Alasan Melamar Pekerjaan dan Tips Menjawabnya (Cocok Untuk Freshgraduate)

Alasan melamar pekerjaan yang tepat tentu akan sangat berguna bagi kelanjutan interview yang anda lakukan. Hal itu disebabkan karena dalam sebuah wawancara kerja, alasan si pelamar akan menjadi pertimbangan penting bagi si pewawancara. Apakah nantinya si pelamar akan diterima diperusahaannya atau tidak. Alasan mengapa anda melamar pekerjaan akan menjadi salah satu poin penting yang akan dinilai ketika interview.

Alasan Melamar Pekerjaan yang baik

alasan melamar pekerjaan di pertamina alasan melamar pekerjaan di bank contoh alasan melamar pekerjaan yang baik alasan melamar pekerjaan pertamina alasan melamar pekerjaan di bumn contoh alasan melamar pekerjaan di pertamina alasan melamar pekerjaan sebagai administrasi alasan tertarik melamar di suatu perusahaan

Alasan yang diberikan si pelamar saat wawancara umumnya akan bergantung dari seberapa banyak referensi anda tentang perusahaan atau lembaga tersebut. Sayangnya, seringkali pada saat interview pelamar akan mengalami kebuntuan alasan.

Akibatnya, alasan yang diberikan menjadi kurang tepat. Itulah mengapa, seorang pelamar harus mempersiapkan jawaban terbaik sebelumnya. Bagi anda yang ingin mempersiapkan interview. Berikut alasan melamar pekerjaan yang baik yang bisa anda coba:

  • Alasan Tepat Ketika Interview di Bank

“Saya ingin bergabung karena perusahaan ini merupakan salah satu leading company perbankan. Saya yakin ditempat ini saya bisa terus berkarya dan berinovasi”

  • Alasan Tepat Ketika Interview di BUMN

“Saya ingin bergabung dan ikut mengambil peran dalam pembangunan, termasuk jika saya harus bertugas di daerah atau luar pulau Jawa”

  • Alasan Tepat Ketika Interview di Perusahaan Start Up

“Saya sangat tertarik pada model bisnis kreatif, ini menjadikan saya tetap pada karakter serta passion, dan berusaha tidak mengikuti perkembangan arus karir yang mainstream.”

  • Alasan Tepat Ketika Interview di Perusahaan Rentail

“Bidang rentail merupakan lapangan pekerjaan yang challenging dan saya merasa tertantang karena ada target yang harus dicapai.”

Cara Tepat Menghadapi Pertanyaan “Alasan Tertarik Melamar di Suatu Perusahaan?”

Pada proses interview, salah satu pertanyaan yang tidak akan lupa untuk dipertanyakan oleh HDR yaitu mengenai alasan melamar pekerjaan. Pertanyaan mengenai alasan ini biasanya akan menjadi pertimbangan penting diterima atau tidaknya anda pada untuk bekerja di tempat tersebut.

Untuk itulah, sebagai antisipasi sebelum tahap interview. Alasan melamar pekerjaan berikut bisa menjadi referensi jawaban tepat anda:

  1. Menunjukkan bahwa anda mengetahui banyak hal mengenai perusahaan. Misalnya dengan cara menyampaikan informasi tersebut dari apa yang anda dengar
  2. Menunjukkan bahwa anda memiliki niat kuat untuk berkontribusi mengembangkan perusahaan yang ingin anda lamar
  3. Anda juga bisa menyampaikan ide-ide yang bisa membawa perusahaan tersebut berkembang, sebagai penguat point kedua
  4. Memberikan sentuhan alasan personal. Misalnya dengan menceritakan kekaguman anda mengenai pengalaman teman atau kerabat yang pernah kerja di perusahaan tersebut dengan cara yang spesifik.

Selain itu, bagi Anda yang sekarang sedang minat untuk bekerja di perusahaan bank, ada baiknya membaca beberapa alasan kenapa ingin melamar pekerjaan dibawah ini dengan baik.

5 Alasan Banyak Yang Ingin Melamar Pekerjaan di Bank

Anda tentu sudah sering mendengar bahwa bekerja di bank merupakan salah satu lapangan pekerjaan yang sangat diburu. Posisinya sendiri bermacam-macam, mulai dari costumer service, marketing, frontliner, atau posisi yang tersedia di bank lainnya.

Namun anda tentu belum mengetahui secara pasti mengenai alasan mengapa lapangan pekerjaan di bank begitu diminat bukan? berikut ini, beberapa alasan melamar pekerjaan di bank yang perlu anda ketahui:

  • Banyaknya, lapangan pekerjaan yang disediakan oleh Bank

Salah satu alasan yang membuat lapangan pekerjaan begitu diminati yaitu karena bank memiliki lowongan pekerjaan yang cukup banyak. Hal ini disebabkan karena kini, bank berlomba-lomba membuka cabang untuk lebih mendekatkan diri kepada masyarakat.

Tidak hanya itu, bank juga termasuk salah satu lowongan pekerjaan yang menerima pelamar meskipun belum memiliki pengalaman kerja sebelumnya.

  • Lowongan di bank menerima semua jurusan

Untuk beberapa posisi, bank memang akan mensyaratkan pelamar memiliki jurusan yang linier dengan posisi yang ditawarkan bank. Namun untuk posisi yang lain, bank termasuk salah satu pembuka lapangan pekerjaan yang menerima lulusan perguruan tinggi dari segala jurusan.

  • Dibandingkan dengan perusahaan lain, freshgraduate di bank memperoleh gaji lebih tinggi

Pertimbangan lain yang membuat melamar kerja di bank begitu dilirik yaitu bank menyediakan gaji lebih tinggi untuk freshgraduate. Hal ini tentu sangat berbeda dengan perusahaan lain, yang umumnya akan membetikan gaji rendah bagi freshgraduate.

  • Dibandingkan dengan perusahaan lain, Jenjang karier di dunia perbankan cenderung lebih cepat dan menjanjikan bagi karyawan

Pegawai akan mendapatkan jenjang karier yang jelas dan menjanjikan. Hal tersebut disebabkan karena kinerja pegawai akan berbanding lurus dengan level karier di dunia perbankan. Sehingga jika memiliki etos kerja yang tinggi, semua pegawai bank sangat mungkin menaikkan jenjang kariernya.

  • Bank memiliki ruang kerja yang nyaman

Hal utama yang menjadi pertimbangan mengapa posisi pekerjaan di bank begitu diminati yaitu karena bank menyediakan ruang kerja yang nyaman. Yaitu, anda bisa bekerja di dalam ruangan yang dilengkapi dengan AC.

5 Alasan Banyak Orang Melamar Pekerjaan di Pertamina

Salah satu lapangan kerja lain yang sangat di lirik jobseeker yaitu bekerja di pertamina. Barangkali salah satu alasan melamar pekerjaan di pertamina begitu diminati yaitu karena pertamina memiliki branding yang kuat dan bagus di kalangan masyarakat.

Tidak heran, jika saat informasi lowongan ini dibuka. Jobseeker akan berlomba-lomba mengirimkan lamaran pekerjaan atau CV di detik itu juga. Selain itu, alasan spesifik lain yang membuat pertamina begitu di minati beserta penjelasannya, yaitu sebagai berikut:

  • Bekerja di Pertamina dengan Gaji yang besar

Sudah tidak diragukan lagi, bahwa pertamina berani memberikan gaji yang besar bagi pegawainya. Hal ini, tentu bukanlah isapan jempol belaka. Karena pada beberapa posisi misalnya general manager, dalam sebulan pertamina memberikan gaji sebesar Rp. 75 juta. Posisi director Rp. 47,5 juta, Architect Rp. 55 juta, dan posisi pertamina lainnya.

  • Pertamina Memberikan Benefit yang Banyak

Alasan spesifik lain yang membuat bekerja di pertamina begitu diincar yaitu karena benefitnya yang sangat banyak. Misalnya, ketika akan pensiun karyawan pertamina akan mendapatkan dana pensiun yang meliputi jaminan hari tua, asuransi jiwa, DPLK alias dana pensiun lembaga keuangan dan juga asuransi pesangon.

Tidak hanya itu saja, pertamina juga memberikan benefit lain seperti mobil dinas, rumah dinas, tunjangan kesehatan, bonus, hari cuti, sampai tunjangan makan.

Untuk besaran pesangon sendiri biasanya akan diberikan pertamina sesuai dengan perjanjian kerja bersama (PKB) dengan rumus 2 kali masa kerja dikali dengan upah.

  • Pertamina Memiliki Nama yang Besar

Bisa dibilang, point ketiga ini merupakan point utama yang menjadi pertamina begitu diminati. Barangkali, sudah banyak yang tahu bahwa pertamina memiliki nama yang besar dan juga sangat menjamin pegawai.

Tidak hanya itu, umumnya seseorang yang memiliki pengalaman bekerja di pertamina akan sangat di perhitungkan perusahaan lain. Jika seandainya sewaktu-waktu anda memang ingin pindah kerja ke perusahaan lain. Apalagi jika anda mempunyai linkedin.

  • Pertamina Menjamin Sekolah dan Pengembangan Diri

Keuntungan lain yang bisa anda dapatkan jika bekerja di pertamina yaitu anda akan mendapatkan sekolah gratis. Hal ini tentu sangat menguntungakan. Mengingat selain gaji, anda juga bisa bersekolah dengan gratis. Karena pertamina akan menjamin biaya sekolah anda.

Salah satu alasan yang membuat pertamina melakukan hal itu yaitu, pertamina ingin sumber daya manusia mereka berkualitas. Sehingga tidak heran jika akhirmya pertamina memberikan sekolah, traning, dan semacamnya secara gratis dan disediakan dengan lengkap.

  • Bisa dengan Mudah Mengembangkan Karier

Bisa dibilang, bekerja di pertamina bisa menjadi salah satu batu lompatan untuk berkarier lebih tinggi. Bukan sekedar cerita saja, karena kenyataannya jenjang karier di pertamina memang sangat bagus.

Ini tentu merupakan kabar gembira bagi anda yang berada di level bawah. Karena saat bekerja di pertamina, anda mendapatkan kesempatan yang sama untuk membuktikan diri menuju level karier menengah bahkan karier atas.

Author: kamal

Jika kekuatanmu adalah Allah, tiada yang bisa mengalahkanmu!

Leave a Comment