat bagian pada badan bambu dan untuk tengah bada dibuat sebuah lubang untuk resonatornya.

Termasuk kedalam kelompok idio-kodofon dalam jenis sinar tabungnya. Santu berasal dari sulawesi tengah.

Lalove

lalobe alat musik
source: indonesiaheritage.org

Alat Musik Tradisional Lalove – Merupakan instrumen langka yang menjadi khas daerah Sulawesi Tengah. Dan sudah terkenal di mancanegara.

Alat musik yang terbuat dari bahan bambu ini mirip dengan seruling.

Apabila mendengarkan suara lalove ini biasanya ada yang kerasukan oleh jin. Jadinya tidak sembarang orang dan hanya beberapa ahli saja yang bisa memainkannya.

Biasanya alat musik tradisional lalove dimainkan untuk tarian tradisional Balia yang merupakan tarian proses penyembuhan yang ada pada suku Kaili di Sulawesi Tengah.

Popondi Atau Talindo

Talindo berasal dari
source: berbagi

Selanjutnya ada alat musik tradisional dari daerah Makasar, yaitu bernama Popondi atau Talindo. Dengan bentuk busur layaknya tanduk sapi ini mempunyai pijakan pada batok / tempurung kelapa. Dan pada ujungnya ada 1 buah senar.

Alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik ini sering dimainkan pada saat mengisi waktu lengang para anak muda dan sesudah petani melakukan pesta panen. Dimainkan secara tunggak. Tolindo berasal dari daerah Bugis dan sebutannya dari daerah sana juga. Dan untuk kata popondi sebutan wilayah Makasar.

Terbuat dari berbagai macam bahan diantaranya senar, tempurung kelapa dan juga ada kayu nya. Tempurung bekas kelas digunakan sebagai fungsi restonator.  Alat musik jenis gitar ini mempunyai dawai satu.

Geso-Geso

alat musik geso geso
source: raparapa

Alat musik tradisional geso-geso terbuat dari tempurung kelapa yang ada dawainya dan juga ada bahan kayunya juga. Agar keluar yang khas dan merdu, harus orang yang ahli dalam memainkannya. Karena alat khusus dari tali dan bilah bambu ini cukup sulit untuk dimainkan.

Suku To Wana di Sulawesi Tengah alat musik yang khas dari daerah sana. Seperti alat musik lainnya, contohnya tutuba. Yang sama juga dimainkan dengan cara digesek.

Tutuba

alat musik sulawesi tengah

Suku To Wana adalah yang memiliki alat musik khas ini. Terbuat dari bambu yang berdawai ini jenis alat musik yang berasal dari Sulawesi Tengah juga.

Ganda

ganda sulawesi tengah

Alat Musik Tradisional Ganda – Dimainkan dengan sangat mudah, cukup dengan memukul-mukul kulit pada ujung kayu. Sudah mengeluarkan bunyi yang hampir sama dengan semua gendang-gendang yang ada di daerah lainnya.

Alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul ini memang seperti gendang, tapi jenis alat ini memiliki ukuran yang lebih ramping dan lebih kecil jika dibanding dengan Gendang Jawa.

Selain Ganda, penyebutan alat musik tradisional ini yaitu “Kanda”. Berasal dari Sulawesi juga. Dan hampir semua kalangan dapat memainkan alat musik pukul tradisional ini.

Kuriding

kuriding alat musik tradisional kalimantan

Alat Musik Tradisional Kuriding – Ujungnya memang dibentuk dengan runcing agar mengeluarkan suara ketika dipukul. Pelepah tua pada pohon Joko menjadi dasar pembuatan alat musik kuriding, dan pohon joko sendiri bisa ditemukan di daerah suku dayak Kalimantan tengah berada, yaitu di hutan belantara.

Katambung

katambung kalimantan tengah

Alat Musik Tradisional Katambung terbuat dari kulit ikan buntal yang di jadikan balutan yang telah dikeringkan dan dari kayu ulin. Dengan panjang 75 cm, jenis perkusi gendang ini Alat musik yang berasal dari daerah Kalimantan Tengah.

Japen

alat musik japen

Alat Musik Tradisional Japen – Cara menggunakannya harus dipetik, dan ketika dimainkan, alat musiknya menghasilkan bunyi berjenis Kordofon. Karena bentuknya sangat unik, maka nama Japen diberikan. Asli berasal dari Kalimantan Tengah.

Cengceng Bali

Alat Musik Ceng Ceng
source: Kamera Budaya

Untuk mengeluarkan suara yang dihasilkan Alat Musik Cengceng, peganglah cengceng pada kedua tangan kanan dan kiri lalu dibenturkan atau diadukan. Ideofon adalah bunyi khas yang dihasilkan dari Cengceng Bali ini. Alat musik unik ini berasal dari daerah Bali.

Bonang Barung

bonang barung musik tradisional
source: National Music Museum

Alat Musik Tradisional Bonang Barung – Alat musik ini harus disatukan dengan kumpulan gamelan jawa, karena alat musik ini bagian dari kumpulannya. Ada 2 jenis bagian pada alat musik ini yaitu Bonang Penerus dan Bonang Barung.

Jenis musik yang merupakan slah satu instrumen-instrumen ketika pembukaan di asambel.

Sebagai pembuka gendhing dimainkanlah jenis gendhing bonang ini dan mengiringi alur dari lagu gendhing.

Gendang Panjang

gendang panjang alat musik tradisional riau
source: Raparapa

Alat Musik Tradisional Gendang Panjang – Berasal dari daerah kepulauan riau. Apabila ingin menggunakannya, cukup dengan menepukkan area gendang yang lunaknya dengan tangan kita.

Jenis bunyi yang dikeluarkan yaitu berupa Membranofon, pokoknya sangatlah unik Gendang Panjang Ini.

FU

Alat Musik 'Fu' Maluku Utara
source: DCDC

Alat Musik FU – Ketika kamu ingin memainkan alat jenis musik tradisional ini. Awalnya harus punya sense dalam mengatur suara, karena ada dua pengendalian pada saat menggunakannya yaitu meniup dan mengendalikan hasil tiupan tadi dengan telapak tangan.

Alat Musik Jenis FU sangat banyak ditemukan di Maluku Utara. Suara yang dihasilkan dari Fu berjenis Aerofon.

Lado-lado

ladolado alat musik tradisional sulawesi tenggara sultra
source: alat musik

Alat musik tradisional ladolado – Dimainkan dengan cara dipukul dengan dua kayu. Bunyi yang dihasilkan itu berjenis Ideapon dan lado-lado sering digunakan oleh masyarakat dari daerah Sulawesi.

Tuma

alat musik tradisional tuma
source: hisyam-rahmadian.blogspot.com

Alat Musik Tradisional Tuma – Apabila akan memainkan nya telapak tangan kita menempuknya. Nanti akan keluar suara dengan jenis Membranofon dari alat musik tuma ini. Masyarakat Kalimantan Barat sering memainkannya dan memang, ini alat dari daerah sana. Tapi sekarang, alat musik ini hampir punah, jarang sekali yang memainkannya.

Tehyan

tehyan betawi alat musik digesek

Alat Musik ini sama persis dengan biola. Ada bagian dawai atau senar, dan juga digesek-gesekkan ketika akan memainkannya. Tehyan berasal dari daerah Ibu Kota Jakarta.

Gambus Jambi

alat musik gambus jambi musik tradisional

Alat Musik Gambus Jambi – Cara memainkannya dengan dipetik, harus ada keahlian khusus juga agar jago dalam bermain musiknya. Jenis bunyinya adalah Kordofon.

Gambus ini mirip mirip alat musik gambus dari tanah arab tapi bentuk dan namanya berbeda.

Bende

alat musik tradisional bende lampung

Alat Musik Tradisional Bende – Ketika akan memainkan, harus ada pemukul khusus yaitu sebuah kayu dengan ujung bantalan agak empuk. seperti pemukul Gong. Jenis bunyinya adalah Ideofon. Berasal dari daerah lampung.

Doli

alat musik tradisional doli sumatera utara

Ada alat pemukul khusus, untuk menggunakannya sehingga nanti akan ada jenis suara yang keluar yaitu membranofon. Doli adalah alat musik tradisional dari daerah bengkulu. Tapi sekarang sudah sangat jarang orang yang mengenalnya.

Aramba

alat musik tradisional aramba

Alat Musik Aramba ini jika ingin memainkannya yaitu dengan pemukul khusus dari kayu biasa tanpa ada bantalan pada ujungnya. Jenis bunyinya ideofon. Berasal dari derah Sumatera Utara.

Serune Kalee

alat musik tradisional serune
source: rebanas.com

Untuk memainkan alat musik serune kalee dengan cara ditiup dan nada-nada yang akan dihasilkan nanti diatur dengan jari-jari kita, sama seperti suling saja.

Alat musik dari aceh ini memiliki jenis bunyi Aerofon.

Serunai

serunai sumbawa musik tradisional

Alat musik daerah Nusa Tenggara barat (NTB) ini sangat unik, bernama serunai. Nada yang dihasilkan berjensi Aerofon. Dengan cara ditiup jika ingin memainkannya dan pengaturan nada-nada ada dijari kita.

Gendang Melayu

alat musik gendang melayu bebano gendang
source: alam pedia

Yang namanya gendang, tentu dipukul dong cara memainkannya, begitu juga dengan gendang melayu ini dipukul dengan ujung telapak tangan. Gendang melayu menjadi ciri khas alat musik dari daerah kepulauan Bangka Belitung.

Kolintang

alat musik kolintang minahasa
source: kata.co.id

Kolintang Berasal dari Daerah Minahasa Sulawesi Utara. Kenapa disebut kolintang, karena suaranya lah, “Tong ting tang” tang (suara umum), ting (suara tinggi) dan tong (suara rendah).

Nah, dalam bahasa daerahnya, kata tong ting tang adalah bermakna ajakan. yaitu “Mangemo Kumolintang”. Agar mudah dihafal, jadilah kolintang.

Accordion

alat musik akordeon jambi
source: rebanas.com

Accordion berasa dari Sumatera Selatan. dengan tipe bunyi Aerofon. alat musik ini seperti alat musik modern. Dan untuk memainkannya, gunakanlah kedua tangan kita. Yang satu untuk mengatur nada dan satunya lagi untuk mengayun alunan suara yang akan dihasilkan.

Saluang

alat musik saluang minang
source: alam pedia

Saluang dari minangkabau, mirip sekali dengan suling dari jawa barat. Dimainkan dengan cara ditiup juga. Tapi dari jenis suara agak berbeda.

Tifa

tifa dimainkan dengan cara

Tifa mirip dengan gendang, alat musik tradisional dari daerah timur ini khususnya ada di Papua dan Maluku. Tapi bentuknya ini panjang.

Triton

triton alat musik tradisional dari papua
source: shells-of-aquarius.com

Alat musik tradisional triton berasal dari papua, dimainkan dengan cara ditiup.

Sampe

alat musik sampe berasal dari suku dayak kalimantan
source: kamera budaya

Sampe adalah alat musik tradusional yang khas dari Melayu dari suku Dayak. yang banyak tersebar di area Kalimantan timur.

Sampe adalah bahasa lokal dalam suku dayak yang berarti “memetik menggunakan jari”. Cara menggunakannya harus dengan perasaan, karena ada penyelarasan antara hati dan senar-senar.

Kenapa seperti itu? Karena Sampe digunakan sebagai alat musik yang menyatakan perasaan seseorang. Jadinya akan berbeda suara pada setiap orang ketika dia ingin memainkannya.

Selain itu ada perasaan lain yang diungkapkan seperti duka, sedih, rasa sayang, kerinduan dan peraan senang. Dan pada zaman dulu ada makna berbeda, jika dimainkan disiang atau malam hari.

Jika dimainkan dimalam hari, biasanya untuk rasa galau karena akan menghasilkan nada yang sedih, sendu dan juga syahdu. Apabila pada siang hari perasaan yang memperlihatkan suka ria dan gembira.

Talempong

alat musik talempong pacik gamelan minangkabau
source: portalbudaya.wordpress.com

Berasal dari daerah minangkabau, termasuk alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul.

Sasando

sasando

Alat musik tradisional sasando berasal dari pulau rote, NTT (Nusa Tenggara Timur). dimainkan dengan cara dipetik.

Gamelan

gamelan jawa
source: wikipedia

Alat musik TRADISIONAL ini sangat terkenal di daerah jawa, ya namanya gamelan. Merupakan alat musik kelompok yang terdiri dari bonang, gendang, gambang dan gong. Selain dijawa bisa dijumpai di Lombok, Bali dan Madura.

Baca Juga:20+ Review Makanan Khas Sunda Paling Enak Pisan!

Leave a Comment